Bagaimana Berjualan Online yang Laris

Bagaimana Cara Berjualan Online yang LarisAda pertanyaan menarik di sini mengenai bagaimana cara berjualan online yang laris. Pertanyaan dari Alisa Art Shop begini:

selamat malam pa joko…bagus bgt artikelnya..sangat berhubungan dengan bisnis online saya…saya mau sedkit minta pencerahannya nih…

saya mulai membangun website toko online saya sekitar 1 bulan ke belakang dan alhamdulillah traffic ke website saya sudah sekitar 3000 lebih, produk yang saya jual sudah jelas, saya sudah mencoba promosi ke berbagai saluran yang saya anggap tepat seprti di forum ataupun sosial networking seperti facebook, namun yang saya bingung, kenapa sedikit sekali terjadi konversi?

mohon pencerahannya dari mas joko mengenai permasalahan saya ini. just for note, saya 200% serius menekuni bisnis online ini dan saya yakin berhasil..namun keyakinan belum cukup tanpa ditopang oleh strategi yang tepat…

Menyimak pertanyaan di atas bagaimana agar toko online yang dimiliki bisa menyedot banyak penjualan, begini caranya.

Bagi toko online yang baru, persoalan penjualan merupakan tantangan tersendiri. Ya kurang lebih sama seperti ketika kita buka sebuah toko, pasti tak langsung ramai. Kecuali, mau menggenjot baik lewat soft launch dan hard launch serta program pemasaran lainnya yang dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Meski demikian, tak perlu berkecil hati. Selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha.

  1. Membangun kepercayaan. Inilah hal paling penting pertama untuk berjualan online yang laris. Kepercayaan konsumen merupakan syarat mutlak untuk membangun bisnis online yang sukses. (Silahkan baca artikel Kepercayaan: Modal Utama Anda Sukses di Bisnis Internet) Pengunjung yang pertama kali datang mungkin di benaknya masih terpikir, “ini benar jualan tidak? atau jangan-jangan…”
    Sebab web anda bukan Amazon atau web-web besar lainnya yang orang akan langsung percaya untuk membeli produk yang dipajang, maka anda harus pelan-pelan membangun kepercayaan konsumen tersebut. Tunjukkan bahwa anda mudah dihubungi baik dengan mencantumkan alamat, nomer handphone, dan jalur komunikasi lainnya. Ini paling tidak akan mudah menambah rasa percaya orang pada penjualan yang anda lakukan.
  2. Kumpulkan kontak prospek. Ini sangat penting agar anda bisa hubungi mereka kembali kapanpun. Tempatkan form email agar pengunjung bisa mudah menjadi subscriber anda. Dan tak hanya itu, terus upayakan agar semakin banyak yang mau menjadi subscriber anda dengan senang hati.
  3. Buat kesan pertama. Buat pengunjung terkesan ketika pertama kali berkunjung ke web anda. Karena itu penting memiliki web yang bisa membuat membuat pengunjung tertarik. Terutama pada landing page anda. Kesan tersebut selain dibangun dari desain web dan copywriting, juga dari penawaran yang anda berikan. Di formulabisnis, saya rangkum itu dalam langkah pertama untuk menarik attention dalam rumusan AIDA+C.
  4. Promosi. Kalau untuk jenis promosi di internet, pengunjung blog jokosusilo.com ini pastilah sudah tahu banyak cara untuk berpromosi. Intinya ada dua, yaitu promosi berbayar dan tidak berbayar. Nah, pantau terus aktivitas promosi tersebut untuk mendatangkan high quality prospect pada web anda.
  5. Periksa kembali proses penjualan bisnis online. Seperti pernah saya posting setahun lalu di sini, anda perlu mengevaluasi bagaimana proses penjualan yang terjadi di web anda. Bila perlu, sangat baik untuk melakukan split test halaman penawaran pada web anda.

Coba ACTION-kan lima saran di atas agar penjualan online anda meningkat. Dan mungkin ada yang menambahkan untuk persoalan cara berjualan yang laris seperti yang dialami di atas?

Related Posts

174 Comments. Leave new

Pertamax gan… :)

Saya setuju dengan artikel Anda Pak Joko. Poin-poin diatas sebagian besar sdh saya terapkan di bbrp bisni online saya.

Sebetulnya secara tdk langsung, saya banyak belajar dari blog Anda.

Sangat memberi inspirasi..

Keep on Spirit. GO ACTION !!!

Saya perlu banyak belajar lagi nih, belajar terus diblog pak joko pengetahuan tentang bisnis online terus bertambah, Mantap.

Nice Infonya Pak ..
Benar tuh jawaban dari Pak Joko. qt harus selalu terbuka kembali pikiran, bila sudah membaca artikel artikel dari pak Joko..
salam sukses

Promosi berbayar yang efektif sebaiknya pakai apa? PPC kah solusinya?

artikelnya sangat bermanfaat, silahkan mampir2 ke website saya untuk mengetahui 9 strategi promosi otomatis untuk bisnis online anda tanpa apek dan repot.

Berjualan yang membawa manfaat, itu laris dan berkah.. insha Alloh

bisa seo, bisa PPC, atau promosi lainnya. yang penting selalu diukur performa promosi yang anda lakukan.

Bisa tukar link, kerjasyariah menerima tukar link, asal konten anda sesuai dengan isi web kami.

Kalau saya lebih memilih bisnis dan memasarkan produk pasutri Yang diRekomendasikan pakar kesehatan reproduksi ternama, jadi lebih mudah dalam memasarkan produknya. :)

Setuju pak joko… 5 langkahnya pas banget dengan toko online saya. :)

trims infonya
Memang Trafic memegang peranan yang penting.
Salu untuk Mas Joko,Jempol Rek!!!

rasanya uda pernah dibahas juga deh..mungkin ini tambahannya…. :D

Diulang nggak apa2… slalu bermanfaat… biar semakin paham… thanks,

iya, artikel2nya sangat bermanfaat….kalo yang ini ditujukan untuk yang punya toko online. biar lbh mantab incomenya….

Wah mantap… betul-betul posting yang saya cari. Thx Om.

Terimakasih pak sayang saya telat membaca tips ini, namun lebih baik terlambat daripada tidak mendapat pencerahan, salam sukses selalu

Salut buat mas joko yang mau berbagi tips kesuksesannya

KEPERCAYAAN adalah syarat MUTLAK dalam Bisnis Online

Hal terpenting dalam bisnis online adalah masalah trust! tanpa kepercayaan tidak mungkin bisa meledak bisnis online. Bagi pebisnis online pemula maka hal ini tentu seringkali menjadi masalah besar, andai terjadi penjualan hanya sedikit dapat tidak seperti yg diharapkan.

cara terbaik menurut saya ada 2 cara :
yg PERTAMA :
memang harus membangun TRUST dari dasar dengan personal branding yang kuat & itu memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak bisa.

piliha KEDUA :
gunakan leverage dari rekomendasi orang TERNAMA yang sudah dikenal oleh khalayak umum, sehingga akan sangat memudahkan terjadinya penjualan karena walaupun newbie yang berbisnis tetap lebih mudah dipercaya oleh konsumen karena ada orang TERKENAL yang merekomendasikan/ dibalik bisnis tersebut.

no TRUST no SELLING!…

:)

Wow… seperti bisnis yg sedang saya jalankan nih.. rekomendasi pakar NASIONAL ternama dibidangnya.

nggak heran kalau larissssssssnya kayak jualan kacang goreng! walau pada awalnya produknya tidak ada seorangpun yang tahu fisiknya karena saat itu hanya dijual online.

tapi jangan tanya sekarang…
siapa coba yang belum kenal produk yg saya jual online ini? Alhamdulillah…

Trust building is very important!

Membangun kepercayaan memang modal dasar utama dalam bisnis online apapun, jika tidak terpenuhi, maka tamatlah bisnis online kita.

Wah, saya ndak punya link orang terkenal je.. gimana mengatasinya?

Benar Pak Joko, Saya sudah mulai praktekin ilmunya, yang paling susah dan lama yang poin satu kayaknya ya :)

Nice Infonya Pak Joko..
Benar tuh jawaban dari Pak Joko. qt harus selalu terbuka kembali pikiran, bila sudah membaca artikel artikel dari pak Joko..
salam sukses

yang penting ahrus terus semangat dalam berjualan :)

walau lama jika dijalankan dengan serius bakal menghasilkan, riset kembali apa yang anda telah praktekkan… :D

Mantab tipsnya perlu di coba pak sukses selalu untuk kita semua!

mantap pak tipsnya, saya coba praktekin ah di bisnis online saya.
Thanks.

Ketika usaha sudah dimaksimalkan maka Jangan lupa berdoa kepada Allahu Ta’ala, Zat Yang Maha Kaya,Pemberi Rizki dan Maha Membolak balikkan hati dan hanya menyandarkan hati kepada-NYA (makna sesungguhnya dari Tawakkal yaitu menyandarkan hasil hanya kepada Allahu Ta’ala maka apabila hasil yang diperoleh sesuai harapan atau bahkan lebih, ia akan bersyukur dan tidak spmbong/congkak dan apabila hasil belum sesuai harapan maka ia akan bersabar dan menerima dengan lapang dada serta senantiasa berbaik sangka kepada Zat Pemberi Rizki dan tidak stress bahkan depresi.

Betul sekali.

KEPERCAYAAN adalah SYARAT MUTLAK di Bisnis Online! Gak bisa ditawar-tawar lagi.

Bener kata Mas Joko.. bukan hanya pendekatan secara web, tapi menarik hati pelanggan dengan admin web juga perlu :-) artikelnya bagus-bagus, ijin bookmark.

Assalamualaikum Mas Joko, Sukses selalu untuk anda,
Selamat Idul Fitri minal aidhin wal faizin

Impian yang diiringi dengan perbuatan nyata, akan berubah menjadi fakta.

Impian dan cita-cita, sebaiknya tidak hanya dipikirkan dan diwacanakan belaka. Tapi harus dilaksanakan dengan kerja keras, nyata, cerdas, dan doa yang ikhlas.

Jika kita membiasakan diri untuk selalu ‘take action’, insyaallah segala impian dan cita-cita akan terwujud menjadi fakta.

Benar banget jawaban dari Pak Joko. Saya selalu terbuka kembali pikiran saya, bila sudah membaca artikel dari sini.

Terima kasih pak ..

mau sih,,,,,,,,,,,,
cuma belum ada modal aja,,,,,,,,,

Membangun kepercayaan tidak hanya di bisnis online, bisnis offline pun sangatlah penting.
Pak Joko terima kasih atas pencerahannya

Untuk membangun bisnis secara online (toko online), diperlukan trik dan tips untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

tks

benar, berjualan online juga butuk strategi yang jitu

thanks pak joko…sangat memotivasi saya tuk bisa sukses….

sy ucapkan trimakasih atas pencerahan p joko tiap saat..

memang merupakan tantangan tersendiri meningkatkan konversi pernjualan dari toko online, tetap semangat.. !!

siip Pak Joko Sukses yach…boleh dong baca kontent ku tentang cari guru bisnis online…sy link ke forbis nya Pak Joko…

Teorinya sudah, tinggal praktekkin deh :)

Betul mas Joko, Yg paling penting adalah poin yg no 1 kalo menurut saya, karena kalo customer sudah percaya, maka mereka akan balik lagi dan secara suka rela malah mempromosikan produk kita ke orang lain..Salam Sukses Pak Joko…

siap pak joko,pasti di praktekkan…

Kebetulan TokoOnlineBaju saya baru bulan ini dibuka, artikel diatas sangat saya perlukan pak, terima kasih jangan bosan-bosan membantu pengusaha baru seperti kami pak :)

kebetulan saya lagi buat toko online, dan bingung cara untuk memasarkan secara online, atau untuk menarik pengunjung ke blog.

terimakasih pak joko, tulisannya sangat membantu menjaga semangat bisnis kami…..

Membangun kepercayaan sangat susah, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana bisa di percaya sedangkan dengan diri sendiri pun tidak percaya ?

5 point diatas langkah awal dalam membangun bisnis dan strategi jitu, saya sangat setuju.

Untuk point yang terakhir, sangat jarang di lakukan. BIasanya mereka tidak menghiraukan/bahkan lupa ketika mengalami kenaikan dalam penjualan.

Saya juga masih belajar, terima kasih pak guru Joko artikel anda memang is the best.

memang pak joko is the best, patut di contoh semangat bisnisnya..

bisnis produk tanpa kepercayaan WAJIB tidak dibeli..apalagi lewat bisnis online

Point Pertama yakni Membangun kepercayaan adalah modal dasar dalam bisnis online maupun offline, jika tidak terpenuhi, maka kepailitan menanti anda

makasih ilmunya pa..membantu sekali..

dapet ilmu baru niih dari pak jokowi..makasih ilmunya..

langsung dipraktekin pa..makasih ilmunya

saya selalu gagal Pak ketika dalam proses promosi :(

Belajar dari pengalaman.. tetap fokus..motivasi diri anda sendiri..jika serius pasti bisa sukses..

boleh tahu, apa sebabnya?

Membangun kepercayaan mungkin bisa disamakan dengan membangun reputasi y Pak..

dan yang paling penting, produk yang dijual berkualitas

Artikel yang menarik.. bisa memotivasi kami untuk berusaha memasarkan bahan stempel lebih baik lagi.Doakan kami semoga lancar, laris, dan berkah… amiiin. Thanks Pak Joko.

Pertanyaannya kira kira hampir sama dengan masalah saya. Traffic bagus tapi konversinya kecil. btw, apa sudah ada riset atau patokan berapa persen konversi yang bagus untuk toko online di Indonesia ?

Terus lagi, karakter pelanggan ecerana kadang malah kurang cepat untuk mempercayai toko online dibanding pelanggan grosir atawa B2B. Pelanggan grosir yg rata rata belanja 7 digit jarang nanya apakah barang pasti dikirim atau tidak. sementara banyak sekali pelanggan retail bisa mengahabiskan puluan sms dan email dan ujunnga ditutup dengan kata kata begini…. baik nanti kalau saya sdh transfer akan saya kabari. terima kasih.

saya rasa pengalaman anda ini juga yang banyak dialami para pebisnis online. pelanggan B2B atau grosir tidak terlalu repot untuk melayaninya. :)

thankz bgt gan.,
untuk segudang info,tips & triknya.,
anda memang seorang penulis & motivator yg sangat inspiratif.,
salut.,

Hebat dalam 1 sebulan udah bs dpt 3000 visitor per hari

namun banyak sekali sekarang para pebisnis yang salah jalan dan tidak memikirkan yang kedepannya..
sangat luar biasa artikelnya pak..
salam maksimal..

keren abis..
tidak diragukan lagi, penjelasan dari sang master bisnis online indonesia..
sangat membamtu kami yang newbi dalam bisnins online…
makasih pak.

Thanks banget pak jokok, artikelnya bermanfaat buat kita yg baru belajar berbisnis toko online, memang diawal sulit sekali untuk mendatangkan penjualan….

artikel pal joko bagus sekali, trims pak joko.

Tips yang menarik untuk di praktekan mas,, thanks for share.

Walaupun trafiknya kecil namun hampir tiap hari dapet telpn, namun kelemahan saya closingnya… khusu untuk customer luar jawa jarang sekali dealnya…
ada thread artikel cara closing yang direkomendasikan? mohon pencerahan Pak!

harus di praktekkan ini mantab kali…

saya merasa terinspirasi dengan artikel ini, thanks pak

jangan lupa untuk tindaklanjuti dengan ACTION!

terima kasih pak Joko atas infodan arahannya, langsung action ni :)

Membangun kepercayaan dan branding. Trimakasih motivasinya CUKUP MENGENA

sangat membantu sekali, kemasan halaman web, contak person yang jelas, telpn alamat yang lengkap, tampilan info yang menyakinkan akan membuat pelanggan percaya. dan yang sangat mendasar adalah jangan lupa berdoa kepada Allah.

memang yang cukup menjadi tantangan adalah promosi online, karena banyak sekali faktor yang dapat membantu kita untuk melakukan promosi.

Jika berbicara online tentunya halaman online yang kita miliki harus memiliki kriteria baik untuk promosi dan tentunya dapat menjaring pengunjung dari mesin pencari.

Mantap mas, Traffic aja memang tidak cukup tanpa strategi yang matang. Namun mendatangkan traffic adalah pintu gerbang utama menuju kesuksesan bisnis online.

klo liat yg bsnis online yg udh sukses rsa ny pngen deh bka bsnis online juga, tp kya ny ga mudh ya..

Semoga tambah laris jualanya, tetap semangat bagi yang belum sukses.

Terima kasih sekali mas Joko. Saya sedang berjualan produk rumah tangga secara online. Tips tips dari mas JOKO akan saya pelajari dan terapkan. Semoga jualan saya semakin laris. Thanks

amin. semoga makin laris mas

makasih ya infonya selalu bermanfaat buat saya…….

semoga kita selalu laris jualannya amiiiiiiiiiiiiiin..

tips ini harus di coba,trims pak joko..

aku masih smp! ginian mah belom waktunya -_-

Alhamdulillah, jual rendang secara online di bulan Ramadhan banyak pembelinya, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Memang gak salah kalau rendang dijadikan makan paling enak seduia oleh CNN.

mantap kan jualan online? ;)

Yeah….pastikan nangkring no.1 di googgle..konversi pasti lebih banyak..sukses selalu pebisnis online

yang sangat penting dalam toko online kalao aku ya kejujuran dari si pemiliknya karena sekarang itu bnyk yg tipu2

info menarik juga bro dan aku sekalian numpang jualan nie, hehe dan ini domainnya loe galerybuku dan pr 2 dan juga umur 1 thn 4bln dan juga itu gue jual domainnya aja sebesar 35dolar via paypal dan itu expirednya masih 1 tahun lagi, dan klo tertarik hubungi gue di 0857 3388 9597 dan pembayaran bisa via paypal atau bca. itu domain berprospek bagus karena cuman 2 kata dan juga bisa dibuat situs dengan tema review buku atau situs e-commerce yg menjual buku dan segalanya yg berhubungan dengan buku. silahlkan cek prnya aja ok krn itu valid pr 2.makasi mico(siapa cepat beli, dia dapat ok).

saya pendonor ginjal, golongan darah o, jika serius hubungi 085360855215

setuju banget membangun kepercayaan pada pelanggan itu merupakan hal yang penting,, saya juga sedang fokus pada tahap itu..terima kasih infonya..

mas mana yang lebih penting menurut mas..promosi atau terus perbaiki isi web baru promosi…

thanks atas infonya mas joko, saya tertarik dengan ilmunya…. semoga allah menambahkan rezeki bagi orang yang membagi ilmunya.. amiin

Saya telah mengikuti Formula Bisnis ketika pertama kali belajar menjual di internet, dan sekarang masih terus belajar melalui tulisan2 di blog ini. Thanks, Pak Joko

POWER full banget artikelnya…sangat bermutu jadi banyak pelajaran berharga.

Semua tips kyknya ok, asalkan kita selalu raji mengupdate dan memperbaiki jika ada kekurangan, disinilah kita dituntut selalu belajar dan membandingan website2 yang menjual produk serupa dgn kita, untuk selalu tahu kelebihan dan kekurangan kita maupoun kompetitor kita.
thx u mas

benar. jangan malas untuk mengetahui kondisi terkini pasar

Promosi itu memang sangat penting sama, pandai2nya kita harus berpromosi lewat internet dengan cara yang sangat kreatif

Pak joko minal aidin walfaizin mohon ma’af lahor&bathin ,pak joko saya mau tanya cara buka website saya caranya gimana ya pak? terima kasih sebelumnya saya tunggu informasinya cecepatnya atas perhatinnya wasalam.

alamat webnya apa ya pak? mungkin bisa hubungi kami di http://formulabisnis.com/contact.php

terima kasih untuk informasinya,,,

salah satu trik berjualan laris manis,,adalah dengan mempromosikan barangnya,,,

Trims atas infonya. Nice artikel…

Mantap pak Joko, informasi yang sangat bermanfaat bagi kita-kita.

Tetap semangat n maju terus pak

Benar-benar berkualitas informasi dari pak joko, semoga bisa seperti bapak.

Terimakasih pak atas infonya :)

tolong informasikan lebih detail dong mas joko…

harus segera di praktekkan biar sukses…

terima kasih pak Joko atas ilmunya, sekali lagi terima kasih.

Bisa diterapkan tidak hanya di bisnis online saja, mungkin dalam dunia pendidikan juga bisa.

Insya Alloh, konversi menjadi ujung tombak setiap bisnis. Semoga dengan usaha marketing yang jitu dan dengan bersedekah, Alloh melapangkan rizki kita.

Butuh waktu bila ingin dipercaya oleh konsumen kita..

Saya baru saja memulai bisnis online di bulan ini, terus terang banyak hal yang belum saya ketahui dan tentunya postingan dari Pak Joko ini sangatlah bermanfaat buat saya
terima kasih..

ya terus berusaha sambil di cari kekurangannya..dan berdoa..

Makasih pak ilmu nya, sangat bermanfaat bagi kita semua…

Saya senada dengan pak Joko,kunci sukses suatu bisn is online adalah kepercayaan dan kejujuran.karena bisnis online bukan bisnis nyata artinya saling bertemunya dua orang : pembeli dan penjual.tapi di bisnis online tidak seperti itu.pembeli dan penjual tdk saling ketemu.pembeli hanya melihat website dri si penjual.saya sangat yakin jika pebisnis online memegang teguh 2 kunci ini(kepercayaan dan kejujuran) maka keuntungan akan ikut selamanya.

makasih tipsnya, semangat pak, jaya selau..

Kalau saya jualan yang asli Indonesia dan terbukti khasiatnya…

sudah saya coba mas, dahsyat juga hasilnya.

Bener, klo tanpa alamat kita yang jelas dicantumin cuma sekedar no Hp aja..calon pembeli biasanya cuma sekedar nanya aja..

Keren buanget,,, ane akan coba.

Salam sukses selalu Pak…

Bermanfaat banget buat saya yang masih awam..
akan saya coba.. Makasih mas joko utuk artikelnya. Jadi semnagat lagi ni…

makasih Pak Joko atas penjelasannya..

wah ini suatu tips yang menarik mas…ijin memmbacanya ya

cari tahu bagaimana caranya menghasilkan jutaan rupiah dengan mengguanakan FACEBOOK dan TWITTER… mudah dan terpercaya

modal utama dalam berjualan online adalah kepercayaan

Anda benarr sekali pak joko…
Salut dengan pencapaian Anda sampai saat ini…semoga sukses selalu ya pak…^^

Semakin sering berkunjung kesini, ilmu saya semakin bertambah makasih buat pak joko sudah mau berbagi dengan nubie seperti saya,..

setuju setuju dengan artikel jualan online diatas, satu hal tambahan yaitu banyak memberi/ sedekah, karena dengan banyak memberi akan banyak menerima. hanya luruskan niat saja tetapi action saja agar lebih baik

trimakasih pak joko semoga toko online ku laris kaya tokonya mas …

sukses selalu mas…artikelnya sangat menarik saya senang sekali mengunjungi web ini banyak ilmu yang di dapat…

memang perlu waktu untuk menjalankan itu semua, tetapi hasil yang didapat juga setimpal.

terima kasih pak joko, untuk share info tentang berjualan online, sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula.

… apapun bisnis nya … yang penting halal…

Saya sendiri telah dua tahun lebih menggeluti bisnis online, orang tidak akan pernah membeli produk kita kalau mereka tidak percaya dengan kita. Membangunnya butuh waktu tahunan. Yang penting paparkan semua informasi, no tlp, letak usaha, jam kerja, dll. Nanti waktu yang akan membuktikan.

tepat sekali. seperti yg pernah saya bahasa dalam posting Kepercayaan Modal Utama Bisnis Internet

betul sekali tuh tipsnya

sedang browsing di google eh kesasar disini :)

salam kenal semuanya

salam balik dan jangan lupa mampir lagi

Saya senag sekali tilisan-tulisan dari Bapak Joko Susilo. Tulisan-tulisan tersebut selalu memberikan motivasi tersendiri bagi saya. Terutama tentang Toko Online dan marketing di dunia maya.

mantap infonya patut di coba

artikel yang menarik..
terima kasih sudah berbagi.

Hal terpenting dalam bisnis online adalah masalah trust! tanpa kepercayaan tidak mungkin bisa meledak bisnis online. tul ga pak

seperti artikel trust yang pernah saya tulis di sini mas

Ada pengaruh besar tidak ya, antara toko online menggunakan blog gratisan dengan menggunakan website berbayar….

tentu ada pengaruhnya mas. bisa dibayangkan tidak misalnya amazon pakai blogspot, apakah dia akan sebesar sekarang? :)

Nambah satu lg yg tidak kalah pentingnya. Lakukan dengan baik dan bertahap dengan tekun dan sabar

Artikel yang bermanfaat :)
Salam kenal mas……..

Kepercayaan dari zaman purba sampai sekarang tetap manjur untuk berhubungan dengan orang lain, bukan hanya jual beli, transaksi online, jual baraang, dsb. kepercayaan menjadi nomor wahid di setiap lini kehidupan. baik dari segi agama (keyakinan), persahabatan, bermasyarakat, berdagang, dsb. :)

modal dasar kepercayaan — selebihnya mengikuti — bahkan uang juga akan mengekor kepada orang yang terpercaya

Artikelnya bagus tp pnerapanta susah. Say sdah bergelut di dunia toko online bertahun2 tp penjualanya sangat minim sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>