3 Strategi Menetapkan Harga Jual Produk Anda

strategi harga jualHayabhusa bertanya pada posting 4 Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui Pengusaha seperti AndaPertanyaan lengkapnya begini:

Salam kenal Pak Joko.. Saya baru buka usaha spare part motor.. Tapi bingung dengan masalah mau jualnya dgn mengambil keuntungan berapa persen.. Takutnya kemahalan ntar gak laku.. Trus kemurahan ntar untungnya ga balance sama pengeluaran uang sehari2..gimana solusinya donk Pak Joko??? Tq before..

Permasalahan yang dialami Hayabhusa ini mungkin sering juga dialami oleh anda yang hendak membuka usaha atau mulai bisnis. Kira-kira berapa harga jual yang pantas untuk produk anda. Bagaimana strategi harga jual produk Anda?

Banyak strategi sebenarnya untuk menentukan harga produk yang sedang anda jual. Di sini saya akan bagikan tiga pendekatan yang sering dipakai untuk menentukan harga jual sebuah barang.

3 Strategi Menentukan Harga Jual

1) Harga jual berdasar biaya

Menetapkan harga jual berdasar biaya merupakan yang paling banyak digunakan. Caranya simpel, berapa total biaya yang dikeluarkan ditambahkan dengan margin keuntungan yang diinginkan, maka itulah harga jual produk tersebut.

Contoh, misalkan pedagang sparepart motor di atas kulakan suatu sparepart seharga Rp 8.400/unit. Ditambah dengan biaya transporttasi dan biaya lain yang jika dihitung per unit, total biayanya misal Rp 1.000. Plus ditambah dengan margin keuntungan yang diinginkan misal 20 persen, maka harga jual produk tersebut Rp 8.400 + Rp 1.000 + Rp 1680 (20 persen keuntungan dari harga produk) = Rp 11.080

2) Harga jual berdasar kompetisi

Cara menetapkan harga jual berdasar kompetisi ini biasa dipakai oleh pendatang baru. Karena dia “pemain” baru untuk berjualan produk sejenis yang lebih dulu ada, maka dia akan mengecek berapa harga jual kompetitor sebelum memutuskan untuk menetapkan harga jual bagi produknya.

Biasanya harga jualnya lebih murah dari produk yang lebih dulu ada. Meski lebih murah, biasanya tetap sedikit mendapat keuntungan. Bedanya, mungkin margin keuntungan yang didapat lebih sedikit dibanding kompetitor.Dalam beberapa kasus, ada juga yang berani rugi saat menerapkan strategi harga jual berdasar kompetisi ini. Biasanya, hal itu dilakukan oleh pemodal besar. Prinsipnya, tak mengapa rugi di awal-awal, yang penting selanjutnya bisa untung terus. Pertimbangan lain menggunakan strategi harga jual berdasar kompetisi ini demi mempercepat penetrasi pasar dan memperbesar market share konsumen.

3) Harga jual berdasar tujuan khusus

Strategi ketiga untuk menetapkan harga jual produk menggunakan pendekatan tujuan khusus. Tujuan apa yang ingin anda capai dari harga jual tersebut. Tujuannya, bisa untuk meningkatkan jumlah penjualan, mendongkrak image produk, atau tujuan khusus lainnya. Misalkan, karena akan datang produk baru, maka untuk menghabiskan stok lama digelarlah cuci gudang. Misalkan lagi, karena mendekati lebaran, maka digelarlah promo lebaran untuk memanfaatkan momen. Contoh kasus yang juga saya alami sendiri mengenai pentingnya penetapan harga jual ini juga saya bagikan di produk InstanX. Silahkan anda pelajari kembali di produk InstanX.com tersebut.

Mengenai soal margin keuntungan itu sendiri, tiap niche bisa beda. Jual bahan bangunan margin untungnya berbeda dengan jual makanan atau jual buah-buahan. Tiap jenis produk dalam satu niche pun kadang juga bisa beda. Belum lagi, kalau anda terapkan strategi penjualan lainnya, misal cross-selling, harganya bisa beda lagi.

Tapi yang terpenting, apapun strategi harga jual yang anda pakai, sebaiknya:

  • Selalu ukur hasil penjualan anda. Karena itu bukan hanya berkait dengan strategi pricing yang sedang anda lakukan, tapi juga strategi marketing anda.
  • Kreatif. Jangan terpaku dengan satu cara. Selalu coba pikirkan cara baru untuk menjual produk anda lebih banyak dan lebih luas.
  • Amati selalu situasi pasar terkini.

Semoga posting ini bisa membantu rekan Hayabhusa dan rekan-rekan lainnya yang kesulitan untuk menentukan harga jual produknya.

Tetap semangat dan salam ACTION!

191 Comments. Leave new

kadang saya bingung ya..orang lain lebih mahal tapi malah lebih laku. pdhl produk sama

mantap… kebetulan ane pengen mulai usaha sendiri, juga bingung dengan masalah harga.. pernah dulu coba beli barang sepuluh biji, dijual lagi ngga laku.. hehe

mungkin kedepannya insyaallah bisa

Menurut saya sebelum kita menginjakkan pada masalah price,pertama-tama kita harus yakin dulu bahwa produk kita lebih kompetitif dari yang lainnya,urusan harga dan lainnya menyusul. Jadi inget 7s (produk,price,promotion,place,people,dll),pak joko mohon dikoreksi jika salah..

Terima kasih atas informasinya.Semoga menjadi lebih baik lagi !
Kalau butuh produk furniture asli dari jepara .Bisa hubungi 082136334602/085226732018.

Menentukan harga jual sebaiknya survey calon konsumen dulu, lebih baik untung kecil laku banyak dari pada ngambil untung banyak tp ga laku

harga jual murah memang penting, tapi klo jual murah semua. usaha tidak akan berkembang dan akan mati jika modal dikit. lebih baik tingkatkan pelayanan dan keramahan terhadap pelanggan dan harga tidak lbh mahal dari pesaing

saya setuju dengan bang roki. kadang saya pun membeli produk bukan karena murah..pelayanan jika baik saya suka dan akan lebih sering dan nyaman belanja disitu. daripada murah tapi pelayananya mukanya manyun2…hehe, saya juda usaha bulu mata dan sedang mencari cara menentukan harga yang kompetitif serta bersaing dalam kenyamanan pelanggan (palayanan) dengan memodernisasi penjualan. Terimakasih pak Jokom sangat membantu artikelnya.

Hey I know this is off topic but I was wondering if
you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you
would have some experience with something like this. Please let me know if you run into
anything. I truly enjoy reading your blog and
I look forward to your new updates.

Dalam menentukan harga jual mempengaruhi daya tarikpembeli…

dalam menentukan harga jual memang sangat penting, akan tetapi harus disesuai tingkat perputaran barang jika barang cepat berputar harga selisih harga jual tidak usah terlalu besar

sorry mas kalau penghitungan untung dari usaha jualan pakaian jadi.yang pake modal bank dengan bunga 20% dan kontrak kedai 20jt per tahun serta biaya hidup 100rb per hari.itu bagaimana?kalau menggunakan tip no.1 dak ketemu dalam prateknya.makasih sebelumnya.

wah dipangkas aja biaya hidupnya?buat biaya operasional..prihatin itu penting kalo kita mau memulai usaha…

mungkin harga murah hanya di cari oleh reseller, kalo buyer biasanya mencari harga standar.. :)

nah ini baru artikel berkualitas. cocok bagi saya pedagan online

COba saya terapkan strategi diatas, ini saya masih awal mulai menjalankan bisnis perdagangan

Nambah lagi infonya, makasih master Joko, anda guru saya :)

akhirnya nemu juga strategi untuk menetapkan harga pasar 😀
izin mengutip artikelnya yah admin

terimakasih atas artikelnya pak joko,

liat harga pasar pak, yang penting jangan terlalu mahal apalagi kalau produk yang ditujukan untuk pemula…

sip pak artikelnya penuh inspiran dan pembelajaran

nyimak sambil belajar ni pak

Trims pak infonya..

Harus sungguh-sungguh melakukan riset pasarnya spy pricing strategy nya tepat.

Thank banget pak infonya. sangat bermanfaat bagi saya untuk terus mengembangkan usaha saya.

bagaimana jika dengan menentukan produk di pasar online,apakah kita harus memaksakan produk kita, karena tidak semua suka dengan produk yang kita jual.

Terima kasih sharing ilmunya

Terima Kasih Infonya
Sangat Membantu
Sebagai referensi untuk bisnis saya

usahakan selalu amati perkembangan pasar/kompetitor. Dengan memberikan harga yang lebih rendah dari kompetitor lain, itu bisa dilakukan untuk menarik pelanggan, walaupun itu bukan hal yang mutlak. Dalam arti, harga lebih mahal tapi jika pelayanan lebih baik, customer pun akan rela untuk antri.

pak joko makin oke aja

waw jadi pengen juakan nih….

gitu pak ya caranya trims artikelnya…

Keep in action, selalu ada ilmu baru setiap hari

dalam bisnis selalu banyak pesaing di sekeliling kita, 3 langkah jitu untuk mendongkrak penjualan yaitu :

Be better
Be chiper
Be diffrent

Ilmu yang anda berikan sangat bermanfaat sekali pak Semoga makin sukses selalu…

Postingan-postingan pak joko memang luar biasa,.Muantep,:)
Terimakasih Pak Joko

Liat harga kompetitor aja klo mau cepet + di kurangin dikit harga produk kita yg sejenis :p

betul. itu cara yang termudah.

Tapi tekadang harga jual yang mahal pada produk-produk tertentu yang unik, justru bisa meningkatkan image dimata konsumen bahwa produk itu bagus.. Jadi jelilah mengamati prilaku konsumen.

wahk bagus banget nih artikel, ijinkan aku tuk mempelajari nya ea pak joko…….? salam sukses

barang oke harga standar paling laris man…..

sampai saat ini masih bertanya dalam mengenai situasi seperto itu. sipa action setelah mendapat informasi…thanks….

klo ane baru bisa menentukan harga berdasarkan kompetisi nih pak :-)

Kalau saya sering bergantung pada harga jual berdasarkan biaya dan kompetisi
trims atas semua ilmunya

Wah, makin banyak ilmu kalau baca postingan2 Pak Joko
terima kasih atas penjelasnnya ini..

Wah, terimakasih pak ilmunya…
Semoga selalu sukses

kelihatannya mantab juga artikel artikel yang ada di blog ini.

mas joko kalau di jualan produk online adakalanya harga beda beda..padahal di offline lebih mahal mana yang harus di ikuti….? kadang maun netapi yang mahal takut mereka cari info di internet dapet yang jual lebih murah jadi seperti gak sehat persaingannya

biar konsumen yang menyeleksi. :) sebab barang yang dijual bukan komoditas kebutuhan pokok seperti sembako yang memang perlu dikendalikan harganya oleh pemerintah

mantap gan, huhuy dapet ilmu baru nih..

wah nice info sob, thanks banget yh !!

Bermanfaat sekali Pak Joko. saya yang sedang usaha dibidang Musik dan Olah Raga. Sukses buat Bapak. Dengan Info2 nya yang bernas

wah terima kasih yah pak saya sangat terbantu sekali,tapi entar kalo kemahalan kan susah ngejualnya,klo ksh harga murah kita susah ngambil untungnya,tp thx bgt deh pak ^^

so, mari disesuaikan untuk penetapan harga jualnya

Manteb pak…, uda lama saya ndak mampir kesini. Sekali mampir makin keren aja artikelnya. :)

Siip. Informasi yang sangat berguna Pak Joko. Salam action selalu dari Depok!!!

wah ternyata ada teknik yang mumpuni juga mengenai hal ini pak joko

Strategi yang sangat cocok dengan usaha kami sebagai Eksportir Indonesia.

Terimakasih Pak Joko Susilo…

Mari kita fokus membangun negara kita, kita mulai dari diri kita untuk berubah…

Semangat sukses…

Ilmu pemasaran yang jitu serta diikuti dengan pemahaman teknologi yang baik (internet) akan dapat meningkatkan usaha dengan efisien dan efektif.

Setuju dengan Pak Joko,
Salam Sukses Bersama,

Informasi yang baik, semoga bisa menjadi investasi kita di dunia dan akhirat. Amin YRA.

harga jual berdasarkan resiko yg gmana om??

resiko bagaimana maksudnya mas?

Nice infoh!, mantap P.joko, sangat bermanfaat.
Sukses selalu :)

setuju salam kenal ya?

ok siap.slam kenal pa…

Infonya cukup bermanfaat banget gan

sebuah harapan bagus,ide2 pak joko mantab sekali,trim…

Bagus sekali informasinya Pak, semoga saya bisa banyak belajar tentang ilmu pemasaran dari bapak dengan terus membaca update posting dari bapak

strategi pemasaran dengan menetapkan harga jual pasti sangat efektif untuk mendongkrak penjualan produk kita

Strategi yang sangat masuk akal dan pas banget untuk diterapkan kadang memang diawal cukup membingungkan juga untuk menentukan nilai jual produk dan Tips dari pak joko bisa jadi cara paling simple dan pas untuk saya terapkan di layanan bimbel bisnis online pemula yang saya kelola . . ….

waahh membantu sekali niihh pa ilmunya..makasih bnget pa udah bagi2 ilmunya..

terimakasih banyak ilmunya pa..membantu sekali buat saya..

cocok bnget niihh artikelnya buat saya yang mau terjun didunia bisnis..makasih pa share nya..

Siiip deh, Info menarik untuk segera dicoba pak. Terima kasih banyak.

Salam action!!!

Saya setuju, harga adalah tujuan khusus. sepertiny menjadi arti yg bermakna banget. wah makasih banget mas joko.

Kalao harga jual dengan cara :” Dumping ” itu masuk yang kategory mana Gan..?? saya menganalisa koq lain dengan yang ketiga ? karena memang sejak awal sudah ditetapkan harga jual didalam kota misalanya lebihmahal daripada yang keluar kota.Apa ini juga merupakan hal yang terkait dengan tujuan khusus tersebut ya Gan..?? Salam Mastah Semuanya

benar kata pak joko point pentingnya fokus dengan produk serta niche web atau niche yg rekan2 suka, apalg stlh baca rahasia SMUO cara buat blog kini skg sy uda profesional di bidang yg sy sukai, yakni membuat blog anda menjadi murni mesin uang, hanya satu blog rata per bulan $110 umur blog masih 7 bulan hanya jualan link aja serta buyer yg mau pasang iklan, tq pak joko buat inspirasinya, buat rekan2 yg mau tau bisa liat blog sy yg murni jadi passive income

Ayo semangat terus jualan onlinenya…Pak Joko sudah kasih ilmu-ilmunya………..

Yes, Memang harus Selalu Mengukur Hasil Penjualan Kita

Terimakasih Pak Joko ilmunya. Saya baru sadar ternyata persaingan dapat menentukan nilai suatu barang. :)

Menurut saya mungkin kalau jualan online harus selalu perhatikan harga kompetitor, karena konsumen di internet tentu sangat mudah membandingkan harga produk kita dengan harga milik orang lain. Trims pak Joko ilmunya.

harga mudah dibandingkan, kualitas barang yang agak tidak mudah untuk dibandingkan :)

ini salah satu yg saya bingungkan….. Biasanya mengambil untungnya saya selalu berubah tidak paten dlm persenan. Terima kasih pak sbagai bahan pertimbangan

langsung action lebih oke kayaknya…

mantaaabbb gan,info menarik .. 😀

Kami sangat sependapat dengan pernyataan ” Kreatif, jangan terpaku pada satu cara”.

Mantabs Gan, Penetapan harga yang selama ini kadang kita bingung jika langsung diterapkan di lapangan karena banyaknya pesaing berbanding dengan modal yang kita keluarkan. Thanks

Terima kasih atas tipsnya sangat bermanfaat banget, slam kenal aja pak, joko saya doakan semoga semakin sukses..

bagus cara menentukannya . biasa banyak orang yang takut salah menentukan harga . menurut pak Joko , keuntungan yang wajar itu brp % ? atau mentang2 barang baru , bisa dinaikin 200-300% sikat dulu ? thanks

menurut saya itu sangat relatif karena banyak faktornya

sipp dah ijin menyimak dulu,,

artikel pak joko ok banget,bisa di kembangkan tuh…mksh

TERIMA KASIH ATAS INFONYA PAK JOKO..

Terima kasih atas masukan yang sangat berharga sebagai perbandingan dan rujukan dalam strategi penetapan harga.

Strategi pricing tentunya berbeda beda sesuai dengan strategi pemasaran yang dijalankan. Semua cost harus dihitung agar tidak merugi dan bisnis terus berjalan dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan konsumen, Insya Alloh.

terimakasih atas pencerahanya pak joko.

saran-saran pak jokomenarik sekali terima kasih infonya.

Terima kasih pak Joko susilo untuk sharenya ……sangat membantu untuk mendukung bisnis saya. semoga ALLAH membalas dengan sempurna..amin

tetap semangat dan mari terus bersyukur dan ACTION!

Strategi bisnis yang mantap.. yang saya tangkap adalah kita harus pandai bersaing sehat, cermat jangan ingin kesohor tapi kebobolan. Makasih tambahan ilmunya Mas Joko!

mencari celah diantara hamparan pasir…

Kebetulan saya tidak seberapa paham dengan persen persenan atau prosentase pak, jadi artikel diatas bermanfaat sekali buat saya terima kasih pak!

Kalau yang enak lagi menjual produk yang harganya sudah ditentukan oleh perusahaan distributor, contohnya produk yg saya jual ini pak, seluruh indonesia sama semua harga jualnya! :)

Perlu juga lihat harga pasaran pak, supaya kitapun tidak rugi…

Thanks Pak Joko, sangat bermanfaat bagi saya Sharenya nanti akan kami praktekkan, semoga Pak Joko semakin sukses dan enggak bosan memberikan ilmu ilmu yang baru.

Salam SMILE

tentu saja disini banyak ilmu internet marketing yang diberikan, tinggal ACTION… 😀

tuk penetapan harga jual produk diatas berlaku untuk produk barang dan jasa? atau produk barang saja ?

bisa berlaku untuk kedua-duanya

nambah ilmu lagi nich ..tuk pengkategorian penetapan harga jual..namun yang pasti konsumen biasanya mencari perbandingan harga yang lebih murah dengan kualiatas terbaik dari dua atau lebih produk yang sama

thanks atas artikelnya pak joko,

liat harga pasar pak, yang penting jangan kemahalan, apalagi kalau produk yang ditujukan untuk pemula…

Kalau harganya terlalu murah, kadang-kadang konsumen akan menganggap kualitasnya rendah.

yang penting harga bersaing 😉

Artikel ini sangat bermanfaat.

Sukses pak Joko.

Maju terus..

Lama nggak berkunjung pak, mohon maaf lahir batin, dan semoga pak Joko tambah sukses.
Maaf komentarnya nggak nyambung… kalau saya pribadi masalah menentukan harga jual itu tergantung dengan keyakinan pada kemampuan diri kita untuk menjual.
Walaupun banyak rumah makan menyediakan air gratis, tapi Aqua berani menjual :)

saya juga mohon maaf lahir batin…
betul tuh mas, dan setelah aqua banyak followernya yg juga ikut jualan air :)

Terimakasih artikel nya ini nanti saya pelajari

kebetulan nih aku juga baru mulai buka usaha.. mudah2an bermanfaat.

boleh lah dicoba dulu strategi’y mas Joko,
Terima kasih atas tipsnya

makasih atas ilmunya pak,semoga bisa bikin produk sendiri

maksih pak joko pencerahannya, kini sy jd lebih mengerti

Pak Joko terima kasih sharing ilmunya

Semangat pak untuk hari ini, ini tips bermanfaat untuk saya…. Terima Kasih pak Joko

Dapat ilmu baru nich, makasih pak Joko,,,

Terima kasih infonya juga maaf lahir dan batin setelah lebaran baru berjunjung.

informasi yang sangat bermanfaat..terima kasih pak joko suskes untuk ANDA.

apakah itu juga bisa di pakai dalam bisnis online maupun bisnis nyata??

jelas bisa. pricing strategy ini bisa diterapkan untuk online maupun offline

Kalo sudah tahu cara menentukan harga maka selanjutnya kerugian bisa di hindari dan keuntungan datanglah menyonsong. terima kasih pak Joko artikelnya selalu memberi pencerahan pada saya.

Dalam penjualan yang penting repeat ordernya mas. Biar harga murah tapi berkali kali terjadi penjualan maka akan lebih baik dari pada harga mahal tapi penjualan hanya terjadi sekali. Kadang kita membabi buta menetapkan harga dengan hayalan mendapatkan untung setinggi gunung. Padahal yang beli akhirnya dikit.

Setuju Om Mukti, untukng dikit klo berualng ulang akhirnya jadi banyak juga untungnya, salam sukses om

yg sy cari2 ada di sini, makasih pak Joko..nice share,,

Selama produk yang dijual berkualitas dan memang sangat dibutuhkan, kayaknya harga mahal ga jadi masalah…

Tapi kadang-kadang para penjual mencari harga barang yang murah dan tidak berkualitas dan berdalih dengan mengatakan produk tersebut berkualitas dan menhargai produk tersebut dengan mahal..kasus seperti ini sering kali terjadi.

Semangat pak untuk hari ini, ini tips bermanfaat untuk saya….Terima Kasih pak Joko

harga murah yang penting untung mas Joko..

Artikel yang bermanfaat mas Joko..untung sedikit yang penting lancar terus..

ada brg yg low move ada yg fast move,,,, brg yg low move (lama laku) boleh kita ambil untung setinggi-tingginya,yg fast move (cepet laku) kita sesuaikan dgn pasar dengan memperhatikan kompetitor, kecuali kita pemain satu-satunya didaerah situ tanpa kompetitor.

Evaluasi hasil sangat bermanfaat untuk mengetahui efektifitas dari strategi pemasaran yang diterapkan. Berinovasi dan senantiasa meningkatkan cara yang baru atau yang lebih baik sangat dibutuhkan untuk pengembangan usaha.

Sip…thanks infonya mas 😉

Strategi yang paling tepat untuk pendatang baru ada di No.2.Target utama yang harus diraih adalah predikat murah dari konsumen.bila image murah sudah terbentuk di konsumen suatu saat harga dinaikin akan menerima.Tapi kalau imagenya sudah mahal biarpun harga murah tetap dianggap mahal.

Artikel Mas Joko selalu saya nantikan, dengan banyak solusi dan pencerahan dalam bisnis. Mas, terus berkarya dalam Bisnis Online dan menulisnya. Saya akan ikuti jejak Mas dengan optimis.
Semoga berkah selalu menyelimuti kita semua amin.
Salam AKI.

Terkadang ada susahnya juga ketika kompetitor kita lebih murah karena menggunakan bahan yang kualitas kurang bagus, jadi jika kita menggunakan bahan yang berkualitas dengan harga yang sedikit diatasnya banyak yang lari,,,, Hadehhhhhh…..

Mantap artikelnya pak Joko, memang terkadang orang membeli barang penilaiaan pertama soal harga, kalau ada harganya murah kebanyakan orang akan langsung membeli, kualitas barang bagus harga gak masalah atau orang akan membeli barang karena pelayanan kita baik

bisa juga nich ilmunya. kalau mau menerapkan kedalam usaha rental mobil gimana ya pak caranya…?

Yap setuju pak saya juga ingin menerapkan untuk toko online saya, salam sukses selalu

Makasih buat artikelnya pak.

emang gampang2 susah ya pak menentukan harga jual. Setelah harga jual ditentukan, tinggal kitanya ja yang pinter2 menjual sehingga harga jual tidak menjadi masalah bagi pembeli

soal menentukan harga itu bukan disegi malah/ MURAHnya yang penting BERMANFAAT NGAK PRODUKNYA. jadi intinya MANFAAT PRODUK dulu ketimbang dari harga. soal harga berapapun harga pasti orang beli asal MANFAATNYA BAGUS, bagaimana teman setuju dengan MANFAAT PRODUK? ketimbang harga..!!

salam,
tinggibadan.web.id

Pak yang point 3 kok saya kurang paham ya, dah saya baca berulang ulang belum bisa menyimpulkan juga

intinya yang ketiga disesuaikan dengan tujuan yang anda ingin bentuk. misal, produk anda ingin dipersepsi istimewa, maka beri juga harga yang istimewa. misalkan karena memang ingin menghabiskan stok barang, beri harga khusus biar barang cepat ludes. sekarang sudah mengerti kan? :)

Artikel ini sangat bermanfaat bagi pebisnis yg mau sukses… thankss

terimakasih atas ilmunya yang sangat bermanfaat bagi kita semua, semoga mas Joko dan kita semua bisa semakin sukses. Amin

Tips yang bagus Pak…

Jika produknya dibutuhkan, harga berapapun akan dibeli, apalagi jika kita mengetahui pangsa pasar kita…

Saya bisa jual herbal saya sampai ke Luarrr Negeri…

Alhamdulillah…

Luarrr Biasaaa…

Makasih Infonya Pak Joko…

Seperti bisnis baru saya, walaupun Ongkos Haji Mahal, jika orang butuh, sampai ngantri yang mau haji…

Saya berikan solusi bagi yang mau haji, namun ada kendala biaya…

Makasih sebelumnya…

Memang benar-benar man-top (boleh baca mantap) si-Bos ini…sip….

Ya setuju pak tapi juga perlu di ingat pangsa pasarnya juga, bagaimana kelasnya, tapi memang menurut saya juga manfaat akan bisa menentukan harga jual, tapi klo bermanfaat dan murah akan lebih mantabs

yang sulit itu kalau perang harga ya pak

perang harga itu capek. pernah ingat bagaimana para provider seluler perang tarif beberapa tahun lalu, dan sekarang sudah tidak lagi kan 😀

Tergantung kualitas barangnya. Tapi ada juga yg kualitasnya rendah tapi dijual mahal… merugikan.

Produsen seperti itu yang akan merugikan pihak lain.. 😀

Wah kalau itu namanya ga jujur deh, membohongi pembeli, harga harusnya sebanding dengan kualitas barangnya, ya kan Pak JS

Bagaimana cara menentukan harga jual sebuah barang yang pembuatannya melalui proses terlebih dahulu ?

contohnya?
anda bisa hitung berapa cost/biaya proses pembuatan produk tersebut

ok saya tambah ilmu lagi…

jual dengan harga kaki lima tapi dengan kualitas hotel bintang lima 😉 HOW???

Wah tips dan ilmu yang mantabs Pak JS, sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.