Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keluarga

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah KeluargaAda pengunjung blog ini yang bertanya di sini mengenai masalah hidup yang dihadapinya.

mas apakah masalah akan selalu tetap datang selama kita menjalani kehidupan ini? bagaimanakah jika menghadapi masalah tekanan batin?

Kurang jelas sebetulnya apa masalah yang disampaikannya. Namun tekanan batin bisa timbul karena masalah keluarga, masalah ekonomi, masalah bisnis, masalah dengan lingkungan atau yang lainnya. Masalah-masalah hidup seperti ini yang pada hari-hari ini banyak menimpa banyak orang, dan jika tak dapat dikelola dengan baik bisa mengakibatkan tekanan batin yang berat, bahkan bisa berujung stres atau depresi.

Nah, kali ini saya khusus bahas mengenai solusi masalah keluarga.

Apa masalah keluarga yang sedang anda hadapi? Apakah soal kebutuhan yang tak tercukupi? Apakah ada komunikasi yang tak lancar dengan anggota keluarga? Atau ada perbedaan pandangan mengenai suatu hal yang kemudian membuat hubungan keluarga menjadi tidak harmonis? Atau masalah apa?

Bisa jadi masalah keluarga yang sedang Anda hadapi saat ini timbul bukan disebabkan dari dalam keluarga, namun dari faktor luar keluarga yang kemudian membuat suasana keluarga menjadi tidak nyaman. Menghadapi masalah keluarga seperti ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Ketahui masalahnya. Ketahui betul apa masalah keluarga yang sedang anda alami. Anda harus tahu akar persoalan yang menjadi penyebab masalah itu muncul. Sebab dengan begitu, Anda akan tahu duduk masalah yang sebenarnya.
  2. Jangan larut dalam masalah. Jangan biarkan Anda larut pada masalah. Apalagi jika sampai Anda tak tahu harus berbuat apa. Fokuskan diri Anda pada solusi yang harus diambil.
    Bolehlah jika itu merupakan persoalan yang berat, untuk sejenak bersedih atau bahkan menangis agar anda merasa lebih lega. Namun jangan kemudian masalah itu memenjarakan kehidupan Anda. Anda masih punya hari esok. Masih banyak yang harus Anda lakukan dan itu jauh lebih berarti. Sebab hidup ini indah!
  3. Cari solusi. Setelah anda tahu apa masalahnya, kemudian coba cari beberapa alternatif solusi agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Dari beberapa alternatif solusi tersbeut, pikirkan mana solusi yang terbaik yang bisa Anda dahulukan. Dalam mencari solusi ini, tak harus Anda lakukan seorang diri, Anda bisa minta saran pada orang lain.
  4. Minta bantuan saudara atau teman. Jika masalah keluarga tersebut tak bisa diselesaikan sendiri ada baiknya minta bantuan saudara dan teman. Jangan buang waktu untuk masalah yang tak bisa anda atasi sendiri. Ceritakan bagaimana masalahnya, dan apa solusi yang akan Anda jalankan. Dan mintalah berperan untuk membantu dalam mengatasi masalah tersebut.
  5. Berdoa. Ya, berdoalah pada-Nya mengenai masalah keluarga yang sedang Anda hadapi. Allah adalah tempat berlabuh. Kepada-Nya segala urusan dan masalah diserahkan.
  6. Segera selesaikan masalahnya. Tak baik memperlama-lama masalah. Jika Anda sudah mantap dengan pilihan solusinya, segera ACTION.
    Ya mungkin ada kalanya Anda harus menunggu waktu yang tepat. Anda boleh memilih hal itu asal tahu kapan waktu itu tiba. Jika sudah tiba, segeralah ACTION agar masalah itu tak berlarut-larut.
  7. Ambil hikmahnya. Setiap masalah pasti ada hikmahnya. Tak terkecuali masalah keluarga. Jadikan itu sebagai bagian dari pembelajaran hidup yang Anda lalui. Itu pasti akan membuat Anda lebih tenang dan matang dalam mengarungi hidup.

Dalam hidup, masalah itu pastilah selalu ada. Tak pandang bulu apakah Anda orang kaya atau orang biasa. Namun bukan masalahnya yang penting, tapi bagaimana sikap Anda menghadapi masalah itulah yang jauh lebih penting.

Salam ACTION!

188 Comments. Leave new

Sudah lama banget tidak komentar diblog mas joko ini. Semoga selalu bisa berkunjung keblog mas joko.

Tepat sekali mas joko untuk permasalahnnya.
Si dia perlu memotivasi diri sendiri dan keluar dari tekanan yang ada, jika tidak akan berujung seperti mas joko katakan tadi.

Jika anda berhasil keluar dari tekanan yang ada, itu membuat mental seseorang itu menjadi lebih kuat.

Jadi tetaplah mencari motivasi-motivasi bagi diri anda, dan tempat mas joko sangatlah tepat untuk mencari motivasinya.

betul sekali pak jangan pernah lemah dalam menghadapi suatu masalah , pasti akan ada solusi dan manfaatnya

salam Pak Joko.

Setiap manusia pasti punya masalah…
tetapi dari setiap masalah itu pasti selalu ada hikmahnya…
InsyaAllah….

Betul, asal kita mau berpikiran positif :)

Masalah harus dihadapi, jangan “lari” dari masalah, ikhtiar dan do’a adalah kuncinya. dapatkan berbagai e-book islami yang mengupas tuntas permasalahan dan solusinya secara islami, hanya di……..

yang utama adalah menghadapi masalah dengan hati yang tenang.. jangan gemrusuh klw orang jawa bilang.

kenepa hidup ku slalu serba membinggungkan,ku gak tau harus gmana lg kpdanya,sejelek apun orang tua lebih enak hidup barsaman orang tua sndri..kuat kan lah aku,tambah kan lah kesabaran hamba mu ini…
ku kan terima semua cobaan eang nimpa aku ini..
aminn

yang sabar ya… berdoa dan mintalah petunjuk pada-Nya

Ass,,, pak maaf gmna caranya mengatasi suatu permasalahan keluarga,, yg seperti ini;
1. Tolak belakang dengan pasangan tp klow d lepaskan kasihan di karnakan tkut anak aq g ter urus,, trus tkut ada epek yg tidak baik??
2. Gmna cara melepaskan per masalahan yg demikian?
Terimakasih

wass
menurut saya kita harus mengerti karakter pasangan dan mencoba berkomunikasi dengan baik. tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. coba rembug bareng mengenai masalah yang sedang dihadapi. karena ketika ijab qobul sudah diucap, maka anda dan pasangan bukan lagi dua orang yang terpisah, tapi dua orang yang jadi satu dan harus bersama menghadapi tantangan hidup ini.
terlebih jika sudah memiliki anak. ingat itu agar ikatan pernikahan ini terus langgeng.
coba saling bersabar, dan saling pengertian.

lama tak berkunjung mas…
salam sukses,

Perlu motivasi untuk keluar dari tekanan tersebut, jika anda sudah keluar dari tekanan maka anda akan mempunyai mental yang lebih siap.

benar sekali yang dikatakan mas antoni, perlu motivasi untuk keluar dari tekanan yang ada. Dan blog mas joko lah paling tepat untuk mencari motivasinya.

dan jangan pernah kapok, masalah tersebut adalah awal dari sebuah keberhasilan.

Manusia menjadi lebih dewasa dan lebih sukses dalam hal apapun karena pernah mengalami suatu masalah.

Kalau manuasia tidak mau menghadapi masalah namanya pengecut.

betul sekali jangan pernah capek dalam menghadapi sesuatu, pasti akan ada manfaatnya.

Betapapun tidak nyamannya situasi dan kondisi dalam keluarga dan apapun masalahnya dalam keluarga..tapi di dalam keluarga adalah tetap tempat ternyaman dan terindah dari pada situasi dan kondisi diluar sana…
Keluarga yang SEHAT, HARMONIS & SEJAHTERA adalah dambaan kita semua, Jadi mari kita berusaha mewujudkannya…
Terima kasih pak joko sudah berbagi :)

Dalam kehidupan ini masalah akan selalu datang silih-berganti. Justru masalah-masalah itulah yang membuat kita dapat bertumbuh. Masalah-masalah itu pula yang membuat kehidupan ini menjadi indah dan berwarna.
Seandainya di dunia ini tak ada masalah sama sekali, seandainya segala yang kita inginkan baru terlintas di pikiran dan tiba-tiba langsung muncul di depan mata, bagaimana kira-kira? Kalau cuma satu dua kali begitu memang asyik, tapi kalau terus-menerus begitu? Saya kira hidup akan jadi sangat membosankan, tak ada tantangan.

Ilustrasinya begini: Seandainya kita beli sebuah game petualangan, tapi dalam game itu tidak ada musuhnya, tidak ada rintangannya, tidak ada hambatan, dan semacamnya, semuanya berjalan mulus, kira-kira bagaimana? Saya kira akan sangat tidak menarik dan game itu akan tidak laku bukan?

Demikian pula hidup kita.

Ups, komentarnya mau bersaing dengan postingnya nih… hahahaha… :))

Pak Joko, apakah saya boleh tahu, Mr. Action Club dan Aset Virtual itu pakai plugin apa ya? Mungkin di posting berikutnya bisa dibahas bagaimana membangun web membership yang bagus plus perlengkapan yang dibutuhkan. Terima kasih sebelumnya. :-)

Betapapun tidak nyamannya di dalam keluarga dan apapun masalahnya…..Tapi didalam keluarga adalah tetap tempat ternyaman dan terindah dari pada situasi di Luar sana….
Keluarga Yang Sehat, Sejahtera & Harmonis Adalah Dambaan kita semua…. Jadi Mari kita berusaha Mewujudkannya…
Terima kasih pak joko sudah berbagi.. :)

thanxz pak ats infoX,,i2 smw bs mmberi inspirasi pd sya,,pa yg hrus sy lkukan k’dpanX,,,,,
thnxz you very very very much,,,,

ya, Pak, harus selalu semangat, apapun yang terjadi.

Terimakasih Pak Joko atas tips dan advisenya, salam sukses selalu

suguhan yang sangat menarik untuk disimak laupun saya belum berkeluarga alias blm punya istri dengan bantuan artikel diatas bisa menjadi modal saya entar kalau sudah mulai berkeluarga.

perlu kita ingat juga bahwa Allah tidak akan membebani kita dengan sesuatu yang kita tidak sanggup menanggungnya. Dan dalam alquran surah al-insyiroh Allah berfirman yang artinya: “sesunggungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

Masalah adalah “soal ujian yang harus kita jawab dan kita praktekkan supaya kita lulus ke jenjang selanjutnya”.

Iyap. Hikmahnya merupakan bagian yang terpenting. Adanya masalah pertanda kita bukan orang biasa lagi. Kita sudah menjadi orang yang luar biasa. Dan salah satu hadiahnya adalah kekuatan baru berupa hikmah dari masalah. :D

menarik sekali, masalah adalah sebuah hadiah

terima kasih pak joko ada masalah pasti ada solusi…trims

wah maslah keluarga ya,,,emang sih setiap keluarga pasti akan menumui berbagai macam permasalahan di perjalana hidup. tapi, pada dasarnya, masalah itu perlu dalamsebuah keluarga, kata orang sih, masalah dalam keluarga ibarat bumbu dalam masalakan, yang bikin gurih dan nikmat, tapi ya jangan kebanyakan, bukannya enak tapi malah gak enak….
ya saran saya sih hadapi masalah dengan sikap dewasa, tentunya orang yang sudah bekeluarga udah dewasa semuakan,,,,hehehe,,,,selalu jaga kebersaman, dan saling percaya satu sama lain….

terimakasih tambahan komentarnya

yang penting tetap jaga kebersamaan seperti kata pak halim hehehe
kuncinya percaya satusama lain////

Betul, manusia hidup dikelilingi dengan kepercayaan.

setiap orang mau pasti mau ikut program anda karena smua ingin menjadi orang yg berhasil.tp klu pada awalnya harus bayar dengan uang dulu/beli, kebanyakan orang akan mundur karena ndak punya uang.kalau pada awal gabung gratis tanpa modal pasti banyak orang yang akan ikut program anda

Itu dia, kebanyakan orang malah menghindari masalah.. bukan menyelesaikan masalah. :)

10% pikirkan masalah nya 90% pikirkan solusi nya.

Dibalik satu kesulitan, ada 2 kemudahan :)

Wahhh… masalah rumah tangga memang gak ada habisnya..Bagi yang pernah mengalaminya dan bisa melewati serta mampu mengatasi semuanya dengan bijak pasti bisa mengambil hikmah dari semua. Tapi bagi yang pertama mendapat cobaan dalam rumah tangganya, tentu sulit untk bisa berpikir jernih, apalagi utk mengikuti langkah-langkah di atas. paling2 yg cm bisa berdoa.
Perlu bersabar adalah salah satu langkah yang bijak. Disamping itu diharapkan jg utk bisa melihat masalahnya dari sudut pandang lain. kadang apa yg kita anggap benar, belum tentu demikian menurut pandangan dari sudut lain
Berdoa, bersabar dan mencoba melihat dari sudut pandang berbeda mungkin itu bisa dijadikan acuan utk mengatasi dilangkah awalnya, selanjutnya baru mengikuti langkah-langkah seperti diatas..
Tapi dari semuanya, perlu diketahui bahwa setiap masalah yg menimpa adalah sebuah proses belajar manusia utk maju melangkah ke depan. Seberat apapun masalah, itu hanyalah salah satu proses pendewasaan diri..Untuk maju secara jasmani, rohani dan spiritual

Salam sukses dan selamat belajar mengatasinya..
Theo

ya, hidup ini adalah sebuah proses pembelajaran tanpa henti

Artikel yang sangat membangun, terima kasih mas joko..sukses ya.

Menurut saya, jangan mempermasalahkan masalah. Karna siapa pasti punya masalah. Cara menanggapi dan menyelesaikan saja yang beda.

betul sekali, jgn sampe kita lama2 larut dalam masalah, jgn pikirkan masalahnya, yg lebih penting segera cari solusinya..

benar, fokuskan pada solusinya

Bukan pada masalahnya…

Pak Joko Susilo selalu bisa diandalkan, Mengatasi Masalah Tanpa Masalah :)

haha,kayak pegadaian ajah

Gak salah memang jadi subscibe blog JokoSusilo dot com setiap ada artikel baru selalu otomatis dikirim ke Email saya, jadi tahu update ilmu ilmu pak joko, termasuk ilmu menyelesaikan masalah ini!

Ditunggu Ilmu berikutnya pak, thanks!

Setiap masalah pasti ada solusinya. Allah berfirman dalam Alqur’an bahwasanya : Sesungguhnya di balik kesulitan pasti ada kemudahan. Yang harus kita lakukan adalah bertaqwa kepada Allahu Ta’ala karena Allah berfirman dalam surat At Tolaq ayat 2 dan 3 bahwasanya : …..Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya ALLAH akan mencukupkan (keperluannya). Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-NYA. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

wow…ternyata pak joko tidak hanya punya solusi bisnis online , tap juga punya solusi ‘bisnis kehidupan’

mantap!!!

Masalah pasti akan terus ada pada kehidupan setiap manusia, tak pandang bulu siapapun dia. Mestinya manusia bisa belajar dari masalah-masalah yang datang dan menjadi semakin lebih dewasa.
Terimakasih mas, artikelnya bagus.

Mantap tipsnya bos, ma kasih

Tips yang sangat bermanfaat dan memotivasi,thanks bos

ya mudah2an ada pelajaran berharga dari artikel ini buat kita semua…trims pak joko..

Amazing… sederhana tapi susah dalam prakteknya

Mantap pak Joko, yang penting saling mengerti dan saling memahami antara anggota keluarga. Setiap masalah pasti ada solusinya.

Salam sukses maju terus pak..

iya, setiap problem pasti ada solusinya

Jadi, tetap semangat yah :)

Andai kau sadar senyum mu itu indah :)

Terima kasih mas Joko, Tips ini sangat bermanfaat untuk saya dalam menjalani masalah keluarga. Sekali lagi thanks ya

ass.wr.wb

mas Joko yg terhormat,

terima kasih selama menjadi member anda
sy selalu mendapatkan saran-saran
namun samapi sejauh ini semenjak sy menjadi member aservirtual, masih tetap dalam kebingungan, apa dari mana sy harus memulai,sy tidak memiliki bisnis dan sy masuk member ini barangkali ada apa yang harus sy lakukan terima jasih

Wasalamualaikum. jika mengalami kesulitan bisa hubungi di kontak asetvirtual.

Benar sekali, setiap masalah harus dicarikan solusinya.. Tips-tips dari Pak Joko bisa dipraktekan untuk mengatasi masalah

Ada yang lebih penting lagi, sebelum berkeluarga/menikah kita harus mempersiapkannya, apa itu persiapannya? Rekans bisa klik di web saya.. temukan tips-tips seputar pernikahan
Semoga bermanfaat

Cukup dengan teman Curhat, biasanya masalah selesai!

semua uneq-uneq dapat kita curhatkan keteman, salah satu cara mengurangi stres..

Kadang masalah yang ada membuat seseorang menjadi lebih dewasa, untuk itulah jaga kebersamaan dan selalu saling percaya dengan pasangan Anda

Semoga kita bisa bersabar , bersyukur sekaligus diiringi doa bila menghadapi masalah keluarga

maslah? Wow ! pasti bikin pusing. Tapi hidup tanpa masalah ibarat lauk tanpa garam. Masalah dalam kehidupan adalah bagian dari ujian, Bukankah kita hidup di dunia ini hanya untuk menjalani ujian? Karena itu Allah menetapkan reward dan Punishment atas cara menghadapi ujian, baik di dunia maupun di akhirat. Butir-butir solusi dari pak Joko tentu sangat bermanfaat untuk dijadikan panduan. Thanks buat pak Joko

masalah akan melatih kesabaran kita agar lebih baik

tepat pak joko. tekanan batin itu emang sering dikarenakan masalah keluarga.namun namanya masalah tetap saja harus dihadapi. kabur dari masalah itu tak baik namanya kan mas. salam action!

benar sekali, masalah harus diselesaikan

terima kasih sudah berbagi infonya,,,semoga dapat bermanfaat

Hidup tanpa maslah ? Tidak ada. Manusia hidup pasti menghadapi masalah, yang penting bagaimana kita menyikapi masalah. Solusi Mas Joko cukup baik. Sebagai umat beragama kita kembali kepada Yang maha pencipta. Kalau kita umat Islam Kembali kepada ke Rabb kita Allah SWT, mengadulah dengan sholat malam, Istikharah, dan konsultasi kepada ustad, ikuti taklim atau pengajian Insya Allah semua masalah ada pemecahannya, Inamal yusri yusro

terima kasih untuk artikelnya pak

belum berkeluarga gan, moga” kalo udah berkeluarga g ada masalah amin hehehe

Sebagian orang dapat menyelesaikan masalahnya dengan mudah, sementara bagi sebagian lain sulit seperti mengurai benang kusut?

Apa penyebabnya?

Jam terbang. Maksudnya semakin banyak pengalaman seseorang dalam menghadapi masalah semakin bijaklah ia memilih solusi yang tepat bagi masalah yang dihadapinya.

Bukan berarti, agar semakin bijak Anda lantas mencari-cari masalah :). Memang benar pengalaman adalah guru yang terbaik, Tapi belajar dari pengalaman orang lain jauh lebih cerdas dan bijak.

Mudah-mudahan dari setiap perjalanan dan masalah yang kita hadapi dalam hidup ini membuat kita semakin bijak.

Amin…

iya benar sekali, belajar dari pengalaman orang lain itu sangat baik. tak perlu setiap pengalaman harus dicoba sendiri

Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan moga2 dengan tips yang Pak Joko berikan bisa memberi sepintas bantuan untuk kita
terima kasih Pak

Dinamika kehidupan yang senantiasa berubah seperti roda kadang berada di atas kadang di bawah,kadang sedih kadang gembira,kadang tertawa kadang menangis,kadang damai kadang gelisah. Karena keadaan senantiasa bergilir maka respon terhadap keadaan harus tetap sama yaitu berfikir positif (menjauhi emosi negatif,prasangka,buruk sangka,caci maki dan dengki), bersabar dan memohon pertolongan Allahu Ta’ala dalam setiap waktu.

pas bener,…Bismillah pak

iya, bismillah dan mulai ACTION!

jangan lupa pak joko, di atas ranjang juga sangat perlu…..

Benar Mas Joko.. masalah keluarga selalu datang silih berganti, kalau dihitung-hitung barangkali banyak masalah yang belum dapet solusi sudah datang lagi masalah baru. Memang begitulah gelombang kehidupan, seperti kita mengarungi lautan tiada permukaan air laut yang tampa gelombang. Tapi kalau kita bisa mengikuti irama gelombang tersebut maka kita akan dapat menikmatinya bagaikan menikmati alunan lagu.

infonya sangat membangun dan berkualitas..terima kasih pak joko…

terkadang memang keluargapun bisa menjadi penghambat kesuksesan kita, namun hilangkanlah faktor penghambat itu. Jadikanlah selalu keluarga itu menjadi motivator untuk kita berjuang membahagiakan mereka. :-)

Setuju banget! buat para pria juga ada kata mutiara yang mengatakan bahwa “pria sukses dibelakangnya pasti ada seorang wanita hebat”. Keluarga sdh pasti motivator dalam menjalankan kegiatan apapun termasuk usaha :)

tepat sekali. pria hebat pasti didampingi wanita hebat

artikelnya benar2 sangat berguna dan membangun.. saya mesti sering brkunjung kesini.. thx ya pak joko..

Terima kasih infonya.

Ulasannya selalu enak dibaca dan perlu dibaca oleh kita semua.
Terima kasih Mas Joko

kuncinya KOMUNIKASI sesama anggota keluarga

betul juga, komunikasi yang lancar dalam keluarga sangat penting

Masalah dalam kehidupan ini memang begitu kompleks, namun jika kita bisa menyiasatinya dengan baik dan benar, maka cenderung akan menjadikan satu kekuatan yang sangat hebat untuk mendongkrak potensi manusia. Kuncinya sudah Pak Joko bedah diatas, tinggal diterapkan saja.

Sebetulnya simpel saja, cukup dengan bersikap positif, fokus dengan solusi dan dengan di iringi do’a akan menjadikan manusia menjadi tangguh dalam masalah apapun.

Justru mencintai masalah, karena dengan adanya masalah, manusia bisa banyak belajar, coba Anda bayangkan jika “Manusia hidup tanpa masalah?”, manusia tidak akan pernah bisa belajar dalam kehidupan ini.

Terima kasih buat Pak Joko dan salam sukses buat sahabat online semua. :)

tetap positif dalam situasi apapun. Semangat!

terimakasih banyak ya sob atas info – infonya

salam hangat slalu ,semoga sukses terus

Pak joko yang terhormat mohon ajari saya tentang bisnis online secara mendalam, sebeb saya kepingin menghasilkan uang dari cara online. tapi saya tidak ada dana untuk bayar kursus

silahkan sering-sering kunjungi blog ini :)

blog ini cocok bagi mas agus yang ingin memperdalam, karena disini akan diajarkan oleh internet marketer ternama.

tips yang sangat bermanfaat, yang penting bisa sabar dan ikhlas, insyaallah semua masalah akan terselesaikan :)

Terkadang masalah itu muncul memang dari dalam keluarga kita sendiri (masalah internal), dan itu yang paling bahaya.

Apalagi menyangkut masalah ekonomi dan keuangan, sangat sensitif. Semoga Allah selalu membuka mata kita semua bahwa tak ada masalah yg tak ada solusinya.

Aminn, semoga semua yg ada dsinimemiliki keluarga yang tulus mendukung

Sudah lama tidak berkunjung ke blog pak Joko, ternyata banyak perubahannya :)

betul mas, saya salah satunya yang terkejut perubahan dari blog ini.

makin komplit ilmunya Pak Joko….
mantab.

terbuka aja kl masalah keluarga…

Terimakasih tipsnya.. Dalam hidup maslah pasti ada dan kita harus pintar-pintar mengatasinya..

begitulah hidup itu, masalah dan solusi selalu berjalan beriringan

Keinginan adalah awal masalah, termasuk keinginan untuk tidak punya keinginan

Terima kasih atas tipsnya.

masalah keluarga…?….solusi mudah yaitu di atas ranjang aja…

Supeeeeeeer sekali artikelnya pak (y)

setiap keinginan awal dari masalah, termasuk keinginan untuk tidak punya keinginan juga bmerupakan masalah

betul Pak Joko..
Melatih diri tuk berpikir positif.
Ambil hikmah dan koreksi diri dari setiap permasalahan yang muncul.
Berdoa dan yakin Allah memberikan yang terbaik.
Berbagi sumber kebahagiaan dengan sesama.
Salam Sehat dan Salam Dahsyat!

Masalah keluarga bila tidak cepat diselesaikan bisa membuat keluarga jadi kurang harmonis
nice share pak Joko

Saya setuju Pak Joko,.. Masalah keluarga tidak akan selesai jika tidak ada solusinya,.. yakni dari kedua pasangannya, jauhi dari pihak ketiga, kalau bisa,..

seperti yang pak Joko bilang, yang penting fokus kita ada di solusi, bukan memperbesar masalah.
Karena sekecil apapun masalahnya, jika selalu dibesar-besarkan…masalah tersebut nggak akan pernah selesai

Berkomunikasi dan dengarkan pasangan Anda dan saling memahami serta bersabar dengan kekurangan masing-masing.

sebenarnya begini menurut saya, setiap satu masalah Allah akan memberikan 2 solusi bertepatan dengan datannya masalah, jadi tidak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusi, hanya saja terkadang manusia tidak menyadarinya..

Taken easy aja, maka yg berat akan terasa ringan…

betul, enjoy jalani hidup agar terasa ringan

enjoy every moment. it can be your best

Apakah benar kesabaran ada batasnya ? Kesabaran merupakan sifat orang-orang yang bertaqwa dan beriman kepada Allahu Ta’ala dan hari akhir. Kesabaran menjadi perisai untuk mencegah dari perbuatan di luar batas-batas hukum syari’at Allah. Jika sabar terlepas dari seseorang maka ia akan condong melakukan maksiat baik berupa perkataan yang buruk, akhlak yang tidak terpuji, tindakan yang melanggar syari’at dan berburuk sangka yang pada akhirnya akan memeberikan dampak yang sangat buruk bagi pelakunya maupun terhadap orang lain. Jadi jika kita hendak menuai buah yang manis maka tidak ada pilihan kecuali tetap beriman,bertaqwa,bersabar dan bersyukur. Wallahu a’lam.

Bagaimana cara mengatasi masalah keluarga?
udah diberikan solusi yang gamblang sama p.joko susilo,kalau saya boleh menyarankan.masalah adalah pemberian ALLAH SWT. so,kembalikan pada yang memberikan masalah .artinya berdoa,medekatkan diri dan berikhtiar yaitu dgn konsultasi pada orang di ahli bidangnya(misal ; psikolog).

sukses selalu.

benar, dekatkan diri pada-Nya dan selalu berdoa setiap saat

Pak Joko yth saya ada masalah nih masalahnya saya sudah lama menjadi member pak joko dari bulan februari 2012 blm berhasil tlg bimbingannya dari pak Joko dan sampai saat ini saya blm tahu cara membuka seperti saya membuka internet pak Joko agar orang lain bisa melihat punya saya juga seperti saya melihat punya pak Joko terimasih atas sebelumnya agar saya bisa mempromosikan kepada orang lain.dari wahyucahayaa@yahoo.co.id

mantab… membahas masalah keluarga juga…
Siph….

meski banyak masalah tetap semangat..pasti ada jalan

mudah-mudahan yg keluarganya kurang harmonis dalam rangka lebaran ini di berikan keharmonisan seperti semula…amin

ajib buat pembelajaran

pak aku mau tanya masalah yang aku hadapi sekarang ini mungkin bapak akn terkejut dengan apa yang aku bicarakan..ini mengenai seorang janda yang di kawini tapi belum di nikai,terus dia kawin lagi,dan di perkawinan ini dua2nya mempunyai anak,,,,,tapi yang wanita 1 ini sangat licik berbagai cara ia lakukan agar dapat menjadi istri no,1
]

Tidak ada dalam kehidupan berkeluarga tanpa masalah. Masalah adalah merupakan bumbu kehidupan dan selalu ada hikmah kebaikan dibaliknya..sepanjang bisa mengatasinya. Tetapi jika tidak dapat mengatasinya akan menjadi malapetaka dan menghancurkan sebuah keluarga. Ketujuh langkah mengatasi yang disampaikan Mas Joko merupakan cara jitu mengatasi masalah.

mudah2an gk ada masalah sama keluarga kita semua…

artikelnya bagus sekali, kebetulan saya baru berkeluarga, bisa jadi bahan referensi :)

yang pasti mengatasi masalah tanpa masalah dong mas… hehehe

masalah keluarga bisa juga ada kaitannya dg masalah seksualitas, perlu info klik aja di tempat kami, mudah2an bisa bantu..trims

coba buka-bukaan deh masalah keluarga sama istri…

harus saling terbuka dan tidak ada dendam dari keduanya..

Terus menuntut ilmu syar’i yang mengarahkan manusia menuju ketaqwaan kepada Allohu Ta’ala, bersabar dan berkomunikasi dua arah.

masalah membuat kita semakin dewasa..

saya sudah beberapa kali melakukan kesalahan dalam berumah tangga, bagaimana cara menyelesaikan masalah ini supaya kembali baik.

saya berkomunikasi dengan teman cowok,suami saya ga suka.. saya tetep saja berkomunikasi. nah sekarang dia marah besar,, saya sudah coba meminta maaf tapi dia ga peduli..

kalau tidak bisa, bisa minta tolong orang ketiga entah orangtua atau kakak suami, atau teman suami untuk menjembatani. agar persoalan tersebut bisa segera clear. dan yang penting tak lagi diulangi

Setiap permaslahan harus duhadapi dengan ketenangan hati…

pak knapa ya hidup saya n isteri saya selalu betengkar apa kami tidak ada kecocokan,,,,,saya udah ngalh mulu jadi suami,,, bahkan di tabox saya diam saja,,,,,

bener banget apa yang di katakan pak joko, setiap ada masalahk, itu pasti ada jalan keluar nyah.

,, Mantap gan artikel nya,,,
,, Boleh nh gan mampir k blog saya,, kali ajj bisa kasih komentar tentang blog curahannhatii.blogspot.com saya klo ada yang kurang,, mklum gan saya baru,,
salam kenal sebelum nya gan

ditambah gambar, biar lebih menarik postingannya :)

artikelnya sangat menyejukkan pak, sering-sering aja bikin artikel kayak gini :)

Thanks banget.

Saya ada masalah dengan family saya.Terutama dengan bapa saya.Saya x tahu nak buat ape lagi..nak kate saye da dapat Universiti tempatan yg terbaik,saya da dapatkan.nak katakan saya bercouple,saya x de couple even sampai sekarang ni pon.Puas saya ingin cuba mendekati keluarga saya,namun, herdikan ,cacian,hinaan dan kejahilan yang digelarkan saya. Kadangkala saya teringin melarikan diri dari rumah, tapi kemana lagi yang saya perlu pergi? ada bakat pun x boleh nak dikembangkan. Walaupun korang ade masalah yang dianggap besar,sebenarnya korang lebih beruntung daripada diri saya ini yang sentiasa, setiap saat, detik, waktu, dan setiap ketika asyik merasakan suatu perasaan yang amat pedih menusuk di kalbu. Siapa x sakit hati kn kalau sentiasa diherdik sehingga berumur 18 tahun genap kan? Siapa pun saya tak nak susahkan..saya just nak share disini je.x nak bawak kat orang sekeliling saya. Moga saya dapat jalan penyelesaiannya. Yelah kan,siapa yang ingin berjauhan dengan keluarga? lagi-lagi kalau kita masih sayang pada ibu kita. Kekadang rasa ingin bunuh diri.Syaitan berbisik.Tapi, entah la..hidup didunia saya takut,hidup diakhirat saya takut,saya x tau nak pergi mana.

Saran saya, anda sebaiknya minta bantauan orang yang bisa menjembatani masalah anda. mungkin pada Pak De anda atau kakak dari ayah Anda jika ada. Anda bisa tumpahkan masalah anda padanya dan minta bantu untuk menyelesaikan masalah tersebut

Minta sarannya donk Mr…
Bagaimana Jika menanggapi situasi ini

Anda Memiliki Mimpi menjadi tentara dan ibumu sangat mendukung Anda, tetapi dua kali anda mencoba selalu gagal. Tapi ibumu selalu menyarankan Anda untuk tetap semangat mengejar impian Anda, Anda harus berusaha. Yang ketiga mencoba kembali mendaftar .akhirnya Anda sukses. Kemudian Anda minta ijin kpd ibumu untuk pelatihan menjadi tentara. dan ibumu memberi izin. setelah dua minggu,, keluarga Anda menelpon Anda dan mengatakan bahwa ibu Anda lagi sakit. dia merindukanmu dan ingin melihat Anda

bisakah anda menelpon langsung ibu anda? dan menanyakan bagaimana keadaannya dan apakah ibu ingin bertemu anda secepatnya? Jika iya, coba mintalah ijin pada kesatuan anda.

Tips yang sangat bermanfaat dan memotivasi,thanks pak

Dimana anak kambing saya
March 1, 2013 4:26 pmReply

Semua masalah datang dari pikiran. Coba bayangkan mahkluk hidup yang gak punya pikiran,pasti dia gak pernah sakit.Ada juga mereka yang disakiti.
Pertama yg kita lakukan waktu lahir, pada umumnya adalah bernafas,menangis,baru melihat dan merasakan. Itu artinya kita harus Percaya, Berdoa, Terima dan Jalankan. Pohon bisa besar dan tumbuh tinggi karena dasarnya yang kuat. Pernahkah anda berpikir apa yang membuat anda tinggi dan kuat? Kadang kita suka lupa gimana kita bisa seperti sekarang ini. Untuk mendapat pupuk itu banyak caranya: membeli,mengumpulkan sendiri,binatang buang air besar di dekat pohon, minta sama org lain, dll.Semua cara itu adalah cara bagaimana Tuhan memberikan rahmatnya pada mahkluknya. Pupuk itu sudah menyatu dengan pohon itu. Tapi kadang kalo pohonnya sudah besar, cuman ingatnya disiram, tapi lupa diberi pupuk. Jangan selalu berpikir untuk pohon, pernahkah anda berpikir gimana cara mendapatkan pupuk.

gmn cara mengatasi kaka ipar yg selalu ikut campur dlam rumah tangga saya, krna saya dah merasa trganggu………… dia slalu ikut campur dri segi apapun contoh masalah keuangan bgtupun yg lain,y…………..

Masalah keluarga says pelik.saya di Jakarta kerja istri di Sydney Kerja 2 anak saya di salatiga jateng sama mbahnya.istri saya terjebak utang cukup bsr yg Tampa saya ketahui .dia minta di ceraikan terus pile .?

coba minta saran kepada orang-orang terdekat yang anda percaya dan mengerti bagaimana situasi anda. saya doakan semoga masalah yang anda hadapi bisa segera selesai

besar kecilnya suatu masalah sebenarnya relatif, bagaimana kita menyikapinya, yg hrs kita ingat ” semua masalah pasti ada jalan keluarnya” ..betul tidak mas joko??

7 tips yang mencerahkan ini membuat saya ,jadi pemikir solusi dari akar masalah,apa pun problemnya.
terima kasih,pak joko susilo

Salam.. mas, apa yg hrus saya lakukn utk ttp mmantapkn hti kpd suami saya?? karna satu sisi kluarga sya msh krg suka dgn prilaku suami saya yg trkdang krg mnghormati orang tua saya.. kami sdh 2x psah rmah krna prmslhan ini.. smpai prnh saya mnta cerai nmun dy ttp ingin dgn saya dn brjanji akn brubh.. nmun prubhannya blum nmpak btul.. bhkan ktika psah rmah sya prnh brargumen bhwa saya tdk akn prnh mrsa syang lagi sma dy bgitu jga dgn mrtua saya.. nmun saya mmiliki sifat krg teguh shgga saya msh mw mnerima suami saya wlupun trkdang dy suka mrah sma saya smpai saya disindir dengan istilah jelangkung.. di satu sisi sya mrasa dihina dgn kta2 itu tapi dsisi lain sy msh mrsa syang dgn suami saya..
krna skap sya yg sprt ini mmbuat ortu saya bnci krna skap saya yg krg tegas dan mmakan ludah sdri.. saya mnta solusi dr mas bgaimna saya mnyikapi hal ini krna sya tdk ingin msg2 dr kluarga saya mrasa trzhalimi khususnya ortu saya.. trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>