Bagaimana Mengelola Resiko Bisnis Internet

Bagaimana Mengelola Resiko Bisnis InternetResiko bisnis dan sukses itu ibarat madu dan lebah. Keduanya berjodoh. Yang satu terkait dengan yang lainnya. Jika anda mau mendapatkan madunya, anda harus mau ambil resiko tersengat lebah. Kalau anda tak mau tersengat namun tetap ingin mendapatkan madunya, anda bisa menggunakan pakaian khusus yang menutupi tangan dan wajah anda. Itulah yang disebut mengelola resiko atau yang biasa disebut dengan istilah manajemen resiko.

Lalu, bagaimana mengelola resiko bisnis internet?

Yang perlu diketahui, dalam bisnis apapun, baik bisnis internet maupun non-internet, resiko itu mutlak ada. Tak bisa sama sekali dihilangkan. Yang bisa kita lakukan hanyalah meminimalkannya. Agar kita bisa mengelola resiko bisnis, menerapkan manajemen resiko dalam bisnis internet perlu dilakukan.

Dalam sistem manajemen resiko bisnis, kurang lebih ada empat tahapan sebagai berikut:

  1. Mengenali resiko. Kita harus tahu resiko-resiko bisnis yang mungkin terjadi. Apa saja kira-kira resiko bisnis internet anda? Resiko berupa produk tak laku, resiko produk dibajak, resiko rugi karena tak balik modal, dan resiko apa lagi lainnya? Ayo mari temukan.
  2. Menghitung resiko. Setelah kita kenali resiko-resiko yang mungkin terjadi, baru kita hitung resiko tersebut. Berapa besar kira-kira uang yang lenyap akibat resiko itu? Kalau untuk membangun bisnis internet memang tak butuh uang banyak. Namun resiko kerugian yang ditimbulkan bisa jauh lebih besar. Artinya potensi penghasilan yang bisa diraup hilang begitu saja akibat tak terkontrolnya resiko-resiko tersebut. Misalkan berapa kerugian akibat produk anda dibajak. Atau misalkan saat situs web anda tak bisa diakses, berapa banyak orang yang mungkin awalnya berniat bergabung menjadi tertunda. Dengan menghitung resiko tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan anda dalam melakukan prioritas penanganan resiko bisnis.
  3. Menyiapkan strategi dan menerapkannya. Selanjutnya tinggal menyiapkan strategi dan menerapkannya. Kalau resikonya adalah produk anda dibajak, tentu anda harus siapkan pengamanan yang memadai untuk produk anda. Agar situs web anda tak beresiko mudah down, salah satu strateginya tentu anda perlu memilih web hosting berkualitas.
  4. Memantau resiko. Untuk mempermudah memantau resiko, sangat baik kalau anda buat daftar resiko bisnis internet anda. Upayakan terus agar resiko itu bisa diminimalisir. Cari cara baru agar resiko itu terus bisa diperkecil. Jangan ragu melakukan perubahan kalau strategi yang anda lakukan tak berhasil seperti yang diharapkan.

Itulah langkah-langkah yang bisa anda jalankan dalam melakukan manajemen resiko bisnis internet. Sekali lagi saya tegaskan resiko sama sekali tak bisa dihilangkan. Yang bisa kita lakukan hanyalah meminimalisirnya. Dan mau tak mau, seperti kata Mas Fadly, resiko harus kita hadapi. Untuk menghadapinya, kata Mas Iwan kita membutuhkan keberanian.

Tak ada yang perlu ditakuti dari resiko. Resiko juga bukan untuk dihindari. Sebab dalam setiap gerak kita resiko selalu melekat. Yang penting, selama resiko itu ada dalam kontrol anda, percayalah bisnis internet anda berada dalam jalur yang benar untuk menapak kesuksesan.

Kenali resiko bisnis anda, kelola, dan terus maju berbisnis internet!

Tanpa resiko bisnis, hidup kita jadi kurang menantang juga kan?

287 Comments. Leave new

Saran pak joko memang bagus semua. pak joko emang gurunya bisnis online indonesia

yup, risiko memang selalu ada dlm bisnis apapun. tinggal bagaimana kita mengelola risiko itu dan mendapat sukses..

http://e-bookbisnis.com

yang baru bisa saya lakukan hanya memilimalisir resiko.
===========================
TAPI KADANG ADA RESIKO YANG SULIT KITA PREDIKSI SEBELUMNYA, NAMANYA KEJUTAN DARI SALAH SATU PRODUK YANG BERUPA APAPUN JUGA DAN MENCIPTAKAN RESIKO.
===========================
ILMU MEMPREDIKSI HARUS KITA MILIKI. KLO KATA PARA “ORANG PINTER” ILMU MENERAWANG.

RESIKO
Resiko itu pasti ada dalam segala hal yang kita lakukan di dunia ini, walaupun itu kecil sekali.
namun jurus sakti apa yang perlu kita gunakan dalam meminimalisir resiko tersebut.

iya begitulah hehe…
JASA PEMBUATAN BLOG ELEGANT, KEREN DAN MURAH!
Kunjungi segera! Mung’s Bisnis| Jasa Pembuatan Blog Murah!

Salam sukses buat anda.

Yup betul sekali analoginya bos… Dan kemarin salah satu teman saya bermasalah dengan hosting yang gak bertanggungjawab yaitu: http://www.BiangHosting.com Oleh karena itu harus selektif dalam memilih hosting agar tidak mengalami hal serupa Belajar Bisnis Online

Pagi semua,bolehkah saya masuk dlam Forum ini? Soalnya saya masih belum paham dalam pembelajaran bisnis ini tolong jelasin apabila ada yg salah atau yg benar dalam diri saya ini. * salam sukses dan Action *

Sangat boleh mas. Apalagi gabung MR. Action Club dot com :D

Risiko pasti ada. Tapi di bisnis online RISIKONYA LEBIH KECIL dibanding bisnis Offline.

Itulah KELEBIHAN BISNIS ONLINE dibanding BISNIS OFFLINE.

SUKSES.

HIGHT RISK HIGHT RETURN berlaku nggak disini

Sepertinya berlaku juga Mas Dafid, pada bisnis online.

Dan saya kira Analisa SWOT memgang peranan yang sangat penting tuh. Strenght, Weakness, Opportunity dan Thread.Belajar Bisnis Online

penting banget pak mengetahui resiko bisnis online dan apapun bisnisnya pun juga sangat penting untuk penerapan manajemen resiko

benar mas segala bisnis memang beresiko akan tetapi bila manajemen baik maka kita dapat memperkecil segala resiko yang tidak diharapkan

Ya stuju mas, dengan belajar dan mempersiapkan diri tentu akan mengurangi resiko lossBlog Bisnis Online

Sedikit mengingatkan…menurut EYD yang betul itu RISIKO bukan RESIKO…silakan lanjut

makasih mas.. anda teliti sekali penerus JS Badudu

Sepakat mas dan Resiko selalu ada dalam segala kegiatan kita selama kita masih bernafas…Blog Bisnis Online

kalau mengenai resiko, setiap pekerjaan itu pasti ada dia.(resiko), saya sepakat dengan anda, kenapa? dalam perputaran waktu yang terus berputar, di penuhi dengan pekerjaa yang begitu banyak tidak mungkin kalau resiko itu tida ada,pasti ada, karena itu saya sangat sepakat dengan yang anda tulis.
terimakasih……..

SETUJU MAS, JANGAN HINDARI RISIKO TETAPI HADAPI APAPUN RISIKONYA DAN NIKMATI…. PASTI SUKSES AKAN DATANG.

SALAM SUKSES DAN ACTION !!!
====================
http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com

Setuju sekali…
Mas Joko memang pakar bisnis onine Indonesia

Mau tanya belajar dari mana nie Mas Joko?
Belajar sendiri ato belajar dari guru mana?

Thx atas infonya…


MAU TAU KALO TIDUR BERLEBIHAN BERESIKO KEMATIAN????????

INFONYA ADA DI BLOG SAYA!!
==================================================
Motivasi-Bligus – BLOG MOTIVASI dan BISNIS

==================================================

JAm terbanglah yang tidak bisa berbohong… + kemauan keras untuk maju

Benar apa kata mas Joko….resiko selalu membayangi perjalanan kita dalam memulai bisnis dan pada saat membangunnya, namun resiko akan lebih agresif lagi pada saat kita berada di puncak jaya kita dalam berbisnis….yaitu resiko menantang Anda.

Ini tugas kita untuk memanajemen resiko sehingga resiko bisa diminimalisir.

Visit :

GUDANG EBOOK DAN AFILIASI GRATIS !!!

Benar Sekali mas Tantra. Resiko akan selalu membayangi perjalanan sukses kita. Bahkan ketika sukses itu sendiri telah diraih, resiko tetap saja menemani kita. Dan siap melibas di saat kita lengah.

ITULAH RESIKO… SENINYA PERJUANGAN!

slamat malam…..numpang tanya aja….sewaktu seminggu joint apa bisa dapt downline ??

ada jenis kegiatan2 dagang yang bisa memakai media internet sbg media promosinya, dan ada juga kalau berpromosi lewat internet hanya menambah resiko .Ingat jangan ulangi kesalahan yang sama!

Menurut standar BSMR (Badan Sertifikasi Manajemen Risiko), risiko dalam bisnis dapat terdiri dari risiko operasional, risiko pasar, risiko hukum dan risiko reputasi.

Nah, bagaimana kaitannya dengan bisnis online yang kita lakukan?. Mari kita kaji dan saling berbagi informasi…

Betul mba Wiwit, saya cuma mo nambahkan saja… semakin besar risikonya, semakin besar pula kesukesan yang akan kita raih. Saya jado ingat kata pepatah, semakin tinggi pohojn makin kencang juga anginya. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengukur risiko yang akan kita hadapi sehingga kita bisa mengurangi dampak dari risiko tersebut.
====================
Salam sukses.

visit my blog http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com

artikelnya pak joko emang bagus2,,,banyak bgt idenya..salut2 bgt bwt pak joks..

Betul Resiko selalu ada . Entah itu yg berkaitan dengan materi , kegagalan , perasaan dan terhantui oleh rasa keputus asaan . Tapi itu tadi. Tiap hari kita selalu berusaha memotivasi diri kita sendiri . Kuncinya Jangan mudah menyerah.

yah..
smua bisnis mmg bresiko, tak hanya bisnis online saja ..
andai saya tahu bisnis online lbh dalam …
sayangnya, saya hanya skedar tau …

gak ngerti saya …
gak tau, tp pengen tau …
ada yg mau bantu ????

Ok pak joko. Blog anda selalu dipenuhi posting yg berkualitas. Btw bkin lg donk artikel tentng tips2 blogging. saya jg baru bwat blog nich. kpn2 mampir donk ke blog saya. Jngn lpa dikomentarin yach!!

Untuk tips-tips blogging silakan klik di sini.

Pa joko ini dulu kuliahnya di sipil apa di manajeman ya ????

Saya lulusan Arsitektur pak. Gelar ST. Tapi ilmu internet yang saya miliki sekarang mungkin kalau ada bidangnya di dunia pendidikan Indonesia saat ini, harusnya gelar saya di tambah MIM. Jadinya Joko Susilo, ST, MIM. Magister Internet Marketing. Ha ha ha!

saya benar-benar tidak bisa menjalankan bisnis ini. karena tidak satupun yang bisa saya lakukan. membuat web, dll itu say masih belum mengerti,

saya dulu juga berpikiran sama mas.. kita disni sama2 belajar yang penting never give up..

mas Ahmad, segera aja bergabung, dijamin pasti bisa
saya juga newbie 1 bulan, kebetulan latar pendidikan saya sama dengan P. Joko, jangankan soal resseler,marketing,internet,dll. buat blog aja ndak bisa, setelah ngikut, eh.. enak lho banyak teman yang bisa ngasih bantuan,
kalo ngkiut klik ini aja (biasa promosi)
———————————–
http://formulabisnis.com/?id=yonyel

selama saya mengenal bisnis formula, buat saya luar biasa,cuma yang jadi tidak luar biasa adalah,cara saya memulainya & tercapai sasaran,koq ngliat orang enak menghitung uangnya masuk direk.nya yg selalu ber
tambah.

saya menyadari karena saya terbilang yunior didunia maya ini,
lalu apakah Bpk mungkin bisa memberikan solusinya?

menurut saya berbisnis internet itu sangat mengasyikan.akan tetapi banyak pelanggan yang masih ragu akan bisnis internet.bagaimana mungkin bisa menguntungkan kalo informasi yang diberikan itu terlalu panjang lebar dan bertele-tele.bagi peminat bisnis ini ya,lebih baik diperjelas dan langsung menghubungi pelanggan ini dari pihak formula bisnis.agar pelanggan merasakan kepuasan pelayanan dari pihak formula bisnis.saya mohon bapak bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan bisnis ini,agar mereka pun tidak mengecewakan begitupun juga dengan saya.ok dan terimakasih !!

Mbak maya, bila ingin penjelasan detil tentang formulabisnis sebelum bergabung tanyakan pada reseller yang menghubungi mba, karena mereka pasti dengan iklas akan menjelaskannnya. karena semua reseller dan teman” yang ada disini sudah menjadi bagian dari formulabisnis..

-salam, sukses-

baca review di blog http://bisnisonlinesaja.blogspot.com setelah itu anda renungkan dan pikirkan. di sana dijabarkan secara ringkas dan jelas

pa joko yang saya hormati terimakasih atas pembelajarannya meski saya belum memulai bisnis online, karena beberapa hal mulai dari awamnya saya akan internet marketing belum punya web sendiri hingga biaya tuk semua itu maklum saya penganggur he..he.. tapi insya alloh saya punya kemauan ingin seperti bapa yg telah sukses,tetap semangat sebab disini saya juga bersemangat tuk mengikuti orang2 seperti pa joko.. sukses dahsyat

Pak Syaeful, kemauan adalah modal utama untuk sukses. Dengan memiliki kemauan yang kuat kita akan berusaha keras dan pantang menyerah mencapai apa yang kita mau.
Dimana ada kemauan, pasti ada jalan…Mari cari jalan dan wujudkan kemauan kita!

kalo belum berhasil saya akan terus mencoba sampai tampilan muncul..tolong neh kepada sapa aja yang lagi ol tentang formula bisnis.. bimbing daku juga..kalo saya kayanya harus wall to wall ga bisa di pending dulu suka blank lagi..sebenarnya dari pak joko juga udah lengkap tapi.. kalo ada yang ga ngerti di balesnya 3 hari kemudian… kelamaan keburu lupa deh..

Halo…mas Joko, aku member forbis sejak nov’08, baru saja selesai bikin Blog. Jadi mohon dimaklumi Blog ku masih banyak kurangnya,,,,,, mohon mas Joko kasih comment, masukan, kritikan, supaya Blog ku bisa saya tingkatkan. Dan bantu kalo mau tukeran link nih.,, katanya supaya traffic naik.
Makasih ya…

Mas Kuns,

Jika tertarik tukeran link dengan saya, silahkan pasang link saya dan mari mampir ke blog saya…buat nambah pencerahan…di tunggu mas.

walah..walah..betul pak..setiap langkah harus penuh strategi..
saya newbie dan member baru forbis..

SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG DI KELUARGA BESAR FORMULA BISNIS.
SALAM SUKSES BUAT ANDA.

Sebesar apapun resiko yg menerjang, apabila kita telah mempersiapkannya(kenali resiko, kelola, dan terus maju berbisnis internet!), dijamin resiko tersebut akan tdk berpengaruh buruk terhadap bisnis yang kita jalani.
Malahan akan semakin memperkuat pondasi-pondasi bisnis kita.

kenapa aja nih kok gak pernah nongol

Benar Pak Joko

Apapun di Dunia Ini, Pastilah Beresiko
Ada Kenikmatan yang Didapat, Ada Perjuangan yang Dibutuhkan

Yups…bener banget! Yang namanya Resiko itu selalu ada dalam segala hal. Kalo kita melakukan hal2 yang tepat dalam bisnis anda..ya resikonya kita siap2 menjadi Joko Susilo SELANJUTNYA!

Terimaksih mas Joko..Artikel2 Anda sungguh berkualitas…saya senang mampir di blog anda.

mampir ke blog saya juga ya masbudi..heheee

Silahkan juga mampir ke blog saya….

Salam kenal,,,

saya seorang pelajar sma berumur 15 tahun, yang ingin saya tanyakan apakah saya sudah pantas unuk mengikuti program ini? sebelumnya saya sudah berbisnis sandal dan parfum, terima kasih.

wah hebat nich adek rizka, masih belia dah hebat berbisnis,,salam kenal ya…seperti yang rizka bisnis sandal dan parfum, program ini juga tidak memandang usia, yang penting udah bisa mengakses internet dan punya kemauan yang keras untuk menjalanin bisnis tersebut..

semangat terus ya, sukses selalu

Rizka, dalam dunia internet marketting tidak ada istilah yang tua dan muda. Selagi mempunyai kemauan yang ulet dan mau bekerja keras anda pasti bisa. Saya baru kenal internet thn 1999 sampai sekarang. Tapi saya baru mulai bisnis ini baru thn 2009. saya menyesal sekali karena klo dari dulu saya ikuti proram ini pasti level saya sudah lebih tinggi dari sekarang. Anda harus bersyukur karena sudah masuk/mengatahui ini semenjak dini. Saya yakin anda bisa Rizka

memang lebih baik terlambat daripada tidak samasekali ya mas, saya juga baru nongol nov 2009 kemaren,
buat dek rizka kalo mo dibuatin/tukeran desain silhakan mampir diblog saya yang satu :
http://daunjatistudio.blogspot.com

waduh mas, nov 2009 belum nyampe, 2008 kali..hehehe

Mas yanuar…, sy fika.., sy masih buta banget bisnis apa sih yang dari tadi diomongin… bisa minta tolong kasih tau sy?

Justru saat masih muda akan lebih bagus dan potensinya besar mba Rizka. Jadi tunggu apalagi? sangat pantas untuk ikut serta berbisnis…

wah, mba’Rizka jual parfum juga ya? Kalo gitu silakan mampir ke blog saya…ada yang berkaitan dengan bisnisnya nih…

hebat dik rizka, udah berbisnis online sejak dini, slam kenal silhkan mampir ke blog saya :
http://duitkertas.blogspot.com
——————————
atau mungkin bertukar desain, jika butuh nanti saya bantu di :
http://daunjati studio.blogspot.com

sudah hebat nih apalagi nanti klo udah dewasa…

malam pak Joko, lama tak bersua nich..
semoga sukses selalu ya, maaf baru bisa online nich, soalnya baru Pulang kampung.hehehe

Oleh2 nya dunk… ditunggu pengalamannya juga

oleh2nya singkong aja mas, mau gak.hehehee

bisnis apapun yang kita jalanin memang penuh dengan resiko, bagaimana sikap kita menanggapi resiko tersebut, bila memperhitungkan resiko dengan matang seperti yang pak Joko ulas diats, maka segala resiko insyallah akan dapat teratasi..

salam sukses selalu

Sayangnya, ketika resiko itu sudah terdeteksi dan ternyata kok banyak sekali. malah takut untuk ACTION, lah kalau sudah begini bagaimana jadinya.

Makanya itu sebelum mulai masuk tahapan mangemen resiko harus dibulatkan tekad untuk ACTION, dan ACTION.

Jangan malah tahapannya jadi BUMERANG.

Betul mas umar…kadang-kadang setelah menghitung resiko jadi takut action… wajar sekali. Dan akhirnya kembali ke mental dan tekad yang kuat Belajar Bisnis Online

bener Pak Guru,
Makanya diperlukan keberanian dan keihklasan dalam menjalankan semua prosesnya.

Yap pak guru, bila kita sudah tahu resiko yang ada lebih besar daripada hasil yang akan kita dapat, buat apa kita mbil peluang itu..Fungsi kita menganalisa suatu resiko adalah untuk mempertimbangkan dengan hasil yang akan kita dapatkan bila action.

-salam action-

Mengenai pembajakan, ini adalah resiko terbesar binis produk informasi di internet. Banyak pertanyaan di blog saya bagaimana mencegah pembajakan (terutama produk informasi) ini. Bagi yang ingin tahu silahkan kunjungi : http://www.duniaebook.wordpress.com

wah boleh nich info dari mas wahyudi, segera berkunjung….

Semakin besar resiko yang kita hadapi, maka kita akan semakin berjuang keras untuk menjaga kelancaran kearah kesuksesan dari bisnis yang kita hadapi… sekali saja kita lengah maka akibatnya akan sangat fatal…

Hikmah yang dapat diambil.. tentunya mental kita akan semakin tertempa meskipun kondisi bisnis kita sedang surut …

Salam sukses..
http://tetenwijaya.blogspot.com
Blog sehat dan bagi yang peduli sehat…

Manajemen resiko saya ya… jadi member mas Joko dan reseller formula bisbis ,Resikonya hampir ngga ada..malah nambah ilmu ha ..ha

Selalu menghadapi resiko dengan pikiran POSITIF…

Bagi teman-teman yang peduli kesehatan, silahkan kunjungi blog saya :

http://tetenwijaya.blogspot.com

Sip.. semua bisnis memiliki resiko… Asal kita mampu, yach terlewati semuanya.

satu lagi ilmu yang saya peroleh hari ini, Pak Joko.
semua yang Pak Joko sampaikan dalam postingan, saya jadikan bahan pembelajaran. dimana lagi bisa belajar menjadi orang pinter kalau bukan disini? saya rasa semua setuju dengan saya.

TAHNKS BUAT PAK JOKO POKOE MUANTEB

Siap mengambil RESIKO = SIAP MERAIH SUKSES

salam,
teten
di Blog Sehat

Jangan jadi pebisnis bila Anda tidak berani ambil resiko.

High risk high return? Ga selalu. Apalagi bila bisnisnya adalah bisnis online. Namun bukan berarti tidak ada resiko.

Yg amat diperlukan adalah sikap positif dalam setiap tindakan yg kita lakukan, termasuk berbesar hati ketika semua resiko yg kita perkirakan meleset dan berbuah kepahitan.

No life without risk because it makes your life full of challenge.

Salam sukses.
Salam Sukses

Betul sekali mas Arief…
Tidak selalu high risk high return..

Sebenarnya, tingkat resiko yang ditanggung itu tergantung dari kecerdasan seseorang dalam bisnis ini..
Cerdas yang dimaksud disini adalah disiplin, sabar, ulet, tekun, dan mau untuk terus belajar..

Dan selalu ACTION!

bolehlah kita resiko tersebut, anggap saja pengalaman, bukankah kegagalan = awal keberhasilan

Kegagalan adalah persiapan kita untuk sukses di pertarungan berikutnya…

Klo gak pernah gagal itu namanya gak mencoba…

makasih bnget atas saran dan masukannya,saya terima dng baik dan pljri apa yg adadlm kkrangan dlm dri sya ini, mngkin adanya saran ini jdi msukan dan pelajaran dlm dri sya maupun orang bnyak,krena manusia itu tdak luput darikesalahan dan dosa-dosa yg kita perbuat baik itu yg dsngaja maupun yg tdk dsngaja,oleh krna itu pembljaran itu trus trang blajar dri pnglaman sendiri gak ada yg mngjarkan pda sya ini ,alhamdlilah oleh bnyaknya blajar dlm pnglaman alhasil saya bisa. @Hidup adalah perjuangan menuju kesuksesan,resiko adalah tantangan hidup@ trim,all salam sukses!!!

Tapi kebanyakan kita takut menghadapi Resiko, takut gagal, takut karena belum tahu/pengalaman , takut ketipu, takut begini/begitu, takut mencoba, dan takut lain2nya. Memang kalo kita bisa memanagement resiko sukses akan menghampiri kita. “Kunci nya jangan takut gagal”, coba dan coba lagi benar kan Pak Joko :) he he he

Ya betul sekali , semua apa yang kita inginkan ,yang kita kerjakan pasti ada resikonya.
Justru untuk tantangan kedepan,dari balita kita sdh di ajarin ngambil resiko. Waktu belajar berdiri resiko jatuh tapi, tapi kita kan tetap belajar,nggak kapok kan???

Mengelola risiko bisnis adalah SENI dalam berbisnis itu sendiri, dan mementukan hidup-matinya usaha.

Mengelola risiko adalah SENI dalam berbisnis itu sendiri, dan menentukan hidup-matinya usaha.

Resiko memang benar-benar akan menyertai apapun yang kita lakukan. Tidak ada tindakan kita yang tanpa resiko. Benar kata Pak Joko resiko tidak bisa dihilangkan, yang bisa adalah untuk diminimalisir. Saya sudah berkali-kali mencoba usaha di samping pekerjaan pokok saya, tetapi berulang kali pula menemui kegagalan. Setelah saya menemukan website Pak Joko saya sangat yakin akan mendapatkan kesuksesan dalam usaha karena menurut saya Pak Joko memang benar-benar ikhlas membimbing dan membagi ilmunya kepada orang lain. Buktinya saya sendiri belum membeli produk, tetapi sudah sangat banyak pak Joko memberikan ilmunya kepada saya. Insya Allah dalam beberapa hari ke depan saya bergabung dengan Formula Bisnis. Terima kasih banyak pak Joko. Salam sukses selalu.

[B]oke ditunggu gabung mas suratno[B/]

Alhamdulillah… akhirnya apa yang sama impikan terwujud juga, yaitu amannya link URL reseller, setelah sekian lama saya selalu mengkritik begitu tajam karena link URL reseller “aneh” tapi nyata.
Semoga perubahan ini adalah hal baik karena memang kudunya begitu.
Memang perubahan ini tidak secepat yang saya mau, tapi setidaknya akan ada (semoga) kedilan bagi reseller yang sudah lelah berharap dan nguras keringat buat datangkan pengunjung.
Sebelumnya saya selalu dapat error tiap kali mampir sini karena ada perpindahan server (kalau gak salah). Eh, gak tahunya sudah ada perbaikan spektakuler. Siiiiip………..!!!!!!!

Memang ada “sebuah” resiko.
Apalagi: Saya bingung karena komentku gak bisa masuk!!
Duh….
Siiippppppppppp
Horeeee… link reseller dah aman!!!
Siiiiiiii…..!!!!!!!!!

mungkin mas gak lewat pintu masuk, atau gak ketuk pintu makanya pak joko gak persilahkan masuk.hehehe

Ya ampunnnnnnn komentku gak masuk lagi. Padahal mau ngomong yang baik-baik nih karena sudah ada perubahan signifikan!! Trimmmmmssssss……

Resiko memang sebuah tantangan.Tinggal krativitas kita saja.Hal yang penting kita menyiapkan bagaimana cara menanggulangi resiko itu…setuju?

Ada resiko yang sadar atau sadar menimpa kebanyakan pebisnis Online, yaitu WAKTU YANG TEKURAS. Waktu kita bersama keluarga menjadi berkurang, yang biasanya setiap hari sabtu/minggu kita bisa berlibur bersama, ketika kita memulai bisnis online (khususnya yg masih jd pegawai jg) hari libur digunakan untuk menulis artikel, browsing2, cek/kirim email, upload product, dan sebagainya.

Nah, jika kita tidak bisa mengatur waktu dg baik, khususnya waktu bersama keluarga, maka bisa fatal akibatnya. Setuju ngga?

murni pengalaman pribadi ^_^

Abu Musa
Owner e-Salim.com
Produk Muslim Berkualitas Harga Pas
Toko Muslim Online No.1 di Google
http://e-salim.com

Siip,mas Joko….Tulisannya makin lama mmg makin joss gandos.sangat bermanfaat untuk para pemula & juga yg merasa udh senior..:p
Berhitung dengan tantangan,juga resiko..mmg bikin hidup lebih hidup…tak tunggu ilmunya yg laen…

RESIKO = REJEKI. Siapa yang tidak senang dengan resiko berarti tidak senang dengan rejeki yang Tuhan berikan. Orang2 Sukses = Risk Taker. Mereka selalu memandang resiko secara positif dan konstruktif.

Resiko = Teman yang akan mengingatkan kita agar senantiasa waspada dan penuh perhitungan dalam mengambil tindakan. Makanya jangan takut dengan resiko. Just take the chance, no matter what. For risk is part of life that we’ve got to go trhu. Isn’t that right?

LUAR BIASA
SEMAKIN MANTAP PAK JOKO

SELAMA INI SAYA BERFIKIR DI MANA SAYA MENCARI INTAN PERMATA UNTUK EO SAYA TIDAK TAHU NYA ADA DI DEPAN MATA SENDIRI. ( MOHON MAAF SEBELUM NYA YA PAK BUKAN BERMAKSUD MEREMEHKAN ) KEBETULAN SEKALI EO KAMI MENGADAKAN SEMINAR TENTANG TEKNOLOGI INTERNET BERSAMA BAPAK ROY SURYO PADA PERTENGAHAN MARET NANTI, BILA REKAN2 ADA YG BERMINAT SILAHKAN BACA KILASAN MATERINYA DI
http://ri9ky-pratama.blogspot.com
DENGAN SANGAT HORMAT DIMANA \ KEMANA HARUS MENGHUBUNGI PAK JOKO BILA INGIN MENGAJUKAN KERJASAMA SEBAGAI FASILITATOR TRAINING2 EO KAMI BERIKUTNYA.

SALAM SUKSES KITA SEMUA
BEST REGARDS
RI9KY

Resiko itu suatu berkah. Dengan Resiko kita dihadapkan pada satu pilihan. Pilihan itulah yang akan membawa kita pada pengalaman. Dan dari sana kita menjadi matang dan bijak. Sukses untuk pak Joko Susilo.

BLOG MOTIVASI SUKSES
March 1, 2009 11:39 pmReply

Hidup tanpa resiko ibarat nasi tanpa garam. Tidak enak. Resiko dalam hidup itu mau tidak mau pasti ada. Yang dibutuhkan kini adalah memandang resiko dari sudut yg berbeda. Melihatnya secara lebih kreatif.

Orang2 yg sukses dalam BISNIS KEHIDUPAN harus siap dan mempersiapkan diri menghadapi segala resiko yg terburuk hingga yg terbaik. Karena itu manajemen resiko itu kudu, harus bin wajib disiapkan. Betul tidak?

Yang TerBaru dari Wajah Baru BLOG MOTIVASI SUKSES Klik Disini!!!

RESIKO ITU PASTI ADA CUMA YANG JADI PERTANYAAN SANGGUPKAH KITA MENGHADAPI RESIKO??

Halo mas joko, saya baru 7 harinya ngeblog, masih cindil, otodidak…dak…dak… lagi, sedeng haus-hausnya konversi. Komentari dong, biar bagus dan bisa bayar cicilan komputer nya dari blogging. Thx yaa.

Mas, sudah lumayan lah walaupun COPAS (copy PASTE)
Yauda, gabung sama saya aja dulu mas di http://formulamasukmiliter.com/gempar
Saya yakin anda juga bisa seperti saya menjadi member yang paling gila pendapatan nya

Roni Balung, saya adalah follower pertama anda. Artikel-artikel pada blog and (tulisan orang lain) tersebut anda posting dengan cara bagi hasil atau cuma numpang beken/outsourcing ?

Salam

Sip Pak Joko, ini info yg sangat penting bwt pebisnis online. Salam sukses!

Ya memang semua yang diperjuangkan itu mengandung resiko, namun yang penting kini hendaknya pandai-pandailah kita meminimalis resiko, namun keuntungan masih mengalir.
http://www.formulabisnis.com/?id=toto

Apapun resikonya maju terus… Jangan pernah surut langkah hanya karena resikonya besar atau lebih besar dari yg kita prediksikan. Belajarlah untuk berteman dengan resiko. Menyikapinya secara positif. Karena sebaik apapun tindakan kita tentu memiliki resiko dan konsekuensi tersendiri.

Yang terpenting jangan berhenti sampai disitu. Anda harus terus ACTION agar sukses. Betul tidak?

Temukan 3 Langkah Sederhana Meng-Aktualisi Diri Anda Menuju Sukses Luar Biasa DISINI!

Setuju mas arief, maju terus pantang mundur. Gagal adalah biasa, bangkit dari kegagalan itu baru luar biasa!!!.

-salam istimewa-

Kegagalan adalah kunci dari kesuksesan oleh krnna itu jngan mnyerah menghadapi kehidupan yg berputar bagaikan bumi yg berputar pada porosnya,kehidupan adalah suatu perjuangan yg harus terus diperjuangkan,jatuh bangun dlm berusaha itu hal yg biasa tapi jngan terus berjatuhan sprti pohoh yg lagi berguguran,maju teruspantang mundur menuju kesuksesan yg kita raih oleh krna itu lebih baik tangan di atas dari pada tangan di bawah. @salam sukses All@

wah bagus2 om postinganya

ow gitu ya om baru tau aku

Memang pak, ada resiko ada rezeki.

Teori yang mantabs Mas Joko tentang menrisk, jadi ingat waktu kuliah tentang Manajemen Resiko.

Memang benar sekali ada pendapat yang mengatakan bahwa dalam berbinis harus bersikap konservatif. Kita bisa mengartikannya bahwa sebagai pebisnis harus tetap waspada menghadapi keuntungan, juga lapang dada jika menghadapi kerugian.

selamat pagi….
wow ….. kembali masjoko kasih info yg oki banget, pantasen azha web anda ini makin ngetop dari hari kehari, mulai jam 00.00 1 x 24 jam foll. A..yu buruan siapa yg menyusul kesuksesan masjoko, bersaing dgn sehat serta tidak saling spam. oki star di bulan Maret ini 2009…..
terimakasih … dari http://www.vieyamaulida.com

terim kasih mas atas kirimannya. Semakin mencerahkan

[...] ingin menambahkan apa yang sudah ditulis oleh Joko Susilo dalam artikel terbaru nya: Bagaimana Mengelola Resiko Bisnis Internet, yaitu cara pandang mengenai resiko itu sendiri sebagai batu loncatan karir [...]

numpang lewat ah pak joko… buku paypal masih dalam sketsa penulisan hahaha

GAK ADA MASHENGKY, TETAP GAK RAME

terima kasih atas semua saran dan kiriman emailnya. saya benar-benar berguru kepada anda dalam masalah ini.

benar mas,yang namanya resiko pasti ada di mana saja,misalnya resiko nyawa sekalipun,justru banyak orang yang meninggal kan di tempat tidur?jadi kita harus tetap maju,dengan manajemen resiko dan bimbingan mentor ulung sekelas mas joko,trimakasih mas joko

makasih atas motivasinya. mdh2n resiko itu bs diminimalisir sampai mendekati 0%.

Resiko 0 % ???. itu mah udah dalam kubur dong..hehe..saya mah ga mau..

-salam kenal-

Setiap apapun yang kita kerjakan pasti mengandung resiko, dan siap tidak siap pasti kita mengahdapi resiko itu. Dan tentunya orang yang sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk mengenali dan menyelesaikan tentang resiko itu, pasti akan menemui kesuksesan.

Salam Action

Pak Joko memang ahlinya. Semua artikel yang di publikasikan oleh pak Joko semuanya bermanfaat. kalau boleh, bisa tidak memuat artikel tentang blog, dari pembuatan, edit, aksesois, sampai publikasi. Bravo. Terima kasih.

Untuk temen2, silahkan kunjungi blog saya di :
http://bisnisonlinesimple.blogspot.com/

Mas cecep kalo pak joko buat artikel lengkap tentang itu, nanti rahasibloging.com ga laku dong..hehe..untuk lihat teknis susun blog mas cecep bisa beli produk rahasi bloging.com, tapi kl belum punya dana coba aja kunjungi :
http://www.blog-tutorial.blogspot.com
semoga membantu..

-salam sukses-

Disinilah pentingnya Bagaimana Manjemen Resiko …yah itung-itung meng aplikasikan teori yang kita dapat waktu Kuliah. Memang HIGH RISK HIGH RETURN…itu teorinya…tapi sebetulnya ada yang bisa kita kurangi HIGH RISK terebut tapi tetap HIGH RETURN….
ya…mari kita belajar dari mas Joko
GOOD LUCK please visited http://www.liany-jewelery.com..if U interested HIGH RETURN…

Apapun yang dilakukan pasti mengandung resiko, termasuk bisnis.

Jadikan sebuah resiko sebagai motivasi untuk sukses.

Dengan adanya resiko yang akan menghadang mencapai kesuksesan, otomatis berpikir bagaimana memanajemen resiko tersebut sehingga terhindar menderita kerugian.

Minimal resiko itu dapat diperkecil. Kalau Resiko itu besar maka harus dicoba untuk menghilangkannya, namun jika tak mampu menghilangkannya minimal ya.. diperkecil….

betul mas…sudah fitrahnya dalam hidup ada 2 unsur negatif&positif.Kita harus memanage agar kedua unsur itu jadi suatu poin yang akan menjadikan hidup harmoni…harus dinamis.Bukan di jadikan rasa takut resiko itu, tapi sebuah peluang untuk mengolah kematangan dan kedewasaan kita dalam hidup…

Artikelnya sangat ok.. dengan analogi yang sangat jelas. Dan resiko biasanya berbanding lurus dengan hasil yang didapat…Blog Bisnis Online

Setuju Mas Zams, berlaku di dunia bisnis : semakin kecil yang didapat berarti semakin kecil pula resikonya. Dan semakin besar yang didapat, berarti semakin besar pula resikonya.

Namun kadang berbanding terbalik di dunia kriminal, sekedar contoh : maling ayam yang tak seberapa nilai uangnya, malah dipukulin hampir mati. Sebaliknya maling kelas kakap (koruptor), malah dilindungi dan aman.

Tul mas sumartono, koruptor memiliki resiko dipenjara tapi maling ayam memiliki resiko mati digebukin orang sepasar :)…tragis ya..

disini masalahnya adalah uang, hukum indonesia kbanyakan banyak uang, dia yang menang.

Bisa dipastikan bahwa segala sesuatu memang ada resiko Boz, klw dari nge-Blog kira2 resiko terburuk apa Boz…maksud saya yang berakibat buruk ke Bloger

Tapi pada umumnya orang menginginkan resiko yang terkecil untuk sebuah hasil yang maksimal, masalahnya bagaimana untuk mencapai itu?

Saya percaya setiap usaha pasti ada resikonya, namun benar kita bisa memimalkan resikonya bila kita sebelumnya sudah mampu menganalisisnya. Karena pada dasarnya bisnis apapun pasti akan berhadapan dengan faktor internal dan eksternal, nah disitu kita harus mampu mengelolanya. Faktor internal sering disebut kelemahan (weakness) bisa dari diri sendiri namun bila kita mampu menyadari kelemahannya dan segera diperbaiki, pasti kekurangan akan bisa berubah jadi kekuatan (strenght), sedangkan dari faktor eksternal atau dari luar tentu kita bisa menjadi ancaman (threat) namun bila kita mampu mengelola dengan baik baik ancaman apapun pasti akan jadi peluang
(opportunity). Jadi disini sebenarnya hanya kecerdasan dan kecerdikan kita di dalam berbisnis. Karena bila diurai tentu analisis SWOT akan menyita banyak baris dan halaman. Namun yang utama adala awareness kita, tentang apa tang kita lakukan pada saat ini. Semoga bermanfaat.

Salam sukses Pak Joko

mas Joko yth saya mau mulai bisnis Internet ini tp gak tahu mulainya,tolong trunkan ilmunya ya ke Saya

Thamks
Nasaruddin

Mas nasarudin, langkah pertama yang bisa mas lakukan bila ingin memulai bisnis internet salah satunya adalah dengan bergabung dahulu dengan fomulabisnis setelah itu langkah selanjutnya akan mas nasarudin dapatkan pada panduan SMUO. Lihatlah ratusan member yang ada disini,sebagian besar sama dengan mas nasarudin baru mau melangkah dalam bisnis internet, tapi bedanya mereka sudah memiliki panduan untuk melangkah.Jadi mas nasarudin harus memilikinya juga..kami tunggu disini okey..

-salam kenal-

yup..bener sekali..ayo mas nasaarrudin Stop DREAMING, Start ACTION!

Kalo menurut saya risiko itu ya risiko. kalo emang kita udah melihat peluang itu dan anda yakin bisa ya langsung take action saja.

Dalam setiap peluang pastinya selalu ada risiko dibaliknya. Jangan terlalu berkutat pada mikirin risiko melulu, nanti bisa-bisa gak segera take action.

Perkara nantinya kita menemui kegagalan, yakinlah bahwa kita pasti akan mendapatkan pelajaran berharga dari kesalahan atau kegagalan itu.

Antara mengambil keputusan dan menimbang risiko itu adalah seni. Jadi kalo terlalu memakai “akal sehat” atau terlalu ilmiah gak akan cocok!

by alchemist: http://www.friendzilla.cn/alchemist

betul pak joko:)

Thanks atas tulisan yang berharga.

yupz..saya setuju pak joko. kadang ada orang berpendapat bahwa tidak melakukan sesuatu berarti mengurangi resiko. padahal kalo dipikir lagi, ternyata diam itu sendiri mengandung resiko juga, bahkan tidak sedikit. tul ga?

Kalau diam terus malah bengong dan senyum-senyum sendiri, resikonya malah dianggap ..sinting. Betul gak?

Salam kenal Mas Iwan.

kalau hanya diam… ngga ada bedanya dengan orang mati! Hidup untuk berkarya mas. Kalau bisa karya kita itu ntar dikenang sama anak cucu se-dunia (big vision)

Ada saatnya masalah tidak bisa dihadapi dengan diam mas iwan, karena diam tidak berarti menyelesaikan masalah tetapi justru menambah masalah terus yang nantinya akan meledak.Yah seperti gunung es yang terus menerus ditumpuki es makin lama pasti akan longsor juga.

-salam istimewa-

ya saya sangat setuju, dengan yang bapak tulis itu?
karena tidak mungkin dalam pekerjaan itu tidak ada terpikir sedikitpun dengan resiko!
terimakasih.

pak Joko, Bagaimana merubah resiko manjadi obat kesuksesan. seperti Orang yang sering Rematik kalau disengat lebah penyakitnya akan berkurang. Tolong beri Motifasi saya agar tidak takut disengat lebah. salam sukses…

Mas Taufiki, tak ada yang perlu ditakuti selama resiko terburuknya tak ada apa-apanya dibandingkan dengan kemungkinan hasil yang anda dapatkan. Yang penting, sikapi resiko dengan cerdas. Silakan baca artikel Menyambut Resiko dengan Cerdas.

Mas Taufik,
Tidak ada yg perlu ditakutkan.
yang perlu anda takuti itu justru ketakutan anda sendiri.jangan dipelihara, bisa2 anda jadi paranoid terhadap tindakan. silahkan baca dengan seksama artikel mas Joko.. salam Action!

bener sekali mas Fadly, musuh terbesar dalam hidup kita adlah diri kita sendiri, bagaimana kita bisa menguasai diri kita, jangan sampai dikuasai oleh hal2 yang negatif yaitu ketakutan mencoba hal2 yang baru.

Memang semua resiko itu harus dihadapi apun bisnisnya, tapi jangan cari resiko/masalah kalau bisa..
begitu kah pa. joko….

Setuju mas budi, kalo kita tahu ada resiko besar didepan mata untuk apa kita terabas saja..itu namanya cari masalah mas :)

-salam kenal-

saya belum bisa yakin, bisa mendapat uang dengan duduk aja depan komputer. bagaimana bisa berbisnis tanpa mengeluarkan modal lebih dahulu ?

apabisa saya mendapatkan uang tanpa meneluarkan modal ? saya mau cara seperti itu ada gak ? bisa gak ?

terima kasih sebelumnya!

etia

Tentunya ada modal yang harus dikeluarkan yaitu usaha keras dan panduan yang jelas mbak… Klo semuanya sudah dilakukan nah baru hasilnya dapat dinikamti sambil duduk2 di depan komputer….

@etia: ada gak ya orang yang dapet uang hanya duduk depan komputer?, menurut mba etia seorang akuntan disebuah perusahaan kerjanya dimana :), terus seorang IT perusahaanpun sama saja, dan masih bnyak lagi loh..mereka kok bisa hasilkan banyak uang dari depan komputer ya mba..hehe..itu salah satu bukti kecil mba,nah maka itu jangan heran jika pak Joko Susilo bisa hasilkan sampai 15 juta/hari didepan komputer.
Dalam bisnis apapunjuga untuk mendapatkan profit ada sesuatu yang harus kita keluarkan mba,bila mba etia ingin yang gratis bisa tetapi dibutuhkan kesabaran mba, karena semua panduan untuk menghasilkan uang harus mba etia cari satu persatu dinternet :)

-semoga sukses&salam kenal-

Bener sekali Pak Joko, resiko di dunia bisnis apapun selalu ada. Tinggal kita harus selalu siapkan strategi yang pas buat masing2 bidang bisnis kita. Selama kita hidup, selama kita berusaha, resiko selalu ada… NO RISK NO FUN…

Sekolahnya dimana ya ..untuk gelar MIM.. boleh juga tuh pak…

Kalau di kampus Offline saya rasa belum ada Mas. Tapi kalau di kampus online ada mas… di Universitas Formula Binis, Pak Joko sebagai Rektor, boleh gak Mas Joko?

resiko ? itu yg saya suka, kalo ga ada resiko ga ada tantangannya, tapi kita harus memawaspadai setiap resiko dan harus sudah siap dengan cara untuk mengatasinya,..keep smile n sukses marketer indonesia

bisnis pada awal-awal sangat sulit dijalankan dengan mulus.perlu untuk menganalisa kekurangan dan kesalahan yang mengakibatkan resiko dalam permulaan bisnis.yang paling parah bila tidak tahu kesalahan dan kekurangan dalam bisnisnya.sebaiknya memang terus belajar baik dari membaca maupun kesalahan-kesalahan yang mengakibatkan resiko.

————————————————
Bagaimana cara mendidik anak agar sukses dan bahagia di anekapilihan.com

Makanya, bisnis plan kudu mantep mas.

memang pak setiap tindakan pasti ada resikonya…tergantung kita berani mengambilnya atau tidak?

Setuju mas eternal, semua kembali ke diri kita masing”. Karena besar kecilnya resiko setiap orang tidak bisa disamakan, belum tentu resiko yang dianggap besar oleh si A juga dianggap besar oleh si B..Maka itu disitulah tolak ukur keberanian mental seseorang dalam menghadapi resiko…
Hukum investasi = makin besar keuntungan maka makin besar resikonya bukan, maka beruntunglah orang yang berani ambil resiko besar :)

-salam kenal-

makin banyak keuntungan makin tebel dompetnya…..

harus berani….maju terus

Mas Joko,

Kalau saya timbang, resiko bisnis di internet masih jauh lebih kecil dari bisnis lain di luaran sana.
Modal relatif kecil, tapi pengalaman yang didapat relatif besar, karena menurut saya bisnis di Internet bisa untung gak bisa rugi (bisa rugi pun sangat kecil).

Salut buat mas Joko.

Salam,

Hendro Siswanto
http://www.PeluangUsaha.asia
Solusi Peluang Usaha anda

Betul Mas Hendro. Potensi bisnis internet luar biasa. Modal awal yang kecil bisa berganti berkali-kali lipat.
Terimakasih

bener sekali pak, apalagi dengan kondisi sekarang, bisnis internet ya kalau rugi gak sampai bermilyar-milyar seperti perusahaan2 yang sudah banyak gulung tikar…

asiek juga, tapi saya masih merasa bingung dng bisnis ini… saya pengen belajar lebih dalam lagi…

thx ya..

Betul apa yang mas joko sampaikan. Kebetulan salah satu kegiatan saya selama ini berkaitan dengan manajemen resiko dalam bidang TI. TApi pada prinsipnya sama. Resiko dalam bisnis termasuk bisnis internet harus dikelola dengan baik, sehingga ada keseimbangan antara manfaat/ keuntungan dengan resiko yang dihadapi.

Maaf mas Joko baru mampir.minggu ini habis liburan ke rumah ortu ajak anak2 nginap 3 hari…makasih trackbacknya Mas.

ok kembali ke laptop,
Menurut saya Resiko dan bisnis, tidak bisa dipisahkan. kesiapan seseorang menerima resiko, berkaitan dengan kebesaran Mental seseorang untuk menerima resiko apapun yang terjadi.

menurut pengalaman saya, resiko itu awalnya menyakitkan, tapi setelah terjadi mengharukan dan membuat saya lebih tegar dibandingkan sebelum resiko itu terjadi.

saya memberikan apresiasi yg tinggi terhadap Hakikat Artikel ini, ditambah lagi dengan cara anda mengulasnya, mendekati sempurna Mas Joko.

wah dah fresh dunk nih mas, barusan habis liburan heheehe

semua memang beresiko setiap berbisnis,dan benar kpa kata mas joko.setiap berbisnis kita harus bersiap2 menanggung resiko untung dan rugi..

Resiko = Peluang+Action, yap itulah salah satu rumus yang harus kita tahu. Tak ada langkah tanpa resiko, bahkan orang tidurpun ada resikonya bukan..resiko kesiangan,resiko mimpi buruk atau resiko tidak bangun lagi..hehe..ngeri amat.
Tapi benar yang dikatakan mas fadly dan mas iwan bahwa resiko adalah sesuatu yang harus kita hadapi terutama dalam bisnis. Artikel yang menarik banget pak joko, sungguh menambah info bahwa sebelum melangkah kita juga harus menganalisa faktor” resiko yang akan kita hadapi, semoga saya dapat mengikuti jejak pak joko dalam bisnis internet :)

-salam hangat-

amieen…terus semangat mas.

Resiko yang harus kita hadapi adalah proses mencapai sukses.

sukses buat mas joko

sebuah ide yang bagus pak. Terasa kita akan putus asa jika dihadapkan dengan suatu masalah. padahal kita pasti bisa menyelesaikan masalah tersebut. yang terpenting adalah tetap semangat. Tidakkah begitu teman teman/

Setuju. Ada juga pepatah yang mengatakan bahwa resiko dan peluang ibarat 2 sisi koin. semakin besar peluang maka sisi resikonya akan sama besarnya juga, tinggal bagaimana kita mengelola resiko itu.

Sukses Bagi Anda di
MY SUCCESS

saya kira betul apa yang telah Pak Joko terangkan di atas, selama kita hidup pasti dan mengerjakan sesuatu pasti mempunyai risiko, cuma kadarnya yang berbeda-beda saja. Bagaimana menghadapi rsisiko, semua tergantung pada pribadi masing-masing. Yang diperlukan bukan hanya kemampuan mengukur risiko yang akan dihadapi tetapi perlu juga pengalaman. So risiko bisa kita hadapi dengan kendali yang baik dan dampaknya dapat kita kurangi atau diminimalisir.

Hadapi risiko sebagai bagian dari diri kita sendiri, banyak orang yang sukses di dunia karena berani menghadapi risiko dan tidak tajut gagal. Bahkan mereka dapat menikmati risiko itu sendiri
Siapa takut?
======================
Salam sukses.
http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com

saya masih br mas, tlng di beritahu cara awal dan pengelolaannya mas… Thx… mas Bravo smuanya…
salam saya Devan

mas … sy br buka warnet nechh. ga gede sechh…br berjalan 5 unit .. gmana caranya biar keuntungannya lebih besar lagi mas…thnks… infonya..

RISIKO = SUKSES.

MAKIN BESAR RISIKO = MAKIN BESAR SUKSES

TANPA RISIKO = TIDAK SUKSES.

MENGUKUR RISIKO = MENGURANGI KEGAGALAN

MAU SUKSES SPEKTAKULER ? HIDUPLAH DENGAN RISIKO !!!

He em Mas Sugiana, setuju aja deh

He em juga mas Sumartono, he….

Resiko dan sukses itu ibarat madu dan lebah. Keduanya berjodoh. Yang satu terkait dengan yang lainnya. Jika anda mau mendapatkan madunya, anda harus mau ambil resiko tersengat lebah. Kalau anda tak mau tersengat namun tetap ingin mendapatkan madunya, anda bisa menggunakan pakaian khusus yang menutupi tangan dan wajah anda. Itulah yang disebut mengelola resiko atau yang biasa disebut dengan istilah manajemen resiko.
….Resiko dan madu seperti dua sisi mata uang yang….
jadi sisi mana yang berpihak pada anda.

salam action n move

ps. Pa. Joko Susilo , Tolong Beri masukan/comment pada websiteku di http://www.prosesbisnis.com
thanks

BLOGBEBASSENSOR!!!!
March 2, 2009 11:49 pmReply

GW BIKIN BLOG BLM ADA SEBULAN. PRAKTEKIN ILMU RAHASIA BLOGGING… HASILNYA DAHSYAT..!!! MASIH KE INDEX ARTIKEL DI GOOGLE SDH JUARA 1 DARI 535.000.000 PENCARAIAN. SILAHKAN CEK DG KEYWORD “AFFILIATE BUSSINESS”. BTW, THX TO MR JOKO, GW COPAS ARTIKEL BELIAU DAN HASILNYA SAKTI. BUT TEMEN2 KLO MAMPIR KE BLOG BEBAS SENSOR, SORRY AJE MSH BLM FINAL… TP DAHSYAT ABIS ILMU RAHASIA BLOGGING. MAJU TERUS MR JOKO…

huebat ui…. sukses selau dech…

Namanya jg master,smua sarannya pasti mujarab. Yg pasti klo qta mau hasil yg besar resikonya jg akan besar dan untuk menjadi PEMENANG qta hrs siap kalah krn stiap pemenang pernah KALAH

MET PAGI SEMUA… SALAM SUKSES DAN SALAM ACTION!

Met, pagi juga mas…

DALAM SEGALA HAL YANGG KITA LAKUKAN SELALU ADA AKIBAT DAN SEBABNYA,NAMUN BILA KITA SEDARI DINI HARUS TAU AKAN SATU AKIBAT DARI SATU TINDAKAN KITA DAN ITU ADALAH HAL YANG WAJAR.DAN KITA HARUS BELAJAR DARI APA YANG TELAH TERJADI UNTUK KEDEPAN BISA LEBIH BAIK LAGI.KATA ORANG HIDUP ADALAH SATU PERJUDIAN DIMANA ADA HITAM DAN PUTIH,KALAH DAN MENANG.YANG PENTING KITA HARUS TERUS BERUSAHA DAN BERJUANG.KARNA INTI DARI HIDUP KITA ADALAH PEMBELAJARAN.SALAM ACTION.

DAN KITA JUGA HARUS MENERIMA RESIKO YANG MUNGKIN PALING DIDAMBA OLEH SEMUA KOMUNITAS DI FORBIS.YAITU RESIKO MENJADI PAK JOKO DAN PAK JOKO BARU,YANG AKAN MENGGEMPARKAN JAGAT MAYA BISNIS ONLINE.HEHEHEHE.SALAM ACTION

Untuk mendapatkan shoutmix silahkan ke http://www.shoutmix.com….thanks dah mampir ke blog saya.

NGOMONG-NGOMONG MASALAH LEBAH DAN MADU,SAYA SEH PILIH MADUNYA AJA BUAT MINUM JAMU HEHEHEHEHE. SALAM ACTION

Tambahan untuk point “mengenali resiko” Resiko menghadapi sindiran atau ejekan..

Sepertinya kita juga perlu tahu cara menghadapinya..Seperti yang Pak Joko pernah alami..

Saya senang resiko, tanpa resiko orang seperti mayat hidup..
Contoh hidup yang baik itu salah satunya seperti lebah..untuk menghasilkan madu terbaik, mereka harus terbang kiloan meter..resiko kelelahan dan mati, sudah biasa bagi mereka..

Penulis Blog
http://wawanpurnama.com

saran pak Joko sangat tepat, semua aktifitas di dunia ini penuh resiko. Takut resiko jika tidak berhasil akan lebih baik jika takut gagal, karena jika takut gagal orang akan tidak berania aktifitas (jadi penonton) Jika takut tidak berhasil kita akan selalu terbuka menerima keadaan sehingga akan selalu tumbuh untuk keberhasilan. salam sukses Pak Joko.

Resiko ga cuma dlm bisnis aja, setiap hal pasti ada resikonya, tergantung kita gimana menyikapi resiko tersebut. orang yg takut menghadapi resiko adalah orang yang kalah sebelum perang alias pengecut!!!

thanks mas joko atas ilmunya.

Terimakasih, kami tunggu bimbingan selanjutnya pak Djoko….

Sukses itu identik dengan resiko. Mau sukses anda harus berani mengambil resiko. Tidak mau mengambil resiko berarti tidak mau sukses. Karena orang2 sukses sejatinya adalah para RISK TAKER. Betul tidak?

Temukan Rahasia Mengaktualisasi Diri Menuju Sukses Luar Biasa DISINI!!!

MAKASIH MAS HANDOKO,ANDA JUGA SALAH SATU YANG TERBAIK YANG DIMILIKI OLEH FORBIS COMUNITY.SALAM ACTION

http://WWW.WANTDUIT.BLOGSPOT.COM

MAS ARIEF BENER BGT.KARENA HIDUP ADALAH SATU PERJUDIAN YANG HARUS KITA LAKONI.KITA HARUS BERANI MENJALANINYA WALAU BANYAK HALANGAN DAN TANTANGAN HIDUP,ITU KUNCI SEDERHANANYA.BEGITU JUGA DENGAN ORANG2 SUKSES.SALAM ACTION

http://WWW.WANTDUIT.BLOGSPOT.COM

Tambahan untuk poin mengenali resiko bisnis, “Resiko dihina” baik itu dari pesaing atapun dari prang yang pesimis dengan bisnis yang kita pilih..
Saya yakin Pak joko memiliki tips yang Ok..karena Anda telah mengalami resiko semacam itu..

Salam Pak Susilo

Selama ini saya jarang membaca Pesan dari bapak

Namun setelah saya meluangkan waktu untuk membaca-baca pesan-pesan dari Bapak Susilo sangatlah berguna.

Kali ini saya mau meminta Kode Scrip formulabisnis.com bisa gak Pak? biar saya tanamkan di Web saya.

Tetap semangat dan sabar itu kuncainya jika misal berhadapan denga resiko Dihina…
yakinlah kesuksesan akan datang

http://Lendraandrian.com

benar Pak Joko,memang setiap resiko to hrz qt perhitungkan terlebih dahulu.sehingga qt tdk menyesal seandainya mengenai resiko tersebut.
trims infonya Pak Joko.

Sukses to Pak Joko

Selamat siang Pak Joko, Terima kasih artikelnya.

Benar yg rekan2 katakan hasil yg kita hasilkan sebanding dengan resiko bisnis yg kita jalankan.

Sebagai contoh jika kita menjalankan bisnis dng menambah waktu kerja, maka kita menghadapi resiko waktu luang yang semakin sedikit.
Biasanya pulang kantor kita sudah ada di rumah, kali ini anda mungkin setiap hari harus pulang larut malam. Waktu dengan keluarga semakin sedikit. Ini juga adalah resiko.

Salam sukses.

Horas … tidak jauh berbeda dengan keinginan kita … tetap bersatu, saling komunikatif & sharing . Kejujuran tetap hrs di utamakan .

Terima Kasih Pak Joko. segala sesuatu yg kita ambil PASTI ada resiko apapun maka itu saya setuju dgn keputusan pak joko

Resiko apapun itu harus selalu disikapi secara positif. Tidak mudah memang. Karena hidup adalah rangkaian perjalanan mengelola resiko. Mau sukses? Hadapi dan kelola resiko dengan elegan. Karena sekali lagi orang2 sukses adalah para Risk Taker2 sejati. Betul tidak?

tapi kita harus ingat apa kata bang haji,apapun yang kita lakukan harus dengan keikhlasan dan atas dasar kejujuran.karna semua akan diperhitungkan kelak oleh sang Pencipta.jadi semua jangan sampai TERLALU,,,,,hehehehehehe.salam action

http://www.wantduit.blogspot.com

dan jadi manusia kita jangan terlalu cengeng,semua di dunia ini tidak ada yang instan semua butuh proses,pengorbanan,jangan kita mau yang enak dan indah saja,berusaha dikit nggak ada ruginya.toh kita dapat pengalaman,dan pengalaman itu guru yang baik.resiko sekecil apapun harus kita terima dan sadari.dari situlah kita benahi apa yang kurang untuk kita kedepan lebih baik.dont talk do more.salam action

http://www.wantduit.blogspot.com

SELALU TERBIASA DENGAN RISIKO AKAN MEMBUAT KITA TANGGUH DAN BANYAK PENGALAMAN

SALAM
http://cafehp.com

sETUJU DEH MAS RACHMAT, RISIKO MEMBUAT KITA MAKIN TANGGUH DAN KUAT, MEREKA YANG TIDAK PERNAH DITEMPA OLEH RISIKO PASTI AKAN LEMAH DAN TIDAK KUAT MENERIMA TANTANGAN HIDUP.

SALAM KENAL, SLAM SUKSES AND ACTION !!!
=====================

http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com

Jika anda memutuskan untuk melakukan sesuatu maka anda harus ebrsiap menghadapi resikonya. Yang terpenting adalah bagaimana cara anda meminimalisir resiko

memang benar setiap bisnis mengandung resiko
tapi dari semua bisnis resiko yang paling kecil adalah bisnis online dimana kita tidak mengeluarkan begitu banyak uang. terima kasih pak joko. salam sukses selalu

Menurut saya resiko terbesar datang dari diri kita sendiri. Salah satunya takut gagal sehingga tidak berani mengambil resiko.

Bener eny..kalau itu sih saya antisipasinya “jangan jauh2 dari blogsphere” (kalau mau menekuni bisnis online)..disiti suport dari teman lebih banyak berperan kalau lagi malas action..

saya setuju pendapat bapak!!!!!!!!!!
bisnis memeng tidak lepas dari yang namanya resiko, ya menurut saya sukses tanpa resiko membuat seseorang memiliki mental tempe, dan juga jarang orang yang sudah sukses tidak pernah mangalami sebuah resiko…

Saya sangat suka mengikuti info-info terbaru dari pak Joko. Udah mulai saya terapkan. Mo nanya sekalian nih, gimana caranya sebuah kata kita link dengan sebuah website ya pak. Misalnya saya tulis bisnis, orang lain bisa klik kata tersebut maka langsung ngebuka website yg di link. Thanks bgt

Sekedar saran Mba Agustina kalau pake blogger, coba masuk ke menu posting, tulislaha kata itu misalnya “bisnis”, terus blok kata tersebut, dan klik ikon link yang ada di bagian atas, setelah klik tunggu beberapa saat, nanti keluar form yang harus anda isimau di link-kan ke mana kata “bisnis” tersebut. Isi dengan benar, jangan lupa simpan, yup…selesai dah. Hanya saran singkat saja selebihnya bisa coba ngembangin sendiri, atau kalau pengen tahu lebih banyak coba deh mampir ke blogku : http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com.

==================
Salam kenal, salam sukses and ACTION!!!

memang benar benar maut/ hebat masukan dari pak joko, akan saya coba segala masukan dari anda, dan saya masih butuh banyak masukan dari anda . ” SUKSES and ACTION “

Saya salut dengan Pak Joko ini, saya tetap berusaha untuk mendapatkan down line, saya tambah semangat dengan kiriman artikel dari Pak Joko ini, Makasih Pak Joko. sekali-kali mampir disitus saya. http://www.lppyupptekmas.com saya membuka kursus dibidang elektro dan elektronika. Semoga formula bisnis tetap jaya dan meningkatkan financial member. Saya berharap dapat member sebanyak-banyaknya…..seperti member yang lainnya amiin…..

jangan takut akan resiko!!! hadapi terus

karena semakin kita takut kita ngga akan pernah bisa action.

makasih bnget atas saran dan masukannya,saya terima dng baik dan pljri apa yg adadlm kkrangan dlm dri sya ini, mngkin adanya saran ini jdi msukan dan pelajaran dlm dri sya maupun orang bnyak,krena manusia itu tdak luput darikesalahan dan dosa-dosa yg kita perbuat baik itu yg dsngaja maupun yg tdk dsngaja,oleh krna itu pembljaran itu trus trang blajar dri pnglaman sendiri gak ada yg mngjarkan pda sya ini ,alhamdlilah oleh bnyaknya blajar dlm pnglaman alhasil saya bisa. @Hidup adalah perjuangan menuju kesuksesan,resiko adalah tantangan hidup@ trim,all salam sukses!!!
Sekedar saran Mba Agustina kalau pake blogger, coba masuk ke menu posting, tulislaha kata itu misalnya “bisnis”, terus blok kata tersebut, dan klik ikon link yang ada di bagian atas, setelah klik tunggu beberapa saat, nanti keluar form yang harus anda isimau di link-kan ke mana kata “bisnis” tersebut. Isi dengan benar, jangan lupa simpan, yup…selesai dah. Hanya saran singkat saja selebihnya bisa coba ngembangin sendiri.

very good:)
pas banget dengan apa yg sy butuhkan.
Jzkmlh

saya sangat tertarik dengan bisnis ini karena terbukti ampuh.

Terima kasih pak joko, ternyata betul manusia harus terus berbagi ilmu jika ingin maju dan ilmunya bertambah. Setelah membagi ilmu mengelola resiko bisnis ini saya yakin ilmu pak joko bertambah…

pokoknya..
segala sesuau yang kita perbuat, pasti ada resikonys !

Sejujurnya saya pengen banget bisa seperti pak joko, tetapi kendalinya adalah bahasa. Saya masih pasif bahasa inggrisnya. Padahal satu hal pokok dalam bisnis online adalah bahasa. Bagaimana menyiasatinya pak?

Mas R Hartawan, tak perlu takut. saya pun dulunya sangat tak bisa bahasa Inggris. sampai sering untuk mengerti arti sebuah tulisan harus buka kamus berkali-kali. namun syukurlah karena itu sekarang saya jadi agak paham bahasa Inggris. internet telah “memaksa” saya untuk tahu sedikit banyak bahasa ingris.
sekali lagi Mas tak perlu khawatir. dengan berbisnis internet, bapak bisa berbisnis sekaligus belajar bahasa inggris.

apalagi jika target pasar Mas adalah lokal (Indonesia). Mas cukup berbisnis internet dengan bahasa Indonesia saja.

Intinya setiap manusia akan lancar berkomunikasi bila saling pengertian salah satunya adaalah bahasa maka untuk mencapai target pasar yang maksimal tingkatkan dahulu penguasaan bahasa, kalau saat ini hanya dengan bahasa Indonesia way not,

Iya pak akan saya coba untuk pelajari resikonya

Up bagus juga saran dari Pak joko semua tu sebenarnya udah ada, contohnya yaitu menejemen marinir amerika dan di perusahaan 2 jepang yang di sebut QCC. {Quality Control Cyrcle}. untuk itu maka kita bisa jg contek ilmu2 dari jepang macam AHM TOYOTA.dan per, astra lainnya saya sekarang sedang mempelajari cara kerja orang 2 jepang mengapa mereka bs sukses. salam sukses pak joko.

resiko adalah media penyeimbang untuk mengontrol aktivitas yang kita jalani, kita bisa maju dengan berhati-hati terhadap resiko yang akan terjadi

nek aku sih ora usah bingung-bingung ngadepin resiko apa yang mau terjadi sama bisnis aku. yang penting aku mulai dulu bisnis baru misalnya ada masalah aku akan belajar dari situ..

—-
panduan gratis langkah-langkah cerdas mendapatkan uang dari internet.. di sini.
sudah banyak yang membuktikan

http://bisnisonline83.cjb.net

wedan tenan podo maen bisnis-bisnisan ki yo …

bisnis … apakah kalangan kecil bisa berbisnis yang besar , … butuh modal banyakkah bisnis. kayaknya iya jadi orang kecil bagaimana klo kepengen melakukan bisnis ?

sayang sekali mas joko tidak membahas bisnis buat orang awam internet dan kebawah ekonominya.

topik yg bagus pak, untuk pemasar2 internet salam dari melilea organik jakarta

Resiko bisnis menurut saya Insya Alloh 100% pasti ada. Tinggal bagaimana kita memanage resiko tersebut menjadi keuntungan kita.

SAYA SETUJU SEKALI…….
PASTI STIAP BISNIS APAPUN YANG KITA LAKUKAN BAIK KECIL MAUPUN BESAR MENGANDUNG RESIKO…
TAPI KALO KITA BIJAK DAN JELI TANGGAP MAKA KITA DAPAT MENCEGAH HAL TERSEBUT……

AYYYOOOOOOOO….BERGABUNG BERSAMA SAYA SEGERA DI BISNIS INI…PROSES MUDAH…CEPAT…JADI JANGAN DITUNDA2 LAGI…OK OK OK.

dengan adanya resiko itu berarti tantangan bwt bisnis yang qt jalankan..yg akan menjadikan lebih SEMANGAT dg resiko itu,krna apapun itu pasti ada resikonya…so enjoy aja..

orang bijak mengatakan “segala sesuatu pasti ada resiko tinggal sejauh mana kita memehami tingkat resiko tersebut” cobalah berpikir bagaimana meminimalisir segala resiko itu sekecil apapun resiko tersebut…sukses bagi orang2 yang telah menjadi bagian dari pak joko,pokoknya formulanya TOP banget dehhhhhh

Apapun yang kita lakukan didunia ini, pasti ada resikonya… sekecil apapun… resiko tetap saja resiko…

Bagi saya… resiko itu bukan hal yang harus dihindari… melainkan dihadapi, meskipun begitu bukan berarti kita harus menerima segala resiko begitu saja… Itu namanya nekat!!!

Benar sekali apa yang pak Joko bilang, Kenali resikonya, pelajari, dan kendalikan sehingga resiko itu dapat diminimalisir seminim mungkin.

Jika anda takut menghadapi resiko,… lebih baik anda tidur saja dan tak perlu melakukan apapun,… dengan begitu anda juga tidak akan mendapatkan apapun…!

(tapi… menurut saya ,… tidurpun ada resikonya….)

salam kenal buat mas joko…awal sekali ngisi comment. tapi makasih ilmunya. saya member forbis, tapi belum mengaplikasikannya…alnya masih kebingungan. mau nanya mas, kalo program reseller nya forbis, kalo saya ingin mengiklan bariskan itu yang paling bagus lewat google, ato yang lainnya untuk ruang lingkup indonesia?alnya keuangan saya terbatas untuk pasang iklan. makasih….action!

Joko Susilo, ST. ada di Facebook loh…

search Joko Susilo, ST.

Resiko pasti ada apalagi bisnis internet yang begitu terbuka. Untuk itu perlu strategi dan minsiasati juga jeli dalam mengikuti perkembangan sehingga sekecil apapun kita tanggap apa yang bisa terjadi pada kita.

Action! Action!
Tak ada perkembangan tanpa perubahan.
Tak ada perubahan tanpa perbuatan.
ForBis Solusinya.

sy percaya smua bisnis ada resikonya,dan anda telah mendapatkan uang dg mudah,saya tidak minta tapi izinkan saya pinjami modal usaha 5-10jt saja unk usaha dan akan saya kembalikan kalo teryata kebaikan anda akan mudahnya mencari uang saya.saya sekarang ini pelaku bisnis wara laba tapi masih butuh modal.sistem bagi hasillah kalo setuju 30:70 syukur kalo bisa dukung usaha saya dibuatkan blog 50:50 hasilnya.kalo setuju hub kami podomoro 081272495127 tolong dilihat alamat virtual website kami http://www.duta4future.com pasword SUKSES dan login.

ALAMAT DBS VIRTUAL OFFICE KAMI http://www.duta4future.com ID USES:DBS378517 PASWORD:SUKSES,TOLONG YA PAK DIBANTU BGMN CARA MENGEMBANGKANNYA,KAMI MEMBUTUHKAN BANTUANNYA.PRODUKNYA INSAALLOH BAGUS.HAK USAHA KEAGENAN PULSA.PODOMORO 081272495127.

Sebesar apapun resiko dengan perencanaan dan analisis yang matang resiko besar akan berubah menjadi kecil ??????????

saya setuju sama pak joko tentang penjelasan diatas sebab aku juga baru membaca artikel ini tetapi ini sangat membantu kita untuk merubah kehidupan kitaaaaaaaaaaaaaa ? obrigado

SAYA KURANG MENGERTI TENTANG BISNIS YANG DITAWARKAN OLEH PAK JOKO, SEBENARNYA APA SIH YANG HARUS KITA PASARKAN, KOK KAYAKNYA MENGIURAN KEUNTUNGANYA.

pak, saya sudah ikut dalam program yang bapak buat. tapi gimana saya bisa ikut dalam link bapak?
apa yang ada dalam blog bapak emank menggiurkan tapi bapak tidak membuat cara buat blog

Halo mas Joko dan teman-teman forum diskusi,
saya baru mau mulai gabung, walaupun sudah belajar ForBis kira-kira 2 bulan yang lalu…
Mudah-mudahan akan mendapat pencerahan dari forum ini.

wah resiko, ternyata bisa dikelola dengan baik ya. terima kasih pak joko

ternyata resiko nya dalam bisnis internet seperti itu ya….wah baru tahu kalo bisa dimanajemen…

Minimal resiko bisnis internet jauh lebih kecil dibanding bisnis konvensional. Karena itu, harusnya kita berani untuk mengambil resiko yang terbesar dari bisnis internet ini. Jangan Takut! Keep ACTION!

Menurut saya tak ada satupun jenis pekerjaan yang tanpa resiko, hanya saja resikonya ada yang dapat diatasi dan ada pula yang membuat seseorang itu menjadi streees dengan resiko yang dihadapi tsb. Oleh karenanya jangan menghindar dari resiko, melainkan bagaimana kita berfikir untuk menghadapi resiko itu sendiri. Apabila kita dapat mengatasinya berarti kita udah maju selangkah. Tapi bila sebaliknya yang kita alami, maka itulah pengalaman kita untuk terus kita pelajari. Nah, bukankah hidup memang demikian, “Kalau Mau Hidup Harus Siap Mati.Kalau Tak Mau Mati,….Yaaah Jangan Hidup”.

Benar sekali kalau yang namanya strategi itu perlu diterapkan karena untuk mengantisipasi resiko yang ada.

makasih mas joko atas tipsnya,

Resiko dalam berbisnis memang ada.Namun kiranya itu harus kita pelajari lagi secara detail untuk bisa expert dalam bidang yang kita geluti ini.

Trima kasih Pak, sangat bermanfaat ilmunya

Mari kita terus memaksimalkan usaha/ikhtiar dan doa dan menjadikan kesabaran sebagai sarana untuk menanti kesuksesan.

Terima kasih atas tips dan nasehatnya
semoga anda selalu mendapat kemuliaaan dari Allah SWT

setiap bisnis ada resikonya,namun ini adalah peluang untuk mencapai kesuksesan

Resiko bisnis memang selalu ada, namun kita juga harus mampu mengelola penghasilan yang kita dapatkan menjadi modal kembali, bukan begita ya mas?

There is no gain without risk, no gain without pain. Keep moving smartly.

selalu menggunakan promosi gratis tapi efektif mas…. selamat berjuang dan sukses selalu…

Tak ada bisnis tanpa resiko…

Farmville farms even include free gift that is especially designed for the neighbors on their farm visit.

At present, you have the opportunity not only to communicate but also to have fun
in social networks. The player had his picture, albeit with a strange grimace and geeky affects.

ilmu sangat bermanfaat untuk kita semua pak joko. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>