Bagaimana Cara Melakukan Customer Relationship dengan Baik

customer relationshipDuduklah di kursi pembeli itulah cara yang terbaik jika anda ingin memahami mereka dan melakukan customer relationship dengan baik.  ingin mendapat umpan balik dari pengunjung, pastikan dulu apakah anda sudah melakukan apa yang mereka mau?

Mungkin, pelanggan anda membeli produk anda justru bukan karena produk utama yang anda tawarkan. Tapi, karena produk gratisan yang anda beri. Memahami pikiran pelanggan jadi modal penting dalam bisnis anda.

Bagaimana tidak? Anda bisa memperbaiki customer relationship anda dan memperbarui semua produk anda. Selain itu, anda pun jadi mengerti pemasaran dan iklan apa yang cocok untuk produk anda. Taktik apa saja yang mujarab merayu mereka? Dan, sales copy yang bagaimana yang paling pas?

Cara-cara melakukan customer relationship

Melakukan customer relationship sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu menjalankan teknik-teknik di bawah ini…

  • Sebar survei dan kuesioner. Publikasikan materi survei dan kuesioner di situs web, ezine, newsletter, direct mail, atau bahkan di dalam paket produk anda. Untuk membuat mereka mau mengisi kuesioner tersebut, anda bisa memberi iming-iming hadiah atau penawaran layanan tertentu. Lalu anda bisa posting hasil kuesioner tersebut di message boards, milis, ataupun forum diskusi. Dari quesioner tersebut anda bisa mengetahui apa yang mereka inginkan.
  • Buat komunitas khusus pengguna produk anda. Tepatnya, buatlah forum untuk para pelanggan anda. Masukkan chatroom, message board dan diskusi email di situs web khusus yang diperuntukkan bagi para pelanggan anda. Atau bisa juga dalam komunitas fans blog anda. Jangan malas untuk jadi moderator bagi mereka. Tujuannya, anda bisa melihat apa yang pelanggan anda sedang diskusikan tentang perkembangan bisnis anda.
  • Berikan berbagai produk secara gratis pada beberapa pelanggan. Selanjutnya, minta mereka untuk menggunakan produk tersebut. Dan, jangan lupa minta mereka untuk mereview juga. Dan, terakhir, berikan formulir evaluasi. Rayu mereka untuk mengisi dan segera mengembalikan formulirnya pada anda. Apa yang mereka tulis di form evaluasi adalah respon balik yang penting untuk kelangsungan bisnis anda ke depan.
  • Jaga hubungan dengan semua pelanggan anda. Usahakan anda tetap berhubungan dengan mereka secara teratur. Misalnya, dengan menawarkan langganan ezine gratis. Tanyakan apakah mereka mau mengupdate produk mereka setiap kali anda melakukan pengubahan produk? Atau juga saat anda mengubah situs web anda. Setiap anda selesai melakukan transaksi jual beli dengan pelanggan, jangan berhenti di situ saja. Tindak lanjuti semua pelanggan anda untuk mengetahui apakah mereka puas dengan apa yang mereka beli. “Apakah mereka puas dengan produk saya?” segera temukan jawabannya!
  • Permudah cara pelanggan menghubungi anda. Jangan sampai pelanggan anda tidak bisa menghubungi anda sama sekali pasca mereka membeli produk anda. Karena ini bisa mempengaruhi kredibilitas anda. Kalau perlu, jangan cuma satu atau dua nomor telepon yang anda berikan. Berikan juga alamat email dan chatting. Untuk alamat email, sebaiknya gunakan hyperlik untuk mempermudah pelanggan anda. Jadi, mereka bisa langsung menghubungi anda dalam sekali klik. Mempermudah orang lain juga akan mempermudah diri anda sendiri. Apalagi mereka adalah pelanggan yang sudah membeli produk anda. Mempermudah kontak itu termasuk servis yang harus anda berikan. Jadi kapanpun mereka membutuhkan anda, anda ada di samping mereka. Kapanpun mereka mau komplain, anda siap mendengarkan.
  • Hubungi pelanggan saat mereka ulang tahun atau liburan. Kirimkan bentuk perhatian anda dalam bentuk hadiah. Terutama untuk pelanggan seumur hidup. Atau, kalau mau gampangnya, kirimkanlah email dan sapa mereka dengan kartu ucapan. Saat mereka bahagia, pasti mereka akan merespon perhatian anda secara positif. Jika memungkinkan, sah-sah saja kalau anda undang mereka di acara-acara penting anda. Atau, bisa saja anda berlibur bersama mereka. Ya, piknik bareng sesama pelanggan juga bukan ide buruk. Anda bukan cuma memfollow up hubungan kerja, tapi juga menyenangkan pelanggan. Saya yakin, mereka senang dengan semua yang Anda berikan. So, mereka pasti senang dengan bisnis yang anda jalankan.

Nah, anda masih penasaran bagaimana cara melakukan customer relationship yang dapat meningkatkan penjualan anda ? Intinya, jangan cuekin orang lain jika anda tidak ingin dicuekin. So, sapa pelanggan kalau anda mau disapa. Perlakukan mereka dengan baik, maka mereka juga akan berbaik hati pada anda.

Mudah bukan melakukan customer relationship ?

 

86 Comments. Leave new

Salam sukses mas
Benar sekali mas, kita harus selalu berhubungan dengan pelanggan, dengan begitu pelanggan akan puas dengan layanan kita, setiap pelanggan menanyakan apa yang dia kurang mengerti, kita harus selalu siap membantunya, seperti yang mas joko lakukan..beliau selalu membantu pelanggan2nya yang mengalami kesulitan di dalam bisnis ini..

Thanks mas salam sukses selalu,jgn lupa selalu bersykur kpd yg di atas hehe….

Pelanggan itu dah ibaratnya aset berharga kita. Setiap produk baru yg kita keluarkan, dan ditawarkan ke pelanggan lama, mereka lah calon utama pembeli anda.

belum pernah kan lihat pelanggan dimaki2 sm penjual? hehehe..

cuma ada di blog mashengky!

wah ini iklan juga ya…

Poin 3 Memberi untuk menerima ya pak

nice post, poin terakhir memang sangat menyentuh hati pelanggan. Jika kita loyal terhadap pelanggan kita maka mereka juga akan loyal thd kita.

http://artikelweb.co.cc

salam sukses!

it’s just business.. it’s not personal! kata donald trump..

tapi kalo kata omarosa: business is always personal!

lah mana yg bener??

hiii teman teman boleh nggak bagi bagi pengetahuan bisnis online caranya gimana///?my number:+6281230776254 andi

Betul sekali Pak, Pelanggan bagi kita adalah boss, yang setiap keinginannya, kita harus bisa melayani. Besar kecilnya bisnis kita ditentukan oleh besar dan kualitas pelanggan yang kita miliki.

bagi saya pelanggan bukan boss…
pelanggan adalah murid yang harus diedukasi setiap saat..
kok gitu?
soalnya di internet ini, banyak yg masih baru dan belom ngerti trik2 nya menjadi sukses..

Salam sukses Pak

Memang benar, ibaratkan ‘Pelanggan adalah Raja’, semua kita harus berikan untuk membuat puas si Raja. Salam Dahsyat.

Darmansyah
http://www.formulabisnis.com/id-darman71
Founder http://www.bebasfinansial.net

raja dari hongkong? hehehe…
pelanggan di dunia internet itu bagaikan pisau bermata dua..
loyalitas? hampir 0%.. jika penjual salah dikit aja.. langsung dibabat habissss…

gosiippp hahaha

Cara-cara sederhana di atas memang dapat membuat pelanggan kita semakin loyal dan tentunya meningkatkan penjualan produk kita.

Temukan 3 Strategi dalam Bisnis online di :

http://artikelweb.co.cc

salam sukses!

Sore mas Eric, saya mo tanya nih, gimana caranya bikin Link Aktif di forum kita ini, contoh blog saya ini: http://putraniassukses.blogspot.com sehingga bisa langsung link ke blog dimaksud.

Mohon blog pertama saya ini di komentari mas, benar2 baru bikin blog mas…

Yahowu (sapaan salam orang Nias)

Saya setuju sekali mas, Pelanggan kita selain boss seperti kata mas Harry, PELANGGAN juga orang yang telah buat kita dapat DUIT.

Sumber penghasilan Kita LHO….

Sukses selalu

…benar mas tony kita harus saling memberi satu dgn yg lain, yg menguntungkan dr kedua pihak…

Ketika banyak umpan, maka banyak juga dapetnya. Lha tinggal pinter2 nyari umpan yang tepat nich. Misal dipadukan dengan bisnis konvensional bagaimana? misal blog ownleaders pengen memberi gratisan sebuah barang yang nantinya dipaketin ke pelanggan. Efektifkah?

Nice post. Yg jelas beberapa langkah di atas membuat saya bisa menjual produk reseller dg harga maksimum, tanpa menurunkan harga dg diskon.

Meski demikian pelanggan tetap puas. Bahkan ada 1 pelanggan yg membeli semua produk yg saya resellerkan. Hehehe…

Salam Sukses,

BLOG MOTIVASI ARIEF – Support Your Success

Suai Mas, kalo kita sudah dapat merasakan apa yang diinginkan pelanggan (empati), maka urusan penjualan akan menjadi mudah

…benar kita haruslah bisa timbal balik jgn asal enak sendiri tanpa peduli dgn org lain, kuncinya kita harus saling berbagi satu dgn yg lain, inget hukum sama rasa anda senang saya juga senang..sukses utk semua

…ya benar pak arief kuncinya kepausan member, klau kita bisa memberikan yg terbaik buat mereka,saya nykin mrk pasti memberikan yang lbh jg trhdp kita….

yup, pelanggan adalah raja. meskipun blom ada satupun ads yg nyantol. he he he. Tapi gimana ya caranya memodifikasi blog agar dapat menjual (memasang program penjualan di blog) ?? tolong pak joko

@ Mas Chino – coba lihat di http://www.MasterWordpress.co.cc
Anda akan menemukan
cara membuat web iklan baris, web toko online & web reseller dari blog.

Semoga menjadi solusi masalah Anda.

artikel yang menarik sekali, membuat saya malu sendiri kenapa sampai hari saya tidak bisa menyisihkan waktu dan fokus untuk melakukan langkah2 yang mesti ditempuh, saya juga tidak bisa menolak permintaan teman2 yang order bros dan bunga dari manik2, karena itu juga merupakan keasyikan tersendiri, kalau saya sudah memegang manik2 lupa bahwa saya lagi belajar untuk memperoleh uang dari internet. Dan jika saya sudah buka internet rasanya saya tidak mau lagi pegang manik2, tapi saya sudah kadong janji misalnya bisa selesai dalam 2 hari atau 3 hari, tadi malam saya bilang sama suami saya selesai orderan ini saya tidak mau lagi terima orderan baru, tapi apa jawab suami saya, ” apa bisa”. Hari ini Insya Allah saya akan ikut training mindfokus dengan harapan saya bisa fokus di suatu tempat, mohon do’anya ya, tq by by

Mari fokus, ayo ACTION!

@ Mbak Dahniar – seperti training manajemen yg selalu sy bawakan, manajemen waktunya diatur mbak.

Kapan saat belajar IM, kpn ngurus bisnis off. Ketika IM, fokuslah 100%, dan sebaliknya.

Kalo memang bs membantu, coba download 50 cara cerdas mengelola waktu di blog saya.

BLOG MOTIVASI ARIEF – Support Your Success

…Nyakinlah mbak anda pasti sukses, mbak belajari aja ebook pak joko dan aktif di blog dan kami siap bantu…sukses slalutuk smua

…Mengetahui apa yangdi butuhkan coustomer adalah hal penting utk kelangsungan suatu bisnis, sehingga kita dpt mengetahui kebutuhan dari coustomer kita, berikan pelayanan terbaik buat mereka dan nyakinlah usaha anda lambat laun dan meningkat…

Posting yg bagus. Komen utk poin ke-5, ak jg sdg berusaha membangun kredibilitas ak di formulabisnis ini… Silakan kunjungi blog ak di http://caracerdasbisniscerdas.blogspot.com/ Mdh2an sekecil apapun usaha yg qt perbuat, nantinya bisa bermanfaat…

pak trmakasih tipsnya sangat cocok di terapkan di bisnis ofline yang saya punya,

lagi -lagi posting yang selalu menarik dan bermanfaat yang selalu diberikan oleh Pak Joko.
sukses selalu.

http://hadier.wordpress.com

semakin banyak pelaku bisnis online, maka semakin sempit pasarnya. oleh karena itu kita harus cerdas membuat market baru yang beda sama sekali. sepakat ndak om joko sama saya? ;)

Baca buku Blue Ocean Strategi Mas. Jgn ladeni pesaing anda, buat mereka tidak relevan lagi.

kalo disuruh baca buku, pasti jawabannya adalah:
-beliin dong
-pinjam dong
-gratis ga?

gimana anda menjawab kembali mas arief?

Nah ni dia faktor penghambat kesuksesan, MENTAL GRATISAN.

Toh dg sedikit merogoh kocek, sama artinya dg menginvestasikan perkembangan otak kita.

Otak jg butuh dipenuhi kebutuhannya, jangan cuma perut…

Lihat analisa prospek anda dari SMUO melalui artikel Sumber2 INCOME Potensial dari SMUO hanya di peluangBISNISbali

Jgn lupa buka program unggulan EFEK KEJUT Side Spirit of SMUO jg di peluangBISNISbali untuk mendapatkan 30.000 ANDA HARI INI payback direct to your rekening. Take it yourself!

Sukses untuk anda-wayanbali

betul juga kata mas joko, jadi
orang 10000 kali lebih tertarik pada dirinya dari pada orang lain,

narsis dong ya?
kalo dirinya sudah tidak menarik lagi? apa solusinya ya?

Met pagi pak joko..

ada yang baru di blog mashengky nih.. semoga berguna..

http://mashengky.wordpress.com/2008/10/27/google-adsense-do-and-dont/

Networking spt point no 4 sangat mendukung kegiatan bisnis online kita. karena satu-satunya dasar dari bisnis online adalah Kepercayaan.

http://artikelweb.co.cc

salam sukses!

Assalmualakikum…
perkenalkan sebelumnya,saya uki..
gini pak,mau tanya..
saya mau gabung dengan Forbis,tapi yang saya ragukan adalah kemampuan saya di dunia internet sangat miniiiiiiiiiiim banget!!apakah saya mampu menjalankan bahkan betahan di bisnis online ini?
palagi untuk membuat suatu web diperlukan pengetahuan dan skill yang sangat-sangt memadai,betul?
mohon penjelasannya y pak,trims sebelumnya..
oya buat para senior2,lam kenal ja y…salam SUKSES!!!

Dear Uki,

Banyak cara menuju keberhasilan. Yg pertama HARUS Uki sadari adalah bahwa Uki adalah seorang pribadi yg unik. Ingat! Semua Orang Bisa Cuman Gak Semua Orang Mau…hanya itu masalahnya. Yakinlah Uki pasti bisa. Untuk refrensi Uki bs baca artikel SMUO and YOU are GREAT di peluangBISNISbali…inilah perkenalan pertama sy dg SMUO, yg skrg media pembuka sy di dunia intenet marketing dari ZERO hingga hari ini.

Artikel rujukan lainnya Bagaimana Melompati NEGATIF BLOCKING FACTOR of MIND #1 dan #2…penghalang yg tertanam di dlm DIRI Uki ini mmg harus di ROBOHKAN. Baca dan terapkan cara2nya, sy yakin and bisa.

Bl msh butuh asupan vitamin sy suntik Uki dg bonus 30.000 HARI INI payback langsung ke rekeningnya Uki melalui prog 10% plus 50% EFEK KEJUT Side Spirit of SMUO.

Slanjutnya br target income 100rb pertama dg Cara Sederhana (sangat2 efektif)..dst di peluangbisnisbali.

Percaya anda pasti bisa. Internet bkn u/mereka yg pintar saja ttp u/mereka YG MAU berfikir smart, mau bertindak cerdas, mau berkarya indah, mau having fun ttp skligus making money darinya.

Saya tunggu di peluangSUKSESbisnisbali
wayan

to : uki
Bisa buka artikel Formula Sukses BER 5 disini saya sebagai ownleaders juga pernah merasakan itu semua. Tapi SMUO telah membukakan mata hati saya.

Uki, bukan bermaksud apa-apa, saya cuma ingin berbagi kisah saya dulu saat mengawali bisnis internet ini. Saya dulu juga sangat minim kemampuan berinternet. Kemampuan bahasa asing saya juga tidak bagus. Sampai saya harus rela membuka kamus untuk kata per kata yang tidak saya pahami artinya. Saat itu saya juga tidak pernah menyangka hasilnya bisa seperti yang saya rasakan saat ini. Yang saya tahu, saya cuma yakin bahwa internet adalah jalan yang akan memperbaiki hidup saya. keyakinan itulah yang menuntun saya untuk terus bertahan sampai akhirnya seperti sekarang.
Saya yakin Uki juga bisa. Asal kita mau, keterbatasan bukan halangan serta bukan ALASAN untuk menyerah…

Hai Pak Joko, salam kenal, membuat relationship memang hal yang paling penting dalam berbisnis, dari situ akan timbul trust yang akan menuntun kepada sales (Relationship, Trust and Sales)
Salam,
Sam

…Bersikaplah Jujur dari setiap orang, beri pelayanan terbaik dan selalu memberikan yg terbaik dari yang diminta..Sukses utk semua

benar mas erick kuncinya apapun juga baik di bisnis offline maupun online adalah kepercayaan

well itu artikel buat netters yang punya produk ya mas? kalau blum punya jadi tetep ikut program afiliasi??? mas joko apa kalau jadi affiliasinya FB harus beli produknya dulu?? kalau cuma pingin jadi affiliasi dulu bisa ga mas setelah dapat hasil baru beli produk FB nya???? trims
sukses

Untuk ikut program reseller FB harus beli produknya pak Adi.

Klo mau gabung bisa disini pak..
http://www.formulabisnis.com/?id=tonias

Salam sukses

Sebetulnya artikel ini juga bisa diterapkan oleh para affiliate. Karena dengan begitu menjadikannya sebagai affiliate yang baik. yang mengerti kebutuhan konsumen dan paham betapa pentingnya menjaga hubungan baik dan berkelanjutan.
seperti dikatakan Pak Toni, untuk menjadi affiliate memang harus bergabung bersama Forbis terlebih dahulu.
terimakasih

Wah Adi Wardana masuk sini neeh…
Temen seperjuangan di bangku kuliah & di bisnis MLM. 1 angkatan & jurusan ama saya, hehehe…

Forbis ga pake affiliate gratis di. Bayar dulu, baru dapet gratis dari hasil reseller.

Kalo mau tau lebih lanjut, besok tak jelasin di kampus. See u tomorrow.

Dear Adi,

Reseller (dg URL anda) adalah produk ke-2 SMUO stlh eBOOKforbis. Kalo mau ngedapetinnya sklaian dpt 30.000 payback to yr rekening buruan daftar di peluangBISNISbali krn tersedia hanya u/5 orang pertama setiap harinya.

Stlhnya br jalanin panduan artikel Cara Sederhana (sangat2 efektif) ngedapetin 100rb pertama anda dari internet dlm hitungan hari

Lanjutin dg bikin BLOG, kelola kontent dan SEO

Dapetin jg laporan sebrp chance anda u/men-target income per hari di SMUO. 100rb, 200rb, 500rb atau 10jt/hari spt Mas Joko. Apakah mungkin atau terlalu diawang2 gak? Jawabnya TERNYATA TIDAK SESULIT YG ANDA BAYANGKAN, percaya gak…lihat laporan analisanya di Sumber2 INCOME Pontesial dari SMUO hanya di peluangbisnisbali

Saya tunggu anda di peluangBISNISbali.
Sukses-wayanbali

Dear Sdra Ali Wardana,
bener mas, kalo blom punya produk bisa ikt program affiliate terlebih dahulu untuk mempelajari cara membuat produk. Tapi tentunya untuk menjadi affiliate perlu membeli produnya dulu. anda bisa membelinya disini.

http://artikelweb.co.cc

salam sukses!

betul sakali sekali itu MAS JOKO… trik itu biasa saya jalankan di bisnis offline, duduklah di kursi pembeli, dan berikan yg terbaik untuk mereka sebab tanpa pelanggan kita bukan apa2, if you give, you will get more. tapi maaf aku masih baru di sini, baca ebooknya aja aku msh setengah2, saat aku nulis cmmnt ini, aku msh ngeprint ebooknya (maaf msh sbk dg bisnis offline)tp sekilas review saya ttg SMUO bahwa SMUO ini sungguh luar biasa,SMUO hadir bukan untuk mendatangkan masalah tapi SMUO hadir sebagai jalan keluar menuju kebebasan finansial dan market yg luas yg tdk bs dijalankan oleh bisnis offline saya.

terima kasih Mas Joko, ebooknya, teman2 di sini suatu saat aku pasti bth bantuan anda.

ABDUL KHOLIQ

Tips sukses CPNS 2008, silahkan mampir…

http://www.mitrachu.co.cc

saya juga masih mempelajari SMUO dan sampai hari ini masih banyak bingungnya, banyak sekali istilah2 internet yang saya tidak mengerti seperti ezine, tapi ada satu keyakinan saya pasti bisa, walaupun demikian saya sudah mendapatkan uang dari program reseller forbis

bisnis internet memang harus punya otak pintar.. kalo ga pintar.. pasti berenti di tengah jalan..

paling susah mempertahankan pelanggan

HAI AKU MO LEBIH JELAS LAGI DONG

Dear Vani,

Inti dari pembahasan ini adalah BLOG. U/dpt melakukan smua hal diatas Vani perlu punya BLOG. Bila sdh punya atau bila awalnya blog-nya Vani hanya berisi info2 hobi dsb mk saatnya untuk meningkatkannya mjd blog yg berpenghasilan. Caranya ya juallah suatu produk mlalui blog tsb.

Katakanlah produk brup Reseller SMUO. Melalui blog yg menjual (re-seller smuo) anda tdk hanya memberi info2 ringan ttp jg menjual dst-nya.

Contoh http://peluangbisnisbali.wordpress.com disini sy menjual smuo dan memberikan panduan SUKSES ngejalanin bisnis di smuo.

Bgitu strusnya. Bila msh blm jelas, mampir saja.
Sukses untuk anda-wayanbali

Ass.wr.wb
mas, maaf ya? saya minta izin copy & diPOSTING ke blog saya.kalau mas tidak izin akan saya hapus deh..
mas gimana supaya saya bisa jadi Reseller dari produk mas aja ya?
saya senang ada orang seperti masa JOKO SUSILO mudah mudahan bagi-bagi ilmu mas mendapat berkah dari TUHAN..Amin
wassalam (http://kerja-uangmrprab.blogspot.com)

Karena namanya reseller maka perlu beli dulu produknya.

Silahkan pesan di http://www.3Langkah.co.cc
Dapatkan Panduan meraih 1 juta pertama Anda lewat affiliate marketing GRATIS dr saya.

Salam Sukses

pak joko susuilo saya orang yang gaptek mengenai komputer bisa sedikit lah,saya sangat berminat dengan bisnis yang di tawarkan oleh bapak.tapi saya mohon bimbingan bapak.

pak tolong bantu saya dalam bisnis ini caranya gimana pak

Gampang mas andi, sudah gabung FORMULA HEBAT . Ya, itung2 belajar…
Bukti saya gabung di FORMULA HEBAT adalah bisa buat blog sendiri ( meski masih yang gratisan ). Tengok aja di OWN LEADERS sdh 2 bln saya mulai Bisnis Internet.
Ternyata Asyyyiiikk…..
En tentunya harus Action en Action teyuuuss….
Salam kenal ya..

Temukan cara mengubah pembeli menjadi pelanggan yang setia di :

http://artikelweb.co.cc

salam sukses!

Met malam mas joko, sy senang dengan bisnis yg anda tawarkan tp sampai saat ini sy belum ngerti apa yg harus sy lakukan dan bagaimana caranya. sy sudah banyak membaca berita org2 yg berhasil tapi sy kok belum bisa jg. Thanks

Dear Ritnawati,

Mulailah dg baca dan terapkan panduan dari artikel Cara Sederhana (sangat2 efektif) Ngedapetin 100rb pertama dari internet dlm hitungan hari di di peluangBISNISbali

Promosi lbh intents lewat BLOG, kalo belum ada blognya bs liat panduannya di Membuat BLOG Semudah yg anda MAU

Tp Ritnawati sdh member SMUO kan? bila belum jg bs daftar melalui link2 pemesanan di peluangBISNISbali dg bonus saving 30rb

Panduan selanjutnya simak sendiri di peluangBISNISbali.

Sukses-wayan

salam sukses

apa kabar pak joko susilo?saya sangat tertarik dengan saran dan teknik yang diberikan oleh pak joko, tapi saya punya rencana, mudah-mudahan ini dapat menarik konsumen lebih banyak, rencananya adalah saya ingin membuka warung makan atau cafe dimana tempat usaha itu diberikan fasilitas berupa internet baik melalui kabel maupun waifi yang diberikan secara cuma-cuma,tetapi kita mewajibkan kepada konsumen untuk terlebih dahulu membeli produk yang kita tawarkan agar tidak terjadi kerugian yang lebih besar,menurut pak joko rencana ini memungkinkan bisa sukses?

saran sy sih mas, internetnya ga usah di gratisin. buka ajah cafe + internet, dengan begitu punya 2 target konsumen. tapi produk kita dua2nya laku.

orang makan bisa mau ngeNet, orang ngeNet sambil jajan. gimana ??

salam……
http://www.carahebat.com

aku juga mau cara mencari duit di internet tapi gimana yaaa caranya, wong aku punya blog saja sulit di baca orang

terimakasih pak…..
say akan selalu menerima nasehat mas Joko…

Pelanggan adalah raja, memberi perhatian yang lebih kepada pelanggan adalah kewajiban.

memberi hadiah pada customer kita akan menyentuh emosi mereka sehingga mereka akan menjadi pembeli yang loyal bagi kita.

[...] Bagaimana Cara Mendapatkan Umpan Balik dari Pelanggan? » Blog … [...]

makasih pak atas informasinya.

To : pak joko ,, setelah saya baca semua ,, epertinya
Sy sangat tertarik dengan bisni ini , tapi sy tdk tahu harus memulai dr mana … Mohon pengarahanya ,, trm ksh 4 all ,,,

mulai dari siapkan produknya. anda bisa pelajari lengkap ilmunya di Formula Bisnis. kontak kami di http://formulabisnis.com/contact.php jika ada kesulitan

Syukurlah setelah bisnis saya online selain melalui pesawat telepon, SMS kini komunikasi dengan pelanggan saya bisa dengan mudah dilakukan melalui jejaring sosial, email ataupun chatting
Nice share Pak Joko

luar biasa…. sukses mas…

Artikel yang sangat bagus pak.
Tapi bagi saya, pemula yang masih baru terjun di dunia marketing masih mempunyai kesulitan untuk memulainya.

trenyata menghubungi pelanggan saat ulang tahu atau hari besar itu sangat penting untuk menjaga agar komunikasi tetap lancar
terima kasih atas infonya

Pelanggan adalah raja, memberi perhatian yang lebih kepada pelanggan adalah kewajiban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>