Sesungguhnya Marketing itu Sederhana

marketing sederhanaMungkin ada yang bingung marketing itu apa. Ada yang mencoba menjawabnya dengan definisi misal marketing itu adalah kegiatan menawarkan sesuatu kepada target market. Ada lagi yang menjelaskan marketing sebagai proses komunikasi untuk memberikan informasi barang dan jasa yang terkait dengan kebutuhan dan keinginan orang.

Apapun definisinya, sebenarnya marketing itu sederhana.

Anda bisa tanyakan apa yang orang inginkan. Setelah itu, anda bisa sediakan apa yang mereka inginkan tersebut.

Begitupun kalau anda sudah punya memiliki konsumen. Anda bisa tanyakan apa yang kurang dari produk yang sudah dikonsumsi oleh konsumen anda. Dan penuhi keinginan tersebut.

Demikian juga jika anda ingin untuk merebut suatu pasar. Anda bisa tanyakan apa yang masih kurang dari produk yang telah mereka konsumsi selama ini. Dan penuhi itu.

Intinya adalah mintalah masukan. Apa yang orang inginkan, dan penuhilah itu. Sesungguhnya sangat sederhana bukan?

Banyak pebisnis yang repot dengan membuat pasar baru, atau mencoba membuat produk yang menurut mereka sangatlah bagus. Padahal uang akan datang saat anda temukan pasar, menemukan orang yang menginginkan sesuatu, dan sediakan itu buat mereka.

Karena keinginan manusia ini tak ada habisnya, maka tentu sangat banyak niche yang bisa kita mainkan. Tak terbatas dan semakin banyak.

Jad, kalau ada yang merasa tak tahu harus berjualan apa. Coba tanyakan apa yang dibutuhkan oleh target market anda, dan mulailah sediakan itu.

Simpel kan?

169 Comments. Leave new

Mantap informasinya Pak Joko…

Marketing adalah salah satu ujung tombak bisnis apapun. Dan masih banyak ujung tombak yg lain, seperti kepuasan pelanggan, yang juga berhubungan dengan marketing…

Makasih atas share nya… :)

Saya sangat setuju dengan pernyataan Anda
Tapi tidak sedikit Marketing yang telah bekerja keras menawarkan barang atau jasanya masih belum menghasilkan, karena ada faktor yang sangat penting yaitu kejujuran dan kepercayaan dari Customer Terima kasih

kadang-kadang kebanyakan ide membuat kita jadi bingung….. hhmmmm

fokus aja pada satu ide yang menurut anda memiliki peluang penghasilan yang lebih besar…

Salam Pak Joko

Memang sangat sederhana Pak JS saya juga setuju namun jika di jabarkan mungkin tidak sesederhana yang di kira,

Meskipun demikian ,saya setuju penjabaran itu lebih baik di sederhanakan sehingga akan mudah di pahami dan di praktekkan

setelah bapak jelaskan,memang sederhana marketing itu :)

mantappp,,
marketing sederhana dan hasilnya luar biasa :)

Ya menurut saya sederhana bila kita benar2 paham dengan produk yang kita tawarkan dan begitupun sebaliknya akan terasa sulit bila kita tidak memahami produk tersebut.

Salam…

Ga usah bingung jalanin saja

Betul.. asal kita sudah tahu prospek kedepannya langsung lakukan.

Perusahaan besarpun yang urusannya sudah banyak dan harus banyak pertimbangan itu hanya dilakukan oleh staf-staf nya sedangkan pemiliknya sendiri ketika membangun perusahaan tersebut banyak melakukan tindakan penuh resiko dan spontan.

Betul jalani saja… istilah lainnya : Hajar Bleh :)

Artikelnya menurut saya masih sangat umum, tidak membahas secara mendalam tentang marketing yang sederhana itu. Menurut saya marketing itu tidak hanya tentang meminta masukan dari pasar dan memenuhinya, tapi lebih dari itu.

Tergantung dari sudut pandang mana kita lihat, jika dilihat dari sudut pandang seorang karyawan begitulah, semua menjadi rumit.

Lain hal lagi jika dilihat dari sudut pandang seorang pebisnis sejati seperti yang Saya tulis di comment atas ” Seorang pemilik perusahaan banyak melakukan tindakan penus resiko dan spontan “

Anda memang ahlinya… super sekali :)

oke asumsi kita tentang marketing sekarang adalah mudah, asumsi ini sangat powerfull untuk menambah semngat kita dan membentuk mindset bahwa MARKETING IS EASY.

Anda sudah punya produk tapi anda bilang sulit mencari pasar ?
Yang seharusnya anda lakukan adalah : tidak usah mencari pasar.
Tetapi, ciptakanlah pasar. Buat orang tau produk anda dan buat mereka percaya bahwa mereka sangat membutuhkan produk anda. Maka itulah pasar anda sekarang.
Caranya bagaimana? Pak Joko sudah banyak memberikan ide2 cemerlangnya jika anda perlu. Salam sukses.

Kelihatan memang sederhana tetapi apakah memang sesederhana itu ? yang penting kita fokus pada salah satu produk dulu hingga sukses. selebihnya tinggal duplikasi ke produk lain.

good, mantep bos artikelnya like it,,,

wahh boleh juga nih… pasang iklan gratis ya? ;)

“Coba tanyakan apa yang dibutuhkan oleh target market anda, dan mulailah sediakan itu” Kadang kita terlalu banyak mikir, coba langsung action..

Terima kasih pak tipsnya, ternyata marketing itu memang sederhana :)

marketing dalam definsinya memang sederhana, sayangnya implementasinya tidak sesederhana definisinya…. pebisnis sejati TAHU bagaimana membuatnya menjadi so easy, salah 1 nya KEKUATAN dari PRODUK & bermain dalam blue ocean strategy.

misal, jika kita menjual produk yang unik, pertama & satu-satunya didunia, harganya terjangkau & yg manfaatnya sangat dibutuhkan banyak orang maka seorang penjual yang apes sekalipun tetap bisa menghasilkan omset… kalau tidak bisa ya kebangetan… apalagi yang sangat serius menekuninya nggak kebayang deh hasilnya…

:)

Mantap artikelnya pak Joko. Harus sesuai permintaan pasar ya pak. thanks for share.

Memang sangat sederhana Pak JS saya juga setuju namun jika di jabarkan mungkin tidak sesederhana yang di kira, namun saya setuju penjabaran itu lebih baik di sederhanakan sehingga akan mudah di pahami dan di praktekkan

Memang sederhana sekali tapi kadang saya sendiri masih sulit untuk mengaplikasinya ke tindakan nyata butuh pemahaman yang lebih detail

Mudah-mudahan kita tidak mengalami apa yang kita pikirkan, semakin sulit kita memikirkan sesuatu maka akan semakin tidak mudah mendapatkan jalan kelaur.

sederhana tapi powerfulll,,
mantapppp pak joko :)

hahaha,,,
memang sederhana ya pak joko,,,
semangat terus ,,dan sukses selalu :)

bagus atas masukannya pak joko, sy tunggu mskn2 yg lbh menggigit tuk kemajuan internet marketing saya,

salam sukses,

hamam,
http://www.formulabisnis.com/?id=obier

ya sederhana, sudah banyak yang telah melakukan, yang bisa kita contoh

sepertinya yang ribet adalah bagaimana cara memberitahu secara massal jualan kita…

simple banget ternyata, “penuhi kebutuhan pasar/konsumen”
namun ‘praktek’ nya tetap kerja keras dan kerja cerdas…artikel yg menarik!

setelah itu promosi…promosi…promosi…

betul sekali pak ,, terimaksih infonya

artikel ini benar-benar sangat membantu saya bagaimana memahami dunia marketing..

Marketing memang sederhana mas JOKO. Paling sederhanya juga gini : Ada ibu ibu tua yang berdagangan ikan asin, tapei, sayur dll. Bahan bahan tersebut ia jinjing atau diletakkan di atas kepala, sambil berjalan ia berkata : “Sayur sayur siapa mau beli sayur, saya ibu sayur datang”. Itu kan marketing juga kan Mas ?

betul, itu contoh sederhana marketing itu apa

Promosi memang terkadang tidak harus terlalu dipikirkan bentuknya tapi ketika sudah dilakukan secara konsisten, sadar maupun tidak sadar kita akan melihat hasil yang sangat luar biasa.

Artikelnya sangat bermanfaat Pak..

kebutuhan konsumen memang banyak…hanya pebisnis yang “jeli” tuk memanfaatkan peluang tsb

menyederhanakan sesuatu yang sulit sangat berguna untuk meningkatkan motivasi dan prestasi, salah satunya adalah yang bapak sampaikan ini, marketing :)

Marketing adl menawarkan barang ke orang yg tepat. mungkin sederhananya kayak gini ya: sediakan solusi dari setiap masalah, misalnya ada orang sakit perut, solusinya obat sakit perut. he.he

saking sederhananya sampai saya sulit memahami :-)

pemasaran itu 4p ih (katanya)

Terimakasih Pak JS sangat menginspirasi bahwa ternyata marekting itu sangat sederhana yang penting kita mau mengaplikasikannya ke tindakan nyata, salam sukses selalu Pak JS

wah mantap betul sekali dan setuju pak joko

inti tetap perlu “action”

kadang kita melihat definisi marketing begitu “ruwet” ternyata begitu “sederhana” disampaikan mas joko, mantap!

simple sekali pak tinggal cari idenya kadang bingung :D

Wauwww artikel sederhana tapi luar biasa!

Tanpa kita sadari ilmu marketing selalu kita terapkan dalam hidup kita sehari-hari!

ternyata hanya itu yapa intinya
makasih buat sharingnya

heheh makasih atas idenya pak

Marketing itu menyediakan apa yang menjadi keperluan orang banyak, dengan memenuhi lebih banyak dan menambah nilai tambah lebih atas permintaan barang dan jasa dari orang banyak…..

marketig itu intinya mempertemukan antara penjual dan pembeli

sederhana,tapi hasilnya luar biasa :)

betul itu pak. tapi saya masih kurang paham dan mendalami ilmu marketing khususnya di internet pak.

mari terus belajar dan ACTION di sini

Di internet maupun bukan pada prinsipnya sama hanya beda modal pertama yang dikeluarkan, di internet modal yang harus dikeluarkan relatif kecil.

yang menjadi salah pemahaman itu ketika harapan kita yang selalu menginginkan hal instan.

Wahh, mantappp!!!!
Ispirasi, :)

Betul sekali pak joko, simpel tidak njlimet yang penting Action!

Penjelasan yang sangat singkat namun padat. Saya setuju Pak Joko. Jadi marketing sesederhana itu, ya?
Ya masuk akal juga. Saya akan mencoba mengingatnya “Apa yang orang inginkan, dan penuhilah itu”. Ya ternyata konsepnya cukup sederhana. Terima kasih Pak Joko sangat bermanfaat sekali.

ya Action….. promosi…. promosi, apa yang diinginkan konsumen/target pasar.

Sederhana tapi mantaap! Perlu segera beraksi!

Makasih Mas Joko, info yang sangat berharga untuk memasarkan produk.

hmmm,,,gitu ya..oke pak.. (y) laksanakan..

sip…setuju Mas Joko….:) good luck…

bagus pak artikelnya, penjual memang harus peka dengan berbagai kebutuhan targetnya, kalau perlu buat dia yg tadinya ‘tidak butuh menjadi merasa butuh’ dengan sales letter yang kita lakukan ;D

Betul banget mas, kita harus menerapkan customer feed back agar kita bisa melakukan continual improvement, sehingga produk yg kita jual bisa bertahan dipasaran jadi bukan sekedar musiman aja.

tepat, harus terus improving

Sip setuju pak joko yg penting pantau terus perkembangan pasar seperti apa,..lalu action terus,..

Mantab banget topiknya kali ini Pak Joko Susilo. Cukup sederhana rumusnya, “Orang butuh, Anda ada untuknya.” Makasih atas ilmunya Pak. Jangan lupa sering-sering mampir dan tolong kasih masukan untuk blog sederhana saya Pak Joko Susilo. Juga bagi semua sobat online yang berkenan mampir, welcome untuk sobatku semua. Salam hangat dan salam sukses. :)

kalao menurut saya mungkin lebih simpel lagi pak, bantulah orang lain dan kenakan biaya

Mantap info nya pak bosz ,nebiw masih belajar dalam dunia online ni.

Sangat Bermanfaat Informasi nya pak .

thanks pak joko,info yg dahsyat…

Benar-benar konsep yang sederhana. Bagaimana dengan actionnya?

Memang marketing itu sangat sederhana, karena sederhananya maka banyak orang yang menyepelehkan sehingga bisnisnya tidak sukses, terima kasih Pak Joko

Menurut Saya yang menyepelekan marketing dan menyederhanakan marketing itu sesuatu hal yang berbeda.

Kalau menyepelekan lebih menandakan orang tersebut malas sehingga tidak banyak melakukan sesuatu.

Sedangkan menyederhanakan adalah bentuk dari strategi untuk mengefisienkan ( efisien ini lahir dari jam terbang orang tersebut dalam menjalani sebuah bisnis )

ini yg komen pada pnya dagangan sndiri2, ada konsumen yg nyangkut ga ya? hehe…

Yang comment semua marketing. Yang gak comment perlu belajar marketing.

Saya bukan marketing jadi perlu belajar?

Marketing juga nih. Akhirnya comment juga. Sukses gan.

Benar adanya pak joko, selaku pebisnis, baiklah kita selalu memenuhi apa yang menjadi keinginan atau hasrat dari para konsumen kita, jika hal ini telah terpenuhi maka marketing ang baik telah terlaksana,

sukses selalu, buat pak joko …

dari
Afdy Anthony

wah mantap banget Sharenya ini bang,…

marketing itu ternyata simpel ya mas,jangan terlalu melihat jauh,cukup kita gali apa yang dibutuhkan oleh orang sekitar kita

dari aura bicara dan menulisnya, Kang Dadan sepertinya sudah mulai memahami.

Apa kabar Ciamis kang :)

Hebat mas Joko artikelnya simple dan langsung ke tujuannya.tanpa harus menerangkankan marketing menurut profesor ini,doktor ini,atau buku ini.ini baru namanya pengalaman seorang marketer.cukup dengan 2 metode : tanyakan dan sediakan.dan uang akan mengikuti.mantap.

Sangat setuju pak Joko, dalam kegiatan marketing yang utama adalah menyediakan dan menginformasikan tentang sesuatu yang dibutuhkan pasar

wah, iya se-simple itu ternyata ya marketing..

Marketing adalah kepercayaan..

Terimakasih ilmunya P Joko..

Betul sekali apa yg disampaikan Mas “JS” bahwa marketing itu sederhana. Soal proses tergantung selera dan karakter masing2 yg intinya, barang dagangan kita sampai ke konsumen dengan tanpa beban di hati, artinya sama2 senang. Yg membuat berat itu adalah hati. Hati seorang pelaku pemasaran jika sudah punya perasaan berat, kaki dan tangan pun akan berat sehingga marketing tidak bisa disebut sederhana. Sesuatu yg malas mengerjakan saat ini, besok atau lusa pun belum tentu mau. Jika ada niat dan kemauan yg kuat dalam diri, jalan menuju sukses dalam marketing pasti ada. dasarnya adalah hati. Jika hati senang, kaki dan tangan akan terasa ringan.

sederhana definisinya tapi sangat tepat maknanya

Trims; saya sangat setutju dgn artikelnya tetapi tidak sedikit yang sudah susah payah menawarkan produknya namun hasilnya tidak ada

dan jangan lupa, “never give up” juga bagian dari ilmu marketing :)

marketing memang sederhana.. yg penting action.

Ternyata sangat sederhana, tapi kadang sulit untuk menjalankannya pa, info yang sangat menarik ^_*

makanya tidak usah yang ruwet-ruwet. :D yang sederhana saja katanya kadang sulit :) Yang penting mari ACTION!

Maksih pak joko atas tambahan ilmunya.
salam sukses selalu.

Dahsyat penjelasan marketingnya…

trims ilmunya pak joko, salam sukses…

Simple but powerful.. Sederhana tetapi butuh ketekunan untuk menjalankannya..

Bisnis yang sukses selalu ditandai dengan tingginya angka penjualan. Marketing adalah satu-satunya alasan mengapa sebuah bisnis bisa menghasilkan angka penjualan yang sangat tinggi sementara pesaingnya lebih rendah. Hanya dengan mengenali inti permainan bernama marketing ini kita bisa mendapatkan penjualan yang optimal bagi bisnis kita.

setuju sama pak joko, just make it simple.

ACTION…ACTION…ACTION…

Disinilah letak kelemahan kebanyakan orang gagal berjualan apalagi berjualan online.
Belajar…..Selebihnya actiooonnnn..!!

Salam sukses buat Pak Joko dan teman2>>>

Segala sesuatu bermula dari prinsip yang sederhana. Pada tatanan pelaksaan juga prinsipnya sederhana : ” Action…action… action” berdasarkan ilmu yang telah kita miliki. Dalam perjalanannya : Prinsipnya pun sederhana : Evaluasi, perbaiki dan tingkatkan terus dengan cara cara yang terbaik. Hasil merupakan bonus bukan tujuan akhir. Semoga kita senantiasa dapat menikmati semua proses di dalamnya.

Salam ACTION…
update terus ya artikelnya…

Terimakasih infonya pak

marketing memang sederhana, menjalaninya harus butuh banyak K (kejujuran, kesabaran, kepercayaan, dll)

Sedehana tapi perlu kejelian & action,

Pemasaran dilakukan oleh pembeli juga. Contohnya: Sering kita dengar orang teriak2 “Botol, barang bekas”. Kalau kita tanya, ternyata dia bukan menjual botol dan barang bekas, tapi mau beli. Tul kan?

Artikelnya membuat semangat untuk berbisnis…terima kasih pak…

marketing itu pekerjaan yang paling uenak… :D

“Begitupun kalau anda sudah punya memiliki konsumen. Anda bisa tanyakan apa yang kurang dari produk yang sudah dikonsumsi oleh konsumen anda. Dan penuhi keinginan tersebut.”

Quote nya sangat bermanfaat sekali pak.. Segera diterapkan. Thanks Pak Joko. Sukses selalu!

Trima kasih pak Joko

Benar banget apa yg Pak Joko sampaikan…….

memang benar pak .di dunia marketing pembeli adalah raja, dan kita harus bisa memenuhi permintaan pembeli atau pelanggan kita bagaimanapun caranya. trims pak ..

masukan itu bisa dari mana saja ya..
terima kasih Pak Joko atas ilmunya, sangat bermanfaat buat saya

artikel yang sangat menarik pak

Bagus dan sangat mengilhami pikiran

tujuan utama dari marketing adalah menjual..jadi sebuah marketing harus bisa menjual sebuah produk…info menarik pak joko…

. . .menurut saya marketing adalah sederhana saja yaitu: DODOLAN, bgm teman2. . . sdh menjual blm? jualan apa sih? minat tdk dg yg begini ini. . . klik saja nama saya! Niscaya teman2 blogger mengerti maksud saya tsb. Dan Thank’s Mas Joko Susilo. . . artikelnya bisa membangkitkan penjualan, he3. . .

Lama ngga berkunjung ke blognya pak Joko, eh ternyata sekarang makin hebat saja, sip markusip deh. Memenuhi kebutuhan pasar atau secara kreatif menciptakan kebutuhan baru bagi masyakarat, adalah bagian yang sangat menarik buat saya.

Marekting memang simple, kalau yang beli sudah ada, produk ada, dan yang beli mau, jadi dech… Susahnya kalau nyari pembeli nggak ketemu-ketemu padahal sudah berbagai macam jurus dikeluarkan, bisa stressss, nah kalau produknya laku sepanjang zaman, insyaallah marketing jadi lebih simple lagi hehe

uang akan datang saat anda temukan pasar.
Super sekali

setuju sekali mas…temukan ceruk pasar dan penuhi keinginan mereka..it’s very simple

marketing itu buat ku adalah sebuah seni

Seharusnya memang LEBIH SANGAT PALING SEDERHANA… :)

om joko saya baru ni diblogger.saya mau arahan yang terbaik tentang gimana menjadi sukses dalam dunia blogger.terima kasih om joko…sukses selalu

Mudah-mudahan Bpk selalu konsisten menjadi seorang blogger, Saya dukung penuh Pa :)

semoga anda juga selalu dilimpahi keselamatan, kesehatan, dan keberkahan :)

sukses maksudnya dapat penghasilan dari blog? tentukan dari mana saja anda ingin dapatkan penghasilan dari blog itu. dan fokus kerjakan satu per satu

om joko artikelnya saya muat diblog saya.saya mohon ijin dari om joko yach.salam sukses selalu om joko.

Se simple itu, pak Joko.

Intinya memang menjual yang dicari orang, review hasil jualan dan jual lagi lebih baik. Ok, pak pencerahan bagus.

Pak Joko, I have this stupid question. Kalau kita temukan lebih dari satu niche market, bolehkah di posting jualannya di satu web/ blog. Atau berapa sih, maksimal isi niche yang ideal untuk satu web? supaya jualannya bisa hot sold?

Tengkiu, Pak Joko..

saya jawab di post berikutnya ya :)

Wah surprise nih, Pak Joko.

Mohon ijin, artikel pak Joko tersebut saya share posting di blog saya ya, Pak. Its an honour to have your comment article on my question in my blog..

Matur nuwun, pak.

Assalamu’alaikum P Joko Susilo..,mat kenal, sy Juli Darmawanto di Makassar, terima-kasih banyak yang selama ini senantiasa memberikan motivasi jarak-jauh dalam email pd saya..,semoga arahan2nya senantiasa berkenan di hati peblogger indonesia maupun internasional

mantap pak…………… marketing = cara cepat untuk kaya.:-)

terima kasih pak joko atas ilmunya,,teramat bermanfaat pak…..

sippp, nice article
walaupun seertinya mudah tapi ulit juga untuk melakukannya ya pak

Sudah lama saya tidak mengikuti artikel dari mas JS, ternyata masih tetap mantap ulasannya

tapi dlm prakteknya, kita bisa menemui berbagai rintangan yang menuntut pengalaman lebih pak joko..

Perusahaan apapun perlu yang namanya marketing, karena marketing ujung tombak sebuah perusahaan. buat apa buat produk banyak dan bagus kalau tidak bisa di jual.

nice artikel pak..
marketing simpel tapi memang butuh jam terbang ya pak..

kalau kita benar2 mengerti tentang marketing dan dasar2nya tentu akan mudah terutama dalam mengembangkannya juga
nice info Pak Joko

tips dari pak joko sama dengan saya tapi mengapa belum laris manis…???

coba juga promo offlinenya pak

Setuju dengan pak JS, promo offline juga jangan dilupakan :)

Banyak bisnis pemula yang tidak tahu mau bisnis apa, bagaimana caranya dan salah mencari pembimbing. Teori memang beda sama praktek, kalo cuma tahu teory tanpa praktek percuma. Kalo praktek tanpa teory bisa aja dia belajar dari kegagalan.

Mantap,,,info nya pak, tp untuk orang awam itu pekerjaan yg benar-benar sulit mencari target market yang orang cari atau produk yang best seller

Kalau di bisnis online harus dilakukan keyword research untuk mengetahui apa yang dicari market dan baru kita sediakan dan promosikan barang/servicenya.Jika kita memiliki sebuah authority blog maka usaha promosi akan lebih mudah.Ada lho authority blog yang bisa kita dapatkan seketika tanpa susah-susah harus men-seo kan.

sebenernya sederhana.. kadang kita yang bikin rumit :)

Saya juga masih belajar jadi marketing yang baik.

Marketing itu sederhana lo.. Buat orang PENASARAN agar PEMASARAN lancar.. PEMASARAN/MARKETING = PENASARAN..

dicoba semua sarannya pak.

semua saran memang bermutu bang joko, merketing memang menjadi hal yang lumrah dan penting untuk jaman sekarang. seneng banget main ke blog ini,pengalaman banyak membuat saya enak membaca disini thanks

terima kasih pak joko atas ilmunya yang sudah diberikan. salam sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>