Bagaimana Cara Memulai Wirausaha agar Sukses

mulai wirausahaSaat ini banyak orang terpikir untuk memulai usaha sendiri. Tak aneh memang, di saat lapangan kerja yang makin sulit, atau kalaupun telah bekerja namun penghasilan masih belum mencukupi kehidupan sehari-hari. Atau kalaupun sudah mencukupi, tapi waktu untuk keluarga justru tak ada. Maka, memulai usaha sendiri menjadi pilihan untuk mengubah kondisi itu.

Akan tetapi masih banyak juga yang tak kunjung mau ACTION memulai wirausaha. Mengapa? Konon, ada banyak hambatannya. Yang bila kita tanya pada orang yang belum memulainya, banyaknya hambatan tersebut bisa dari A sampai Z.

Ok… saya paham, tiap orang itu unik. Tiap orang punya kondisinya masing-masing yang tak bisa disamaratakan. Namun, secara umum, orang yang tak kunjung mencoba wirausaha, biasanya alasannya karena di bawah ini.

  1. Modal. Sering orang yang berniat memulai usaha, modal menjadi kambing hitam. Modal di sini diidentikkan dengan uang. Karena tak memiliki modal uang yang mencukupi, maka tak kunjung mulai usaha.
    Ya, saya tahu modal uang itu penting. Tapi ada banyak modal lain yang saya kira juga tak kalah penting seperti jaringan atau bahkan diri anda sendiri. Kejujuran, ketekunan dan sikap pantang menyerah yang anda miliki adalah modal besar untuk sukses berwirausaha.
    Banyak cerita juga bagaimana banyak wirausahawan sukses lahir bukan karena berlimpah-ruahnya modal uang, tapi modal sosial atau modal yang ada dalam dirinya.
    Kalau yang mau memulai usaha online, bisa dicoba bisnis afiliasi, seperti afiliasi Mr Action Club dan Aset Virtual contohnya. Ini usaha yang tanpa modal uang. Tinggal promosi dan hasilkan komisi.
  2. Tak tahu bagaimana cara memulai usaha. Anda tak tahu bagaimana cara memulainya, sehingga tak kunjung mulai usaha. Kalau yang ini, mau tak mau anda harus belajar.
    Belajar tak harus seperti orang yang sekolah datang ke ruang kelas, tapi anda bisa diskusi atau ngobrol dengan orang yang telah mulai usaha. Anda serap ilmunya dan tinggal praktekkan.

Dan mungkin banyak lagi hambatan lainnya…

Tapi semua itu, menurut saya, akar masalahnya  terletak pada mindset. Bagi yang belum terbentuk mindset bisnisnya, mungkin terasa tak mudah untuk memulainya.

Kalau yang sebelumnya sudah punya penghasilan tetap, tiba-tiba terbayang harus beralih ke kondisi yang tak pasti. Tak jelas berapa penghasilan yang diperoleh bulan depan, belum jelas bagaimana usaha yang akan dicobanya nanti, dst.

Ketakutan dan kekhawatiran semacam itu mampu menahan mereka untuk tidak kunjung ACTION memulai usaha sendiri.

So, bagaimana?

Asah mindset bisnis anda. Bergaul dengan orang-orang yang berwirausaha bisa membantu mengasah mindset bisnis anda. Bukan saja anda belajar cara teknisnya, tapi juga belajar dari suka-duka yang mereka lalui sebagai wirausahawan.

Langkah lain yang “relatif aman” adalah dengan memulainya sebagai bisnis sampingan. Tanpa melepaskan pekerjaan saat ini, sambil mulai mencoba buka usaha sendiri. Dengan demikian, diharapkan mindset bisnis perlahan semakin teruji.

Sebab wirausaha itu butuh praktek, butuh ACTION!

Kalau anda belum juga mulai usaha, ada baiknya anda lihat ke dalam diri anda sendiri. Ada apakah dengan diri anda?

Menurut saya, seorang wirausahawan itu punya ciri atau karakter yang terangkum dalam kata ACTION.

A = ACTION

Action atau tindakan adalah karakter wirausaha. Menjadi wirausaha berarti mau mengambil inisiatif, mau melakukan ACTION, mau mengambil tindakan untuk mengambil peluang yang ada. Wirausahawan bukan sosok yang mudah berdiam diri. Mereka mengutamakan tindakan dalam kesehariannya.

C= CREATIVE

Wirausahawan itu sosok kreatif. Mereka mampu menciptakan/mengembangkan sesuatu yang mungkin sebelumnya dianggap biasa atau bahkan mustahil oleh banyak orang. Kreativitas tersebut membuatnya berhasil membuat nilai tambah dalam apapun yang digelutinya. Masalah mampu diubahnya menjadi peluang.
Mereka juga kreatif untuk menghadapi tantangan usaha yang dihadapi. Tantangan yang kian besar justru memompa semangatnya untuk lebih kreatif dalam menghadapi tantangan usaha.

T= TRUST

Wirausahawan memegang trust sebagai prinsip hidupnya. Dalam pengertian ke luar diri, trust berarti tekad untuk memegang kepercayaan konsumen. Mereka sadar, kepercayaan adalah modal utama dalam bisnis.
Ke dalam diri, trust berarti percaya pada dirinya, pada apa yang di-ACTION-kannya. Wirausahawan punya rasa percaya diri untuk melakukan ACTION.

I = INDEPENDENT

Independent atau kemandirian menjadi jiwa wirausahawan. Mereka ingin bebas, ingin mengatur hidupnya sesuai yang dia mau. Wirausaha mandiri ingin bekerja untuk dirinya sendiri. Mereka mau mewujudkan impian-impiannya lewat usaha mandirinya itu.
Kemandirian tersebut juga membuatnya sadar akan resiko yang mungkin terjadi, dan dia siap menanggungnya sebab telah memilih jalan wirausaha.

O= OPPORTUNITY

Opportunity atau kejelian melihat peluang/kesempatan adalah ciri wirausahawan. Dimana-mana dia temukan ide ide bisnis yang bisa menjadi peluang bisnis baru.
Kejeliannya melihat peluang tersebut bukan saja menghasilkan uang bagi dirinya sendiri, tapi banyak orang lainnya.

N = NO QUIT

Wirausahawan sejati tak pernah menyerah. Mereka tak pernah berhenti ACTION. Kegagalan tak pernah dianggapnya sebagai kegagalan. Setiap kali jatuh, dengan cepat mereka bangkit dan ACTION lagi. Mereka percaya kesuksesan itu pasti akan datang.

Kesuksesan itu tak datang tiba-tiba. Tapi melalui proses penuh keringat. Dan semuanya itu akan terbayar lunas saat menjadi wirausaha sukses.

Sempat beberapa waktu lalu dalam diskusi dengan Pak Imanuel Ginting dalam komentar di postingan Siapkah Menghasilkan Uang dari Internet secara Full Time? saya katakan…

“Saat melihat seseorang yang sudah sukses, pelajari juga proses jatuh bangunnya. Sebab itu akan mengasah mental entrepreneur kita.”

Mari ACTION! Jangan tunda lagi. Setiap detik yang ditunda untuk memulai sesuatu, berarti anda sendiri yang menundanya untuk lekas terwujud.

Salam ACTION!

224 Comments. Leave new

Modal utama adalah kemauan..atau mimpi..karena hal itu akan mendorong kita untuk bekerja keras…
Bisnis online juga…

Ada kalanya modal buka yg Utama, tp klu usaha sudah berjalan, Kadang modal sangat dibutuhka. :)

betul juga mas gus, namanya modal memang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis apapun.hanya saja kita bisa mensiasati jika memang kesulitan kita di modal.tapi bukan hanya modal saja yang kita butuhkan, masih banyak yang lain.

Intinya memang harus ACTION !!!

No ACTION, No Risk, No Money…

Pebisnis Bisa menggunakan prinsip: BOTOL, BOSOL, BODOL…

Botol = Berani Optimis menjalankan bisnis memanfaatkan Tenaga Orang lain,

Bodol = Berani Optimis menjalankan bisnis memanfaatkan DUIT Orang lain

Bosol = Berani Optimis menjalankan bisnis memanfaatkan S… Apa ya, lupa… Hehe…

Kalo menurut saya modal itu adalah yang utama dan SANGAT PENTING..!Karena modal bagi saya tidak berarti uang saja; semangat juga merupakan modal; bahkan dengkul saja bisa jadi modal.
Ngomong-2, silakan kunjungi blog saya ya…

sangat setuju modal sanagat diperlukan untuk usaha bukan hanya modal uamh, modal pengetahuan dll

Nice Posting, Pak… No ACTION, No Risk, No Money… Intinya ACTION dan Doa, harus punya TUYUL, Pak… Hehe… Tekun, Ulet, YAKIN Usaha Lancar…

Action dan Konsisten, rumus Jitu u Sukses… Bagi yg gak mau Action, gak Mau dpt resiko, ya, tidur aza, jd gak dapet duit jg, hehe… Nice posting, Pak Joko…

betul juga mbah kuncen. tapi kalo tidurnya orang sukses tanpa actionpun tetep dapet rejeki. hehe2…

Betul sekali, Bos, jika kita sudah membangun Asetnya… Klo belum membangun aset, tidur we olangan… Hehe… Tidur tanpa hasil…

Nah, aset di internet itu sungguh menyenangkan…

Pak Joko punya banyak asset penghasil uang…

Sementara sy masih membangun aset dari Bisnis ABE Online.

Salam YAKIN SUKSES !!!

Hmm…mengena banget! Jatuh bangun jatuh bangun…apalagi jk harus mendengarkan suara orang2 sekitar, bikin ciut, bikin pengen nangis…perasaan kok nggak sampai2, padahal sudah lama capek… Terima kasih pak joko. Skrg saya rajin buka email demi menunggu postingan pak joko. Kayaknya cuma pak joko yg bisa memahami saya…jiiaaah :)

disitulah pentingnya berkumpul dan komunikasi dengan orang lain yang sevisi, secara tidak langsung mereka akan memberi motivasi besar bagi kita. Dalam hal apapun, teman selalu berpengaruh

itulah pak joko, mampu membuat artikel yg dahsyat buat dibaca dan mampu meningkatkan emosional positif dalam diri. :-)
ACTION!

Betul. Kalau ngga bisa membuat orang lain termotivasi, itu bukan pak Joko namanya :)

betul-betul ACTION yang SUPER DAHSYAT jika dilakukan dengan KONSISTEN!

mereka yang masuk “manis manja group” akan jauh dari sukses sebagai wirausaha, entah itu online maupun offline, edukasi yang saya berikan ke teman-teman yang bergabung di *bisnis network marketing + internet marketing* yang sedang saya rintis juga harus ACTION seperti dalam pengertian yg pak Joko sampaikan…

btw saya salut utk pak joko yang sangat kreatif membuat kepanjangan dari ACTION! tidak terpikir oleh saya sebelumnya…. hehehe… :)

Salam SUPER untuk pebisnis Indonesia!
:)

Mari kobarkan ACTION di mana-mana :)

permisi saya ni bingung pingin lo jadi pembisnis internet cumqan nggak ada modal duet saya juga gptek terus terang sekarang ini bingung sekali mana anak gagal sekoplah,suami dinonjopkan mana utang banyak pokoknya ribet pusing tujuh keliling maka suami penganguran dirumah saya mau nanya gimana sih caranya biar mudah bisnis internet kayak sampean itu

thankyou pak

Ternyata kata Action ada artinya, membuat kita tambah termotivasi pula..

Maman Surjaman
July 2, 2011 5:25 amReply

Titty, salam kenal , saya dari dulu minat banget ingin bisa bisnis internet marketing seperti anda gimana cara nya memulai,

Mohon dibantu caranya/dituntun. untuk memulai,

salam succes semoga anda berhasil seperti rekan u/yanglain.

terima kasih sebelumnya,

Saya sangat tertatik dengan apa yang telh disamapaikan dengan pak joko,hanya saja ada sesuatu yang samapi sekarang ini masih jadi pertanyaan bagi saya,kalo memang tidak harus berpromosi tanpa buat website knp dpanduannya pak joko ad cara untuk buat website cara beriklan dsb,berarti kita dsini intinya tetap untuk membuat jaringan??tq buat penjelasannya…

untuk produk yang mana pak galih?

bener pak, meskipun ada modal kalo g action emang gak bakalan jalan dan kita gak bakalan tau dimana kelemahan kita menjalankan bisnis tgersebut…

Terima kasih banyak kang motivasinya thanks

sebenarnya untuk sukses dalam berwirausaha itu ada 3hal yang dibutuhkan:
1. modal harus kita siapakan terlebih dahulu, setiap bisnis apapun itu memerlukan modal.
2.harus mempunya produk yang akan dijual, jika tidak ada produk dijual apa yang mau jadikan usaha bisnis, milikilah produk yang benar dibutuhkan oleh kebutuhan manusia.
3. jangan lupa berusaha dan berdoa pada allah swt, agar setiap usaha dan upaya yang anda gerakan akan berhasil

mudahan dengan ketiga tip ini anda terapkan insya allah bisnis anda akan lancar

sukses ada ditangan anda,

salam ikhlas,
tips.tinggibadan.web.id

Wah artikel yang sangat mantap nih.

artikelnya berbobot banget pk.. pas sekali untuk yang masih pemula dlm bisnis online.. membuka pola pikir dan mind set dalam memulai bisnis online memang itu penting.. salam action.

Terima kasih buat masukannya

saya sebenarnya udah bosan kerja jadi kuli banggunan terus.saya pengen sekali punya kerjaan sendiri yg bisa menghasilkan uang..tp saya gak tau bisnis apa itu…..

Betul pak, selain melihat kesuksesannya, kita juga harus melihat kesulitan dari jalan menjadi wirausaha.

Siap pak Joko Laksanakan tugas, siap ACTION !!!!

Mantap Pak… ACTION, ACTION, dan ACTION… No Risk, No Money…

yoi mas kudu … action …

mantep banget, bikin saya bersemangat betul betul membara nih semangat saya

OPPORTUNITY atau kejelian melihat peluang/kesempatan adalah ciri wirausahawan..mantabs nech pak..selama saya berwira usaha,hanya ini yg saya miliki,akan tetapi selalu tidak fokus..dan tidak puas,dan ingin mencoba usaha yang lain..sejak mengenal Pak Joko,sedikit banyak mind set saya jadi terarah..terimakasih Pak..salam ACTION..!

Wirausaha kuncinya… lakukan aja….. setuju…. action!

Setuju juga…. action! artikelnya inspiratif… yuk action….

artikelnya bagus mas, semangat

ACTION membuat kita semakin dekat dengan Keberuntungan pada saat dipertemukan dengan Kesempatan. Mantap Postingannya :-)

mari mari,,dan mari,mantap mas

N = NO QUIT

Wirausahawan sejati tak pernah menyerah. Mereka tak pernah berhenti ACTION. Kegagalan tak pernah dianggapnya sebagai kegagalan. Setiap kali jatuh, dengan cepat mereka bangkit dan ACTION lagi. Mereka percaya kesuksesan itu pasti akan datang.

Kesuksesan itu tak datang tiba-tiba. Tapi melalui proses penuh keringat. Dan semuanya itu akan terbayar lunas

jujur pada awal memulai bisnis, kedua faktor diatas sangat dominan sekali menyelimuti pikiran saya, namun pada akhirnya sedikit demi sedikit, saya bisa terbebas dengan melancarkan serangan ACTION

setuju sekali pak, yang penting action, jangan tengok kanan kiri maju terus…

biar larinya kencang, pakai kaca mata kuda :)

hahaha, :D bener juga tuh, pake kacamata kuda supaya tidak terpengaruh kanan kiri. Jadi fokus ke arah depan

mulai setahun ini saya full mencoba wirausaha. saya pilih yg simpel dulu, jadi agen.
tiap minggu beli tabloid peluang usaha. cari produk yang cocok. ketemu satu produk yang supportnya bagus (pihak pusat rutin pasang iklan di media cetak). Praktis sebenernya saya tinggal tunggu telpon, meskipun saya tambah dengan online.
eh .. nggak nyangka … jadi agen produk itu, mulai bulan ketiga saya bisa dapet bersih 3 jutaan perbulan.
yap, yang penting action.

Tips wirausaha yang mantap pak. Terimakasih sharingnya.

mantap n setuju sekali pak… thanks.

Sangat memberi inspirasi terutama bagi saya yg terkena phk..dan ingin memulai usaha..Salam Sukses.!!!

Satu lagi pak Joko, yaitu enjoy. Bekerja untuk diri sendiri itu memerlukan motivasi sepanjang hari, tantangan dan cobaan itu pasti ada, tapi justru itulah sisi keindahan dari wirausaha. Semakin banyak tantangan yang kita hadapi, semakin banyak pengalaman yang kita miliki. So, apapun yang dihadapi, berapapun hasilnya, enjoy aja! :)

enjoy! …yap setuju saya.
mesti enjoy .. kalo nggak, dapet hambatan dikit bawaannya stress .. repot dah

Itulah nikmatnya berwirausaha :)

setuju pak joko, semoga saya bisa tetap aksis di bisnis internet agar segera barhasil

Wah…sangat inspire neh postingan om JS…mantap om artikelnya…go action…

Sedikit tambahan: rajin-rajin bertanya & berguru kepada yang telah menjalani wirausaha, terutama dengan mereka yang telah mengalami jatuh bangun seperti yang Pak Joko bilang. Saya ingat kalimat yang pernah disampaikan kepada saya dulu: Pengalaman adalah guru terbaik, namun mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain itu lebih baik dan lebih berharga lagi. Mengapa? Karena kita bisa menghemat waktu, tenaga, pikiran, dan juga mengantisipasi resiko dengan lebih baik. Salam Wirausaha!

Wah, saya sangat salut dengan istilah ACTION Pak Joko dalam berwirausaha, terima kasih atas postingannya Pak.

Iya kalo ingin maju kita harus menerima saran dari sesama dan kalo mungkin menjalankannya

benar juga, kalau ingin jadi wirausahawan, kita harus bergaul dengan wirausahawan juga dan kita harus memiliki sifat yang ada di kata ACTION

Inspiratif mas.

nur rokhman taufiqi
July 2, 2011 5:49 amReply

tak diragukan org seperti p joko susilo.tanpa action sepintar apapun orgnya maka dia akan seperti apa yang dia rasakan skrg alias tak ada perubahan.sy meski sdh terlambt tp tergerak unt action dan beruntung sy menemukan webnya p joko,e-book dr beliau belum tuntas sy baca.lambat mmg,maklum sy org yang gaptek.tp kata p joko action,ya…..ACTION!

Setuju dengan Mas Joko…

Selalu ACTION untuk membangun pencapaian cita-cita tanpa tekanan dari orang lain atau atasan.

Setuju dengan Mas bisnis rumahan mudah-mudahan terbentuk mental wirausahawan bisnis yang kuat!

bener sekali pak, semua action harus berasal dari diri kita sendiri dan kemauan untuk maju, jika sudah ada kemauan secara otomatis akan mencari jalan untuk mengembangkan diri dengan berusaha bergaul dengan mereka yang sukses atau melakukan pembelajaran tentang bisnis yang akan dijalani, betul kan Pak Joko!

Kekuatan utama ada dalam diri. sebesar apapun kekuatan dari luar tapi tanpa ada kemauan dari dalam diri untuk memulai, niscaya tak ada ACTION yang akan terjadi

terimaksih, sangat memberi insfirasi dan semangat…

Saya setuju sekali dengan uraian Pak Joko memang utamanya adalah Mindset.

Membangung mindset perlu dilakukan dalam bisnis apa pun. Baik bisnis off atau on line.

artikelnya sangat bermanfaat buat saya mas, apalagi saya baru belajar tentang internet marketing.. masih perlu bimbingan dari para senior.. thanks bgt mas..

trims Pak, semua sdh sy action-kan tp sy mesti butuh kesabaran yach buat menuai hasilnya….sy jg jatuh bangun membangun istana bisnis versi sy, tp hal ini tdk menyurutkan semangat sy tuk terus maju karena apa..? sy punya kekuatan dr artikel-artikel yg Bpk kirim Go sukses buat kita semua

Mari kita sukses bersama-sama

tak mudah kita melakukan action tapi mudah juga bagi mereka yang telah melakukanya,postingan pak joko selalu benar dan nyata.

Luar biasa kang aku salut dengan perjuangan akang sehingga luar biasa.. thanks salam dari temen2 madura

Artikel yang sangat menarik
tetap semangat juga!

terima kasih atas dengan artikel ini, sangat bermanfaat bagi saya

Haha…inspiratif sekali ACTIONnya…:D

Pantang menyerah adalah kata2 terindah dalam dunia usaha! Go Blogging!

inspiratif.. sip.. saya juga gak terlalu modal uang malahan.hihihi

Stop Dreaming Strat Action. Padahal setau saya, semua bisnis memakai kata2 ini. ‘ACTION’ Tapi kebanyakan pelaku bisnisnya malas untuk melakukan yang satu ini. Hmmm…
Salut buat Pak Joko yang selalu memberikan inspirasi ^_^

mantap deh artikelnya…
saya jadi makin semangat menjalankan bisnis online…

masih kurang mix ama judul mas, saya tunggu yang lebih inovatif

oke makasih boss action

Posting diblog pak Joko ini benar2 sangat bermutu dan bermanfaat bagi saya. Setiap ada posting baru, salah selalu meluangkan waktu utk membacanya. Semoga semakin sukses pak Joko…

kalau saya terus terang mas Joko…,waktu yang belum membikin saya fokus dalam menjalankan bisnis Online.kasih artikel tentang bagaimana membagi waktu yang pas dan tepat mas Joko…
trm…di tggu..!

kita memang harus mengasah terus menerus mindset kita y mz agar selalu tajam kemudian GPL (G pake lama ) langsung d ACTION kn.
Terima kasih mz..

terima kasih artikelnya yang tak henti-hentinya memberikn motivasi positifnya pak Joko, luar biasa, walaupun saya ga full banget di ol tp saya dapatkan manfaat bisnisnya dan semakin terbuka pikiran usaha saya!salam sukses untuk semua

Mindset itu yang pertama karena ada di dalam diri kita kemudian harus ACTION !

makna ACTION-nya sungguh mengubah mindset saya pak joko, dari mencari uang menjadi bagaimana menciptakan mesin uang. thank’s atas sugestinya

Mengagumkan! Selalu ada yang baru dari mas Joko.
Jadi: Lakukan Action,
Berkarya Creative,
Pelihara Trust,
Bertindak Independen,
Tangkaplah Opportunity,
No-Retreat, No-Quit alias KEEP Your ACTION ROLLING. Terima kasih mas Joko atas pencerahannya. Salam ACTION buat semua.

Setuju dengan pak Joko, memulai walaupun kecil…

sudah memulai, tetap semangattt

Yang sulit adalah langkah pertama selanjutnya terserah anda.
Wirausaha masih menjadi hal menakutkan bagi sebagian orang, karena faktor diatas Modal dan Keberanian, jujur saja saya juga ke sasar dibisnis online tetapi walau jatuh bangun ( megy Z x ) perlahan mulai ada penampakan………

wah benar sekali segala sesuatu bisa sukses bila punya keinginan,ketekunan dan kerja keras

memang benar pak joko untuk mjdi wirausaha yg terpenting mental pribadi dan action..kalo kita berani utk gagal total..maka sebaliknya juga kita akn bisa sukses secara total.dalam melangkah tidak harus setengah2..supaya hasil yg kita hasilkan benar2 maksimal. ..salam dahsyat..?

kegagalan adalah awal dari keberhasilan..

YUp setuju yang diungkapkan pak joko , apa pun usahanya yang penting proses untuk meraih itu semua

Setiap tindakan pasti ada resikonya, begitupun menjadi wirausahawan. Tapi dengan melakukan tindakan (action) berarti kita sudah melangkah menuju sukses.

Di ‘timpuk’ lagi sama Pak Joko.. wkwkwk…
Jadi semakin ter-Motivasi untuk memulai usaha. SMANGAT!!

trims banget artikelnya,,,
artikel yang bener2 aku tunggu

Ilmu, Action dan Sukses. itu kuncinya.
Action tanpa ilmu, namanya action ngawur.apa bisa sukses??? belum tentu.
Ilmu tanpa Action, mana mungkin berbuah SUKSES!!!

So, belajar belajar dan terus belajar walau dari orang remeh sekalipun, walau dari hal sepele sekalipun, dan meski dari tempat yang hina sekalipun. disitu ada ilmu dan hikmah bagi orang BERAKAL dan mau BERFIKIR.

Salam SUPER Action!!!

terimakasih sharingnya. Saya sepakat kita harus belajar dari manapun dan dari siapapun

Boleh juga nih motivasinya, jadi semangat lagi deh..

good acting tidak selamanya good action

harus bertindak dari sekarang ya untuk memulainya .ok i will do .but msih ragu he2..

Lebih baik menjadi kepala teri daripada menjadi buntut Gajah..lebih baik mempunyai usaha sendiri daripada menjadi buntut/karyawan dari usaha orang lain..

yang namanya berwiraswasta, pasti memang enak pak joko. apalagi kalo usahanya sendiri. tapi bagi saya mungkin lebih enak berinvestasi dalam bentuk gold aja.saya juga salah satu member invest gold yang ada diinternet.buat pengamanan saja pak joko.

alhamdulillah ada bagi hasil bulanannya.ya itung2 buat makan sehari hari cukup.

tapi saya kagum sama temen2 diatas yang sudah mencoba mencari rejeki lewat wiraswasta.semoga sukses buat semuanya

Setiap postingan pak JOKO selalu memberi wawasan baru dan bermafaat bagi kita-kita yang sedang membangun bisnis di internet.

Terimakasih
KW

obat cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

yang paling penting memang action dan action, ga bakal jadi duit kalau kita punya ide brilian tanpa action……..

Wow mantab nih.., Modal Saya kira sangat mendasar. meskipun hanya mempunyai modal semangat. so ACTION. Thanks Pak Joko atas ilmunya.

Trims P Joko artikelnya menambah motivasi untuk action

Yang Penting HARUS DISIPLIN & TEKUN PASTI SUKSES

tetap semangat dan pantang menyerah!!!!!!

TErima kasih postingnya.

Cara melakukannya adalah memulai. Gak Pake alasan-alasan. Bukan begitu bukan??
Tapi saya paling suka yg N= no quit!

Wahh sep dah omm

nah, point terakhir itu yang paling berat pak Joko…

Iya…ya…harus action nih !!!

Mantap ,,,,pak joko tipsnya,

thanks pak joko atas tutorialnya,,,,
salam sukses

mantab pak joko
terimakasih

Untuk memulai suatu usaha butuh tekad yg kuat dan keberanian mengambil resiko, faktor yang terakhir ini menurut saya yang paling berat terutama bagi mereka yang sekarang berada di zona nyaman/ Comfort.
Dorongan dari orang lain sangat diperlukan.
Makasih

Ass Pak Joko, saya member anda. Sekitar dua minggu lalu saya mulai Action. Saya selama ini bekerja untuk orang lain (ekspor) selama 12 tahun. Sejak 2 minggu lalu selain tetap kerja tersebut saya usaha buka toko furnitur. Selain mengoptimalkan jejaring yang saya punya (kolega yang relatif) banyak, saya juga akan memanfaatkan internet marketing. Mohon bimbingannya dan maaf setelah jadi member berapa tahun ya? (saya lupa) baru bisa ACTION sekarang. salam Rian

Ilmu sudah punya, modal saya yakin juga sudah ada. Saya ikut senang akhirnya anda segera ACTION. Sebab dengan ACTION akan tahu bagaimana hasilnya dan bagaimana cara untuk mengatasi hambatan yang ada. Sedikit saran dari saya, untuk aspek tata letak situs web, jadikan Amazon sebagai benchmark untuk mengetahui bagaimana seharusnya web penjualan produk fisik itu dibuat.

mengawali suatu usaha itu harus di iringi suatu tindakan atau action

Ada yang bilang, mempertahankan sesuatu lebih sulit daripada memperolehnya. Saya pikir wirausaha juga begitu. Semangat membara padam karena satu dua kendala…

Tipsnya sangat bagus pak, akan saya coba :)

bagus bgt pak.. ijin share di web saya ya. salam kenal buat teman2 Mr.Action

makasih infonya sungguh bermanfaat…

makasih atas infonya mass.
sangat berguna banget bagi wirausaha

mampir sore pak , lihat coment teman teman.tambah seru dan tambah semangat

sebaik pikir-pikir dulu bat sistem berbirnis lewat sistem MLM..

dai gambarnya curi start nich.. :)
hebat!!

ACTION!
ACTION!
ACTION!
DUIT!

Salut bisa ajah bikin kepanjangan dari kata ACTION, tapi article dan ungkapan p.joko bukan sekedar OMDO doank, saya sudah membuktikan jadi muridnya di FormulaBisnis saja sekarang sudah punya TOKO ONLINE BARU tanpa modal.

Trima kasih p.joko :)

Memulai lebih cepat akan cepat menghasilkan sesuatu yg NYATA…!

artikelnya bagus pak,menumbuhkan semangat wiraswata thanks for share,saya juga memilih jalur bisnis online sebagai karier wirausaha saya

Lanjutkan ACTION dan tularkan semangat ACTION kepada sekitar anda agar semakin banyak wirausahawan baru yang lahir

Ummi lailatul azizah
July 9, 2011 10:00 amReply

Sangat bermanfaat artikelnya …
seorang wirausaha memang harus mempunyai sifat yang ACTION … .

Ummi lailatul azizah
July 9, 2011 10:01 amReply

sangat bagus artikelnya …
always ACTION

Saya sangat setuju dengan No Quit.. Apa lagi saya salah satu orang yang sengaj keluar kerja pada tahun 2006 untuk beralih ke bisnis. Yang tentu saja gagal semua. Dan malah alhamdulillah sukses nya di bisnis online dan network marketing.. Dan itu terjadi walau tanpa ilmu, tapi punya ‘no quit’..

Dance Ardhya

Betul mas JOKO, dimulai dulu baru dipikirin caranya bagaimana…

Saya tau arti No Quit. Dan memang itu landasan untuk sukses di manapun. Karena memang semua bisa sukses dimana saja asal No Quit. Dan nanti akan menemukan sendiri metoda-metoda nya..

Dance Ardhya

Hai Neter mau hidup enak harus kerja keras dan cerdas jangan cengeng dan mudah menyerah, nih gue kasih sedikit tantangan tapi pasti…..tajiiiirrr

selamat pagi pak Joko Susilo…lama tak jumpa pak joko saya melihat di reseller saya ada yang sudah menjadi anggota saya .yang ingin saya tanyakan bagai mana saya dapat menerima reseller lebih banyak lagi mohon bantuannya dari pak Joko. salam sukses buat pak Joko dan sukses untuk kita semua..terimakasih

praktekkan ilmu promosi yang ada di member area. bila ada pertanyaan kontak kami di sini.

Luar biasa kang Joko anda cerminan bagi kami tuk usaha. thanks ilmunya.

motivasinya luar biasa sip makasih ya pak

seirng pantengin postingan pak joko jd banyak wawasan nambah nih…tengkuy ya

Wooww keren n dahsyat abisss…ayo makin semangat

membangun bisnis memang memerlukan mental yg kuat, itu yang sedang saya alami sekarang

Pak Joko yg budiman, saya baru aktif lagi nge-blog nih..setelah tertunda selama hampir 2 tahun. Kunjungan di blog sdh hampir 2ooo klik, tapi koq masih minim klik ke banner formula bisnisnya ya Pak? Apa yang harus saya lakukan? Salam…

2000 pengunjung atau 2000 pageviews bu? dan apakah dari 2000 tersebut, termasuk kunjungan dari diri sendiri atau tidak? Cek statistik blognya menggunakan apa?

Terima kasih untuk Info dan Artikel yang membangun,Salam sukses

di testimoninya kok ga ada yg perempuan? liat komen2nya jd minder ni, saya pemula banget..liat bahasa banner,posting,ngeblog..ga tau maksudnya

member kami yang perempuan juga banyak. seperti misalnya http://mamazahra.wordpress.com/

[...] Post address : http://www.jokosusilo.com/2011/07/01/bagaimana-cara-memulai-wirausaha-agar-sukses/ [...]

Terima kasih pa atas tipsnya,semoga tidak bosan-bosan memberi wejangan tentang motivasi bisnis.

saya terkadang susah membagi-bagi waktu mas…gimana yah?

kalo menurut saya CREATIVE adalah bagian yang terpenting dalam sebuah wirausaha

apakah di rahasia Blogging mebahas satu persat agar trafik kita banyak Thanx

iya di http://www.rahasiablogging.com/ ada modul yang khusus membahas mengenai metode traffic dan metode traffic lanjutan

ap dan gmna tentang traiding di tempat q lagi in cma sya tkut bermasalah

manatap infonya… saya juga baru beberapa tahun memulai usaha…. lumayan jatuh bangun.. hehe atpi seru!!

makin mantap bos infonya … salut

Kira kira yang paling diutamakan dalam memulai sebuah wirausaha itu “ada modal” atau “ada ketrampilan”? Bingung mau yang mana dulu.

makasih pak. jadi tambah semangat nih buat usaha online..

thank for info dan motifasi nya
sungguh bermanfaat banget.

Berwirausaha itu menantang! Karena banyak tantangan dan banyak yang menentang. Keyakinan, doa, dan usaha yang terus menerus yang bisa mewujudkan itu semua.

Untuk yang belum yakin berwirausaha, bisa membaca buku 7 Keajaiban Rejeki Ippho Santosa karena efeknya luar biasa http://goo.gl/Fr2oE :)

kalo boleh nambahi, tetap beribadah dan rajin sedekah, agar usahanya jadi barokah :)

itu sudah seharusnya dilakukan. terimakasih tambahannya :)

emph…
jadi gitu ya pa…
jadi apa donx pengertian ACTION tuh yang sebenernya?
:)

bener pak, meskipun ada modal kalo g action emang gak bakalan jalan dan kita gak bakalan tau dimana kelemahan kita menjalankan bisnis tgersebu,,,

Belajar dan Praktek. Bersabar menunggu hasil, dan selalu berdo’a. Terima kasih Pak Joko atas ilmunya selama ini.

yang terpenting itu harus kreatif dan berani ambil resiko. setelah itu usaha dan tawakkal.

kalo menurut saya CREATIVE adalah bagian yang terpenting dalam sebuah wirausaha

informasinya sangat bagus, menarik sekali,i like it.

lam kenal.

Toko Furniture Jepara adalah perusahaan yang menjual berbagai macam barang-barang mebel, dan barang-barang furniture yang Berkualitas, Terlengkap, dan juga harga yang sangat murah, kunjungilah websate kami tokofurniturejepara.com siapa tau ada barang yang cocok. Dan Bagi anda yang berminat dengan barang-barang kami, Jangan lupa hubungi kami melalui (info tokofurniturejepara.com) maka anda akan bisa langsung memesan barang-barang furniture yang anda inginkan dengan kualitas yang sangat bagus, okey bos. :hehe: ….

Kalau ada waktu jangan lupa mampir ke website
kami yach!
makasih sebelumnya.

saya butuh bimbingan bagaimana cara berwirausaha dengan tata bahsa yang sopan dan bisa menarik customer?
bagaimana cara menghilangkan rasa gengsi dan takut akan gagal?

yang penting PD aja. apa yang sebenarnya anda takutkan dan gengsikan? tidak perlu pedulikan orang lain, yang penting selama yang anda lakukan benar, maju ACTION terus

Benar juga apa yang di ulas oleh bapak Joko di atas, kebanyakan orang selalu menjadikan modal finansial sebagai kendala dalam berwirausaha padalah modal tidak hanya itu bila finansial kurang kita dapat mengandalkan midal lain seperti kecerdasan kita
terima kasih bapak atas ulasannya, sangat membimbing sekali..

cara berwirausaha yang jitu tidak pernah mengkambing-hitamkan modal sebagai alasan untuk tidak ACTION memulai usaha

bapak adalah motifasi q,
Tp knpa ada kebimbangan dlm dr q untuk mau mulai usaha????

makasih artikelnya :’) jd smangat lg nih

Terima kasih… semakin memotivasi kami untuk berwirausaha…

saya masih bingung dengan usaha yang anda tawarkan. cukup 250rb dan dapat 12 produk dll dll dll.
cara kerjanya gimana, produknya apa, jualnya gimana, kalo saya untung apakan anda juga untung dll dll dll, ada banyak pertanyaan dalam pikiran saya.

jualan saya banyak mas. anda bisa hubungi kami di http://formulabisnis.com/contact.php

thanks trick nya tambah ilmu berwira usaha ni..

saat lapangan pekerjaan terasa semakin sempit. wirausaha adalah solusi jitu. menjadi job provider kenapa tidak?

diri sendiri adalah modal utama dalam berwirausaha

benar sekali, modal tidak hanya berwujud uang, modal juga dapat berupa jaringan, diri sendiri, dan kejujuran.

Setuju!
Wirausahawan sejati tak pernah menyerah. Mereka tak pernah berhenti ACTION. Kegagalan tak pernah dianggapnya sebagai kegagalan.

wirausaha kl gak langsung action dan kebanyakn mikir serta pertimbagan ya gak jalan. kadang banyknya pertimbangan karena untuk menutupi “keciutan nyali dalam memulai”

tips pemasaran yang jitu seperti apa ya mas?

thax ya mas tipsx ok banget, walau dalam bisnis outsourching saya masih merangkak tapi saya akan tetap semangat seperti mas JOKO he…

wah enak di PODOLIN ternyata

Cara riset pasar yang Baik itu bagaimana ??
Penentuan Lokasi juga

untuk bisnis offline, lokasi termasuk. untuk bisnis online, gunakan cara riset bisnis online

rumusan yang keren dan sesuai dengan kehidupan di lapangan. banyak teori yang hanya menjadi teori dan tidak bisa diterapkan di dunia nyata.salam wirausaha.

yang pertama dilakukan adalah membangun kepercayaan diri, kita pasti mampu melakukannya..
terima kasih ulasannya, sangat bermanfaat bagi saya

Membaca dari para komentator jdi terinpirasi curhat hati ini
Mas joko,menyikapi biaya hdup di bali serba mhal dn persaingan bisnees smkin ktat,sya bergerak di bdang tourist information,dngn ukuran 1mtr itupun msh numpang di dpn tko org yaitu mntan bos sya, 3th sya mengabdi bhkn sdsdh mnjadi sukses skrg,bhkan sa’at ni sya mrsa tersihsihkan,mas jko yg budiman langkh ap yg hrus sy tju dn mtifasi ap yg hrs lkukn ntk berwira usha yg mndiri sdgkn modl kecil pun blm ad,cita dn hrapn agr kluarg sya bsa hdup sukses sjhtera sesuai dsar ilmu dn agama,mngkin dri sisi bhsa krang pas mhn ma’af krna msh dlm kesulitan.agusta dari bali .

trimksh

miliki motivasi terkuat yang membuat anda terus ACTION tanpa henti sampai berhasil

Terkadang sikap ragu ragu untuk memulai bisnis mandiri dengan berwirausaha ini menjadi kendala terberat, seyogyanya seorang wirausaha sejati memiliki sikap pantang menyerah dan yang tak kalah penting lagi adalah kreatifitas dan daya inovasi harus selalu menjadi kata kunci sukses berwirausaha ini

trimakasih infonya sangat membantu

ini info jitu,makasih mas atas infonya

Pak saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatur keuangan dalam usaha kecil.
Terimah kasih sebelumnya pak .

artikel yg sangat berguna mas joko….sekalian saya mau minta pencerahan nya…barangkali ada yg bisa membantu….saat ini saya dan istri bekerja sebagi buruh pabrik dengan penghasilan yg paspasan….sebenarnya yg jadi masalahnya bkn dari penghasilan nya….tapi dari segi ketergantungan nya…sepertinya saat ini nasib ekonomi keleuarga saya tergantung dari sebuah pabrik…..bagaimana cara melepas ketergantungan itu……apabila dengan cara hrs berwira usaha….usaha apakah yg hrs saya tekuni…..

wahhh mantabz nihh pak boleh cobak deh :)

salam sukses selalu untuk pak joko dan semuanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>