Cara Membagi Waktu untuk Mahasiswa Wirausaha

Cara Membagi Waktu untuk Mahasiswa Wirausaha Ada pertanyaan menarik dari Fathurrahman soal cara membagi waktu bagi mahasiswa yang hendak memulai wirausaha di posting tips antigalau mulai usaha. Begini pertanyaan lengkapnya.

Maaf pak. Saya masih belum bisa maksimal bagi waktu. Masih kuliah lagi 2 tahun ini. mungkin ada tips or terobosan pak…? trims.

Menjadi mahasiswa sambil mulai wirausaha merupakan hal yang baik. Sebab sejak dini bisa melatih diri menjadi wirausaha mandiri. Namun tidak elok juga jika kemudian keasyikan memulai bisnis membuat kuliah menjadi terbengkalai.

Lalu bagaimana solusinya?

Ada tujuh tips mengatur waktu bagi mahasiswa wirausaha yang akan saya bagikan di sini.

  1. Bagi waktu anda sebaiknya-baiknya. Bagi waktu anda antara kuliah, bisnis, dan bersosialisasi. Mulai hari anda dengan selalu mengatur perencanaan anda hari ini, dan pastikan anda disiplin menjalankannya.
  2. Kerjakan tugas kuliah anda segera. Bila anda mendapatkan tugas kuliah, segera kerjakan biar cepat kelar. Matikan juga Facebook anda. Sering mungkin dalam pikiran anda “Saya main facebook dulu, baru garap tugasnya nanti”. Atau mencoba belajar sambil facebook-an. Dijamin itu tidak akan efektif. Yang terbaik tetaplah kerjakan tugas anda terlebih dulu sampai selesai.
  3. Belajar tetapkan prioritas anda. Seperti contoh pilihan untuk memainkan Facebook dan menyelesaikan tugas di atas, anda juga akan dihadapkan dengan berbagai pilihan-pilihan lainnya. Di sinilah anda belajar untuk mengatur prioritas anda. Apa yang terpenting dan terbaik, itulah yang harus anda prioritaskan.
  4. Soal memilih usaha, jika anda khawatir tidak punya banyak waktu untuk usaha anda, anda bisa pilih usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Cukup 1-3 jam sehari misalnya. Contohnya?
    Kalau di bisnis online misalnya bisa menjadi affiliate/reseler. Intinya yang cukup tidak banyak memakan waktu. Banyak bisnis online yang menawarkan afiliasi, salah satunya seperti produk jam slapia.
  5. Saat libur kuliah adalah saat yang pas untuk membuat proyek wirausaha anda terwujud. Jika anda punya ide bisnis, saat liburan kuliah ini adalah saat yang tepat untuk ngebut mengeksekusinya.
  6. Kalau anda memilih bisnis yang banyak memakan waktu, anda mungkin perlu kurangi waktu istirahat anda dan kurangi juga jam nonton televisi.
  7. Kalau anda berbisnis online, saat anda sedang di kampus, anda bisa manfaatkan jam istirahat kuliah untuk mengecek bisnis online anda. Dari laptop, netbook, atau warnet, anda bisa pastikan bisnis tetap berjalan dengan baik selama anda tinggal kuliah tadi.

Inilah tujuh cara membagi waktu bagi mahasiswa wirausaha. Rekan-rekan punya tips lainnya bagi mahasiswa yang mau mulai wirausaha? Mari sharingkan…

135 Comments. Leave new

thanks infonya…..rencana mau buat bisnis online tapi belum tau jenisnya apa?

Makasih pencerahannya, jadi lupa liat kuliah
tak kira pa joko dah gak ngajarin kami

dah lupa ama slapia nya
ehm, lumayan berbagi waktu di dumay

bina sosial – bina marketing –
manfaat banget, untuk saat ini
esok lebih manfaat lagi dah
dengan hasil yang lebih dari memanfaatkan
waktu-tenaga-pikiran-dana
harus tergantikan (dgn enjoy) harus maju!!!

Waktu memang harus di atur sebaik mungkin agar semua pekerjaan bisa selesai dengan baik. Disiplin…, kadang-kadang sulit kita menerapkan pada diri kita. terutama saya sendiri (-:

Sangat bagus sekali tips dari pak Joko, memang itulah saya lakukan semasa kuliah dulu, berbisnis (Manggaleh)kecil-kecilan untuk menutupi biaya kuliah, alhamdulillah inilah hasilnya saya sudah kerja jadi guru. Terima kasih tipsnya Pak.

memang sulit membagi waktu kalau kita tidak mau serius,tapi akan mudah ketika kita sudah mulai serius,,
thanks pak joko tipsnya :)

mengiringi langkah bertamu di ruangan ini ijinkan ku berbagi link http://www.rahasiablooging.com
di fb moga ada sharing dari sahabat-sahabatku

sekedar berbagi dan mencoba belajar dari pakarnya

pas banget tipsnya buat saya…
kebetulan saya seorang mahasiswa…

Membagi waktu juga memerlukan disiplin dan keinginan sungguh2 untuk dapat menjalankannya, jadi tetap semangat buat rekan-rekan

salam suskes buat pak joko…

tips yang sangat bermanfaat pak joko. jika anda belum tahu mau bisnis apa ya bisnis herbal aja di carabisnis.web.id :)

Tips yang super pak Joko..

bisnis online itu banyak jenisnya. tapi bisa disederhanakan menjadi 3: jual produk, jual jasa, jual iklan.

cara kerjanya juga 3 ; punya produk … pnya website… datangkan pengunnjung….

wah… bisa juga diterapkan ke pegawe kantoran yang mempunyai bisnis sampingan

googd article. i like it. thanks dear Joko

Sebenarnya walaupun kuliah atau sekolah, itu tak akan menghabiskan waktu kita 100%. 50% pun tidak. coba dihitung 24 jam dalam 1 hari, berapa yang dihabiskan untuk kuliah dan hal-hal yang berkaitan dengan kuliah. Tidak lebih dari 12 jam kan ??? Kalau kurang kemungkinan malah sering.

Jadi kalau dibilang tidak ada waktu atau tidak bisa memaksimalkan waktu karena KULIAH, saya yakin itu hanya sekedar alasan karena sebenarnya di luar kuliah khususnya di dunia maya, banyak peluang-peluang yang bisa dijalankan tanpa harus menghabiskan waktu seperti kata pak Joko.

Tetap semangat dan Sukses !

Terimakasih Infonya Pak.Kalau mau bisnis online kita booming ,bagaimana ya?

Sejak saya berlangganan newsletter pak Joko, say bertekad untuk menjalankan internet marketing. Awalnya saya tidak mengerti tulisan-tulisan dari pak Joko, tapi sekarang saya tahu maksudnya. Terima kasih, bos.

mari lanjutkan ACTION!

yang penting nggak asal bagi waktunya bisa dipilah penting tapi nggak genting akan buat kita nggak stress :)

tuhkan salah pasang/kirim saking semangat
kuliah malam

Tambah satu lagi, Terus fokus pada tujuan..

Betul pak Joko.
Dan saya pikir jenis usaha yang cocok bagi mahasiswa saat ini adalah berbisnis online. Selain murah juga tidak terlalu menyita waktu banyak. Namun bukan berarti pula para mahasiswa tidak boleh berbisnis konvensional. Sah-sah saja saya rasa. Hanya mungkin pertimbangannya karena mahasiswa kebanyakan tidak mempunyai modal yang besar, maka bisnis online bisa dijadikan alternatif. Bahkan menurut saya, bisnis apapun sekarang ini bisa dijadikan online, tergantung kreativitas anda mengemasnya. Di situs saya, ada salah satu artikel menarik tentang bisnis online yang menjual sebuah benda yang saya rasa sudah umum banget kita jumpai sehari-hari….kaos kaki. Apa istimewanya? Pengusaha tersebut tidak menjual kaos kakinya tersebut dengan cara konvensional. Dengan memanfaatkan teknologi internet, ia menjual kaos kakinya tersebut dengan sistem berlangganan layaknya kita berlangganan majalah! Kreatif kan? :D Itulah makanya, apapun produknya, kreativitas anda yang akan memberi nilai tambah terhadap bisnis anda tersebut :)

terimakasih sharingnya pak. kreativitas itulah yang membuat bisnis kita beda

Bisnis internet juga bisa dijadikan bisnis utama yang bukan sekedar sampingan.

Jika kita jalan-jalan ke kota-kota besar bisa dilihat para pebisnis online layaknya executive2 pebisnis konvensional dengan fasilitas dan gedung yang mewah-mewah.

ya…walaupun saya bukan mahasiswa,menurut saya prioritas waktu bg siapapun memang penting..
tetap semangat!

Untuk menegakan disiplin waktu perlu di bantu dengan jam tangan…pakai biar mudah kontrol waktunya.

Kualitas artikelnya makin mantep aja mas..sukses selalu.

kalau masalah membagi waktu, saya ngga bisa nambah saran pak, masalahnya saya sendiri ngga pernah kuliah :D
tapi kalau ide bisnis, ada banyak. selain bisnis online, menawarkan jasa “pengantar” juga ideal banget untuk mahasiswa. Kita bisa menggunakan kendaraan yang kita pakai sehari-hari untuk kerja paruh waktu seperti mengantar pizza dsb.

menjadi tutoring juga bagus, seperti guru ngaji, mengajar komputer, bahasa inggris dsb. selain untuk mengasah pengetahuan, menjual jasa seperti ini bisa menjadi cara cepat untuk mendapatkan uang khususnya bagi mahasiswa

saya juga seorang mahasiswa,
makasih pak atas tips2nya

Masih mahasiswa tapi udah hidup mapan? Hebat gan! :)

Kalo’ boleh saya menyarankan, fokus dulu pada kuliah, tapi nggak apa-apa juga sambil bisnis asal bisa membagi waktunya, sehingga dua-duanya bisa sukses

tapi banyak yang suka sambil menyelam minum susu….he he he

Tapi saya heran malah banyak pengusaha sukses yang kuliah nya kurang mulus bahkan putus.

Kuliah tinggi bahkan sampai keluar negri kebanyakan tetap bekerja di orang lain.

Saya sedikit Iri melihat teman teman mahasiswa sekarang, masih muda sudah punya kesempatan memulai bisnis online, kenapa saya dulu tidak memulai sejak dini pas masih kuliah seperti kalian, saya salut dan bangga sama anak muda sekarang!

betul mas. sekarang zamannya udah sangat nyaman bagi adik-adik mahasiswa. banyak kesempatan wirausaha online yang tersedia karena itu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya

tetap semangat…kuliah hasilnya ok dan bisnispun ok…2 duanya jalan terus

saran saya sebaik nya fokus kuliah dulu , , ntar kalau udah pegang uang di bisnis, akhir nya malas kuliah , , itu contoh kasus seperti anak saya pak joko. heheheheh :)

selesai kuliah baru Full Time menjalani Bisnis nya :)

biasanya demikian yang terjadi. kalau udah bisa menghasilkan uang sendiri, biasanya kuliahnya jadi malas :)

Haha, betul sekali pak…..

Sudah banyak memang contoh Mahasiswa yang sukses dalam kulah juga dalam bisnis. Tapi harus tetap fokus dan kuliah tetap jadi prioritas pertma.

tips ini memberikan saya penerangan untuk memulai bisnis online sebagai mahasiswa mas.

Tips yang bagus buat para mahasiswa yang mau kuliah sambil bisnis, usahakan agar dua2nya tetap jalan, kuliah dan bisnis, atau kerja dan kuliah, kerja sambilan yang paling cocok ya bisnis internet utamanya bisnis internet bidang afiliasi atau reseller yang berbayar maupun yang gratisan banyak koq bertebaran di internet

wah,, luar biasa pak joko susilo,, saya juga berusaha seperti itu,, karena saya masih mahasiswa,, tetapi rupanya sangat sulit juga bisa fokus,, soalnya bisnis online itu banyak macamnya,, baru nyoba satu dah hadir lagi program yang baru. Kesulitan terbesar bagi pemula bisnis online,, adalah tidak fokus pada salah satu jenis bisnis online,, akhirnya kuliah terbengkalai dan usaha online nya juga lama berkembang.
Saya sudah kenal bisnis online sejak semester 3 hingga semester 8 saat ini bisnis yang saya tekuni blum, bisa dibilang memuaskan,, he2.
Jadi saran saya,, jika ingin menjadikan bisnis online sebagai alternatif mengisi waktu luang saat kuliah maka harus di pilih satu macam bisnis online,, misal jadi afiliate diamazon,atau google adsense, , dsb,, sesuai minat. nah fokuslah pada satu pilihan tersebut,, hingga benar2 menghasilkan/ahlinya. jangan sampai ditengah jalan tergoda misal bisnis survei,ptc,PTR, atau afiliate produk yang baru,,akibatnya kacau balau.

itulah pentingnya FOKUS. di internet sangat banyak godaannya. tiap hari ada peluang bisnis online baru, dan ketidakmampuan untuk memilih dan FOKUS akan menjadi bumerang bukan saja bagi bisnis yang ingin digeluti, tapi juga kuliahnya.

Betul sekali pak. Kalo kita tidak bisa fokus terhadap tujuan kita, niscaya kita pasti tergoda dengan beragam peluang yang bertebaran di dunia online ini. Fokus itu memang membutuhkan komitmen yang tinggi. Saya sudah pernah merasakannya. Godaan untuk mencoba berbagai macam peluang selalu timbul setiap saat. Tetapi karena sudah niat untuk fokus ya tetap dijalanin yang sudah dipilih, walaupun mungkin belum menampakkan hasil yang nyata terutama di awal-awal usaha. Saran saya, kuatkan tekad dan niat untuk fokus. Jika tidak, hasilnya akan menjadi seperti orang kebanyakan.

maksaih pak JS atas pencerahannya, tentunya waktu penting untuk kita semua, jadi ya harus di menej supaya sebanyak-banyaknya bermanfaat….

salam,
azizah

betul. harus diatur agar kuliah tidak terbengkalai

terimakasih atas tipsnya pak, coba saya dulu waktu mahasiswa udah mulai bisnis pasti sekarang sudah paham apalagi bisnis online. Tapi tidak ada kata terlambat bagi kita untuk yang mau berusaha

Terimakasih mas tipsnya. juga tips2 sebelumnya termasuk tips SEO. sekarang blog bisnis saya diurutan pertama untuk key word: umroh murah di google search :)

luar biasa. tingkatkan terus untuk keyword lainnya

saya masih sering terpedaya oleh facebook..huah… :-/

ayo matikan facebook-nya :)

dua jempol untuk pak joko… sangat bermanfaat buat kami atas semua masukan2 dan pelajaran yang sudah bapak berikan…;)

salam sari “raka” BLITAR

terima kasih tips yang pak joko berikan…;)

SALAM SUKSES

saya salah seorang yg belum pintar membagi waktu.. trim’s artikelnya mas joko…

Hmm.. kejujuran Anda adalah modal kesuksesan Anda :)

saya setuju jika itu benar-benar terbukti…hehehehe, sukses pak joko…\m/

banyak temn2 yg kuliah kalo uda bisa cari duit sering terbengkalai kuliahnya …so fokus

bener banget tuh..
tapi mudah-mudahan kita-kita bisa selalu menggunakan skala prioritas.

Memang susah membagi waktu usaha dengan waktu kita yg lain. Meskipun saya sudah full time di bisnis online (toko Online) tapi sulit bgt ngatur waktu yg tepat untuk mengerjakan usaha saya itu dgn waktu untuk keluarga/bermain. Padahal kl dipikir tiap hari saya selalu ada dirumah trs bersama istri, tp nyatanya waktunya tidak seimbang. Mungkin karena sy kurang disiplin waktu kali ya.

Salut buat Saudara-saudara mahasiswa yang telah mempunyai semangat untuk memulai usaha, Semoga Kalian semua mendapatkan kesuksesan dalam usaha dan akademik serta keberkahan hidup dari Allah,SWT. Insya Allah, setiap pribadi mempunyai metode managemen waktu yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan skala prioritas Saudara, semoga bermanfaat.

Semoga Kalian semua mendapatkan kesuksesan dalam usaha dan kuliahnya

wahh tips yang sangat bermanfaat Pak Joko.
kebetulan saya juga sedang mencoba menerapkan strategi yang Anda berikan.

tips yang sangat bagus mas. sayang saya belum kuliah. kapan kapan akan saya terapkan mas. Terima kasih mas JOKO

pembagian waktu memang mempunyai fungsi penting dalam kehidupan kita karena waktu tidak bisa kembali

waktu kadang memang harus sangat kita perhatikan dan atur ,makasih pak joko…sukses

Pak joko kapan-kapan sharing file-filenya dalam memanagemen waktu dunk pak, mungkin ada kurva S atau schedule apa gitu pak! Thanks B4

wah tipsnya bagus sekali pak Joko. Waktu sekarang ini memang saya kurang bisa fokus untuk menjalankan wirausaha online.

konsisten pada apa yang dicita-citakan. man jadda wajada.

Prioritas utama seorang mahasiswa adalah belajar. Ia belajar bukan sekedar untuk memperoleh gelar, melainkan untuk hidup. Tetapi tentu saja sangat baik dan berguna kalau ia belajar juga untuk lebih dari sekedar berkutat pada buku dan ilmu. Ia dapat melakukan hal lain untuk mempersiapkan diri dan masa depannya. Berbisnis menjadi salah satu pilihan. Lewat berbisnis, mahasiswa dapat belajar hidup yang sesungguhnya: berhadapan dengan banyak pilihan, tantangan, peluang dan kesempatan. Karena itu, kita perlu dukung mahasiswa yang mau berbisnis atau setidak-tidaknya mau belajar berbisnis. Sudah banyak contoh mahasiswa yang berhasil berbisnis bahkan sebelum mereka lulus dari bangku kuliah mereka… sehingga mereka sudah bisa pensiun kaya bahkan sebelum mereka pernah mencari pekerjaan. Semoga anak-anak muda, khususnya mahasiswa, mau mengambil langkah untuk memulai dan menjalankan usaha… Salam sukses.

Mahasiswa belajar utk jadi wirausaha….

Bagus sekali kalau mahasiswa jadi wirausaha…

tips menarik. cocok juga tuh diterapin bagi yang bukan mahasiswa lagi.. heee…heee

Super sekali tipsnya mas Joko. Akan saya coba praktekkan. Tapi tetep kendala utama ialah membagi waktu dan prioritas.

Kalau sudah online pasti buka situs macam-macam deh. Hehehe…

Waktu adalah segalanya, bahkan ada kata yang menyebutkan, anda bisa membeli segalanya dengan uang, tapi tidak bisa membalikan waktu dengannya.
Jadi dalam setiap bisnis selalu memerlukan mentor yang menunjukan atau meluruskan ketika kita berada di jalur yang salah.

Mau mentor berpengalaman di bidang Google Adsense ?
Follow me..

wah, tips mantap pak, cocok buat saya yg masih mahasiswa dan baru memulai usaha online.
Thanks.

Wahhh.kebetulan sekali ni saya ketemu artikel seperti ini, karena saya seorang mahasiswa dan juga seorang pelaku wirausaha kecil-kecilan yang sering sekali terkendala dengan masalah waktu. Bahkan saya pernah berfikir rasanya waktu yang diberikan tuhan 24jam dalam 1 hari itu masih belum cukup. Tetapi akhirnya saya sadar kalau itu semua kembali lagi pada kita yang menjalaninya, bagaimana cara kita membagi waktu sebaik-baiknya antara kebutuhan, kewajiban dan tanggung jawab.

Menunda waktu adalah penghambat untuk maju..mulai action sekarang juga atau akan ketinggalan langkah..

wow..
artikelnya sangat bermanfaat mas bro buat saya yang saat ini masih kuliah..
trims…

tips yang bagus pak, tinggal action lagi

Intinya disiplin membagi waktu, dan tekun dengan pilihan aktifitasnya…siip

Bisnis online untuk mahasiswa sah2 saja asal jangan meupakan tugas utamanya belajar yang rajin

trims pak joko nasihatnya sangat bermanfaat bua tkita semua

Betul juga resepnya.akan aku coba membagi waktu.

akan aku coba untuk membagi waktuku sekarang ini.

terima kasih mas JOKO atas info dan tipsnya. bagi mahasisiwa ini sangat penting sekali.

Bagi yang waktunya terbatas, baik mahasiswa maupun karyawan, pilihan yang terbaik adalah menjadi affiliate marketer. Saya sendiri sudah sejak lama memanfaatkan petunjuk-petunjuk dari artikel yang ditulis Pak Joko.

Terimakasih tipsnya pak, saya juga baru mulai mencoba bisnis online dengan membuka toko herbal online.. mudah2an bisa sukses seperti Pak Joko :-)

kalo males mah sama aja ngatur nya susah

Kalau orang nya gigih pasti lain lagi ceritanya :)

cocok banget nih buat mahasiswa yang galau

Wahh.. skrg sy malah susah nih bagi waktu antara bisnis OL dgn keluarga.. Maklum Bisnis OL di jalanin di rumah jd susah bagi waktunya.. lebih2 py baby… ada yg mo memberi ide?…

Terima kasih tip-tip nya karena sangat berguna untuk bahan kuliah bagi mahasiswa saya. Sudah saya copy dan bahkan cetak untuk menambah wawasan, walaupun sampai sekarang saya belum bisa action.

wah saya semangat kalau ada artikel soal membagi-2 waktu..trims mas Joko atas sharingnya

intinya prioritas bisnis perlu dilakukan.thanks mas joko tipsnya

Menarik banget, saya akan bagikan informasi ini ke teman teman saya

kl tersandung waktu kuliah, mungkin bisa kerjasama sama teman, jd nanti ketika menjalankan usahanya bs saling bergantian, atau dengan kata lain siapa yg waktunya luang bisa menjaga/menjalankan usahanya. Jadi usaha bs tetap berjalan meskipun kita tetap kuliah.

Ane juga masih sekolah,, tapi suka kga konsen pak dengan blog..

hehee..

Gimna donk saran nya :)

saya salah satunya pak..hmmm..lumayan keteteran juga membagi waktu buat seorang mahasiswa enterpreneur. bingung memprioritaskan skripsi dan bisnis..

mari disiplin bagi waktu :)

betul semua bisa berjalan bersama-sama dengan sukses…

kalau dengan karyawan bagaimana mas, paling bisanya setelah jam kerja. tapi tetap semangat deh

untuk siswa gimana pak?

wah cara yg simple nan efektif … trims atas sarannya ;D tapi tetap saja kendala ruang lingkup sosial dan waktu itu sulit utk dihadapi pak …

seakrang sudah mengerti bagaimana membagi waktu untuk karyawan yang bisnis internet mas joko…ternyata mudah juga

terima kasih banyak pak.
sekarang cukup mengerti cara membagi waktu belajar denga waktu berbisnis..

makasih pak joko atas tipsnya. kebetulan saya juga seorang mahasiswa yang sedang belajar menjalankan bisnis online. sangat membantu saya yang memang terkadang sulit membagi waktu karena terkadang banyak juga tugas kuliah.

itu yang masih susah sampai sekarang pak..adil membagi waktu antara kuliah dengan usaha.

silakan dicoba tips di atas

saya sebagai mahasiswa ingin berbisnis online mandiri, thanks motivasinya pak joko.

mantab pak. lanjutkan pak saya setuju dengan pak joko, karena pak joko ilmunya bagus, biarkan saja pak orang diluaran sana bilang apa.

wauu..benar pak kalo kita bnyak aktiftas dari mulai bekerja,kuliah+ bisnis!!!
kita dituntut disiplin waktu.
bagaimana menempatkan waktu itu kuncinya!!!!
saya terkadang jga buang waktu dengan percuma<<<
dominan ke pekerjaan…
sukses selalu.

Perlu saya ikuti even yang baik ini,,terimakasih pak joko!

saya sebenrnya dari dulu ingin bekerja sambil kuliah tapi karena susah membagi waktu akhirnya tidak jadi, mungkin setelah membaca artikel ini pikiran saya jadi terbuka, terimakasih pak joko.

terimakasih pencerahannya… harus segera di coba nih…

Tips nya membantu, tapi mengenai masalah Facebook,banyak loh yang sekarang buka Toko Online di FB. jadi gak apa lama-lama buka FB asal niatnya cari uang kan mas? he,he,he..

wah artikelnya tips bagus banget nih, mengingat saya sebagai mahasiswa juga sangat berminat sekali dalam bidang wirausaha, khususnya belajar bisnis online, sejauh ini saya masih bisa membagi waktu antara kuliah dan berbisnis online..

Tpi, kalau untuk SISWA SMK, gimana tuh pak?

lebih detail dong mas infonya….

Tips yang sangat bagus dan bermanfaat, akan mencoba untuk menerapkannya. :)
Dulu waktu aku masih semester 1 aku belum mengenal bisnis, dan nilaiku masih normal atau lumayan, tapi semenjak semester 2 aku mulai apa itu bisnis, dan aku terjun di bisnis online yaitu: PTC, Survey online, affiliasi, tapi karena ada 17 yang aku ikuti semuanya jadi amburadul tidak karu-karuan, nilai kuliahku merosot sampe dengan saat ini, semester dua ada nilai E, dan saat ini (semester 3) sudah agak mendingan karena bisnis yang aku jalani aku kurangin, terkadang kalau menyelesaikan tugas sambil fb’an echh… palah gak jadi nyelesain tugas palah kebawa ke bisni online, akhirnya amburadul kan? selain bisnis online aku juga juga menjalani bisnis nyata, sejujurnya aku tergiur dengan bisnis dikarenakan uang kuliah masih kurang, makanya aku ikut bisnis, gak taunya palah gak bisa mengatur waktu Aduchhh2 gimana ini aku… Uang bisnis gak ngumpul banyak palah nilai kuliah ada yang E jadi harus ngulang lagi ni

Sukses selalu untuk pengusaha muda

pengalaman yang menarik mas. saran saya, fokus di satu dulu. asalkan satu kalau optimal, saya yakin kalau cuma buat bayar kuliah cukup :)

Assalamualaykum pak, saya dari SMA sudah biasa berdagang kecil2lan sama orang tua saya. Tapi pas Kuliah ini saya ingin memiliki usaha yang seperti itu lagi namun terhambat masalah transportasi karna kampus saya agak jauh dari pusat kota? mohon solusi nya ya pak,
Terimakasih,

anda bisa atur bisnis anda sesuai dengan waktu yang anda miliki. manfaatkan waktu sebaik-baiknya

paak saya kok tetep masih bingung.. saya selalu ikutin posting dari pak joko untuk menunjang bisnis OL saya .. kadang2 saya pake kata2 pak joko utk ngajakin temen2 bisnis OL via FB.. tapi knapa bisnis saya tetep ngga maju2 pakk bantu saya.. bagaimana mendapatkan/ menaikkan pelanggan via OL. terimaksaih pak…

kuncinya tetap, perbanyak traffic dan tingkatkan konversinya, agar penjualan meningkat.
boleh tahu bisnisnya apa?

bagus an tipsnya,bisa saya jadikan referensi untuk mencoba mnjadi wirausahawan sukses walaupun masih menempuh kuliah…

kalau untuk anak sekolah Gimana ?

tips di atas juga bisa diterapkan untuk anak sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>