Jangan Pernah membuat Pembeli Kecewa!

February 17, 2008

jangan pernah membuat pembeli kecewaJangan pernah membuat pembeli kecewa! Karena pembeli adalah raja.

Ini salah satu hukum bisnis internet yang wajib anda patuhi. Jangan biarkan aset anda kecewa dengan produk ataupun layanan yang anda miliki.

Anda tahu, pembeli produk anda bisa jadi aset anda untuk seterusnya. Karena sangat mungkin mereka akan jadi pelanggan tetap anda.

Nah, sekali mereka puas dengan produk dan layanan anda, karir anda di bisnis ini akan cepat meroket. Sebaliknya jika anda tidak memiliki kredibilitas yang pantas dibanggakan. Relasi-relasi anda tak segan memberi pengumuman kalau situs web anda, produk dan layanan anda payah, tidak memuaskan, mengecewakan, bla… bla… bla….

Bila pembeli kecewa…

Ini gawat! Citra anda bisa rusak. So, hati-hati. Words of mouth itu benar-benar tajam. Kalau kabar baik pasti akan cepat menyebar. Kabar buruk? Jangan tanya. Menyebarnya akan jauh lebih cepat.

Review yang mengulas produk-produk internet bisa berkembang dimana-mana. Bisa lewat milis ataupun ulasan khusus dalam blog-blog pribadi. Dan, komunitas ini memiliki jaringan massa yang besar. Segala info bisa dikupas habis di sini.
Tapi, forum diskusi seperti itu menarik!

Kalau produk anda mendapat apresiasi baik, hati anda boleh berbunga-bunga. Nah, bagaimana kalau produk anda banyak dicela dan dikritik? Anda mau marah? Emosi? Patah hati? Putus asa? Langsung berhenti jadi pebisnis online? Oh… semoga tidak!

Anda juga harusnya senang meski tidak mendapat “applaus.” Bahkan berterimakasih. Kenapa anda harus tetap senang? Ya… karena anda bisa dapat banyak masukan di forum seperti ini. Anda jadi tahu kenapa produk anda tidak disukai. Apa sih kekurangan produk anda.

Manfaat lainnya, anda bisa tahu bagaimana respon pasar. Dan, bahkan menganalisis selera pasar. Pelajaran paling berharga akan anda dapat di sini! Nah, kalau anda bisa tahu kekurangan produk anda, langsung saja perbaiki.

Maka jangan pernah berpikir untuk bekerja ala kadarnya dan asal-asalan. Anda mesti cerdas memainkan peluang yang ada. Dan mengatur strategi, belajar dari pengalaman yang ada, dan take action setahap demi setahap. Seperti slogan orang Jerman, preparation perfect performance!

Jadi ingat-ingat ya… tidak ada yang instan.

Dan, anda juga harus hati-hati. Jangan cepat puas dengan apa yang yang sudah anda kerjakan. Meski text link anda sudah menjalar kemana-mana, situs web affiliate anda sudah bagus, dan list contact anda sudah bejibun, iklan anda sudah berkibar di banyak situs, anda tetap perlu belajar dan pastinya berpikir kreatif.

Oopss…! Lagi-lagi saya cantumkan kata kreatif di sini. Ya. Karena siapapun tidak akan mampu bersaing kalau tidak punya kreativitas. Dan, jadilah unik, jadi berbeda itu keharusan. Lha… bagaimana mau unik dan beda kalau kita tidak punya kreativitas?

Misalnya saja, dalam membuat salesletter. Sebagai affiliate anda harus gencar berpromosi. Promosi ini tidak akan efektif tanpa salesletter. Nah, mari kita berpikir kreatif, bagaimana cara menarik pembeli hanya dengan membaca salesletter yang kita buat.

Salesletter itu fungsinya mendorong pengunjung untuk membeli produk kita. Salah satu cara merangsang keinginan pengunjung untuk membeli, bisa dengan menambahkan kata “terbatas.”

Bingung?

Begini contohnya:

  • Segera dapatkan! tersedia dalam jumlah terbatas.
  • Dapatkan tiketnya! tempat duduk terbatas.
  • Edisi khusus, dicetak terbatas khusus untuk minggu ini.
  • Beli sekarang! Dapatkan bonus merchandise menarik. Jumlah terbatas!

Hmmm….limited edition. Pokoknya yang serba “terbatas” itulah.

Tapi… anda harus jujur! Jangan mengada-ada. Kalau stok barang yang sebenarnya melimpah ruah kok anda bilang terbatas, “apa kata dunia?” ? bisa hancur bisnis affiliate anda. Karena, lagi-lagi saya katakan, kredibilitas anda dipertaruhkan. Pembeli bisa kecewa, bila anda main-main dengan mereka.

Sekali lagi, saya katakan jangan pernah main-main dengan pembeli. Karena tanpa mereka, anda bukan apa-apa! Jadi, jangan sampai membuat pembeli kecewa!

54 Comments. Leave new

Makasih article2nya Pak Joko

Belum punya website, telusur punya telusur dari kepal sampai ekor belum ketemu. Pantang menyerah

Mantaap ..!

di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, yang penting kita action dulu ..
masalah nanti di jalan menemukan kesalahan / tantangan, maka segera kita perbaiki kesalahan tersebut.

maju terus pantang mundur !

http://gayuhsasmito.com

soal membangun kepercayaan bagi konsumen… bisnis on-line gak beda dgn niaga konvensional. cacat produk wajar… cacat kredibilitas RUGI dunia & akherat.

perihal limited edition, saya suka dgn kata-2 ini… makanya saya bangun blog bisnis barang antik dan item-2RARE. bukan mass production.

Salam Sukses Buat semua member Forbis.com. Keep Fighting and ACTION!

ooooo…githu ya…
makasih ni pak Joko

kalau pembelinya rewel gimana pak?

Saya sudah membaca formulabisnis 123 yang saya beli dari Bapak, memang tidak ada yang instan semua perlu proses dan apa yang dikemukakan tetang pengasilan besar perlu kerja keras.

namanya juga konsumen saudara anjari. banyak orang bilang konsumen itu raja. maunya macem-macem. tapi bagaimanapun, kita sebagai penjual tetap yang membuat dan menjalankan sistem. so, kalo memang produk dan layanan kita bagus, saya rasa pelanggan mau kok menuruti aturan kita. Iya tidak?

Saya kira memang benar kata-kata mutiara: No pain no gain.
Apapun pekerjaan yang dilakukan pasti harus kerja keras untuk meraih sukses. Salam untuk Anda.

EMMANUEL EDDY P, ST.
February 22, 2008 5:30 pmReply

Berikan BUKTI bukan JANJI tok. Itu intinya. Tul gak om ?
Salam sukses buat om Joko & semua rekan

KONSUMEN ADALAH RAJA, JIKA PUNYA JANJI AMA RAJA HARUSLAH DI TEPATI. BEGITULAH CARA KITA MEMULIAKAN RAJA, NANTI KITA JUGA YANG DAPAT HASILNYA. TUL KAN PAK JOKO.
MAKASIH UDAH NGINGETIN

kalo tidak ada pembeli apa gunanya ada penjual. tulisan yang menarik pak

ok makasih atas penjelasannya moga menjadi penasehat bagi mereka yang haus akan pengalaman akan bisnis internet

emang sangat bagus sekali “”"aku salut ama pak joko///thanks banget

Memang benar saudara sasangka: No Sweet without sweat.

Dalam jaman globalisasi ini yang namanya konsumen alias pembeli jangan pernah dikecewakan . Sekali mereka kecewa dengan kita seterusnya mereka tidak akan kembali lagi kepada kita. Itu adalah prinsip marketing yg utama. Saluut tuk Pak Joko.

Wah. Salut. Bisa menghasilkan 70jt perbulan

Bagi2 Rahasianya donk

[...] Jangan Pernah Kecewakan Pembeli (1 Komentar) [...]

[...] Karena merekalah yang membuat uang mengalir ke kantong anda. Mereka yang mengklik iklan anda, memakai jasa anda, membeli produk anda, dan lainnya. Pendeknya, hidup-mati situs web atau blog anda sangat bergantung pada keberadaan mereka. So, jangan pernah kecewakan mereka! [...]

Pak Joko ini saya ramalkan bisa mendirikan universitas internet marketing!

pembeli adalah raja beutulkan pak?

[...] Karena merekalah yang membuat uang mengalir ke kantong anda. Mereka yang mengklik iklan anda, memakai jasa anda, membeli produk anda, dan lainnya. Pendeknya, hidup-mati situs web atau blog anda sangat bergantung pada keberadaan mereka. So, jangan pernah kecewakan mereka! [...]

SEBELUM DAN SESUDH MENJALANKAN SATU USAHA ATAU APA YANG KITA KERJAKAN.KITA TIDAK BOLEH SETENGAH-SETENGAH.SEPERTI WEJANGAN PAK JOKO.SEMUA HARUS KITA PERTANGGUNG JAWABKAN.DALAM ARTIAN LUAS.BE YOUR SELF N KEEF THE FAITH.HEHEHEHE…SALAM ACTION

SEPERTI PEPATAH LAMA MENGATAKAN MULUTMU HARIMAUMU JADI JANGAN PERNAH MAIN-MAIN.SEGALA USAHA HARUS KITA MAINKNA DENGAN SEMPURNA DAN SEPENUH HATI KITA.KARNA SEMUA ITU AKAN KEMBALI KEPADA DIRI KITA SENDIRI.SEDERHANANYA UCAPAN AKAN MENCERMINKAN PERBUATAN KITA DI DEPAN PARA PENGUNJUNG KITA.SALAM ACTION

Cara paling efektif untuk berbisnis internet dengan mudah, gampang dan otomatis. Lain dan berbeda sama sekali dari bisnis internet yang pernah ada, kunjungi:
===================================
http://www.investasi7.wordpress.com
===================================

[...] Banyak kasus membuktikan justru pemasaran yang baik mampu mendongkrak produk yang biasa saja. Sebaliknya, produk yang bagus tapi tanpa ditunjang pemasaran yang hebat, penjualannya menjadi tak terdongkrak. Idealnya memang kedua hal tadi sama baiknya agar bisa saling mengisi. Dan yang lebih penting lagi, tak membuat pembeli kecewa. [...]

ha..ya nurul kurniawan,betul itu,universitas internet marketing forbissssss

SAYA SANGAT SALUT DENGAN PERNYATAAN BOSS JOKO, YAITU JANGAN PERNAH KECEWAKAN PEMBELI. INGATLAH BAHWA PEMBELI ITU RAJA MAKA PERLAKUKANLAH MEREKA (PEMBELI) ITU SEBAGAI RAJA. UNTUK YG BELUM GABUNG DENGAN FORBISNYA P.JOKO JANGAN LEWATKAN KESEMPATAN EMAS INI.. SEGERALAH BERGABUNG DI FORMULA BISNIS DIBAWAH BIMBINGAN P.JOKO.

Pengunjung adalah raja. memang benar, tapi ikuti dulu aturan-aturan yang berlaku!!!

[...] Banyak kasus membuktikan justru pemasaran yang baik mampu mendongkrak produk yang biasa saja. Sebaliknya, produk yang bagus tapi tanpa ditunjang pemasaran yang hebat, penjualannya menjadi tak terdongkrak. Idealnya memang kedua hal tadi sama baiknya agar bisa saling mengisi. Dan yang lebih penting lagi, tak membuat pembeli kecewa. [...]

Setuju… memang pembeli adalah raja… inilah yang dulu saya lakukan ketika memulai usaha. Keinginan, kritik, dan saran dari pembeli sangat diperlukan demi perkembangan bisnis kita. Begitu pun kita juga jangan sungkan memberi saran membangun untuk bisnis orang lain.

[...] pelayanan yang anda berikan, jangan sampai mengecewakan mereka. Karena jika sekali saja mereka kecewa, bisa jadi hubungan baik yang anda bina akan berakhir, dan [...]

Iya betul sekali kecewa gak balik2 lagi tuh. Makasih pak joko

[...] Karena merekalah yang membuat uang mengalir ke kantong anda. Mereka yang mengklik iklan anda, memakai jasa anda, membeli produk anda, dan lainnya. Pendeknya, hidup-mati situs web atau blog anda sangat bergantung pada keberadaan mereka. So, jangan pernah kecewakan mereka! [...]

benar apa yang dikatakan mas joko.kalau mengecewakan pembeli akan berdampak pada bisnis kita selanjutnya.

benar sekali mas joko,kita harus membangun kredibilitas dimata konsumen kita

Betul sekali, kalau sekali saja pembeli kecewa, sulit untuk bisa membuatnya kembali dan percaya.

Betul sekali pak, bila pembeli kecewa, mana mau dia datang dan percaya lagi.

Ya betul, kepercayaan adalah hal penting dalam berbisnis di internet.

^#%%^^%^&& This is a really good read for me, Must admit that you are one of the best bloggers I ever saw.Thanks for posting this informative article.

benar pak joko, ulasan milis-milis dan blog-blog pribadi mempengaruhi produk dan blog kita.

betul pak joko! jangan pernah kecewakan pembeli.

Makasih article2nya Pak Joko

benar sekali kalau kita tidak boleh mengecewakan pelanggan kita

mudah2an saya bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan setia saya ,thank pak masukkannya

pembeli adalah raja yang harus dilayani sepenuh hati pak. benar sekali.

[...] pelayanan yang anda berikan, jangan sampai mengecewakan mereka. Karena jika sekali saja mereka kecewa, bisa jadi hubungan baik yang anda bina akan berakhir, dan [...]

ya mas betul sekali tuh ,,jangaan mengecewakan ,thank

setuju dengan mas joko, tapi jangan sampai pula pembeli mengecewakan kita, bukan begitu mas joko? salam sukses selalu…

Tentusaja gak ada penjual yg ingin pembeli kecewa..tapi kadang hal ini gak bisa dihindari…Kalo itu sudah terjadi..gimana pak Bos..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>