Bagaimana Melakukan Closing yang Pasti Berhasil Meningkatkan Penjualan

Bagaimana Melakukan Closing yang Pasti Berhasil Meningkatkan PenjualanSetiap pebisnis pasti selalu ingin meningkatkan penjualan. Masih ingat AIDA+C? Ya, itulah rumus sales letter seperti pernah anda baca di SMUO. Dijelaskan, proses penjualan bermula dari menarik perhatian (attention), membangkitkan minat (interest), membangun hasrat (desire), membuat mereka melakukan tindakan (action), dan melakukan penutupan (closing).

Di sini saya tak bermaksud menjelaskan ulang rumus tersebut. Sebab pastinya bagi para member Formula Bisnis sudah membaca dan memahaminya dengan baik. Yang dijelaskan dalam posting ini lebih terfokus pada usaha closing saja. Bagaimana usaha closing yang anda lakukan mampu mengubah prospek menjadi pembeli dan meningkatkan penjualan?

Closing untuk meningkatkan penjualan

Yang perlu dicamkan, closing pasti berhasil jika terjadi situasi menang-menang (win-win). Prospek merasa beruntung mendapatkan solusi terbaik dari produk/jasa anda, dan anda beruntung bisa membantu prospek mengatasi masalahnya. Jika hanya satu pihak saja yang merasa win, closing tak akan terjadi alias tak terjadi transaksi.

Kapan situasi win-win itu muncul? Kalau anda sebagai penjual, saya rasa selalu berada pada situasi siap menjual. Berarti yang perlu anda lakukan tinggal mendorong agar situasi win tersebut juga tercipta pada prospek anda.

Bagaimana caranya? Ada banyak teknik closing. Di antaranya seperti misalkan memberi pilihan kepada prospek. “Anda memilih yang ini atau yang itu?” Bisa juga dengan memberikan garansi, bonus, dan lainnya. Silakan baca lagi di Inilah 10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat. Dan bagi yang mengandalkan iklan di koran, silakan baca Tips Meningkatkan Closing dari Koran di blog InhouseBusiness.

Lalu dari mana anda tahu suatu keadaan merupakan saat paling tepat melakukan usaha closing? Biasanya kita bisa tahu dari sinyal-sinyal yang dikirimkan prospek. Coba amati apakah prospek anda sudah terdorong untuk membeli? Dan apakah mereka siap membeli produk anda? Jika iya, segera lakukan closing.

Di situlah sensitifitas kita bermain untuk mengenali waktu closing itu tiba. Jam terbang anda selama ini dalam marketing akan meningkatkan sensitivitas anda untuk mengenali saat itu tiba. Kadang tak jarang, jika prospek sudah benar-benar berada dalam kondisi win, mereka yang akan meng-closing sendiri. Atau setidaknya membantu anda agar cepat melakukan closing.

Pada dasarnya closing hanya soal memahami. Bagaimana anda memahami kondisi prospek, apa saja yang ditakutkannya, apa saja yang membuat prospek ragu, dan apa sajakah yang diinginkan prospek. Bila anda mampu memahami keseluruhan kondisi prospek dengan baik, saya yakin closing hanya soal waktu. Contohnya seperti yang dialami Mas Mufli di sini.

Menurut pengalaman, sering usaha closing tak hanya dilakukan sekali. Bahkan bisa jadi berkali-kali. Karena itu usaha closing perlu diterapkan lewat berbagai jalur marketing. Selain lewat sales letter, juga melalui email marketing, dan blog.

Lalu bagaimana jika setelah anda berkali-kali usaha closing ternyata prospek tak kunjung melakukan seperti yang anda harapkan? Tak mengapa. Karena marketer profesional bukan hanya bertujuan mengclosing untuk penjualan semata, namun yang tak kalah penting adalah membangun hubungan baik. Ingat banyak teman banyak rejeki!

Ayo terapkan tips closing untuk meningkatkan penjualan!

395 Comments. Leave new

Pada dasarnya closing hanya soal memahami.

Saya sependapat dengan kalimat tersebut. Masing2 orang, jenis bisnis tidak bisa di buatkan cara baku bagaimanan melakukan closing penjualan. Wah kalau pak Joko bisa menambahkan “bagaimana tanda-tanda orang mulai terkena penawaran kita yang berakhir dengan closing penjualan seru juga tuh?”

Biasanya orang lengah pada tahap menangkap sinyal closing penjualan ini.

Salam,
Be High Quality Blog Writer
Wawan Purnama

Salam hangat untuk pak Joko…
Closing memang tahapan yang paling dinantikan marketer..:-)

Ayo-ayo closing-closing..
order-order..

Salam Sukses!

Mungkin juda pake cara SALES MAGIC ya mas

closing-closing order… sama… aku juga bisanya hanya seperti itu. bahkan untuk closing lewat email belum ada, makanya sampai sekarang order masih loyo. Tapi Alhamdulillah sudah cukup untuk SMUO dan Domain + Hosting.

closing yang baik terjadi apabila introduction juga menarik.

Kaidah AIDA+C itu satu kesatuan.

mulai dari HEADLINE atau kalimat pertama dalam sales letter yang menarik perhatian visitor(attention), kemudian yang membangkitkan keinginan (interest), membangun hasrat (desire), membuat mereka melakukan tindakan (action), dan melakukan penutupan (closing).

Jadi, closing tidak akan menghasilkan deal pembelian kalau pengantar dan body sales letter tidak tajam.

oleh karena itu perlu adanya ‘goal setting’ dalam merencanakn sebuah website/blog.

anda bisa lihat pentingnya goal setting itu di http://www.Inspiero.com

jabat erat

Artikel yang sangat menarik dan memang sangat dibutuhkan. Terus terang saya sempat takjub dengan trafik kunjungan yang tinggi di blog saya hari ini, ada apa gerangan? Ternyata ini semua berkat trackback dari Mas Joko. Sebenarnya sudah lama saya ‘merindukannya’ hehehe. Td juga sudah ada beberapa yang sms dan bertanya2 lebih lanjut mengenai produk vnet (katanya sih liat blog). Sudah ada yang closing dan tunggu transferan aja. Thanks a lot ya, bravo Mas Joko!

mas makasih infonya aku jadi banyak tau tentang berbagai hal dunia internet. eh…… mas joko untuk ciao ko ngga bisa dibuka log in ngga bisa kenapa ya…..?

bagus juga tuh….pak joko, saya sudah hampir clossing dengan formulabisnis-nya. nanti saya transfer.trimakasih semoga ini langkah awal menuju sukses hhee. Harus action !!!

closing emang perlu tuch…biar cepat ngedapetin costumer…tapi klo udach benar2 deal..
suksess dech bwt smua,,,

closing???? hal yg paling menentukan deal…..
tahapan yg sangat menentukan…akh…. awal yg bagus pasti hasil closing yg sesuai harapan…
buar marketer baru kadang closing terlalu buru2 sehingga awal yg udah menjerat clien jadi musnah…..belajar dg pengalaman.. so I love you all
kunjungi saya di http://www.manjam.com/onlineclinic
hasil dari belajar dg pak joko yg buat hasil luar biasa…thanks pak joko yg maniesssss

saya sudah sampai baca 10 alasan orang untuk membeli dan juga cara-cara melakukan closing,bagi saya tidak perlu memaksakan kehendak melainkan tetap mampu menjalin hubungan baik dengan konsumen dan berusaha juga dengan komunikasi kita yang afektif akan mempengaruhi konsumen untuk membelinya dilain waktu.jujur dalam melakukan closing merupakan juga jalan baik untuk menjalin hubungan baik.

Akhirnya saya berhasil memberi komentar….!
Dari kemarin coba kasih komentar ndak bisa terus..
malah sekarang sudah lupa apa yang mau ditulis.

pak Joko, mas Wawan, mas Henky dan Rekan2 lain,
tolong dikunjungi http://sidicahyono.bravehost.com
dan kasih saran – kritik apa sajalah masukan yang berguna.

Salam,

Sidi

sering juga setiap kali closing klo gak ati-ati..gagal

Closing susah-susah gampang, sy MLM marketer biasanya pake Hypno Selling utk closing, namun hypno sellingnya lebih ke diri sendiri self hypnosis, jadi sebelum presentasi, konsentrasi dulu bayangin tuh prospek setelahnya closing (Law of Attraction). Nah kalo dunia internet utk closingnya lebih susah.

Ilmu saya kalo dibandingkan dengan air laut mungkin baru setetesnya, oleh karena itu ijinkanlah saya untuk belajar dari bisnis ini.

Semua org berasal dari setetes dulu mas, semakin lama semakin membesar dan bertambah pintar, mmaksudnya ilmunya :-)

Terimakasih atas penjelasan mas Joko tentang closing.

Bumi adalah bagian dari kehidupan kita, dan kita sebagai manusia harus waspadai warmmig global

satu masukan lagi, buatlah target berapa closing anda per hari, minggu atau bulan.

Closing timbul dari setiap proses atau siklus penjualan yang kita lewati.

Baca juga perencanaan keuangan yang baik = AWAL KESUKSESAN DI:
http://artikelweb.co.cc

Saya sangat setuju dengan pernyataan:

“closing pasti berhasil jika terjadi situasi menang-menang (win-win)”

Jangan sekalipun kita berpikir untuk merugikan customer dengan janji2 palsu, karena kredibilitas kita di dunia internet menjadi taruhannya.

Albert Leonardo
klik di sini untuk cara dapat Blackberry gratis

saya blm mengerti

Thanks pak Joko atas nasehat2nya saya yakin banyak memotivasi para peserta.

selamat kepada semua yang telah sukses,teorinya memang sangat bagus tapi bagi saya yang belum berhasil ternyata sangat ruwet.syarat yang katanya asal bisa baca dan tulis ternyata tidak berlaku.selama 6 bulan saya sudah coba-coba bikin blog dan iklan sudah dipasang dimana mana juga belum ada yang nyangkut,celakanya lagi tidak ada garansi buat reseler yang tidak disebutkan diawal sebelum kita mendaftar,memang sih kalau disebutkan mungkin akan mengurangi minat terhadap produk ini.mungkin keberhasilan seseorang tidak selalu bisa kita tiru di produk yang sama.jadi jika belum mengerti betul dengan web mendingan belajar biar mahir dulu sebelum memikirkan untuk bergabung.sukses buat pa joko

Halo Mas Joko, sudah lama saya tahu tentang nama anda dari iklan-iklan anda. Tapi baru-baru saja saya sering mampir ke blog anda. Terus terang saya belum membeli ebook anda. Tetapi dari blog anda, saya nilai cukup berkualitas advice anda. Tapi bisakah anda lebih detail lagi, misalnya dalam closing penjualan. Bagaimana kita tahu, bahwa si prospek sudah tertarik, pasti ada tanda-tandanya, misalnya gerak tubuh, tatapan mata, kata-katanya atau lainnya. Shingga si penjual dapat membuat kata-kata closing yang menjurus ke anti penjualan, misalnya anda pesan 1 atau 2. Jangan Anda pesan pesan atau tidak ? ( pasti pilih tidak) ==> he he itu kata-kata pakar marketing lho. Tapi bagaimana closing kalau di internet, maksudnya setelah prospek membaca blog bagaimana agar terjadi pembelian ( jika blog kita mengandalkan adsense) :)

Itulah penting nya saling memahami Mas Wiro, saling memmahami didapat dari pengetahuan yang kita miliki, sekali lagi ‘ Jam Terbang ‘ sangat memegang peranan, lama nya jam terbang sngat relatif tegantung sejauh mana kita bisa cepat memahami bidang yang kita terjuni ‘ misal bisnis internet ‘, mencari tau dan mencari tau disertai tindakan yang akan mempercepat kita dalam memahami sesuatu, salam Action! :-)

Sekali lagi Jam terbang ya mas, wah kalau kita ini yang masih baru bermain di Internet butuh berapa lama nih….. dan konsep banyak teman itu menjadi keunggulan untuk banyak penjualan.

salam ACTION.

Yang jelas kudu intens banget mas… tanya aja kang irwan. ga cukup sebulan dua bulan. saya buat louncing blog aja butuh 1 bulan. wkwkwkwk.. pokoknya jangan mudah menyerah. SALAM ACTION.

Wah terimakasih semuanya.
Terus terang saya sudah mencoba menambah penghasilan dari internet secara sungguh-sungguh, sudah sejak 25 April 2007.
Walaupun saya sudah mencoba berbisnis di Internet sejak tahun 1998, saat itu saya dapat cek kira-kira 8 USD, tapi biaya pencairannya lebih dari nilai ceknya. Web pertama saya adalah http://www.mywaroeng.tripod.com mencoba jualan kaos kaki five finger. Sampai sekarang web tsb masih ada, tetapi saya sudah tidak bisa maintain lagi, lupa passwordnya he he he. susah sih bisnis di internet tapi ngak putus asa :D

walaupun saya masih newbies, tapi saya rasa yang di katakan prof jokosusilo dan kang wawan purnama benar adanya.
Bravo prof. joko Susilo.Terima kasih petunjuknya.

http://www.best-bodydetox.blogspot.com

Pak Joko udah jd Profesor. Btw, sekarang ngajar di mana Pak?

iya pak, sekali-kali buat seminar tentang internet marketing…

Ngajar di Rumah… Muridnya se-Indonesia bahkan ke negeri Jiran, Duinya Udah Banyak dengan Sendirinya. Bahkan terakhir Gelar Profesor datang dengan Sendirinya….Haa-haa-haa…Enak Dong.

Profesor marketing… kalo ada tempat kuliahan sih. kata pak joko sendiri. kalo ada jurusan internet marketing. gelarnya udah ga keitung tuh di belakang nama.

ada pemberian gelar baru nich sama Pak Joko, ntar syukuran ya pak joko?

Closing tidak harus berakhir dg penjualan! Setuju pak, persahbatan lebih dari segalanya. Seringkali persahabatan merembet menjadi penjualan. Itulah kepercayaan. Thx berat Pak Joko!

salam hangat,
abu azzam

Saya tertarik sekali dengan bagian akhirnya ‘tidak harus berakhir dengan deal untuk membeli’

memang benar, kita bisa frustrasi kalau sudah promosi, promosi, promosi dan promosi terus, tapi tidak ada yang membeli produk yang kita tawarkan.

setuju dengan pak joko, menjadi internet marketer memang harus bersabar, dan tidak hanya sekedar membombardir prospek dengan berbagai tawaran.

kasian mereka juga pusing, karena bayangkan kalau ada mereka harus berhadapan dengan 1000 marketer menawarkan produk yang sama maupun berbeda.

Jabat erat,
http://www.Inspiero.Com

Ditambah lagi mas Haris…untuk meminimalisir penolakan atau pending pembelian produk… mungkin ilmu marketingnya bisa ditambah dengan membaca buku2 tips marketing.

Banyak lho buku2 di gramedia masalah marketing yg ternyata bisa juga disinkronkan di dunia internet marketing.

And kalau memang belum ada hasil… percaya saja. Mereka bukan menolak, tapi belum waktunya “klik” untuk membeli.

Jaga hubungan baik agar suatu saat kelak ketika ingin membeli masih ingat kita sebagai penjualnya.

menarik tentang kalimat terakhir, yang menyatakan : Lalu bagaimana jika setelah anda berkali-kali usaha closing ternyata prospek tak kunjung melakukan seperti yang anda harapkan ? Tak mengapa. Karena marketer profesional bukan hanya bertujuan untuk meng-closing untuk penjualan semata, namun yang tak kalah penting adalah membangun hubungan baik.

namun, jika dikaitkan dengan Topik Artikel diatas, rasanya tidak pas…

bagaimana bisa, topik berbicara mengenai “Closing yang pasti meningkatkan penjualan” – lalu diakhiri dengan pernyataan “tanpa closing tidak mengapa”

koq begitu ya ?

> mohon maaf jika saya salah mengartikan…

Didalam ebook Formula bisnis memang di katankan mengenai closing, tapi bisakah lebih detail lagi cara closing tersebut bagaimana? Apa kalimat yang tepat untuk melakukan Closing?

Mohon Jawabannya pak..
Terimakasih
Lukman
http://www.peluang.almugni.com

closing tahap awal berupa ajakan untuk action dan membeli sekarang juga mas LUkman. Namun, jika memang prospek tidak langsung membeli… maka closing dilakukan secara halus melalui email follow up yang disupport dengan auto responder

Mas Jok. Wis ngene ae. Jajal sampeyan koreksi blog dhodolanku sing iki: full-download-pc-game.co.nr.

Engko nek wis moco analisae sampeyan terus tak terapne aku iso dhodolan luwih okeh. Aku tak ngakoni nek sampeyan memange master nang bidang iki. Malah ora mung ngono thok. Aku yo tak dhadi bodyguard te sampeyan. Sopo ae sing muni Joko Susilo iku tukang mbujuki, langsung tak gasake ngangge tulisanku. Ayo, nek perlu perang cyber yo perang cyber.

piye Mas Jok.

Closing memang salah satu hal yang paling signifikan dalam mengakhiri suatu penawaran. Kalau closing itu dilewatkan begitu saja, pasti transaksi tidak terjadi..

Klo nasabah bilang tanya istri dulu. Peluangnya tipis ya mas Irwan

ya gak tipis lah… malah tebel… wekekekekkk

Setuju pak Joko Closing membutuhkan proses bahkan harus sabar. Sayapun untuk menjual produk berusaha dengan sabar dan memberi bonus gratis sebelum prospek memutuskan untuk membeli. Seperti yang saya coba lakukan ini dengan memberi GRATIS salah satu materi “Panduan teknik desain logo dengan Macromedia Freehand MX”:

http://belajar-desain-grafis.blogspot.com/2009/04/gratis-panduan-teknik-desain-logo.html

Salam Sukses!

mas… bahas corel draw 13 dong… sama perpaduannya dengan photoshop CS 3.

Saya hobi desain juga soale! Thanx

Memang perlu konsistensi, apa yang disampaikan pak Joko benar adanya, banyak teman banyak rejeki. Rasulullah mengatakan “Silaturahim itu menambah rejeki, dan memperpanjang usia”. Jadi, bertandang ke blog rekan, teman dan orang lain, pasti akan mendulang trafiq.Dan trafiq pintu pembuka untuk tindakan penjualan. Betul kan pak Joko? Itulah yang sekarang lagi saya focus, traffic. Sukses selalu buat semaua rekan-rekan. Terimakasih posting-nya Pak Joko.

Aduuuh sakit gigi nih

Memang benar sekali apa yg pak Joko tulis tentang cara closing utk berhasil dlm penjualan, saya berterimakasih sekali karena bertambah ilmu yg saya dapatkan

Memang closing merubah orang dari skeptis menjadi optimis

gimana caranya mendaftar di formula bisnis.com

wah mas daftar lewat sini saja http://www.financialsolution.co.cc ada bonusnya lainnya buat anda ^_^

Coba masuk ke blog ku, nanti ketemu banner Formula bisnis di klik aja Mas, sukses

Benar,sekali semakin banyak kawan banyak rejeki.
salam.

Ada beberapa prospek yang kadang mengirimkan data yang salah, apakah berati kita lost contact dengan mereka Pak..? ada beberapa yang membalas e-mail marketing kita namun tidak kunjung closing adakah cara ampuh lagi membangunkan minat mereka untuk closing..?
oh ya… mas Joko mohon komentarnya untuk blog saya terutama kekurangannya supaya saya bisa segera perbaiki…trims

Closing??? Tdk mudah, ya… Perlu ketelatenan, kesabaran, empati…. dsb. Sy ga optimis, mampu menggaet konsumen?????

Optimis adalah salah satu ciri orang sukses.

Sepakat pak…
Closing, itulah yang paling diharapkan, dan klosing bukan berarti terjadinya transaksi pada saat itu juga. tapi yang lebih penting terjadinya hubungan baik dengan calon customer, dengan demikian closing bisa dilakukan tidak hanya satu kali saja.

http://jogjaconsulting.com

ya benar pak joko, intinya bagaimana membantu orang lain mendapatkan apam yang mereka ingginkan, dan menyenangkan mereka,jika sudah tercapai tinggal closing ?

Tips yang sangat bagus pak, tapi untuk pemula memang saya cenderung yang ke dua, perbanyak teman, karena saya sedikit sudah merasakan manfaatnya, closing sangat penting juga tinggal kitanya mo ke arah yang mana, seperti soft sell dan hard sell, terimakasih, salam sukses luar biasa untuk rekan rekan semua

Artinya adu sabar antara penjual dan calon pembeli- (yang sudah AIDA tapi belum C).
Siapa yang cape duluan; apakah si penjual yang terus menunggu sambil berusaha atau calon pembeli yang keburu bosan membaca dan mencari bacaan lain.

hehehe… boleh juga neeh comment. Creative!

Setiap Marketter selalu berharap mampu melakukan Closing Penjualan dari interaksi dengan prospek.
Menurutku ini butuh kreatifitas dan ketrampilan komunikasi yang luwes dan sebagai marketter dituntut menguasai produk yang dijual,iya khan Mas Joko.
Oh..iya mau tanya mas Joko nie aku,
Bagaimana sih menghipnotis pengunjung Internet?
Ok,thankz

orang-orang yg sukses, tetntunya memiliki hubungan antar sesama manusia yang erat dengan penuh kesantunan.

saya tertarik sekali dengan ungkapan “jam terbang” oleh mas joko. memang itu akan menjadi faktor penentu keberhasilan. dan untuk bisa memiliki jam terbang tinggi tentu harus banyak dulu makan garam di dunia bisnis (internet). disamping itu kita harus selalu mengasah kreatifitas dan mempercantik kepribadian kita sebagai pebisnis. dan yang penting juga kita harus selalu memelihara makhluk bernama “motivasi” dalam diri kita.
great posting mr. joko.

salam action

yups bener sekali , motivasi terus diri sendiri,orang lain bisa kita juga bisa..salam sukses

zen (ahmad zainudin)
April 5, 2009 10:30 amReply

rumusnya, Tak Kenal maka tak Sayang” kali ya??
Dan, butuh jam Terbang……

closing memang cara pendekatan yang baik dalam bisnis internet selain ada menggunakan sales letter misalnya..

Pas banget pak joko, lalu apakah setiap penawaran yang kita buat akan mendapatkan closing yang baik? ada kalanya prospek juga menolak kehadiran kita, jadi menurut saya kita juga harus menyiapkan handling obyektionnya, betul ga pak joko?

oke dech artikelnya….

e-book gratis panduan bisnis online …

Mas Joko…untuk prospek yang nggak kunjung closing, ada cara jitunya..Thanks
Oh yah..Mas visit my blog please, I need your comment

Vsit my blog, nanti anda akan tau caranya
sukses

raih hatinya..(it’s all about needs, wants and the last…expectations!) an then the “C” (read:closing) will be come true…
salam sukses pak Joko!!!
silakan kunjungi blog saya..www.beranimulaiusaha.blogspot.com

Win-win solution selalu merupakan solusi yang terbaik dalam sebuah bisnis :-).

Luaaarrr biasa,,, oke deh aku mau mulai dr titik O dl, klo ada saran, drmana neh startnya?

Jangan terlalu memaksakan diri untuk closing jika kita sendiri belum siap, learning by doing, karena sesuatu jika dipaksakan hasilnya malah ga optimal, dan jangan menyepelekan hal hal yang anda anggap kecil pingin tahu kenapa silahkan baca di http://www.muklispurwanto.blogspot.com/2009/04/jangan-sepelekan-hal-kecil.html
Salam action dan sukses luar biasa untuk anda semua

Ingat ya kawan jangan sepelekan hal kecil, selengkapnya di http://www.muklispurwanto.blogspot.com/2009/04/jangan-sepelekan-hal-kecil.html
Salam sukses luar biasa untuk anda

Selaras dengan pernyataan mas Joko di paragraf terakhir, menjalin hubungan baik dan closing adalah sama pentingnya.Ini saya rasakan sendiri yang rutin menawarkan eskul Bahasa Inggris ke sejumlah sekolah.

Seringkali pada pertemuan pertama mereka belum mau menerima tawaran kita. Faktornya mungkin banyak dan belum tentu karena mereka tidak tertarik dengan tawaran kita. Di situ, meskipun tidak closing, saya mengungkapkan dan memperlihatkan rasa senang saya bisa bersilaturahmi dengan mereka.

Prospective buyer akan merasakan kedekatan dengan kita terlebih kalau kita bisa memberikan solusi terhadap salah satu problem mereka. Contoh, saya menawarkan Eskul Bahasa Inggris dan ternyata yang dia butuhkan eskul menari. Hanya dengan memberikan nomor telephone guru tari kepadanya, ternyata dampaknya terasa. Apalagi kalo kita bisa memberikan informasi-informasi penting lainnya buat mereka.

Terjadinya “closing” yang saya nikmati seringkali karena sebelumnya kami menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan prospectve buyer. Tidak jarang pula informasi adanya pihak yang memerlukan produk kita berasal dari pihak lain yang pernah kita bantu, dari guru tari yang pernah saya rekomendasikan misalnya.

Intinya, punya hubungan baik dengan banyak pihak ternyata turut berkontribusi terhadap kesuksekan marketing kita. Mengutip sabda rasul : “Man Ahabba ay yubsato lahu fi rizkihi ao ayyun saa lahu fi atsarihi falyasil rohimah”

Salam action !!!!

Bahasa Indonesianya apaan tuh…?

intinya brng siapa mau rejeki ya silaturrahim

Penting jg diperhatikan bahwa dalam proses AIDA + C, selalu ada delay2 yg terkadang menghambat terjadinya closing atau bahkan mempercepat terjadinya closing.

Yang ini saya belum pernah tau ni, maklum balum pernah belajar SMUOnya, makasih infonya pak…

bahasa alam gaib mas….

Lho kho ghitu, win win apa y.

Artinya sama-sama di untungkan pa.

WIN WIN itu singkatan dari WIWIN. nama cewek cantik…percayalah…

biasanya si wiwin ini punya banyak cowok. semua cowok pingin kencan sama dia.

maka terjadilah tawar menawar. dan si wiwin ini supaya tidak menyakiti hati para cowoknya dia bagi-bagi jadwal kencan…

maka jadilah dia disebut WIN WIN solution. artinya ‘saya puas anda pun puas.’

hehehe
http://www.Inspiero.Com

trus akhirnya si wiwin berarti pilih solution ya mas :)

Bambang Nugroho
April 5, 2009 12:21 pmReply

saya sangat suka dengan kalimat terakhir di artikel ini, ” membina hubungan baik ” ,banyak teman banyak rezeki…
salam untuk semua ….
Florida CA

Perkataan Bpk memang tepat Pa, banyak sekali keuntungan dgn ” membina hubungan baik ” selain closing yang cepat dapat terwujud juga akan ada efek positif jangka panjang bagi produk yg kita jual, salam pa.

thx infonya Pak Joko
Bisa dijadikan acuan dalam marketing.

And jalankan dengan konsisten mas/mba :-)

apabila kita menerapkan yang semacam itu insya allah kita akan berhasil menjalaninya,..amin

test diterima, bagus mas :-)

ya benar suaranya sudah jernih mas :)

istilahnya dirubah dari banyak anak banyak rezeki jadi BANYAK TEMAN BANYAK REZEKI.(Mr. Action)

banyak anak zaman sekarang susah mas kasi makannya..hehehe

passive income dulu mas… baru banyak anak.

Win Win istilah Honda Win yang dulu saya ingin beli, tak kesampean. Malah beli Supra.

yups bener sekali pak, banyak teman banyak rejeki..selalu membina hubungan baik sesama neter akan meningkatkan pengalaman kita didunia bisnis interent ini..salam sukses selalu

sansan heru cahya
April 5, 2009 1:34 pmReply

saya belum banyak baca isi SMUO maksud saya, saya ingin apa yang saya baca langsung saya praktekkan lagi pula saya slalu dapat kiriman materi tambahan yang gak kalah penting dari mas Joko,mas…saya lagi coba nulis web site tentang motivasi & bisnis yang suasananya cocok dengan kondisi saya sekarang,tolong bimbingannya mas…makasih..

Jangan lupa pelajari sambil Action Pa, mudah-mudahan target nya cepat tercapai, salam..

Ya . . . ya, Mas, semua baik adanya. Tolong temn-teman juga kunjungi blokku, biar lebih rame.

Saya ingin sekali meramaikan blog nya dan ingin sekali memabantu, tapi sya sedikit kurang paham :-)

Bagus juga teorinya, thanks

Closing memang bagian marketing yang penting. mengkondisikan saling menang dan memahami keinginan calon konsumen sehingga merasa nyaman dan tercerahkan…
Monggo mampir,
IdeaFormula.blogspot.com

mas Joko Yth

saya masih ragu dengan keberhasilan ini karna saya sudah pernah melakukan ini pada tahun 2003 tetapi hasilnya nihil memang belum mempergunakan internet dengan mengirimkan surat manual ke teman2 untuk membuka pemikiran orang itu susah mas….

@chika, jangn pernah berhenti untuk mencoba mba, silahkan lakukan kembali pada sa’at ini, pengulangan dalam melakukan sesuatu sangat penting dijalankan.

Coba mba baca tulisan ini PENTING NYA PENGULANGAN DALAM BERBISNIS.

betul sama dulu saya juga pernah tapi yang jelas Kegagalan adalah satu tangga telah kita naiki untuk mencapai puncak tangga kesuksesan.

memang langsung menerapkan teknik closing yang betul tidak segampang mengucapkan sebuah kalimat tetapi kalo kita sering mencoba dan berimprofisasi yang pas dengan diri kita itu model closing yang bagaimana, saya kira lamakelamaan menjadi suatu yang mudah. asal jangan mudah menyerah.

Jawaban nya ada pada ‘Jam Terbang’.

Jam terbang emang menentukan…

Benar mas Joko. Closing itu harus win – win solution alias simbiosis mutualisme dlm ilmu biologi. Tidak mudah memang. Jam terbang yg tinggi dan pengalaman selalu bisa mengajarkan kita kapan saat yg tepat untuk itu. Diatas segalanya, hubungan baik dan menjaga kepercayaan pelanggan adalah yg terpenting.

BLOG MOTIVASI SUKSES Help You Reach Your Success

“marketer profesional bukan hanya bertujuan mengclosing untuk penjualan semata, namun yang tak kalah penting adalah membangun hubungan baik”,

Saya suka kalimat penutup ini pak, baik marketer maupun prospek pasti menginginkan terjadinya closing yang menguntungkan mereka. Nah dengan mengedepankan hubungan personal dan tidak sekedar bertujuan untuk melakukan penjualan saja, apakah ini bukan berarti menjadi sebuah keuntungan yang diberikan kepada prospek.

Satu kata kunci yang bisa kita pegang yaitu
Kepuasan/kepercayaan seorang prospek merupakan keuntungan besar bagi seorang marketer.

Keep Spirit
Ricky
Thebussiness Man

Saat ini mungkin tidak ada penjualan yang terjadi. Namun dengan hubungan baik… penjualan2 lain di masa mendatang bukan satu hal yang mustahil!

Closing yg pasti berhasil…?
1. Kenali tipe customer Anda. Untuk bisnis online ini agak susah, kecuali Anda berani untuk berkorban dengan cara berkomunikasi langsung by phone.

2. Dari tipe customer tadi, kita bisa memilih pendekatan seperti apa yang akan dilakukan. Yang jelas… kalau bisa membaca kebutuhan dasar emosional dari customer, waktu untuk closing bisa dipersingkat.

NB : ini teorinya JAmes Gwee… Saya pun sedang mencoba mempraktekkannya!

Saya juga sedang mempelajarinya mas.

Emang Mas, enakan langsung bicara, supaya calon prospek bisa dengar langsung suara kita, apakah cempreng, empuk, garing, ngebass hehehe. Yang penting artikulasi jelas dan kita benar2 menguasai ‘bahan’.

Saya setuju dengan banyak temen banyak rejeki….tapi teman-teman tersebut haruslah teman-teman yang berkualitas….buat apa banyak teman tapi tidak saling support dalam hal kebaikan….

@yahoo: hyap betul mas/mba, itulah mengapa kita berkumpul disini untuk saling mendukung tho..
sukses untuk njenengan

salam sukses selalu…

salam sukses dan salam action selalu juga.

Thanks atas resepnya Pak

emang resep masakan…. hehe….

Ada 2 kondisi yg yang menjadikan closing tidak jadi padahal tadinya 95% harusnya terjadi. ini pernah saya alamai.

1. dalam tahap2 nego jangan terlalu membiarkan calon konsumen merasa lebih pintar(ma’af) dari kita, ( walaupun terkadang penting sebagai pujian bagi mereka, yg bisa membangkitkan semangat dan rasa bangga mereka ) tetapi jika terlalu calon konsumen akhirnya terkadang merasa malu utk membeli atau risi bahkan kehilangan rasa penghargaan pada kita sebagai penjual, sehingga akhirnya closing tdk terjadi.

2. ketika dalam tahap2 pembicaran terkadang malah calon konsumen menawarkan sesuatu, nah kita harus sebisa mungkin mengantisipasi jangan sampai situasi berbalik. yg akhirnya malah mereka yg menunggu respon minat dri kita.

Tingkatkan pengetahun dan kreatifitas terhadap produk yg akan kita jual supaya terjadi closing dengan cepat dan hasil yg memuaskan.

Sepakat mas Irwan, kadang sering terjadi seperti menyanjung biar mereka semangat, malah jadi mbalik, gak jadi karena udah merasa lbh pintar. walah kasuss tuh..
nah kalau yg kedua ini pernah saya alami, dan saya jadi senyum sendiri karena bukan bayar pakai uang malah jadi pakai barteran barang. hahaha… tp kalau pas butuh si gak papa…

Mung Bisnis| Jasa Pembuatan Blog Elegant, Keren dan Murah

Kaya jaman dulu dipedesaan aja ya mister mung, mau beli beras dituker pake singkong :)

Tambahan Mas, anggap saja Konsumen kita itu enggak ngerti, walau di paham keadaannya, kalau dalam usaha saya di bidang Listrik, saya selalu menggangap konsumen tidak paham,walaupun dia mengerti, sehingga tidak ada kesempatan untuk konsumen membaca kondisi kita dan malah sebaliknya kita bisa-bisa dikasih kuliah. pasti Closingnya cepet deh.

Salam Action

saaya lagipelajri alon2 sal kelakon

Ambil aja langsung ke rmhx.

Terima kasih Pak Joko atas semua motifasinya. Alhamdulillah sekarang saya menggunakan mimpi saya untuk mencapai kesuksesan didunia dan akhirat. Segera dapatkan ebook spetakuler ” MENGGENGGAM IMPIAN ” ebook ini saya jual dengan system matrix 5 X 10 dan dapatkan juga bonus penjualan Rp 100.000,/closing. Anda juga akan mendapatkan bonus jaringan sebesar 100 milliar serta reward penjualan sebesar 10 milliar + TOYOTA ALPARD. Segera gabung jadi tim refferal kami selagi masih prelaunching, karena saat launching nanti InsyaAlloh 2 mei 2009, InsyaAlloh sudah dilengkapi dengan halaman bahasa inggris sehingga pangsa pasarnya lebih luas. Terima kasih semuanya atas dukungan dan motifasinya serta do”anya

waw keren… mau dong toyotanya…

Ebooknya “Menggenggam Impian” sudah bisa di lihat belum ? Biar lebih meyakinkan calon reseller!

wow yang bener nih mas iqbal, keren juga tu toyota

Sy bcr dr segi org calon konsumen. Terkadang merasa tertekan pemrospek yg hrs segera bergabung. Sehingga yg blm faham pun jd gabung kr mrs ga enak. Bosan ditanya.

Itu termasuk type hard selling mas, tentu saja kebalikan dari soft selling.

Dalam situasi ” tertentu ” kita bisa menggunakan keduanya. hanya saja soft selling yang pasti lebih positif dan menguntungkan.

dari segi marketting(pemprospek)kondisi tersebut sangat menguntungkan dan jangan malu melakukan itu. karena semua butuh waktu utnuk bisa profesional.
Klo disisi konsumen ya… buat apa beli yang tidak kita ingin kan

pak, bagaimana kita tahu kita bakat bisnis dibidang apa dan apa semua orang bisa dagang? sebelumnya saya ucapkan jazakumullah khoiran katsiir atas semua ilmu yg telah anda berikan ke saya

Wah gimana ya…. la wong saya dah pasang milis banyak dan bikin web sampai sekarang belum ada yang daftar lewat saya,…. jadi ya belum pernah closing, padahal yang mengunjungi sudah 200an tapi belum rezeki saya…..sabarrrrrrrrrr…!!!
Buat rekan semua silahkan mampir di blog saya dan beri pencerahan. Trims
eko http://www.blog-guruku.com dan http://www.josiklan.com.
Bagi yang mau pasang iklan juga masih gratis tis tis………dijamin sampai puas….!

Betul mas Iwan, kita memang harus sabar dalam menjalani usaha, saya walau baru, tetap semangat, saya juda melakukan seperti anda sekarang, membayar WEB program buat bikin WEB, tetapi saya melihat bukan sesaat saja, karena saya melihat semua ini polanya sama dengan Investasi jangka Panjang, jadi jangan melihat semua ini dalam kondisi Instant, baru masuk sudah dapat banyak Closing.
Pilih lah Konsep Invesatasi yang akan kita buat sehingga akan menguntungkan dikemudian hari, betul yang diutarakan oleh Mas Joko, Carilah Bentuk investasi yang tidak habis dimakan waktu, seperti e-booknya mas joko ini. tidak akan habis dimakan waktu.

Salam Action

Sorry salaH nama tuh harusnya Mas Eko bukan Mas iwan……heeeee

Tul mas anton, lam kenal, smaperin dong ke web guru saya n kasih koment n rekomendasikan temen temen semua, saya mau ke web mas anton kok ga ada almt web nya, atau pasang iklan aja di josiklan mas … mumpung masih gratis….
Lam kenal juga buat smua, mohon masukannya buat web saya….di http://www.blog-guruku.com dan http://www.josiklan.com.
Tks

@Anton: piye tho mas, saking semangatnya yah

Ibu Faridah…salam kenal sebelumnya sebenarnya manusia itu diciptakan dengan kemampuan yang tak terbatas..liat aja ada yg bisa naik ke bulan, ciptakan nuklir dsb…artinya bakat atau kemampuan kita sendiri tergantung dari kita seberapa sabar mengasahnya kalau sabar dan mencoba terus pasti bisa, orang yang berhasil itu orang yang pernah gagal sebelumnya..oh..ya visit my blog..please

Hebat bu komentarnya, memang orang yang berhasil adalah orang yang sudah pernah gagal

selamat sore pak,thks banyak atas infonya terus terang ini menambah pengetahuan bagi saya lagi…maklum orang baru dalam dunia internet marketer…hehehe

salamm.. semua
waduh aku gak tau tuh closing-closing ringkusnya apa pak joko.. biar tambah ngerti hitu lho..

trims sebelumnya

yup,bener juga…dalam penjualan kita memang selalu harus dihadapkan dengan kondisi win-win artinya semua pihak antara penjual dan pembeli merasa saling untung….pak joko kenapa di sales letter bapak pada bagian bonus tidak tercantum tanggal batas waktu memperoleh bonus,itu hanya tertulis pada bagian NB saja pak?iya kalo dibca sampai abis.bukanya itu justru membuat prospek untuk cepat-cepat melakukan pemesanan pak??

Terima kasihPak, banyak halyang bisa dan saat ini saya mencoba mempelajari bisnis seperti yang banyakBapakuraikan. Semoga sayabisa segera memulai.
Terima kasih………………

that’s right, Pak Joko!
Closing yang baik seharusnya tidak menimbulkan penyesalan dari customer yang membeli produk kita.
Jangan sampai nanti mereka memberi cap kepasda kita sebagai marketer jalanan, yang pada umumnya bertingkah laku layaknya preman pasar tanah abang.

saya masih belajar banyak mengenai internet, dan mungkin tidak akan pernah berhenti belajar.
jadi makasih banget dech buat Pak Joko Susilo.com

kalau bapak berkenan blog saya masih acak2-an, saya bersyukur kalau bapak mau membantunya.

sukses selalu

ngomong-ngomong soal email marketing, maka menggunakan autoresponder adalah kuncinya

saya juga membahasnya di

Cara mendapat autoresponder murah>

Silahkan kunjungi mumpung belum naik harganya

maaf, linknya rusak silahkan kunjungi disini:

Cara mendapat autoresponder murah

Mas Mau tanya ada program Resellernya enggak

Thanks

Rumus AIDA+C, memang cocok diterapkan di bisnis yang mempunyai produk maupun jasa seperti network marketing, karena Closing adalah hal yang sangat penting agar customer membeli atau prospek jadi member. Thx infonya

Semua Action harus ada closingnya, kalu tidak ada ya percuma saja apa yang sudah kita lakukan.

Kesabaran dan ketekunan itu yang paling penting, ibarat kita sedang memancing di Laut, kalau Internet Memancing di Dunia Maya, semuanya serba Maya, jadi tidak bisa diuraikan, yang bisa meng-Closing adalah Jam terbang yang banyak dalam pemsaran.

Okeee dehhh….

Salam Mas Joko

ACTION….

saya sangat setuju itu tapi dalam memberi penjelasan seharusnya jangan berbeli-belit.

Comment pertama, buat apa Y???

Ikutan aja deh…
Biar jadi sukses juga…
Hehe…

mantap sih mas joko tapi saya belum mengerti sepenuhnya ajarkan saya dong saya mas joko

SALAM ACTION…SEPENDAPAT DENGAN SEMUNYA..PDKT YANG TERBAIK ADALAH DENGAN MENINGKATKAN INTUISI KITA TERHADAP KONSUMEN…

Setuju mas Joko, teknik2 closing saya mash dasar, saya coba beberapa kali untuk menyenangkan dan meningkatkan hasrat mereka, dng harapan mereka benar2 membeli, tapi saya masih banyak kekurangan disana sini, saya akan coba terus sampai goal, terima kasih mas JS

ya…ya….!!! banyak teman banyak rejeki

itulah tujuan utama yang paling penting

Banyak anak juga banyak rejeki..he..he..

Salut buat mas Joko yang selalu fokus dan konsisten dengan apa yang ditulis dan dibagikan kepada saya.

“Closing” memang tujuan utama dari penawaran penjualan. Saya setuju dengan mas Joko bahwa “closing” bukan segalanya. Tidak usah terlalu khawatir dengan “closing” jika yakin produk kita mendatangkan manfaat, dapat memecahakan masalah atau kebutuhan prospek, closing tinggal masalah waktu.

Seperti mas Joko, banyak memberi pasti akan lebih banyak menerima.

Salam sukses
http://www.gobaymotor.com

Ok…setuju.
Dalam buku PSS III (Profesional Selling Skill ) III…Termuat demikian – Trims

closing ……. sukses selalu bwt semua

sangat stuju sekali sir, closing butuh kesabaran dan ketelatenan

Trims mz joko

Benar sebagai marketer profesional memang bukan hanya bertujuan mengclosing untuk penjualan semata, namun yang tak kalah penting adalah membangun hubungan baik, untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.

Sangat bijaksana mas sumartono

SAYA SETUJU BANGET dengan pak joko tapi pak ada hal sering mengganggu saya ketika kita sedang dihadapkan dengan date line target yang sedang mempet bagai mana caranya menghandel perasaan karena terkadang fokus saya sering tertuju bagai mana cara si konsumen ini harus closing jadi fokusnya buyar untuk membuat customer nyaman dengan pembicaraan saya bagi2 saya solusinya dong pak!

Pada dasarnya Pekerjaan itu tidak ada yang gampang , pasti selalu ada tantangannya.Kita harus sadar akan itu…!Tapi kalau ada bimbingan pasti berhasil….!

Tks Pak Joko, tulisan-tulisan Pak Joko sangat bermanfaat bagi saya. Saran dan order dari Pak joko dan temans netter kami tunggu di http://www.crystalshineshop.com

have anice day

Saya kenal dengan bisnis ini waktu diberi tahu oleh tetangga kost saya. saya begitu antusias pengen raih kesuksesan juga di bisnis internet yang Pak Joko tawarkan ini, memang saya masih awam dengan bisnis ini, tapi saya punya prinsip kalo orang lain bisa kenapa saya nggak bisa ?! (tapi bukan karena saya serakah lho pak..) info2 dari Pak Joko terus saya pelajari, meski saya kadang mikir apa maksudnya ini??? hehe.. Support bisnis internet marketing for all and specially Mr. Joko Susilo. Thanks a lot.

Closing…memang tujuan akhir dari bisnis walaupun tidak yang paling akhir…sebab rasa persahabatan dan kejujuran juga masih dijunjung tinggi…Salam Sukses

semuanya memang butuh proses. kita jalani aja BOS dari proses terpahit s/d termanis ok
trims salam action buat semua

yang punya hobi menulis aku undang ke website kita bersama di jasainfo1.com gratis dapat royalty lagi

closing…?
emang butuh waktu dan ketrampilan. Tidak melulu di bisnis online ini tapi menurut saya semua bisnis baik itu online maupun offline juga begitu.

Yang terpenting disini adalah kita punya gak kesabaran dan kemauan.

mental seorang marketer akan teruji disini. ya nggak mas joko?

bravo… en sukses selalu.

oh ya mau pasang iklan di websiteku juga boleh, gratis lho… buruan aja rame-rame. siiip..yo

mas… ada contoh kasusnya gak?
gimana caranya / apa yang harus dilakukan untuk masing2 tahapan AIDA+C.
terima kasih

@Genie: Contoh kasus coba lihat sales later formulabisnis.com, kenapa anda bisa tertarik merupakan rumusan AIDA+C.

Caranya : silahkan baca SMUO.

-salam kenal-

Closing,,,, closing,,,
itulah yang ditunggu-tunggu para marketer, tapi untuk menuju closing ada prosedur yang harus di ikuti, dan kita perlu waktu, tidak ada begitu prospek langsung closing.
Biasanya proses closing cepat terjadi apabila kita bisa menggali kebutuhan prospek dan produk yang kita tawarkan merupakan problem solver bagi si prospek.
Keahlian dalam membaca karakter prospek dan meyakinkan prospek sangat dibutuhkan, karena selain tujuan kita closing kita juga butuh referensi dari dari prospek untuk memperoleh calon prospek yang baru,

salam sukses

closing, itulah yang di tunggu oleh para marketer, walaupun closing tidak selamanya terjadi penjualan, tapi yang lebih penting terjadinya hubungan baik dan kita bisa memperoleh referensi calon prospek baru.
untuk mencapai closing ada prosedur yang harus di ikuti, mesti sabar dan telaten yang lebih penting punya keyakinan akan terjadi closing dan penjualan.

salam sukses

Terima kasih Mas Joko,
Atas banyaknya artikel yang dikirim via email saya. Sebagai seorang pensiunan, saya sangat tertarik menekuni bisnis.
Wassalam

Kunciny selalu optimis dan think positive..insy Alloh unexpected closing pasti kita dptkan..maju terus bisnis online!

Komentarnya sangat profesional mba

Formulanya Mas joko oke, Motivasinya Sip
saya tunggu kawan-kawan di http://madjapahitmasakini.blogspot.com
Salam sukses

Betul, closing yang win-win itu yang terbaik sebab kalau pelanggan merasa puas akan menjadi pelanggan kita seumur hidup, seperti closing diformula bisnis, kalau bayar secepatnya dapat bonus dan setelah jadi member difollow-up terus, Tank’s Mas Joko.

SALAM ACTION DAN SELAMAT PAGI…

Win…..Win……Menannnngggg dan Mennnanggggg Terus kali yaaaa.
Setuju Sekali kalo Qta Harus Sabar dan Belajar Teruuussssss. Memang itu Menunya Kok.

Salam Hangat
(Widi)

Salam sukses semua

Closing dapat sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan akhir. Jadi saya sangat setuju bila closing dalam kondisi win-win memang keputusan tepat.
Closing dapat juga kita jadikan “persuade action” yang akhirnya dapat menimbulkan “impulse buying” atau dorongan seketika untuk membeli.

Saya baru dalam menjalani bisnis ini, jadi tolong informasi dari pak joko dan rekan2 semua

trims

@Aji laksono: komentar anda sangat berbobot mas, tidak menunjukan seorang pemula.

Saya harap anda bisa segera sukses seperti member” top forbis lainnya.

-Keep Spirit-

Ricky
TheBussiness Man

Dear Pak Joko…
Saya setuju pak kalo tindakan akhir Marketing adalah Clossing,karena memang itulah tujuannya,inilah pak yang masih saya pelajari tentang pemahaman karakter buyer, soalnya kadang permintaan aneh2 dan melenceng juga dari Norma yang ada, so gimana cara nya agar kita tolak tapi ndak nyinggung dan juga bisa clossing
thx

Alva_Bayu

Bagus…bagus…
dan sangat bermanfaat

maksih yach mas Joko

Wirodo
Manajer Lembah Puri

Baik terimakasih Pak Joko S, atas pertanyaan yang ditujukan kepada saya. Saya akan menjawab dengan sebaik mungkin.
Closing, adalah asal kata clos dan ing, Clos yang artinya Buka, ing adalah lebar.

Saya adalah sebagai anggota MLM satu produk Pupuk Organik dari Yogja, ketika saya bertemu dengan seseorang atau sekumpulan orang saya memperkenalkan diri atau identitas saya dengan jelas/mendetail kemudian saya memberikan masukan/infut kepada kepada mereka. Masukan/infut yang saya sampaikan kepada mereka tentunya sesuai dengan latar belakang mereka itu sendiri. Apabila sekelompok orang tersebut petani tentu saya akan berwacana pertanian, dan apabila pekebun maka berwacana perkebunan dsb. Ketika terjadi hubungn baik/interaktif maka saya membangun suatu kepercayaan bahwa ini lho yang saya miliki akan saya berikan kepada saudara.
Demikian pak Joko.

Sangat menarik p Joko! Tetapi untuk mewujudkan diperlukan usaha yang gigih dan tidak mudah menyerah. Hanya orang-orang yang bermental baja dan kuat aja yang mampu.
Keberhasilan emang ditujukan bagi mereka yang kuat. Kelemahan hanya akan menghadirkan kehancuran!!!
Salam sukses!!!

hai, semua….
nama saya indung dan baru bbrp hari jadi member forbis. saya coba kasih review tentang forbis dan smuo di blog saya. tolong mampir dan di komentarin ya. butuh banyak masukan nih…maklum, pemula hehehehe…

thanx a lot!

@Indung: selamat ya, sudah mulai mereview SMUO diblog nya :)

-salam sukses-

Pak Joko yth
Saya sedang mempelajari ebook dan blog bapak
tapi saya masih agak bingung dengan informasinya [mungkin karena terlalu
banyak (^,^) ]

pertanyaan saya,
1. Saya mempunyai blog yang ingin saya jadikan sarana jualan [penjualan
kerajinan rotan dan keanggotaan oriflame] –> tolong dikomentari blog saya
ini http://www.smartnbauty.blogspot.com

2. adakah gambar html yang lebih kecil dengan link reseler saya? saya telah
coba masukan di blog tapi gak bisa nyambung ke halaman reseler

3. mengenai beberapa link yang anda tawarkan di member area, apakah saya
harus sign up sendiri atau sebagai member formula bisnis tidak perlu daftar
lagi?

4. apakah ebook blog bapak mesti di beli lagi? ataukah untuk non member
formula bisnis?

Segitu dulu pertanyaan saya, selanjutnya akan lebih banyak lagi pertanyaan
Salam Hangat
SEting+

@Setting setiawan:
Sebelum pak joko menjawab, saya bantu sementara ya pak.

1.Bapak bisa menjual apapun di blog.
2. Kalo yang dimaksud adalah ukuran banner forbis, coba upload saja sendiri banner yang ingin anda buat kode HTMLnya di photobucket pak.Gratis kok.
3.Semua link yang ada dimember area formulabisnis bisa di gunakan oleh member yang sudah gabung pak.
4.Bila ingin mendapatkan Rahasiblogging.com, bpk harus membelinya. Tapi khusus member formulabisnis ada discount khusus.

Semoga jawaban itu bisa sedikit membantu. Bila masih ada pertanyaan yang lain. Silahkan bpk kunjungi blog saya.

Keep Spirit-

Ricky
The Bussiness Man

met pagi semua…

wah, dah banyak lagi yang komen nih. padahal baru tadi dini hari aku kasih komen..
emang blog mas joko ini rame tenan…! he3 :)

eh teman-teman, mo pasang iklan gratis boleh: biar rame mampir yo… di http://ikiiklan.blogspot.com

closing ibarat mengasah golok..satu kali gak kena yaa harus diulang..diulang trus…

@Faizin: ekstrim banget istilahnya mas :)

Win WIn, Semuanya puas..!

Jutawan Pulsa.

Setuju mas Joko. Dalam berbisnis sebenarnya tidak mengharapkan finasial semata, juga kepuasan batin. Dulu orang tua bilang “Banyak anak banyak rezeki”, ternyata sekarang banyak teman banyak rezeki. Karena itu rajinlah membangun komunikasi dan silaturrahmi dengan banyak orang.

Pemikiran yang tepat Pa.

Sdrku. mas Joko ……
Terima kasih yang tak terhingga saya sampaikan secara tulus, saya sependapat dgn anda,usaha saya adalah Biro Perjalanan Wisata yang saya lakukan dalam meningkatkan penjualan serta menambah jumlah pelanggan adalah :
1. Menjaga Komunikasi dan Silaturrahmi
2. Selalu memberikan Solusi yang terbaik buat pax
3. Sebagai Travel Consultan, ini menarik mas mengapa saya harus bertindak sbg Travel Consultan mereka? karena sbgmana kita ketahui harga ticket satu route satu pesawat bisa 14 harga (sub classes), jika saat itu ada harga murah atau harga Promo, itu yg saya jual walaupun profit marginnya sangat tipis bahkan zero, dan saya hanya minta service fee saja pada pax, Alhamdulillah mereka Happy. Salam. Akhmad Tauhid

Agus Susantyo S.E.P
April 6, 2009 10:59 amReply

Setuju Mas Joko,Closing memang harus terjadi karena itu yang kita harapkan tapi tidak boleh dipaksakan ,disitulah faktor Silaturrahmi( hubungan baik ) antara teman ,saya sangat setuju ,Rezki hakikatnya dari Allah tapi datangnya lewat teman dan hubungan baik antar penjual dan pembeli. Carilah Teman sebanyak-banyaknya dan jangan cari musuh,musuh tidak akan memberikan rizki.”Salam Sukses”

OK juga tuh………………….
Memang closing harus win-win kalo hanya satu yang yang menang ,penjualan untuk kedepan akan tersendat

Umurnya akan pendek mas.

Sebagai marketer usaha mencapai closhing memang menunggu waktu, namun kita juga harus melakukan pendekatan/action kpd prospek, memberikan penjelasan tentang produk yang mereka butuhkan/ yang kita tawarkan dan saling dpt menguntungkan kedua pihak/ win-win, agar dapat menimbulkan minat kepada prospek.Yang lebih penting lagi jalin hubungan yang lebih baik,karena sebaik apapun produk yang kita tawarkan bila prospek tak menyukai dan tak senag pada kita tak akan terjadi closhing.

wah hebat juga nich pak joko semua bidang dikuasain kalau boleh tau rahasiannya apa ya sampai bisa buat artikel ribuan gitu sampai ada komentar yg banyak gitu salut mas joko

Weleh-weleh…. dari kupasan di atas tersibak sudah bahwa aku belum mempunyai banyak teman seperti mereka huk…huk… huk… siapa yang mau berteman denganku…?

@Diyah: jangan bersedih seperti itu mbak, saya siap kok jadi teman..:)

-salam kenal-

yang akan selalu menjadi ingatan kita banyak teman banyak rejeki. jadi seorang salesmarketing harus lebih sering bergaul. ini sebuah langkah awal di dunia marketing.
salam action
makrus fahridi

Artikel tentang “Bagaimana melakukan closing yang pasti berhasil mendatangkan penjualan” merupakan artikel yang bagus sehingga bisa menambah pengetahuan saya untuk menjalankan bisnis online tp tidak menutup kemungkinan untuk bisnis offline saya.

Semakin meningkat silaturahmi kita , InsyaAllah rezeki dan kesehatan kita akan semakin ditambah
salam eksen
win

salam perjuangan semua!
selalu berjuang membuat orang tertarik itu memang sulit,namun seperti artikel yang saya baca dari pak joko sungguh sangat menguasai bidang ini.
terima kasih pak joko atas artikelnya.

Goal nya marketer adalah produk nya terjual tapi yang lebih di junjung adalah menghargai apapun keputusan pembeli,

Pantang menyerah . . !! itulah semangat marketer

MEMANG BUTUH PERCOBAAN BERKALI-KALI UNTUK SUKSES

SALAM
http://cafehp.com

@Rachmat: dan kegagalan berkali-kali

closing memang perlu dalam bisnis, tapi yang perlu diperhatikan adalah kesabaran dan kerja keras karena yang demikian ini dapat mendatangkan hasil yang sangat baik, dimana kalau sudah terjadi akan sangat bahagia, oleh karena itu saya masih sangat membutuhkan sekali bimbingan dan arahan dari mas joko.

Siip..salah satu keberhasilan closing tergantung kita sebagai penjual, bagaimana dapat memberikan sesuatu nilai plus kepada sang calon customer.

salam
Nov
http://www.bundatrendi.co.cc

closing memang penting dalam bisnis, tapi yang lebih penting lagi adalah kerja keras dan kesabaran dalam menekuni bisnis ini, apabila sudahterjadi deal maka apayang diinginkan akan bisa terjadi.
oleh karena itu saya sebagai pemula sangat mengharapkan sekali bimbingan dan arahan dari mas joko

Closing adalah inti daris emua strategy marketing …ibarat sepak bola, taktik apapun yang dipakai tentunya cuma hasil akhir yang bisa membuat taktik itu layak apa tidak :-) tapi bukan berarti kita menghalalkan segala cara untuk closing :-) Info menarik dari pak Joko :-)

SALAM ACTION SEMUANYA.

emang betul kalau kita sebagai marketer clossing adalah harapan yang kita tunggu – tunggu.tapi untuk mendapatkan clossing itu yang sulit.gimana ya… caranya biar cepat dapat clossingan…..

Bisa dilakukan dengan pendekatan secara personal mba, lebih cenderung ke soft selling.

oke mas joko artikel sangat baik semoga bisa mendorong saya untuk market yang benar dan baik walau saya sendiri belum mengenal itu yang namanya maketer dan saya beruasaha mulai dari nol yang namanya itu market,

salam action semoga tetap josss

Bener pak kadang waktu presentasi sy berharap ada yg closing nyatanya gak ada,tapi gak apa apa yg penting kan udah usaha ,dan yg penting lagi teman jadi bertambah dan kapan kapan coba lagi ,makasih artikelnya buat pak joko ,di tunggu artikel yg lain yg lebih jitu pastinya .salam sukses

@Kasturi: bertambah teman juga bisa dikategorikan closing juga tho mas, mungkin suatu saat teman baru inilah yang akan mmemberi rezeki.

Ide Closing nya Ok banget tuh pak, tapi bagaimana caranya kita menahan untuk tidak cepat2 closing,walaupun kita butuh projectnya maksudnya sih agar dapat harganya bagus.

Maksudnya tarik ulur dulu, begitu?

@Tri Martini: Coba posisikan bahwa produk yang anda tawarkan benar” bisa memecahkan masalah prospek, sehingga memberi kesan bahwa mereka akan rugi bila tidak membelinya. Semoga membantu. :)

-salam kenal-

Andreas Yasozisokhi
April 6, 2009 2:09 pmReply

Closing is result, tapi sebelum closing pasti ada penawaran, negosiasi dan klarifikasi teknik. supaya closing seorang marketer hrs berusaha membuat customer percaya dengan apa yang dibelinya dan edit value apa yang didapatkannya dari transaksi tsb.
untuk internet marketing tolong mas joko bantu saya terutama dalam membuat website. tks

yang bener nie mas…
trz apa jaminan klo semua cara tp blm bsa menghasilkan uang……..
klo cuma janji bkalan d balikin duitnya lagi apa jaminannya???????
kan ga smua orang langsung percaya…
pa lagi janjinya cuma lewat internet doank….
thanx…..
ditunggu ya blz an nya……..

Bagaimana bagi yg sudah menghasilkan mas ?

yang berhasil dan yg tidak berhasil pasti dan sangat pasti hanya berbeda dalam melakukan caranya.

@Jutawan pulsa: ya benar mas,tapi meskipun sudah menggunakan cara dan metode yang sama hasil setiap orang masih bisa berbeda loh.

-Keep spirit-

Mungkin maksudnya, metode nya sama tapi caranya beda mas Ricky. kayanya cara yg dilakukan org yg sudah berhasil sama cara yg dilakukan org yg belum berhasil beda mas.

@Abdul: Bagaimana bisa kasih solusi mas, kalo belum mulai sikap anda sudah skeptis seperti ini..tapi biar lebih afdol coba baca artikel ini. Saya harap itu bisa jadi jawaban.

Betul mas Rikcy
Metode atau Cara dilakukannya benar tapi Keyakinannya tidak ada mempengaruhi akan Calon Pembeli

maaf saya newbie tapi saya pebisnis di dunia offline

oh iya bener juga ya mas.. aku selama ini terlalu fokus sama jualan saja dan tidak membangung hubungan yg baik..

thx mas joko atas ilmunya sekali lagi.. sangat bermanfaat untuk saya.

@Bilboys: memang sulit mas untuk terus membangun hubungan terhadap semua pembeli kita, terutama bila jumlah pembeli sudah sampai puluhan, ratusan apalagi ribuan. Tapi kita tetap bisa menjalin hubungan dengan cara menjawab setiap pertanyaan dan keluhan yang disampaikan pada kita.

-Keep Spirit-

membaca artikel ini dan komentar-komentar audiens seperti mendapat teori ilmu marketing tinggi yang digabung dengan praktek langsung dari pesohor bisnis online, untuk saya pribadi sangat bermanfaat.
Dalam komentar diatas terdapat pointer antara lain Kenali Pelanggan; Pahami Kebutuhan Pelanggan; Terangkan manfaat utama produk kita, berikan opsi pembelian dan jangan bertele-tele, tapi menurut saya masih ada yang perlu ditambahkan yaitu product knowledge, bagaimana kita menjual kalo kita sendiri belim mengenal betul dan manfaat apa yang kita jual..
Terimakasih atas pencerahaan yang diberikan…
Salam,

bagaimana caranya menilai clossing yang dilakukan sudah benar??

@Indera: Tergantung anda bertindak sebagai apa mas,

Bila anda sebagai marketer, maka closing yang benar adalah prospek melakukan pembelian sesuai dengan penawaran yang anda lakukan.

Bila anda sebagai prospek, maka closing yang benar adalah bila anda merasa puas dengan membeli produk yang ditawarkan.

Tapi bila anda sebagai penonton, maka closing yang benar adalah penjual dan pembeli sama” senang :)

-Keep Spirit-

Ricky
TheBussiness Man

Dwi H. Margiastuti
April 6, 2009 4:23 pmReply

Closing…satu tindakan yg paling di tunggu2 sama setiap marketer, emang sich tuk bikin customer mo closing kita harus bener2 yakinin dia klo apa yg kita tawarkan punya manfaat yg super buat mrk, tp klo pada akhirnya si customer gk juga closing, jgn kecewa…ini merupakan satu proses…dan kita must go…on, tawarin terus produk kita ke setiap orang, pantang menyerah dan yakin satu hal Alloh Swt pasti bantu kita…

wah memang bener saran mas Joko, bagi saya melakukan closing emang payah banget apalagi saya masih pemula, kalau udah ada bukti sih kayaknya lebih gampang ya???

@Rudi Azhar: Mungkin belum saatnya saja mas, yang penting jangan menyerah untuk tetap action. Btw kalo boleh tahu sudah mencoba strategi apa saja mas?,mungkin bisa sharing..

-salam kenal-

Banyak teman banyak rejeki juga banyak utang.wekekeke

Kalau banyak utang bertanda dipercaya banyak orang, dengan demikian itu bisa dijadikan modal untuk berbisnis.

bener sekali apa yg di katakan oleh pak joko… saya sudah membuktinkan itu apa yg ditulis oleh pak joko bener2 membuahkan hasil, Alhamdulillah saya bisa closing dengan trik dan cara yg disampaikan oleh pak joko

terima kasih sekali untuk pak joko, karena dengan sistim pak joko saya bisa menjalankan marketing dengan baik.

Dari mana pak Joko mengetahui tips2 ini? sudah sering dipraktekkan ya pak? tips itu untk produk yang memang kita jual, tapi lain hal kalau kita tidak punya produk sendiri misalnya hanya sebagai publisher saja.

Belajar..dan belajar itu kuncinya, satu lagi ilmunya ILMU ‘TERUS’, teur mencoba, terus berusaha, dll…coba anda kunjungi blog saya deh..kasih commentnya..thanks

@Marikxon: Saya rasa pak joko memberi tips yang sudah beliau kuasai mas, ya melalui teori dan pengalaman.

Punya atau tidak punya produk sendiri ilmu pemasaran yang dipakai sama kok mas, ilmu marketing tho..Jadi ga usah bingung”, cari saja strategi pemasaran yang paling efektif menurut njenengan and jalankan deh :)

-salam sukses-

Pengalaman adalah Guru Yang Berharga dan Berlian Kehidupan

Salam Sukses dan Teruslah Sukses

@said: selamat ya mas atas penjualannya :)

Dalam berbisnis yg terpenting adalah strategi seperti yg dimiliki oleh pak joko susilo.
thanks pak atas tipsnya..
Salam Hangat
Endang Parlindungan Sianturi

terima kasih pak joko, closing memang sangat di harapkan,tp bagaimanapun jua yang penting berusaha dan berjuang dan trus berjuang.

Benar Mas Benny, closing dengan happy ending tidak akan terjadi tanpa memperjuangkannya.

thanks so much for your article !

kalau dalam marketing tanpa adanya closing berarti tidak terjadi penjualan. Untuk itu closing sangat vital dalam proses marketing. Jadi untuk membuat closing haruslah bagiprospek menarik baik dari segi harga, kualitas, pelayanan,keuntungan keuntungan bagi prospek itu sendiri setelah memanfaatkan produk yang kita jual,dan pelayanan purna jual. Demikian komentar saya dan sayta perlu banyak belajar dari Pak Joko. TERIMAKASIH

perlu d coba nih!

saya baru mencoba bisnis ini, tpi saya amatir dengan internet

Jangan ragu mas Iwan. Pak Joko pun dimulai dari TIDAK BISA.

Nah saran saya, BUANG JAUH-JAUH pikiran TIDAK BISA. Yang ada adalah TARGET UNTUK BISA.

Segala sesuatunya memang harus dimulai dari Kerja Keras.

Salam Sukses dan Teruslah Sukses

Maaf, Mas Rahmat maksud saya…

Closing pake teknik HypnoSelling lebih mantap!

yang dinamakan closing kan akhir dari penawaran kita ke prospeck, ya tentu harus ada win-win donk…
masa yg win nya cuma satu… kasian yg lose donk hehe…

Yang penting action kan !!!!!!!

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah KEEP ACTION…

tambahin keep satu lagi deh jadi: keep..keep..action

setuju yg penting action…
kawan-kawan mohon komentari website saya…
terima kasih..

Pak saya ibgin cepat Bapak menuntun saya bagaimana/apa yang saya buat dalam memulai bisnis ini.karena saya nelihat terlalu banyak teorinya,tapi saya ga bisa lakukan apa2.trimakasih.Ningsis

Mbak ningsih…

Jika anda sudah memiliki SMUO, saran saya adalah :
- Baca pelan-pelan dan seksama
- Jika anda lelah membaca, berhenti dan istirahat
- Jika ada waktu luang baca kembali

Kemudian ACTION dan terapkan satu demi satu. tidak terburu-buru..

Salam Sukses dan Teruslah Sukses

Keluhan seperti ini akan keluar manakala kita ngga nyoba karena keburu eneg duluan liat yang ada di panduan tersebut.

Solusinya adalah langsung dipraktekin. Salah ngga apa-apa. Namanya juga belajar. Justru dari kesalahan itu kita bisa menjadi profesional yang ahli!

@Ningsih: teori akan kelihatan banyak kalo ibu baca semua panduan SMUO sampai tuntas tapi ga pernah praktek. Hati” penyakit overload information yang sering dialami pemula bu.

Saran saya, coba baca satu metode dulu trus praktekin sampai berhasil. Baru baca metode yang lain.Jadi ga terlalu bingung bu :)

-Keep Spirit-

Ricky
The Bussiness Man

Mantab arahan yangtelah diberikan pak joko,intinya kita kembali untuk makin merefleksasikan apa yang tertuang dalam pedoman Forbis e-book,dan mengingat poin-poin dasar yang memang akan bisa mendongkrak hasil maksimal.mantab pak joko.salam action

Muhammad taufik
April 7, 2009 9:26 amReply

Selamat pagi mas Joko,

Saya tertarik untuk membeli paket SMUO seharga Rp. 200rb.

Namun saya punya pertanyaan nih, apakah uang 200rb iru sudah mencakup semua , atau perlu biaya lain lagi , misalnya untuk membeli domain dsb.

Mohon penjelasan sebab ada sekitar 5 teman saya juga berminat mendaftar atas referensi saya.

Terima kasih dan ditunggu jawabannya,
M. Taufik

@Muhammad taufik, hebat donk mas, ada 5 org :-)

Rp.200rb belum sama sama domain mas, tapi mas bisa gunakan domain dan hosting yg gratiss..

Sya bisa buatkan secara gratis ko buat mas, he hee.

Dan jgn lupa daftar nya disini SMUO PLUS PLUS!.

Halo Mas Taufik.

Paket SMUO dengan harga 200rb sangatlah terjangkau. Jika sudah dibaca dengan seksama anda akan sangat terpengaruh menjadi POSITIF.

Untuk domain dan hosting dan sebagainya tidak termasuk, namun jika anda butuh bantuan bisa konsultasi/diskusi/ngobrol dengan saya.

kunjungi blog saya di : http://kiosonline.wordpress.com

Halo mas taufik. SMUO memang Luar Biasa. Saya sudah membaca dan mempelajarinya. Kini saya sedang menerapkannya.

Tidak lama lagi produk saya akan Launchig.

Terima kasih kepada pak Joko yang telah membuka jalan pikiran saya

@Syarif winata: selamat ya mas sudah mau lounching produk. ditunggu okey..

-salam sukses-

Susah juga yach bermain di pasar yang barangnya sama. Aku belum jelas maksudnya closing tersebut.
Jangan jera mengajari tamu gelap ya pak Joko.

Ucok.. Closing itu seperti penutupan akhir dari Lobi Bisnis kita ibaratnya kita melihat kepada calon konsumen dan membaca pikirannya..

Salam Sukses dan Teruslah Sukses!

Itu namanya mas udah masuk di Samudera merah. Jadi memasarkannya ampe berdarah-darah. Kalo masih mau bertahan harus meningkatkan kreativitas dan teknik sellingnya.

Atau ambil jalan pintas… keluar dari samudera merah dan mencari samudera yang masih biru!

wartosoemarno
May 8, 2009 9:43 pmReply

Mas Joko saya masih belum menemukan produk apa yang bisa saya jual.saya sebagai pensiunan sebuah BUMN, dan sekarang untuk mengisi waktu ngajar jadi guru honor disebuah PT swasta, yang tentunya imbalannya tak sesuai dengan produk yg saya berikan.Mohon pada teman-teman yang telah berhasil sebagai Marketing Internet (MI) tunjukan pengalaman atau saran agar saya bisa berhasil sebagai MI. Trims

Pak Joko, salam kenal ya ….

Cah_Ndeso pingin nimbrung nich. Makasih Pak Joko Atas motifasi dan pencerahan bisnisnya. Salam sukses dan terus sukses. Niru2

Agus Warsito Utomo
April 7, 2009 12:41 pmReply

Terus terang sy masih belum paham masalah closing, ya mungkin karena belum berkecimpung secara langsung dlm proses penjualan produk. Tetapi menurut sy kunci sukses untuk melakukan closing dengan ending yang diharapkan/sesuai tujuan adalah harus menguasai teknik2 komunikasi yg baik.
Teknik2 komunikasi ini, tentunya sesuai dengan karakteristik cotumer !
Trim, saya tunggu ulasannya !

Pa’ Qu kaga Mudeng Ach, MaksUd dr Pjlsn Di aTas,, mkLum Ru pertama Ceyh..

@Riska: ga papa bu, wajar kok belum jelas diawal, rata” semua yang disini awalnyapun bingung.yang penting jangan nyerah ya bu tuk belajar terus.

-Keep Spirit-

Ricky
TheBussiness Man

masih bingung pak..? saya masih hrs trus baca utk memperdalamnya,..trims

@Dika: bagian mana yang buat bingung mas?

satu hal, selama closing, jangan pernah memberikan pertanyaan dengan jawaban ya dan tidak, karena 99% pasti menjawab tidak hehee..

closing yang baik adalah dengan opsi, pilih A atau B, sehingga menutup kata tidak.

semoga berguna

memang betul, sebelum closing dilakukan sebaiknya kita memang dikenal baik dulu oleh calon pelanggan kita. Kita bangun trust dulu.

salam sukses,

Hendro Siswanto
http://www.peluangbisnis.peluangusaha.asia

kalo saya si kebanyakan selalu closing tu menggunakan faktor impule mas . . .
ada 4 langkah faktor impulse.
1. ikut-ikutan.(customer membeli karena ikut2an, bilang aja tetangganya ngambil produk kita, walaupun sebenarnya tidak).
2. takut kehilangan.(bilang aja sama customernya promosi produknya hanya hari ini, besok2 udah gak ke sini lagi).
3 di cuekin.(kalo customer itu tetep nggak maw ngambil produk kita, kita cengin aja dia.kita bilang aja begini “ah bapak nggak cocok nie . .)
4. because of you.(customer membeli karena diri kita sendiri. apa karena kata2 kita customer jadi terhipnoyis untuk mengambil prodak kita.)

intinya “mental baja aja guys n pantang menyerah”.

*LovELy d AdvEtising . . .

di forum ini kok ndak ada mas JOKO ya?

Bagaimana jika kita beli aja Web instan yang sekarang banyak dijual?

ad yang mau berkomentar?

Klo mas Joko ga ada, berarti bakal ada kejutan lagi mas.

Kira” kejutannya apa yang mas irwan ?. Jangan” baga” rahasiablogging gratis untuk semua member forbis ya :)

luar biasa…………..

closing yang baik memang harapan dan impian semua,,,, yang pasti tetap ACTION! Terimakasih pak joko

Teria Kasih pak Joko, postingnya kali ini luar biasa.

Pak Joko, tolong dikunjungi http://www.secret4d.com. Mohon komentar, saran dan kritik nya. Terima kasih

Pak joko, saya baru kirim email, untuk meminta hal yang paling berharga bagi pak joko.

Saya suka sekali dengan ide win-win solution..
Selain membuka peluang closing lebih besar, kita juga menghargai prospek.. bahkan sampai prospek mengambil keputusan untuk bergabung atau tidak..

Pak Joko, saya minta bimbingan ni pak setelah formula 3 langkah selanjutnya saya sudah pakai meta tag dan register ke google dan yahoo, iklan juga di iklan baris tapi sejauh ini belum ada yang nyantol, keyword juga sudah saya setting agar tailing, tapi belum ada yang nyantol. Mohon bimbingannya pak Joko, bila perlu kunjungi blog saya dan di evaluasi atau teknik SEO nya yang kurang saya pahami atau apa…mohon di bantu pak Joko.Terima kasih

@Alexander: Terus mas, jangan berhenti tetap butuh proses waktu. Kalo mau belajar SEO coba kunjungi blog mas zams disini, metode”nya dasyat dan sayapun banyak belajar SEO dari beliau.

Semoga membantu

-salam sukses-

Wah,kalau saya jangankan closing,open aja belum panas2,tapi tetap usaha…he..he…Tapi enak juga,bisa merasakan pahit getir’y,mudah2an tinggal manis’y gituh…

Setuju Pak Joko Banyak Teman Banyak Rejeki!

oke pakjokotrimsatas petunjukdan saran utk pelajaran kami amiiin

Memang pak Joko, tapi banyak juga alasan mereka untuk tidak atau belum joint, walau sudah didorong-dorong……. belum rejeki, sabarrrr.

Bravo untuk pak Joko !!!
walaupun saya barau aja gabung dan belum ngerti blass…(mohon bantuannya yaa…), tapi maksud dari pak Joko sangat bener banget…
tapi banyak dari pelaku marketing yang masih kesulitan dengan closing, nah…kira-kira cara apa yang mungkin dapat diterapkan oleh pemula marketing untuk dapat meningkatkan closing perfomance di depan calon prospek?

Pak Arydewa, tips meningkatkan closing seperti mempercepat follow up kepada prospek dengan menggunakan banyak saluran, baik email, SMS, dan telepon.

MAKSUTE YA OPO PAK DHE Q G TW

pak saya mau tanya nih….. saya kan udah bikin blog udah beres tinggal nambahin doank,yang mau saya tanyakan gimana cara menampilkan blog di google.sebelumnya saya ucapkan terima kasih….. mohon bantuanya ya pak

Closing itu adalah menutup sebelum memulai pak,aku dah tahu kok?

pak mbok q diajarin bikin blog aku jujur belum bisa babar blas. pleas deh oke!

bismillah . . . aku bisa!
go go go NATO !!!

Pak Djoko aq barusan download update forbis yang terbaru, mau nnya nie perubahannya ama forbis yang lama dimana yaah, kira-kira penambahannya yang mana?? Thanks Bos!

Para Putra Terbaik Bangsa…
sy kurniaddin dari Bali saat ini saya sedang membuat koperasi untuk para Networker tapi belum punya program, jika ada yang sedang liburan ke Bali mari kita bertemu dan membuat program secara offline…karena sebagai mahluk sosial alangkah lebih bijak jika berani juga main dengan manusia, karena apapun itu yang kita closing adalah manusia…dan hubungan baik akan lebih terjalin jika kita bisa bertatap muka…salam sukses untuk kita semua…kurniaddin HP 081916451809

bismillah,…
do’akan Q ya…

Maaf mas Joko.
Saya cuma ingin tanya gimana caranya login di formulabisnis.com lagi, soalnya username n passwordnya saya lupa dan tidak tersimpan.
Dulu saya ada kirim pake email : m4ul4n4_mg33@yahoo.com.
Kalo mas punya arsipnya, tolong dismskan lagi ya mas.
Tq.

karena saya masih baru jadi member di sini, jadi saya tak no coment dulu ach…. sambil belajar..hehehe…

saya berkecimpung dengan dunia arang kayu dan sedang mencoba arang batok juga, jadi bila ada yang berminat membutuhkanya, bisalah kita kerja sama

Salam hangat buat pak joko,sungguh sangat2 luar biasa,buat teman2 yg baru gabung tetap punya semangat pagi

Mas Joko ini selalu banyak ide dan strategi. Suatu saat nanti saya akan bahas strategi Mas Joko dalam blog saya. Bagaimana Mas Joko, boleh?

Mas Joko ini selalu banyak ide dan strategi. Suatu saat nanti saya akan ikut strategi Mas Joko . Bagaimana Mas Joko, boleh?

Ucapan terima Kasih buat Mas Joko yang telah membuka wawasan ke kehidupan yang lebih baik. suatu saat nanti saya akan ikut Jejak Langkah Mas Joko yang selalu bikin banyak ide dan strategi.Boleh atau tidak oleh Mas Joko, tetap saya ikuti jejak langkah Mas Joko semampu saya, Mohon Restu Mas Joko. Sekarang saya Sudah Menjadi Jutawan Mas Joko. hampir Tiap bulan saya mendapatkan Empat juta lebih dan menghabiskannya sebagai jutawan.

sepertinya pak joko sudah banyak belajar tentang marketing ya..???
apakah pak joko mantan mlm ?? hehe…

karena disana diajarkan teknik closing yg benar..

saya sendiri sebagai trainer suka memberikan strategi seperti itu..

yah,, meskipun banyak dari mereka yg mengatakan bagaimana caranya agar tidak ditolak..

sebenarnya ada cara yg pasti tidak akan ditolak oleh siapapun seperti yg pernah saya tulis dalam sebuah ebook.

akhirnya mereka yang telah membaca ebook tentang strateg dan tanpa penolakan mengerti betapa mudahnya ternyata menjual itu..

omong-omong bagaimana bisnis anda pak joko?
semoga dapat membantu masatyarakat indonesia.
dan yg penting dapat mencerdaskan bangsa agar masyarakat indonesia tidak mudah ditipu karena kurangnya pengetahuan. salahsatunya pengetahuan bisnis.

salam dari farhan
owner uangsuper.com

Buying Impulse Signal kuat….
Langsung aja ajukan pertanyaan yg mengarahkan konsumen ke penjualan (closing)…

“Jadi Bapak mau tanda jadi 5 juta atau 1 juta pak?”

Nice post Pak Joko…

pak joko yang baik, terimakasih banyak atas motivasi2nya, saya banyak mendapatkan manfaat dari solusi2 bapak,
saat ini saya sedang menjalani bisnis…..
dan bapak sudah ikut mensukseskan saya,
mudah2an ini menjadi amal yang tak terhingga dan mmenjadikan persaudaraan antara bapak dan saya

ajie vespa

Trima kasih sekali pak Joko, ini adl titik awal bagi hidup saya agar lebih hidup, semoga Tuhan memberkati semua usaha yang positif…Amin.

Maaf masih belajar memahami, jadi masih binggung, mohon saran dan bimbingannya pak ?
Suwun.
Gumbi
018326460743

Sesuai dengan permohonannya boleh saya bantu sedikit sedikit yang saya tahu, add saja ke ramadhani_f8x@yahoo.com

closing yg baik mungkin tidak pernah menyerah hingga ada penjualan dengan berbagai macam cara yg penting jangan menyerah dan jangan memperpendek silaturahmi

[...] mengetahui yang ada di pikiran pembeli, anda akan lebih mudah untuk mengclosing penjualan. Bila saja seseorang sama sekali tak berminat dengan produk anda, anda bisa belajar untuk [...]

Terima kasih motivasinya pak Joko…
Banyak relasi dan pergaulan mendatangkan manfaat yang besar ya pak ya…

Pak Joko emang Yahuud deh..!!!

Sungguhartikel yang benar – benar DAHSYATT

pokoknya siiip salam sukses buat semua didikan Bos Susilo

kalo udah kaya mampir kesini
tak kasih resep lagi memuaskan pasangan hidup
kan materi sudah di puaskan sama Bos Susilo
sekarang kebutuhan yang lain yang kita puaskan
he he he salam untuk semuanya aja
yang penting action kan gitu ya BOS SUSIL ya
Terimakasih BOS ATAS Semuanya

terima kasih mas atas infonya dan motivasinya mudah-mudahan bermanfaat

mas JOKO S makasih atas informasinya. saya harus segera action klo gitu

Mas Joko thanks banget ma topik2nya, banyak sekali yang sudah saya terima tapi saya ga tau harus dari mana mulainya, apa bener kalao kita gabung akan mendapat bimbingan nih kalo ada yang kurang di pahami, soalnya saya gaptek banget

Mas Joko saya perlu masukan, traffic ke web saya lumayan tapi orderan masih rendah, what wrong…masukannya saya butuhkan mas,terimakasih

Jawab survey dapat dollar.. Ga percaya..? Langsung daftar aj di http://www.AWSurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=duto
Baru jawab survei selamat datang udah dapat 6$, terus tiap survey dapat 1$-25$ lagi.. apa g asik tuhh..
Program ini bukan multilevel n no SCAM, just share your opinion.. Really really easy..
Selengkapnya di: http://www.masdoeto.blogspot.com, dapatkan juga info menarik lainnya..

okey pak Joko, saya setuju sekali, emang dengan clossing yang benar, pasti benar juga hasilnya, tapi gemana mau closing ya .. pak Joko karena yang nyamperin masih sepi, apa karena exen saya yang baru sedikit sekali mungkin ya. makasih p Joko Materinya.

[...] proses berikutnya berlanjut ke mengclosing penawaran. Ini salah satu proses penting. Pastikan dalam setiap proses personal selling yang anda lakukan, [...]

Salam Forbis mas Joko dan rekan semua,
memang suatu kepuasan tersendiri bila Closing terjadi, saya harus banyak belajar memahami situasi dan konsentrasi untuk melakukan Closing. Yang penting jangan emosi atau bad mood kalau tidak Closing jadi hubungan baik tetap terbina,mungkin suatu saat kedepan baru ada hasil ya.

Betul pa eko, jangan terbawa situasai dulu apalagi emosi :-) kita bisa merasakan bahwa yang namanya keramah tamahan itu memang indah untuk dirasakan.

selamat pagi bapak joko, semoga anda panjang umur bagi sy anda adalah pahlawan bisnis sy.sy bar baru belajar secara otodidakdiinternet ngetiknya sudah lupa sebab tidak pegang mesin tik selama lebih dari 12 th
y.i sejak pensiun diumur 56 th yl. tlg bangun bangsa ini dg semanagt 45 sy akan coba lagi bangununtuk belajar bisnis diinternet twerimakasih bapaksmoga tyme memberkati om shanti

Selamat pagi juga Pak IGP Rama. Kalau kata Pak Soelaiman, “Better Late Than Never” dan “Never Too Late to Get Yourself Improved”.

1. Pahami kebutuhan pelanggan.
Memahami kebutuhan pelanggan akan mempermudah proses klosing. Tekankan secara jelas mengapa produk atau jasa yang Anda tawarkan itu penting dan berguna bagi pelanggan, dan bahwa yang pelanggan melakukan INVESTASI dengan membeli produk atau jasa tersebut.

2. Pahami, rasakan dan terangkan manfaat utama produk/jasa.
Anda sebagai penjual, juga harus sepenuhnya memahami, telah merasakan, dan mampu menerangkan secara jelas tentang manfaat utama suatu produk dan/atau jasa yang Anda jual.

3. Berikan opsi cara pembelian.
Berikan 2 sd 3 opsi cara pembelian. Semakin mudah cara membeli suatu produk, semakin tinggi pula kemungkinan produk/jasa bisa terjual.

4. To the point: lakukan sales, jangan bertele-tele.
Jangan melantur ke hal-hal yang tidak berkaitan. Jual produk! Jika hal 1-2-3 di atas sudah dikerjakan, CLOSE THE SALE. Jika ternyata tidak berhasil: LANJUTKAN KE PELANGGAN LAIN – GO TO THE NEXT PROSPECT OR CUSTOMERS. Don’t WASTE YOUR TIME!

thanks Pak Joko,
respek saya bülan oktober menjelang 55thn ,studio yg saya miliki saat ini sangat sepi ,saya sudah banyak mengeluarkan uang untuk iklan,untuk sementara ini saya istirahat dirumah sambil membaca semua email dari bpk let see i hope i can make it, like the way how you teach me.

Sari Henzer

Thank’s to all mas Joko, saya sangat setuju. Semoga dapat meubah apa yang selama ini sy lakukan dan menjadi new action bagi diri saya di dunia marketing. Dan saya pun HARUS BISA!!! karena saya harus jadi orang kaya dan harus berbagi dengan sesama!!!!

[...] setiap marketer ditarget untuk mendatangi 10 rumah atau menemui 10 orang dalam satu jam dengan target closing minimal 30 [...]

Terjadinya penjualan seringkali karena sebelumnya kami menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan prospek yang jumlahnya harus banyak. Tidak jarang pula informasi adanya pihak yang memerlukan produk kita berasal dari pihak lain yang pernah kita bantu, dari teman yang pernah saya rekomendasikan misalnya.

Pengalaman saya sih kalo closing di bisnis online dengan bisnis offline sangat berbeda sekali justru lebih mudah closing di bisnis online karena kita tidak tatap muka dan bicara langsung yang bicara kan sales letter kita, kuncinya ya belajar aja tentang bagaimana membuat sales letter yang dahsyat dan mampu memberi kesan pada prospek kita.

saya rasa clossing memang ilmu yang harus dikuasai oleh internet marketing yang mulai menekuni bisnis internet.

hi..ha…mau saya praktekan jurus yang ini mas Joko…

Sip mas joko..

Saya langsung coba laksanakan deh.

Wah, keren sekali penjelasannya mas Joko, kebetulan ini bisa menambah skill menjual saya, meskipun saya bukan seorang sales..

Thanks infonya dan salam kenal

-Benny

untuk bisnis, pemahaman mengenai marketing sangat penting. sebab itu sangat menentukan maju tidaknya bisnis yang dijalankan.

Saya sangat sepakat dengan kutipan ini : ” closing pasti berhasil jika terjadi situasi menang-menang ”

DIJAMIN PASTI BERHASIL

Thanks Pak Joko atas artikel2 nya yang sungguh bermanfaat

win2 solution biar semua sama-sama senang gak ada yang dirugikan….

kita pasti bisa menjual dengan win-win sollution… nasehat yang bijak… thanks mas joko….

tips yang bagus sekali mas joko….

Regard

info yang sangat bermanfaat… Pak Joko Susilo emang ahli marketing….
Teman2 Silahkan kunjungi blog Saya yang masih newbie… silahkan di review habis-habisan….

Mohon bantuannya…
Thanks….

Terima kasih bapak atas penjelasannya,,, semoga saya dapat mencapai kesepakatan dengan klien saya nantinya..

khusus untuk marketer pemula, skill yang perlu dipelajri adalah kemampuan negosiasi dengan berbagai type dan level customer

[…] proses berikutnya berlanjut ke mengclosing penawaran. Ini salah satu proses penting. Pastikan dalam setiap proses personal selling yang anda lakukan, […]

[…] proses berikutnya berlanjut ke mengclosing penawaran. Ini salah satu proses penting. Pastikan dalam setiap proses personal selling yang anda lakukan, […]

Kami merasakan setiap Clossing adalah pemberian Allah SWT. Jadi berdoalah saja. Namun tetap strategi dan optimisme clossing harus jalan. jangan pasrah saja. ‘Kan usaha dulu.

mantap mas. Berusaha sekuat tenaga dan serahkan hasilnya pada ALLAh SWT

Clossing itu Seperti kita bermain bola. jeli menendang bola ke gawang. Bila tidak jeli dan tidak berkonsentrasi. Ya bisa gol bisa juga tidak.

terima kasih ilmunya pak joko, salam sukses selalu

terlepas dari ulasan keseluruhan, cukup menarik untuk mencermati tentang kalimat terakhir, yang menyatakan :
“Lalu bagaimana jika setelah anda berkali-kali usaha closing ternyata prospek tak kunjung melakukan seperti yang anda harapkan ? Tak mengapa. Karena marketer profesional bukan hanya bertujuan untuk meng-closing untuk penjualan semata, namun yang tak kalah penting adalah membangun hubungan baik.”

karena, jika dikaitkan dengan Topik Artikel diatas, rasanya tidak pas…

bagaimana bisa, topik berbicara mengenai “Closing yang Pasti Meningkatkan Penjualan” – lalu diakhiri dengan pernyataan “TANPA CLOSING TIDAK MENGAPA”

koq begitu ya ?

> mohon maaf jika saya salah mengartikan…

Mau dipandu langsung Mas?

@Kriwil: Mau lebih yakin menentukan sikap mas?,
silakan baca Artikel ini. semoga bisa memecahkan masalah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>