5 Tipe Pembeli di Internet yang Perlu Anda Tahu

Sebagai pemilik suatu bisnis internet, tentu anda perlu tahu keinginan, kebutuhan, dan sifat pembeli produk anda. Sebab dengan demikian anda bisa merancang website serta sistem penjualan yang paling cocok dengan karakter mereka.

Betul memang setiap pembeli itu unik. Karakteristiknya bisa berbeda-beda. Namun biar lebih mudah dipahami, mari kita golongkan pembeli tersebut ke dalam jenis atau tipe pembeli seperti di bawah ini.

Silakan disimak.

  • Tipe Pembeli Teliti
    Pembeli jenis ini akan meneliti secara detail produk yang akan dibelinya. Dia akan bertanya berapa ukurannya, atau jika berupa jasa berapa lama penyelesaiannya, dan sebagainya. Intinya, pembeli jenis ini ingin tahu secara detail sebelum memutuskan membeli. Karena itu sangat baik jika anda pasang secara detail informasi produk anda. Adanya FAQ (frequently Asked Question) juga sangat membantu pembeli tipe ini.
  • Tipe Pembeli Buru-Buru
    Kalau pembeli jenis ini biasanya sifatnya tidak sabaran. Cenderung terburu-buru kadang tanpa jelas benar apa yang diinginkannya. Aspek penilaian yang dijadikan pedoman sebelum membeli biasanya produk yang mudah dia lihat atau produk yang paling banyak pembelinya. Bisa juga produk-produk yang baru keluar karena biasanya produk ini diletakkan lebih mencolok dibanding yang lain. Untuk memenuhi karakter pembeli seperti ini, pastikan produk unggulan anda terpampang jelas saat website anda diakses. Lebih baik juga jika anda sebagai penjual bertanya terlebih dahulu untuk memastikan produk yang akan dibelinya memang yang dibutuhkannya.
  • Tipe Pembeli Peminta Masukan
    Sebelum memutuskan membeli, pembeli jenis ini akan terlebih dahulu meminta pendapat orang lain. Bisa dengan meminta pandangan orang-orang di sekelilingnya atau dengan membaca review atau tulisan orang mengenai produk anda. Pembeli tipe ini mudah bersikap ragu bila ada kecaman mengenai produk anda, sekalipun mungkin itu belum tentu benar.
    Bagian web paling favorit dari pembeli jenis ini terletak pada bagian testimoni. Karena itu jangan sampai anda tidak memiliki halaman tersebut.
  • Tipe Pembeli Hati-Hati
    Tipe pembeli ini mengambil membeli secara hati-hati. Mereka punya banyak pertimbangan sebelum akhirnya benar-benar merasa yakin dengan produk yang dibelinya. Pembeli ini akan memeriksa setiap aspek dari produk sesuai pertimbangan dalam benaknya. Bagian kategori produk biasanya cukup sering menjadi sasaran pembeli jenis ini. Sebab mereka suka melihat-lihat terlebih dahulu sebelum membeli produk yang diinginkannya.
  • Tipe Pembeli Pembanding
    Pembeli jenis ini suka membanding-bandingkan produk anda dengan produk orang lain. Baik dari segi harga, fitur, serta kelebihan yang dimilikinya. Bila produk lain ada yang dipikirnya lebih baik, tidak segan dia akan pindah ke toko sebelah. Karena itu sebagai penjual pastikan halaman penjualan anda tidak kalah dibanding penjual lainnya.

Ada banyak kan tipe pembeli? Sebaiknya pula segenap aspek bisnis online anda bisa menjembatani tipe-tipe pembeli di atas. Kecuali jika memang ada segmen tertentu yang anda pilih, tentu saja anda harus lebih memperioritaskan segmen incaran anda.

Masih ada kaitannya dengan jenis-jenis pembeli di internet ini, pernah saya katakan juga dalam posting di sini, kalau era personalisasi menjadi bagian penting perkembangan wajah web di era mendatang.

Semoga bermanfaat dan salam ACTION!

247 Comments. Leave new

Memang akan banyak sekali pertimbangan yang harus kita persiapkan dalam situs web kita dengan berbeda-bedanya karakter pembeli.

Dengan mengetahui type pembeli, kita bisa rancang model website kita..

Info yang sangat bermanfaat Pak Joko.

Dengan mengetahui karakteristik calon klien/customer maka bisa kita jadikan pertimbangan dalam memilih sistem penjualan, pricing, konten sales copy, dsb.

Makin jitu kita melakukan assessment maka hasilnya makin dahsyat :)

tq, pak joko..
dengan mengetahui tipe pembeli, saya akan mengubah strategi agar toko onlineku lebih banyak lagi costumernya..

tips herbalnya mantap mas.. sudah berkunjung ke rumahnya nih…

I’d have to check with you here. Which is not something I usually do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

Dengan mengetahui jenis pembeli yang akan menggunakan uang nya di website kita, akan meningkatkan penjualan kita. Dengan mengenali karakteristik pembeli, seorang penjual bisa menawarkan berbagai fasilitas yang disediakan.

Ditambah dengan pemberian bonus sebelum pembelian, cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan barang yang kita lakukan.

Salut untuk pak joko. Sukses Selalu.

teliti membeli maksudnya harus lebih banyak tahu, mungkin dg bertanya terlebih dahulu sebelum kemudian memutuskan utk membeli

Setiap diri kita sudah pasti menjadi pembeli.

triknya berguna banget, jadi sy bisa mengembangan bisnis online sy menjadi lebih baik, trims tipsnya pak, tp ada pembeli yg asal tanya aja tp tdk beli**, ujung2nya nawarin dagangan ^^

teliti sebelum membeli tetap berlaku di manapun

termasuk membeli via internet

mutu pelayanan menjadi hal yang wajib

apalagi kalo ada jaminan garansi

nah itu yang dimaksud

pelayanan yang baik dan garansi yang terjamin, ya Mas?

bagus sekali lmn ini

sip buat toko komputer online, saya tunggu info menarik yang lainnya.

sip buat ak Joko, saya tunggu info menarik yang lainnya.

yang terpenting adalah semangat memberikan pelayanan yang baik, Insya Allah akan laris manis

tapi ada satu hal yang belum dibahas, gimana klo ada pembeli yang rewel

Ternyata kalau mau baik dan bisa bertemu dan berelasi bisnis dengan banyak orang, banyak pihak maka membutuhkan pengetahuan dan seni tersendiri jika mau mencapai hasil / sukses.

Wah artikel yang bagus sekali Pak, saya merasa terbantu dengan isi artikel tersebut terkait dengan toko online saya.
Terima kasih.

Betul juga, dengan tahu karakter pembeli, kita jadi lebih fokus memeperbaiki produk kita

Karakter pembeli membuat kita kreatif mencipta produk & desain web..

Betul mas, saya setuju sekali. bahkan saya sudah pernah menghadapi ke lima tipe pembeli tersebut dalam perjalanan bisnis jasa saya.

Hehe… selain kita melihat konsumen seperti itu, kita tanya pada diri kita sendiri, tipe apakah kita?

Hehe…

Posting berikutnya, Bahas tentang tipe penjual, Pak.

Oia, makasih atas info2nya

Informasi yang cukup menarik. Terima kasih sharingnya.

Kalo tipe terburu-buru, yah bisa nyesel di kemudian, makanya sebelum transaksi benar-benar harus difikir banyak tentang manfaat apa yang akan Anda peroleh dari produk yang akan anda beli?

Kita semua tentu pernah menjadi pembeli. Termasuk type pembeli yang manakah anda?

Saya Mungkin Termasuk yang Peminta masukan atau pembanding he.. he..

Ternyata Pembeli juga punya tipe-tipe nya ???

betul. bukan saja di offline, di online juga. karena itu sebagai pebisnis kita wajib mengenali dan memahami siapa konsumen anda.

ya, apalagi kalo ada respons konsumen yang sedang berminat

ilmu yang menarik pak joko
konsumen memang beragam karakter, saya juga pernah mengalami hal serupa, memang harus sabar menghadapi calon pembeli, karena kita harus memperlakukan mereka seperti raja

mengenal tipe pembeli akan memudahkan kita dalam menerapkan jurus2 marketing… jadi kenali dulu konsumen anda….

Tambah lengkap, Pak Joko.. Thanks..

bukan hanya kenali konsumen saja mas.. tapi kuasai produk untuk konsumen itu penting…!

Mungkin artikel pak Joko ini bagus juga untuk bahan membuat preselling dalam mereview suatu produk
dan semua jenis karakter konsumen yang ada disini memang harus di pelajari. Agar mereka ngga pasang tameng

LEWI EDISON BARUS
October 23, 2010 7:08 pmReply

tambah lagi ni ilmuya..
maksih ya pak Joko..

iya nih.. lumayan nambah ilmu :D :D :D

Wah..setuju pak ,tipe pembeli di internet berbeda-beda, seperti yang telah bapak share, mungkin dengan sedikit demi sedikit mengetahui psikologi para pembeli akan dapat menghasilkan penjualan yang tertarget. thanks Mr..ilmunya.

Jadi pada intinya, para pembeli ini sedang mencari manfaat apa saja yang akan mereka dapat dari produk kita. (Bener nggak yah?)

Tanya: bagaimanakah cara mentracking jenis-jenis pembeli tersebut? Apakah ada alatnya Pak?

Thanks b4

Itu kan khusus untuk yang online shop ya..
Klo tips untuk mlm online itu gimana ya?..
Soalnya kan pasti beda jauh..

Terimakasih

saya pikir sama sj mas penerpannya semua kan butuh proses jd SABAR yg ternpenting

Wooooow hebatttt pak joko. gmn untuk bisnis MLM??? numpank nanya gmn caranya bikin blog pak….???? hehhhheh mkasih pak.

untuk blog gratis di blogspot misalnya bisa baca di sini dan untuk membuat blog sukses spektakuler miliki rumusan rahasia blogging.

perlu dijelaskan marketing plannya

Tipe pembeli buru-buru kayaknya yang bayak di cari orang ya pak.. Hehehe.. Tanpa perlu ba bi bu.. bisa cepet meng-closing penjualan..LOL

kok ngak masuk ya tipe pembeli penawar atau pembeli yang selalu minta discount ya

tipe saya banget itu mas,hehehe….

Betul sekali Pak Joko, ketika kita melihat pembeli yang akan dikunsumsi sendiri. Menurut saya konsumen pada dasarnya ada dua jenis konsumen langsung seperti yang dijelaskan di atas, dan konsumen tak langsung yaitu pembeli yang cukup mempertimbangkan margin pembeliannya dengan apabila produk itu dijual lagi. Rasanya sudah menjadi trend (mungkin sudah ada yang melakukan riset)tipe pembeli yang kecuali dikonsumsi sendiri mereka juga ikut menjual.

Baik pembeli yang untu konsumsi sendiri maupun beli untuk dijual lagi sepertinya sama saja, karena hal itu akan berpulang kembali ke tabiat/pribadi masing-masing.

wah…Bagus ini tipe pembeli.
Lanjut deh, nanti saya menyusul dari sini.
Tipe pembeli yang mana paling menarik ya..

tipe pembeli pada poin kedua mas yang paling menarik,hehehe…..

maaf saya baru lihat blog anda n sekedar mau kasi masukan

1. desain content blog anda berantakan
2. pengambilan warna ga tepat karena warna biru dan coklat bikin mata agak pusing
3. alexa pagerank anda blm teridentifikasi n sama skali blm terindex d google,yahoo,msn,bing

Thanks utk infonya….bener sekali itu mas…

Dari kelima tipe diatas, saya termasuk ke empat tipe selain tipe pembeli buru-buru….

Nambah Ilmu lgi nih .. maksih

Konsumen adalah raja .. Sabar aja

Sepertinya sudah pengalaman nih..

Terima kasih atas ilmunya, pak.

wah..tambah lagi ilmu baru untuk para reseller

artikel yang bagus mas

Biar bisnis online ataupun bisnis offline, mengenali tipe pembeli tetap perlu ya pak joko…..

Wah.,jadi masukan bagus nih,tambah pengetahuanku di sini,trimakasih pak..

he..he..kayanya jika sebagai pembeli,saya termasuk tipe ke lima-limanya dech…tapi menurut saya wajar,karena namanya beli produk di internet(tidak langsung) kan tidak seperti beli secara langsung(offline)yg bisa kita lihat dan pilih barangnya,ok…

Terimakasih atas pencerahannya, Pak Comandan

Tapi di dunia offline juga sama lho, ada type-type pembeli seperti itu…

makasih untuk tipsnya pak Joko… :-)

Terima kasih atas ilmunya, pak.
bener sekali..

banyak juga ya tipe pembeli…. :-)

Masih ada lagi Mas type yang lain, yaitu gabungan dari beberapa type di atas.

ya..ya..ya..mengetahui karakter /tipe pembeli shg kita mdh menyampaikan maksud yg ingin kita tawarkan..rrruuaar..biasa :)

Ada yang sangat baik, ada yang tidak baik, ada yang penurut, ada yang penuntut.
Ada yang mau memberikan harga lebih ada juga yang minta diskon tidak jadi.
Asyik juga berhubungan dengan berbagai macam tipe pembeli.

mantaf bozz….ilmunya bermanfaat

Bagus nih infonya.
Dengan info ini kita jadi bisa berusaha merancang web yg sesuai dengan kelima pembeli tersebut.

siiippp lah pokoknya mantap bro teruskan perjuanganmu pak joko …?

Jika tidak termasuk kedalam tipe pembeli yang ada diatas berarti Anda termasuk tipe penjual :)

makasih pak infonya….salam sukses pak!

terima kasih pak joko Artikel ini sangat membantu…..!!!

Bener banget Mas. Info manfaat untuk dasar penyaringan penjualan (Sales Funnel). Yang penting pembeli bisa dapat manfaat dari produk/jasa yang dibeli. Thank you banget Mas Joko…

Wah… terimakasih ilmunya semakin semangat…:)

Nice info pak ….terimkasih..

Trims infonya. Susahnya klo ada tipe pembel teliti. minta ini itu untuk meyakinkan. sampai minta copy KTP segala. Wajar membeli di dunia maya, kawatir klo ketipu.

Justru kalau yang teliti lebih enak mas, jadi sebelum deal sudah jelas di awal, jadi ketika ada sesuatu nantinya tidak repot, tinggal menceritakan dan memberikan hasil pembicaraan sebelum deal.

Info yang bermanfaat…makasih Pak.

Memang benar type-type pembeli di atas sering kita jumpai. Namun mungkin masih ada type-type pembeli lainnya, misalnya gabungan dari beberapa type di atas akan anda jumpai juga baik di dunia online maupun offline.

Menurut saya seseorang juga bisa berubah-ubah, misalnya yang semula dari type pembeli buru-buru berubah menjadi type pembeli yang berhati-hati. Hal ini bisa terjadi karena pengalaman yang pernah ia alami setelah melakukan transaksi-transaksi jual beli sebelumnya.

Sebagai pembeli kadang-kadang inginnya buru-buru, tetapi kadang-kadang perlu masukan-masukan termasuk dari si penjual, tetapi kadang-kadang juga hati-hati… Berarti ini termasuk type gabungan kali ya???

sebuah ilmu yg sangat bermanfaat,tinggal kita saja,kita termasuk type yg kaya gimana..mksih informasinya Mas joko…sukses sellalu ya…???

@printers:kalo saya tipe pembeli pada poin nomor 3

info yang menarik, jadi tau ni karakter seorang pembeli!

Memang benar pak, itulah ciri-ciri MANUSIA.

beda orang beda karakter

ada juga yang tipenya gabungan ya

bener banget mas joko,
semua tipe ada dalam daftar pembeli software saya
saya jadi pintar meneglola kustomer saya.

Usaha fotografi saya sering menemui klien yang suka mangkir pada saat pelunasan pembayaran jasa. Bagaimana kiat untuk menghadapi klien yang seperti ini? Terima kasih pak Joko.

kalau bisa untuk tipe pelanggan semacam itu minta untuk pembayaran di muka atau bila tidak minimal separuhnya.

Betul mas apa yang dikatakan mas joko, rasanya harus minimal ada DP, apalagi kalau tidak salah fotografi termasuk ada jasa nya jadi DP sudah bisa minimal untung sedikit atau setidak nya sudah balik modal, selebih nya bayar untuk jasa nya :)

berbeda dengan yang murni full jualan dalam bentuk barang.

pengamanan pendapatan (revenue protection) merupakan hal penting dalam bisnis. jangan sampai usaha tutup karena cahsflow macet. karena itu di beberapa gerai makanan cepat saji habis pesan langsung bayar :)

Topppp dehhhhh…………jadi tau macam2 karakter pembeli

Ilmu karakter penting juga dipelajari,utk tahu langkah yang akan diambil

taupun kia karaker pembelinya kl barangnya ga bermanfaat sma dia sama aja ga laku barang na

Bener-bener diambil dari pengalaman pribadi ya pak Joko..
Terima kasih tips nya, ini sangat berguna bagi internet marketer lainnya..

pada mulanya saya juga tipe pembeli buru buru, tapi lama kelamaan dengan mucnulnya berbagai produk informasi saat ini sudah pindah tipe menjadi yang hati hati dan teliti..

Berarti sebelum memutuskan untuk membuat dan menjual produk di internet, kita harus tahu dulu karakter dan psikologis calon pembeli kita. Ini bisa disebut Psikologis marketing (ini cuman istilah saya pak joko). Thank’s atas ilmunya

betul. dalam marketing juga ditekankan mengenai hal tersebut. mengenali konsumen dengan baik akan membantu kita melayani mereka dengan baik.

Cara mengenali calon konsumen sebaiknya seperti kalau kita menjual kepada seseorang yang sifatnya lebih personal. Itu saya rasa bisa kalo tatap muka langsung. Entah kalo via internet mungkin lewat chating ya ?! Dengan begitu kita akan tahu apa yang menjadi kendala calon konsumen, mengapa tidak langsung beli…

untuk itu selalu tingkatkan juga kualitas dari interactive communication yang salah satunya lewat chatting

Artikel menarik. Saya sendiri sudah ketemu dengan type-type pembeli yang Mas Joko sebutkan. Yang paling saya sukai type pembeli teliti, jarang komplain dibelakang hari.

Untuk para pemula yang pingen beli produk, sebaiknya anda teliti dulu siapa pembuatnya, bandingkan, cari informasi seputar produk, jangan lupa lihat testimoni dari para pengguna yang udah duluan membeli.

Saya usul ditambah satu type : Type Pebisnis.
Dia membeli untuk dapat profit. Pembeli jenis ini cenderung teliti dan menguntungkan.

Makasaih Mas Artikelnya.
Salam Action.

Betul Mas Joko!
Saya sendiri sudah pernah ketemu dengan tipe-tipe pembeli yang Mas Joko sebutkan. Dan yang paling saya suka adalah tipe Pebeli Teliti, karena jarang komplain dibelakang hari.

Bagi pemula yang ingin beli produk, teliti dulu, cari info seputar produk, bandingkan, jangan lupa lihat testimoni orang-orang yang udah duluan beli produknya.

Usul Mas,… ditambah satu tipe lagi.
6. Pembeli Pebisnis, dia membeli untuk dapat profit, dia cenderung teliti dan suka memberi masukan positif.

Good Mas. Untuk para pemula yang mau beli produk lebih baik teliti dulu terus bandingkan dan jangan lupa lihat testimoni orang yang udah duluan pakai produk yang akan anda beli.
Usul ditambah Tipe Pebisnis, beli untuk dapat profit…

makasih artikelnya. sangat bermanfaat….

makasih artikelnya, sangat bermanfaat

ilmu yang bagus jadi saya tahu tipe-tipe pembeli yang ada trims Pak Joko

Betul pak, saya sependapat. Sebagai makelar atau pemilik produk, senantiasa harus riset pasar dan fokus. he

Setuju pak, bagi pemilik produk, teliti pasar alias riset dulu

Tipe2 pembeli yang disebutkan Pak Joko benar ada dimasyarakat, untuk mendapatkan pembeli atau pelanggan perlu bekerja bersama-sama dengan bantuan Downline, saya kemarin baca klik dikeuntungan bekerja dengan bantuan downline, saya berminat, karena ada gangguan cuaca peter laptop saya, saya matikan dan saya buka laptop kembali lupa tempat memesan downline, tolong Pak Joko dimana saya, dapat memesan downline.

trim pak joko atas infonya. semoga tambah jaya aza…
Salam Hangat,

sangat bermanfaat sekali infonya Pak, bisa dijadikan bahan pertimbangan buat para pebisnis di internet. makasih,
salam :D

terima kasih Pak Joko atas panduannya. semoga ini bisa dijadikan bahan pertimbangan,
salam sukses.

terimakasih ilmunya mas Joko.
langsung action now.
selalu d’tunggu ilmu laennya.

kelima tipe pembeli itu bener sekali sering dijumpai ditempat tempat orang yang berbisnis \ penjual di pasar maupun di toko2, n termasuk di internet tapi kalo saya bleh menambahkan ada berapa tipe pembeli lagi yaitu pembeli plin-plan n pembeli sok tahu, yaitu pembeli yang bingung n gk tahu apa yang harus di beli,n tipe seperti ini yang lebih banyak waktu lama sekali,dan pembeli sok tahu termasuk juga pembeli buru2 tapi kesanya di merasa banyak tahu tentang produk itu padahal jika orang bertanya sama tipe itu dia tidak bisa menjelaskan .maaf ya pak coment’a byk sekali,karena tipe tambahan itu termasuk pengalaman saya pribadi hehehehe

Benar, walaupun ‘plin-plan’ kalo punya duit bisa clousing asal kita ngga pernah capek melakukan pendekatan
Tapi kalo ‘sok tahu’ plus berpikir negatif…kalo saya mendingan angkat tangan, lalu cari orang lain yang lebih membutuhkan. Kalo ini menurut saya, kalau menurut orang lain saya ngga tahu :)

sharing yang bagus mas. :)

terimakasih juga atas tambahannya :)

Terkadang tipe para pembeli itu juga bisa berubah tergantung dari banyak faktor, misalnya dari segi siapa yang menjual,lalu apa barang yang akan dibeli,dll

sharing yang bagus mas. :)

iya.. saya juga sebagai penjual toko online merasakan seperti itu :D

kalau saya kebanyakan tipe pembeli ke dua..

Apapun tipe PEMBELINYA, adalah tugas kita sebagai netprenure untuk menjual produk ke semua tipe tersebut……

Kelima type memang butuh kejelian trims infonya pak.

Anda betul-betul luar biasa!
Anda capek-capek menghidupkan komputer/laptop,konek ke internet, lalu buka blog Joko Susilo hanya untuk menjelek-jelekkan produk SMUO.
Ayolah kawan! Waktu anda terbuang sia-sia dengan melakukan hal tidak berguna seperti itu!
Jika saja waktu anda digunakan untuk hal-hal yang lebih produktif, saya yakin anda juga bisa berpenghasilan dari internet seperti teman-teman lainnya disini.

Betul pak, jelek2kin gak ada gunanya…

wah ini sepertinya sang Master Joko susilo pura2 komentar aneh, tapi ngga masalah… biar tambah rame, dan semakin seru. (kalo saya pura2 jadi penonton aja) ;D

Betul….betul…betul.
Pastinya tugas penjual adalah menjual barang/jasa yang berkualitas,jujur dan memberikan pelayanan yang terbaik. InsyaAllah, mau apapun tipe pembelinya akan berminat membeli produk kita

ternyata pembeli pny spesifik sendiri2 ya? kayak dunia offline aja ya

klo udah tahu gini.. berarti skil kita dalam menjual harus di tingkatkan nih pak.. :D

pasti. di dunia yang makin kompetitif seperti sekarang, skill marketing sangat penting. dalam sebuah kesempatan Pak Hermawan Kertajaya pernah bilang, di tahun 1990-an belum ada perusahaan di Indonesia yang perhatian dengan marketing. sehingga waktu itu ketika beliau memutuskan untuk membuat konsultan marketing, banyak yang mencibir. namun sekarang… :)
skill marketing bukan hanya penting untuk menjual produk atau jasa, namun juga penting bagaimana menjual diri anda. misal bagi pencari kerja bagaimana agar justru diburu oleh perusahaan, bagi yang baru datang ke suatu daerah bagaimana agar diterima baik oleh warga setempat, dst. karena itu sekarang marketing sangat penting untuk dipelajari dan di-ACTION-kan :)

Yang penting semangat saja untuk tetap berpromosi dan dapat pembeli yang bener-bener beli

memank,, pembeli itu harus teliti.. agar tidak tertipu… apalagi di dunia maya…
produk yg di tawarkan bagus kayaknya, pas di beli, ternyata biasa saja.. nothing special… hehehe… :-D

tengkiyu atas ilmunya mas…

Dengan memahami keinginan pembeli kita bisa berinstropeksi terhadap produk kita, dgn harapan kita bisa memenuhi kebutuhan pelanggan kita.
Mantab articlenya P.Joko!

Yang enak itu cari pasar buat para pelajar, kebanyakan dari mereka tipe buru-buru. Apapun barangnya yg penting menarik, langsung order deh!

pengalaman sendiri ya mas :)

anak sekolah sekarang kritis-kritis koq klo mau beli

Waw benar2 mantap,benar2 teliti dan benar2 mendetail. Dgn demikian kita bisa mempersiapkan diri dan membidik target pembeli yg akan benar2 membeli produk bisnis kita. Benar2 luar biasa

Terima kasih atas infonya pak.. :)

Kualitas pelayanan yang baik harus bisa meng”cover semua” tipe pembeli.

Berdasarkan artikel pak Joko diatas, berarti lebih baik kita menggabungkan semuanya.
Bagaimana menurut teman-teman ?

minimal kita tahu ciri2 orang seperti inilah yang akan kita hadapi. so, jangan lari setiap mendapatkan tantangan baru dari para calon pembeli. Bagaimanapun juga itu adalah ilmu

kalau kata teman saya, semakin besar tantangannya semakin besar pembelajaran dan hasil yang didapat.

Yup btul smakin qt tau karakter pembeli smakin kita dpt memahami, dan menjadkn informasi untk menjual produk qt, slm kenal ms..

artikel yang bermanfaat pak joko, bisa jadi bahan riset dulu sebelum melemparkan produk ^_^

..saya sependapat. ..type-type pembeli..di pasar Online yang bapak terangkan diatas..kita sebagai pelakuk bisnis Online..harus lebih memperhatikan..terima kasih..

Dengan mengetahui type pembeli, kita bisa rancang model website kita…

Wah jadi tambah semangat promosi…

Terima kasih informasinya, saatnya untuk di aplikasikan..

saya fikir yang paling tepat adalah tipe pembeli buru-buru.

yang paling senang tentu si penjualnya ya?

Makin jitu kita melakukan assessment maka hasilnya makin dah

dengan tahu karakter pembeli, kita jadi lebih fokus

Kalau yang taruma termasuk ke tipe mana Mas Joko, walaupun akhir nya beli juga :)

mau jadi penjual ya harus tahu karakter pembeli

kalau pembeli beracun masuk tipe mana?

Pembeli yang beracun mungkin termasuk pembeli yg ingin menjual lagi secara ilegal ato mau meniru & memalsu produk kita kali ya…!!
(Pembeli dengan niat jahat)

Wah, ilmu yg berguna. sudah saya praktekkan, jadi lebih sabar menghadapi customer

Yang memang begitulah konsumen, yang penting kita menjual dengan jujur barang apa adanya, bukan dipoles dengan kata-kata yang tidak sesuai dengan kenyataannya. betul dak???.Ingat pedangang yang jujur akan menjadi penghuni sorga. salam sukses semua

Informasi yang insya Allah bermanfaat… Thx.

Sepertinya, “Tipe Pembeli Buru-Buru” itu tambah dikit ya Pak? Saya yakin, sudah kian banyak pembeli yang cerdas… Jadi, sebaiknya hati-hati dalam memasarkan produk…

ternyata banyak sekali karakter pembeli yang beda2

Tipe Pembeli Teliti adalah calon pelanggan setia, karena tipe ini selalu mencari manfaat dari apa yang mereka beli.

Trmksh Pak Joko…

Good Artikel…. smg menjadi wawasan yg bermanfaat

Sepertinya harus langsung action nih, biar jualannya ramean dikit.
Thank U :-)

ada lagi tipe yang lainnya pak yaitu tipe perampok… setelah produk didapat lalu mereka minta refund karena katanya nggak puas… padahal produknya bagus… ini yg nggak bagus nih :(

sepertinya ini hasil pengalaman langsung juga ya?

Salam sukses terus Pak Joko!….

ada juga pembeli sifatnya kayak wartawan CNN (cuma nanya nanya). Lumayan ada yang nanya.

berdasar pengalaman sendiri nih sepertinya :)

itulah pentingnya membangun eksisbility dan membangun kepercayan konsumen sebelum kita menawarkan produk menurut saya yang disebutkan diatas merupakan sifat dasar manusia selalu hati2 dan ingin selalu mendapatkan yang terbaik ,tugas kita sebagai pemilik produk untuk membuktikan dan membangun kepecayaan bahwa produk kita memang berkualitas bukan menjual kucing dalam karung …

masukan yang sangat bergizi,, dengan barang yang berkualitas dan unik akan menjaring semua tipe pembeli

saya termasuk tipe pembeli hat-hati Pak Joko

Makasaih Mas Artikelnya.
Salam Action.

mana dulu ya
kira2? he3

Artikel yang bapak buat, selalu membuat kami ingin belajar terus. Salam Action pak joko.

Makasih p Joko, salam sukses selalu

ada yg bilang pembeli adalah raja, so mungkin kita harus lebih bersabar mengahadapi mereka

Setiap manusia sudah pasti menjadi pembeli. Cuma bingung mengkategorikan/masuk dalam tipe pembeli yang mana.

Mantab banget Infonya Dari Pak Joko Susilo??untuk semuannya jangan lupa mampir di website saya yaa??termasuk pak joko juga. saya hanyalah seorang pelajar yang ingin sukses seperti pak joko. dan saya ingin banget bekerja sama dengan pak joko susilo. agar nantinya saya bisa mendapatkan hasil yang melimpah. bisa untuk bantu kedua orang tua saya dan membayar uang sekolah dan kuliah nantinya..
kunjungi segera di http://www.coverebookpro.com
Salam Sukses Untuk Semuannya..
TAKE ACTIONS

wah perlu belajar bayak nih tentang tipe pembeli

memang banyak sekali tipe tipe pembeli yang sngat kita perhatikan

harus pinter baca karakter pelanggan dan mampu kasih solusi dengan cara yg sesuai dengan karakter pelangggan…thank you pak joko…

sharing nya bagus banget, bermanfaat bagi saya yang sedang membangun toko online, thanks mas

Numpang ya mas…pengen belajar juga neh. Ma kasih

Sukses ya pak

Topik yang menarik… Thank you for the great information. I look forward to seeing more articles and what else you have to offer!

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

ini tips sangat membantu saya dalam internet marketing ,terima kasih

info menarik…. akhirnya kita bisa bersabar dan tahu karakteristik dari pembeli kita …. smoga tambah sukses bos.

Kalau membaca penjelasan Pak Joko, tipe pembeli di internet sepertinya sama saja dengan pembeli biasa (offline). Artinya, yang saya pahami, skill yang dimiliki oleh penjual konvensional (offline) juga harus dimiliki oleh penjual online. Ada pendapat berbeda?

tengkiyu atas ilmunya mas…

kereenn nich infonya…. Thanks… sangat menarikk…

memang betul pak,pembeli itu beda-beda karakter….
thanks infonya pak

ya setuju banget.
infonya bagus-bagus nih. bikin betah bacainya.

Tipe pembeli buru-buru kayaknya yang bayak di cari orang ya pak.. Hehehe.. Tanpa perlu ba bi bu.. bisa cepet meng-closing penjualan, gkgkgkgkgk

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

wah,. nice artikel untuk saya yang baru mulai bisnis online,. ^^

Ilmu yang cemerlang harus dicoba,ditungggu Artikel selanjuhtnya, salam sukses

Artikel dan Info yang cemerlang, boleh dicoba, salam sukses

tipsnya mantap pak. salam action untuk semuanya.

terima kasih tipsnya pak. salam sukses buat semuanya.

Setelah saya membaca Artikel dan Info, Pasti saya bilang Amazing,boleh dicoba. semoga sukses

Terima Kasih untuk Tips dan Artikelnya. semoga sukses

Setelah Membaca Artikel dan Info yang cemerlang. boleh dicoba salam sukses

Tulisan Artikel menarik juga, harus dicoba semoga sukses

Setiap saya membaca Artikel dan Info, pasti saya bilang Amazing Artikel ditunggu Artikel dan Info berikutnya,

Postingan yang sangat cemerlang . boleh dicoba

saya senang setelah baca Artikel dan Info dari wibesie ini, Amazing ,,
sukses selau

tipe pembeli loyal tajir

Pembeli yang sangat hati-hati yang susah untuk melakukan transaksi. apalagi sekarang marak penipuan di internet sampai penculikan melalui internet

masih banyak penipuan bisnis online membuat para calon konsumen ragu

[...] memahami hal ini anda bisa menargetkan pembeli potensial. Karena, anda bisa tahu apa yang akan dilakukan pembeli sebelum memutuskan membeli suatu [...]

Memang tipe2 pembeli ini jadi acuan untuk para penjual yg akan jualan di online shop.

bisa jadi acuan juga untuk jualan di kaskus, jualan di blackberry, atau jualan di facebook.

Mantap infonya!
Tapi apa gunaya kita tahu itu, jika belum ada produk buat yang beli?

jadi kesemuanya harus terakomodir di web kita ya …

Mengetahui jenis pembeli begitu penting ya Pak..

Yang paling repot bila kita mendapatkan tipe pembelu yang selalu membandingkan…

Kalo tipe pembeli yang suka komentar negatif kira-kira masuk yang mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>