Cara Menarik Perhatian Pembeli

cara-menarik-perhatian-pembeliMasih ingat AIDA+C yang saya ajarkan di Formula Bisnis? Ya, poin pertama adalah attention (menarik perhatian). Hal ini amatlah penting dalam dunia bisnis internet. Baik untuk berjualan guna menarik perhatian pembeli; atau bagi yang punya blog agar para pembaca blog anda betah untuk selalu mengunjungi blog anda.

Mau tahu rahasianya? Spesial dalam pembahasan kali ini, saya akan beberkan khusus “ilmu cara menarik perhatian” untuk anda.

Sebelum anda mendapatkan pembeli, anda harus bisa menarik perhatian mereka. Setelah mendapat perhatian, baru anda bisa mem-prospek mereka lebih jauh.

Agar anda bisa menarik perhatian calon pembeli, anda perlu tahu tiga  hal menarik berikut ini.

1) Otak manusia tak bisa menaruh perhatian pada semua hal

Tak percaya? Mau contoh?

Misal, saat baru pertama berkenalan dengan seseorang, mungkin dalam beberapa jam kemudian anda sudah lupa siapa nama orang yang anda ajak berkenalan tadi. Tapi anda ingat pada hal-hal tertentu, misal rambutnya, atau asalnya, atau hal tertentu lainnya.

Artinya apa? Untuk menarik perhatian seseorang anda harus memilih informasi yang spesifik untuk disampaikan. Tak perlu sampaikan semua hal, apalagi yang tidak relevan. Sebab perhatian orang itu terbatas.

2) Banyak hal lain yang bisa menghambat perhatian orang

Makin lama, semakin tidak mudah untuk mendapat perhatian orang. Kenapa? Sebab orang-orang makin lama makin sibuk. Ada banyak hal-hal yang menjadi fokus hidupnya.

Hambatan lainnya bisa datang dari semakin berlimpahnya informasi (information overload) dan  tingkat persaingan yang makin ketat.

3) Tak banyak waktu untuk menarik perhatian

Seorang penjual di internet kadang hanya butuh waktu beberapa detik untuk mendapatkan perhatian pembeli, sebelum pengunjung tersebut memutuskan untuk melanjutkannya atau mengklik tanda X pada browser. Sebab itu manfaatkan baik-baik. Pilh informasi yang benar-benar relevan  dan menarik.

Lalu bagaimana cara menarik perhatian pembeli?

Tips Menarik Perhatian Pembeli

  • Perlakukan secara personal. Setiap orang suka diistimewakan. Tiap orang butuh pengakuan. Untuk itu, penting untuk memperlakukan mereka secara personal. Bukan sebagai kerumunan orang, tapi sebagai orang per orang.
  • Gunakan emosi. Pernah dengar seorang orator atau pembicara hebat yang begitu menggugah perhatian banyak orang? Ya, mereka melakukan itu dengan memanfaatkan emosi.
    Memanfaatkan emosi merupakan cara yang tepat untuk merangkul pembeli sekaligus memperbesar “magnet” bisnis anda.
  • Gunakan story telling/studi kasus. Ingat kan bagaimana kesaksian pasien dari iklan suatu klinik pengobatan yang sempat jadi bulan-bulanan viral beberapa waktu lalu?
    Anda bisa mencobanya juga. Tentu dengan hasil yang diharapkan lebih positif. :)

Apa hanya itu Pak Joko?

Jelas tidak! Ada banyak cara lainnya. Anda bisa kreasikan sendiri dengan mempraktekkannya. Pelajari juga 7 prinsip rahasia menarik perhatian ini.

Setelah anda mendapat perhatian, berikutnya jangan lupa untuk menindaklanjutinya ke tahapan interest (ketertarikan).

Well.. sampai di sini posting kali ini. Pesan saya:

Kemampuan menarik perhatian itu amat penting. Tak peduli sebaik apapun ide yang anda punya, anda tak akan pernah bisa menjadikannya prospek kecuali anda bisa membuat mereka tertarik pada anda.

Tips-tips menarik perhatian di atas mungkin secara lebih luas bisa juga diterapkan untuk kehidupan nyata: untuk menarik perhatian pria dan wanita.

Salam ACTION!

140 Comments. Leave new

pengalaman jg slh satu hal yg bisa membuat kt pandai dlm menarik perhatian pelanggan,ky p joko udh sgt brpengalaman dlm dunia internet marketing,good share..n thx

Sama seperti waktu pertama saya melihat peluang Bisnis yg saya jalankan sekarang..
yang menarik perhatian saya karena Produk PASUTRI nya diRekomendasikan pakar kesehatan Reproduksi ternama, Marketnya yg luas, & potensi penghasilannya yg besar serta mempunyai banyak waktu untuk keluarga. :)

waktu awal-awal mengenal bisnis online, saya pernah menjadi “korban” dua dari tiga tips yang mas Joko berikan…

dulu saya senang sekali waktu dapat email dimana kita disapa secara personal…

dulu saya juga merasa emosi saya meluap-luap saat melihat penawaran bisnis yang menghebohkan…

kalo sekarang sih biasa aja… :)

yang paati, ketiga tips di atas memang ampuh banget dalam menarik perhatian pembeli…

nice share mas

tentu saja, itulah point utama dalam menarik perhatian pengunjung…

Wisss, Memang Mantap pak joko…..!!!

Nice Onpoh pak
Terima kasih banyak Pak Joko atas ilmunya..
Semoga bisa diterapkan di blog saya yang baru ini..

salam sukses

terbukti ampuh kan pak? ;)

Pak Joko, tanya dong…

Sekarang ini kan perkembangan berbagai aplikasi PDF converter to Word semakin lebih baik kan Pak, apalagi di Microsoft Office 2013, dimana ada fitur untuk editing file PDF Pak, tentu aplikasi-aplikasi tersebut bisa mempengaruhi bisnis informasi kita kan Pak?

Seperti misalnya ebook kita jadi semakin mudah untuk dirubah isinya, sehingga juga semakin mempermudah pembajakan produk informasi yg kita pasarkan.

Nah, itu gimana cara kita sebagai pemilik produk biar produk informasi yg kita buat bisa menyesuaikan dengan perkembangan aplikasi-aplikasi semacam itu Pak?

Kiranya itu Pak, makasih :)

Tips menarik perhatian pembelinya mantap pak joko…
Siap-siap tambah kebanjiran ORDER nih. :)

memang benar pak, dalam dunia pemasaran juga harus diberlakukan ilmu psycology dan lain-lain. contohnya aja tentang warna, hasil penelitian yang dilakuakan oleh blog-blog besar diluar sana ternyata clickable link dengan CTR yang paling tinggi itu harus berwarna biru atau merah.
Ini semua kaitannya dengan pembelian, sejak sekrangn kita mesti mulai berpikir tentang hal itu dan tidak sekedar masalah SEO saja. thanks

Makasih Pak Joko infonya, smoga bisa menaikkan hasil penjualan saya.

Bisnis online memang unik, penuh tantangan.
Perlu kesabaran dan ketekunan tuk bisa menikmati hasilnya …

yup, apalagi kalo ditambah fokus dan doa…

Tentunya tambah Mantap.. :)

memang betul pak joko jika kita ingin berbisnis,..kuncinya adalah menarik perhatian dan memberikan kenyamanan secara persuasif,…agar kitapun mengerti apa yg dia inginkan,….mantap sarannya pak joko,..

benar sekali, tidak mudah dalam berbisnis di internet, kecuali anda adalah pro…tapi untuk menjadi pro juga perlu waktu

Melihat sisi positif yang seharusnya bisa kita contoh

Yg dimaksud gunakan emosi itu semangat kita itu ya pak, jadi harus semangat dlm penyampaian/komunikasi dengan prospek, seperti bunk tomo kalau memotivasi arek-arek suroboyo, oh iya pumpung lagi komen, aku teriakkan MERDEKA MERDEKA MERDEKA atau SUKSES, YESSS!

teknik ini hampir sama dgn teknik utk memikat wanita di buku yg sy baca, trnyata ampuh jg utk menarik perhatian pelanggan, mantappp… (y)

Terima kasih banyak Pak Joko atas ilmunya.. Semoga bisa diterapkan di blog saya yang baru ini..

Terima kasih banyak atas tipsnya saya akan coba…

Insya Allah akan saya praktekkan ilmu yang sangat bermanfaat ini .. terima kasih pak.

Salam sukses.

ass.wr.wb
mas sy mungkin menjadi anggota mas joko/virtual yg sy inget. tapi belumm bisa membuat blog atau website
tolong dong mas.
agar pendaftaran anggota sy berguna dan ada hasil.
jangan dulu dikirimi cerita bagai mana sy membuat web atau blog.kgimana cara sy masuk sebagai member

bisa kontak kami di http://asetvirtual.com/kontak/ pak jika ada kesulitan.

untuk masuk ke member area aset virtual bisa buka http://asetvirtual.com/member/ dan masukkan username serta password anda

memang tdk mudah untk brjualan di internet,butuh ilmu dan ketekunan dan jangan cpt menyerah.semangat!

betul itu, agar bisa berhasil kita harus sering-sering mengupdate pengetahuan dan langsung ACTION

tips perlu langsung di eksekusi ni bos

TIPS yang luar biasa mantap..!! Terimakasih Pak Joko telah sudi membagi ilmunya untuk orang banyak. Semoga jadi berkah buat Pak Joko.

TIPS Pak Joko ini sangat menarik untuk segera dipraktekkan. Amat luas untuk aplikasinya. Semoga dengan TIPS ini orderan makin moncer…

Top markotop…Tips yang sangat mantap..! dari Pak Joko. Yang diulas pak Joko sedikit tetapi manfaatnya sangat luar biasa mantap.. dan saya sudah membuktikannya…

Terimakasih Pak Joko Tips yang sangat bermanfaat.

Faktor kesederhanaan tampilan ikut mendukung, tpi produk ttp harus menarik

benar skali, dan faktor kejujuran patut dipertimbangkan

wahhh tambah ilmu lagi pak…hehehe

Sangat bermanfaat Pak Joko :)

Salam cinta & kasih sayang :)

Terima kasih banyak pak Joko, ini informasi yang sangat berharga bagi saya sebagai tips untuk menjalankan bisnis dan sangat bermanfaat bagi saya.

Belajar untuk C a p e r …cari perhatian dulu. Terima kasih terus belajar dan mencoba menarik perhatian . Mantap

buat caper boleh juga neeh

Ini yang saya senang dari Blog Pak Joko. Ilmu yang dikasih adalah ilmu tingkat tinggi dan non teknis. Karena kalo teknis banyak orang yang bisa trus tinggal kita delegasikan tugas kita ke mereka biar mereka yang ngerjain.

Jadi fokus kita belajar kepada hal-hal yang non teknis ini. Dan di blog ini banyak hal-hal non teknis yang bs kita pelajari.

Makasih pak ilmunya, saya termasuk member formula bisnis, dan saya banyak belajar non teknis dari buku bapak itu…

ilmu yang bermanfaat…thx mas Joko..

Mas Joko saya mau pelajari mudah2an saya bisa ngerti maklum usia udah lanjut otak ga encerlagi,dan kendala saya bukan hobby membaca tetapi hobby sport and membuat kata Indah layaknya Sastra dsb,Mas joko boleh bilang saya curang Tak mau membaca tapi ingin dibaca hasil coretan say/pendapat dsb
Wassalam

AR.Rachman Angga

tampaknya tips ini paling cocok kalau untuk pasang iklan.

semakin oke pak joko, siaapp laksanakan!!!

sistem AIDA untuk sebuah posting sangat menarik sekali ..karena menjadi perhatian pembaca dan tentunya tersampaikan informasinya

Memang, untuk membuat pengunjung situs mau berlama-lama di website kita, adalah pekerjaan yang tidak mudah. Saya sudah berkali-kali melakukan percobaan, namun belum menemukan formula yang cukup pas.

Terima kasih tips nya pak.

Terimakasih Pak Joko, informasinya mencerahkan untuk bisnis saya. Sukses selalu buat Pak Joko

Postingan pak joko kali ini, membuat sy tergugah, untuk selalu memperhatikan bagaimana cara menarik perhatian pembeli..Terimakasih pak joko

Orang mengunjungi sebuah situs dan betah, biasanya dari pandangan pertama. Ini terbukti dari beberapa situs yang saya miliki, lama kunjungan antara 0-30 detik berada di atas 60%. Awal memang harus ada ketertarikan…

Terima kasih pak Joko

trimakasih infonya

makasih infonya mas joko,hal tersebut yang kelihatannya sederhana ternyata mampu menarik perhatian pembeli.

Salam Action

suatu konsep pemikiran yang sangat matang. tks pak joko

Tengkiyuuu…. infonya Mas…

sebuah trik pemasaran yang bagus… sangat berguna dalam memasarkan apa saja

makasih innya pak. Menjual suatu barang memang harus menggunakan trik yang dinamis mengikuti perkembangan jaman

benar sekali…silahkan di Action kan…

wah, bisa langsung diaplikasikan nich
makasih pak infonya

Info yang menarik, sangat simple tapi powerful.

itulah khas nya mas joko…

sangat menarik untuk dicoba

Ga jelas dan ga kongkrit. Memperlakukan org lain secara personal itu gmn? Memanfaatkan emoaasi itu gmn?

Belum dibuka semua… detil dan kongkritnya buat bahan posting berikutnya. Ini baru jurus pertama ” menarik perhatian “

contoh yang personal, misal anda sebut dengan namanya. anda kenali kebiasan-kebiasannya. misal dia sukanya minum teh, bukan kopi, ya disuguhi teh :)

kuncinya memang betul pak joko, jika kita ingin berbisnis adalah dengan menarik perhatian dan memberikan kenyamanan secara persuasif,…agar kitapun mengerti apa yg dia inginkan. nice sharing pak joko

Dalam praktek saya story telling benar2 membantu dalam mendapatkan pelanggan
Oiya saya pikir testimoni pelanggan2 yang pernah menggunakan jasa kita juga bisa menarik perhatian calon pelanggan Pak

betul sekali. so, dapatkan testimoni dari mereka

WAH MEMARIK INFORMASINYA COCOK UNTUK PARA PEDAGANG PASAR INDUK KRAMAT JATI
TERIMKASIH MAS JOKO

trim’s Pa joko atas ilmunya.. saya optimis bisnis saya semakin berkembang berkat tips dari Pa joko.

siap-siap action… biar cepat berhasil

jangan ditunda lagi, kesempatan tidak datang 2 kali..

wah ini dia yang saya cari2

memang betul ,semakin ketat persaingan semakin kita dituntut untuk menyajikan hal yang lebih menarik dan greget agar penawaran kita diterima customer dan akhirnya terjadi transaksi..

trik yang sangat bagus,akan saya praktekan neh untuk menarik perhatian calon pembeli.thanks ya

saya setuju bahwa calon pembeli ingin diperlakukan secara personal,mereka akan lebih merasa diakui dan dihargai,,mantap pa joko.saya tunggu artikel lainnya.

Bila kita bisa menarik perhatian pembeli pastinya akan bisa bagus bagi bisnis kita
terima kasih atas segala saran dan arahannya

intinya, buat orang lain terkesan pada pandangan pertama. Selanjutnya…(terserah anda) :)

informasinya mudah-mudahan bermanfaat ya

thanks for interesting information

waaah saya ketinggalan tuh yang sesi AIDA+C nya tapi mantap banget om pembahasan yang kali ini..

Sudah lama saya mengikuti perkembangan bisnis pak JS, dan sudah menjadi membernya. Luar biasa pak JS. Artikelnya menarik dan sangat membantu. Semoga kita bisa sukses mengikuti jejak keberhasilan pak JS. Good Luck

trims pa joko atas tips2nya,,, bermanfaat skali

Salam kenal Pak Joko…

Saya termasuk masih awam dalam dunia internet,
setelah membaca artikel pak Joko membuka dan menambah wawasan saya tentang dunia bisnis internet tentu sangat bermanfaat buat saya…

Terima Kasih Pak Jojo…
Go Action !!

Info menarik…. menarik perhatian pembeli… langsung terapkan… smoga omset mesin stempel warna dan bahan2 stempel meningkat pesat…. matur suwun Pak Joko….. sukses ya…

tks tips nya, semoga dagangan kita laris manis…!

tipsnya sangat membantu dan realistis

wah menarik mas artikelnya, saya patut coba apa yg mas sampaikan ini

berbagi itu lebih baik . alhamdulillah bertemu web ini .
trimakasih

nice deh..
buat ngeyakinin pelanggan artikel harus singkat padat dan jelas

Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

Makin mantab aja ni sob informasinya

Tulisan yang sangat bermanfaat, trmksh gan..

Tulisan yang sangat bermanfaat , trmksh PJK

makasih mas Joko , menambah ilmu dan bisa saya terapkan..

Ilmu yang sangat bermanfaat Mas Joko. Memang menarik perhatian orang lain memang tidak sulit, asalkan kita tau triknya, seperti yang mas Joko jelaskan di atas.

perlu di coba n selalu ingin berhasil..

dan paling cocok buat toko aksesoris couple saya di roman couple
makasih pak joko

ternyata mudah juga ya menarik perhatian pembeli,
coba taw dari awal

Ini dia ilmu yang saya cari-cari. Terimakasih atas ilmunya pak Joko. Salam

makasih banyak ya gan jadi nambah ilmu ne

mudah-mudahan artikelnya semakin maju dan sukses selalu

thank’s dan good luck

makasih banyak ya, ini pertama kalinya saya posting

Makasih gan..
Akan saya praktekkan..

Terima kasih untuk tipsnya, saya yakin tips ini akan sangat bermanfaat dalam menarik calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan di internet

sangat bermanfaat mas infonya saya langsung coba

wah iya ni benar sekali.. saya coba deh nanti

Perlu di praktekkan pada bisnis apapun…..Thanks….

TAHU KURING CIBUNTU-BDG
November 7, 2012 10:20 pmReply

wow.. tips yg sangat bermanfaat buat siapapun yg sedang dan akan atau telah terjun berbisnisria..
thank’s a lot mas djoko atas infonya..
Salam sukses

_agen “TAHU KURING” Cibuntu, Babakan Ciparay, Bdg
HP.0853-1212-1332 / 08567-031130

Sebaiknya memang harus seperti itu kepada semua konsumen yang kelak akan menjadi pelanggan kita…

eh namanya sama hehe,salam kenal..
produknya sanitary pads y mba?

kadang pembeli membeli sesuatu berdasarkan emosi,bukan logika.. ni yang jadi target menarik bagi penjual

cara pengunjung blog menjadi pembeli dimulai adanya unsur ‘kepercayaan’ dari calon pembeli apalagi kita didunia maya ( no face to face)

Sepertinya Langsung Bisa Di aplikasikan donk Pak”
Thank’s Pak Joko Atas Infonya ‘

Thank’s Information @joko susilo

tips yang menarik gan,, salam kenal sukses selalu :)

Pembeli adalah Raja..berikan servis yang baik senyum serta keramahan dengan hati yang tulus..

nice,Penting ni tips buat memberikan kepercayaan konsumen dari website.
thank`s boss infonya

oke thx gan sudah berbagi tips nya,,, menarik sekali

Tulisan yang sangat bermanfaat, trmksh mas Joko..

boleh juga diterapkan untuk menarik perhatian lawan jenis…

Bagus gan, keren banget. thanks ya

Trimaksih Artikelnya Pak Joko, informasi yang sangat berguna

menarik juga saya baca postingannya ..
pengen nih ningkatin penjualan di website kami .. mohon bantuannya yaaaa :)
terimakasih ^^

kumjumgi web kami : healtygroup.blogspot.com

keren postingan nya
gunakan emosi untuk memikat hati konsumen, baru pernah dengar saya

gimana tipsnya gan , biar web saya menarik perhatian pembeli gan .

promosikan dnegan berbagai teknik mas. ubek-ubek isi daftar artikel saya di sini

nyesel dari dulu gak tahu web-nya pak joko. bener-bener bisa jadi inspirasi dan masukan untuk saya dan orang banyak. trim’s pak joko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>