Tips Memberi Nama Anak yang Baik

March 15, 2013

Tips Memberi Nama Anak yang BaikAda seorang kawan yang sedang mempersiapkan kelahiran bayinya. Maka dia pun mencari nama untuk anaknya itu. Dia ‘geledah’ isi internet dan didapat ratusan atau bahkan ribuan lebih nama-nama bayi. Tapi dia masih bingung. Maka dia toleh sana-sini dan bertanya ke orang-orang yang dikenalnya bagaimana cara memberi nama anak yang tepat. Sampai akhirnya pertanyaan itu sampai juga kepada saya.

Mas Joko saya mau tanya, bagaimana cara kasih nama bayi. Ada tipsnya nggak?” tanyanya. 

Sejurus dua jurus saya hela nafas. Dalam hati saya berpikir, biasanya ditanya soal internet marketing atau cara bangun bisnis online, baru kali ini saya ditanya soal memberi nama bayi.

Kemudian perlahan saya jawab, “Nama adalah doa. Nama adalah pengharapan orangtua pada sang anak. Maka dari itu sang buah hati haruslah diberi nama yang baik.”

“Lalu kalau asal namanya Mas?” tanyanya lagi.

“Menurut saya boleh dari manapun, boleh nama Jawa, nama islami, nama Jepang, atau nama lainnya. Yang penting artinya bagus. Ketiga putra saya ada yang dari nama Jawa dan ada yang Islami, tapi nama Jepang tidak ada.” :)

“Terus ada tips lainnya Mas?”

“Yang pertama tentu arti nama anak tersebut harus baik. Kedua, bagi saya enak untuk didengar juga mudah untuk diingat dan diucapkan.”

“Ada lagi Mas?”

“Bagi saya kedua patokan pemberian nama ini sudah cukup. Tapi coba nanti saya tanyakan ke teman-teman di blog.”

Soal nama ini, ada cerita. Pernah ada seseorang yang menyandingkan sejumlah nama internet marketer di Indonesia. Salah satunya nama saya disebut. Ternyata dia menemukan kalau nama internet marketer sukses yang disandingkan itu punya lima suku kata.

Cerita lain, seorang member Forbis pernah juga ada yang nyeletuk. “Kok kalau yang namanya Joko itu sukses terus ya?” :)

Waktu itu kalau tak salah dia mengomentari Pak Joko Widodo yang tengah melejit jadi Walikota Solo (sebelum jadi Gubernur DKI Jakarta). Padahal masih banyak Joko-Joko lainnya, ada Pak Djoko Kirmanto yang Pak Menteri itu, ada Joko Anwar yang sutradara, ada Djoko Susilo yang Pak Dubes dan Pak Polisi, dan ada Pak Djoko Santoso yang tentara. Nama Joko sendiri berarti “pemuda” dalam bahasa Jawa.

So, ada yang mau berbagi tips memberi nama anak? Mari sharingkan di komentar.

191 Comments. Leave new

menurut saya:
1. Arti namanya harus bagus
2. Sebaiknya unik, berbeda dari yang lain
3. Kalaupun umum kombinasikan dengan nama lainnya, jangan sama persis
4. Boleh menggunakan bahasa asing tetapi sebaiknya artinya nyambung, karena saya berpendapat bahwa anak adalah harapan kita untuk masa depan dunia akhirat, dan nama mewakili harapan terbaik kita untuk mereka, dan sebaiknya anak tau maksud kita ketika dewasa.

Barangkali itu sedikit tips dari saya,
Trims

saya hanya mau tanya saya dulu pernah daftar di jokosusilo… tapi saya lupa dan bagaimana cara menjalankannya saya mau aktiv lagi

terima kasih

daftar di yang apa ya? bila ada kesulitan, bisa kontak kami di http://www.formulabisnis.com/contact.php

nama adalah jatidiri kita.. :)

Saya usul biar tambah sukses kasih nama anak dengan nama JOKO SUKSES, heee

tambahkan lagi ‘LUAR BIASA’

Nama yang terbaik adalah penuh makna dan do’a yang baik juga, sebab nama adalah sebuah harapan dari orang tua.

Kalau teman saya sesama ahli bahasa mengatakan, nama juga harus unik dan mudah diingat agar membawa hoki. Contohnya tukul arwana kan lebih terkenal daripada nama sebelumnya.

ya, unik dan mudah ngingatnya…

klo lahir berdasarkan tanggal, mis 23, bikin duti
berdasarkan gabungan nama orang tua, mis: muhammad dan narti, munar…

ide ya menarik Pak kira2 dari tanggal 1-31 itu yang paling keren apa ya? (lagi mikir nih)

Bagaimana kalau diberi nama Gatot, tapi jangan diartikan gagal total yaa.. :) Arti nama Gatot: ulet, untuk jenis kelamin: laki-laki, asal: Nama Indonesia – Jawa.

Kalau mau anaknya selalu disebut duluan pada saat diabsen ..jika bayinya laki-laki beri nama AA Gym atau AA Gatot .. :)

itu juga bagus jika nama depanya abdul lalu nama belakangnya diambil dari asma’ul husna. mis: Abd Gaffar, Abd Rohman dll.
Selain dapat giliran apsen yang pertama, artinya juga bagus2

Kalau seorang muslim, sebaiknya namanya bernuansa islami tapi boleh juga dicampur nama Jawa atau lainnya selama nama itu memiliki arti yang baik…

pemberian nama penting karena akan dibawa seumur hidup :) tapi juga penting pembentukan karakter karena juga akan dibawa seumur hidup ;)

Saya yakin teman-teman semua bisa memberi banyak masukkan, ada tips sederhana tap penting : PASTIKAN nama anak didengar nyaman saat dipanggil, maksudnya jangan beri celah bagi teman-temannya kelak dengan nama panggilan yg tidak enak di dengar,

misal namanya bagus MONICA tapi pasti temannya bisa memanggil dengan nama MOMON hmm saya rasa tidak semua orang yg namanya MONICA nyaman dipanggil momon kan? :)

atau ZASKIA, ada peluang temannya memplesetkan namanya “eh kita main ke rumah ZasHujan yuk?” nah… maksudnya jangan beri peluang untuk diplesetkan atau dijadikan bahan olok2… walau namanya terlihat bagus, karena sudah sangat umum anak remaja sekarang suka memberi julukan yang aneh-aneh utk temannya berdasarkan nama :)

jadi nama tidak sekedar bagus & memiliki arti yg baik saja, tapi juga perlu dipikirkan untuk pergaulannya kedepan karena dia akan bawa namanya seumur hidupnya.

Unik juga nih artikel biasa dari yang lain

tidak biasa ya mksdnya.. hehe

Saat ini istri hamil anak yang kedua dan lagi nyari2 nama yang tepat untuk anak kami.

Mas Joko benar nama adalah doa.

wah selamat mas Acha. lama tak online nih? Apa kabar?

salam buat pak joko

informasi yang ditampilkan sangat bagus dan senatiasa selalu memberikan motivasi dan dorongan dalam memberikan solusi dan kiat kiat dalam menjalankan bisnis agar menjadi maju , semangat,

sala sukses
wassalam

@Bisnis Tiket Online, jadi maksudnya misal Gatotkaca gitu ya pak? Bagus juga tuh otot kawat tulang besi bisa terbang pula.
Saya memberikan nama gabungan antara jawa dan Islami yang artinya baik, harapan atau doa spt kata pak Joko. Tetapi saya gak berani kasih nama yang terlalu “berat” kasihan si anak, misal dikasih nama Presiden, Jendral, Panglima, Laksamana atau kalau perempuan Cantik Jelita dll.

presiden seperti nama anaknya Djaduk ya

Menurut saya nama tidak ada hubungannya dengan keberuntungan seseorang di masa depan. Tapi nama anak sebaiknya nama yang artinya baik dan nama yang penuh makna dan harapan!

pertama.kita harus tentukan niat kita kepada anak misalnya kita ingin anak kita mau jadi apa.

kedua.kita harus memberikan nama yang baik,sesuai dengan agamanya,kalau yang beragama islam ya harus nama yang islam
ketiga .kita mulai tentukan nama anak kita sesuai apa yang kita harapkan kepada anak kita.

Nah, ini mas Joko. Saat ini banyak ibu-ibu muda yang kasih nama bayinya seperti bintang sinetron atau nama peran pada sinetron tersebut. Sebenarna sah-sah saja, tapi yang menurut saya kurang tepat adalah ketika si Ibu tidak mengerti arti nama tersebut. :)

hanya menambahkan kalau, terdapat kata “Ahmad” atau “Mohammad” tolong mas, jangan sekali-kali dipukul

tapi kalau anaknya ngga mau sholat gimana pak?

ya, nama adalah identitas yang melekat pada seseorang yang di beri ketika dia bayi, nama itulah yang akan di panggilkan sampai diakhirat kelak, makanya nama anak itu yang bagus dan mempunyai makna yang baik, bagaimana kalau nama yang dikasih ortu kita tak bagus artinya, solusinya adalah anak kita kelak harus nama yang baik. OK.

Intinya orang tua pengen nama yang bagus dan baik, tergantung apakah ingin nama terbaru, nama indah, nama cantik, nama keren, nama unik, nama modern, nama kuno, nama pilihan, nama sesuai arti, agama, suku, negara, tanggal lahir, keadaan, dll. Jadi pilih saja dech sesuai keinginan ortunya.

“Nama adalah doa. Nama adalah pengharapan orangtua pada sang anak. Maka dari itu sang buah hati haruslah diberi nama yang baik.”

ya sy setuju banget….jd sesuiakan doa/pengharapan org tua thd anak
terkadang disesuaikan pd moment tertentu yg menurut kita sngt mengesankan

Memang nama Joko banyak orang besar dan sukses, termasuk Joko Susilo :). Nice artikel, thanks for share.

Boleh juga nih tipsnya mas…
Kapan nanti kalo sudah nikah dan punya anak bisa di praktekin nih tips dari mas joko…

Klo saya kasih nama anak,pengabugan nama ortu / bulan dia lahir,di singkat jadi satu pilih nama yg bagus & enak di dengar.

Yang pasti si bayi harus nama yang bagus dan baik, tentuin aja pengen nama terbaru, nama indah, nama cantik, nama keren, nama unik, nama modern, nama kuno, nama pilihan, nama sesuai arti, agama, suku, negara, tanggal lahir, keadaan, dll.

Yang pasti, sebelum kasih nama lebih baik sediakan dulu 3 pilihan nama, kemudian bawa dalam doa.

Tiga pilihan nama di dapatkan dari membaca dan menganalisa sedikt dari mereka yang sudah memakai nama tersebut atau membaca kisah kisah sejarah yang telah memakai nama tersebut.

Dan jangan lupa pula,,,,, tanya Ibu nya,ketika beliau mengandung anak tersebut apa yang diidam idamkannya, agar penamaan relevan dengan keinginan ibu

Begitu yang bisa saya advice

terimakasih advice-nya

Benar sekali, dengan nama yang baik diharapkan menjadi anak yang baik dan berbudi pekerti luhur.

kalau bagi saya yang penting maknanya bagus trus mudah diucapkan, otomatis enak didengar. Opsi lain namanya gak pasaran di lingkungan.

Tulisan mas Joko biarpun bukan tema internet marketing tetep enak dibaca dan wajib diikuti.

Diberi nama Untung..biar selalu mendapat lebih banyak keberuntungan hoki selalu, seperti nama pahlawan untung suropati pahlawan nasional yang gagah perkasa selalu berjuang untuk merebut kemerdekaan..

Nama adalah doa, jangan asal-asalan. Berilah nama bayi dengan nama yang baik seperti apa yang disampaikan oleh Pak Joko, jangan hanya asal comot bahasa asing biar keliatan keren… not good :)

tergantung orang tua saja karena nama adalah doa dan anugerah dari tuhan yang dititipkan kepada orang tua sebagai amanah semoga menjadi anak yang berguna bagi agama,orang tua dan negara , amin

Dulu sy sedekah dulu saat akan mncari nama utk calon putra kami,agar diberi petunjuk oleh Alloh krn nm adlh harapan dan doa dr ortu ke anak,bahkan stiap org manggilpun itu bs berupa doa, nama doa anak kami: Muhammad Afriano Alhafizh (Tokoh yg beraklak mulia, lhr bln april,O-inisial nama jawa*krn sy org jowo..he, Alhafizh*Gelar akademis penghafal Alquran),panggilanya Hafizh*tiap org mnggil brrti doa kan,biar ank sy jd pnghfal ALquran)jd saran sy klo cowo Depanya beri nama Muhammad , blkgnya Alhafizh,klo putri Alhafizhoh/Alhafizhah. Mudah2an bermanfaat.

Assalamualaikum wr wb.
Nama Bayi(anak)… Bagi saya nama anak adalah sebuah do’a dan harapan untuk masadepan si anak, dalam agama pun diajarkan agar orang tua memberi nama anaknya dengan nama yang mempunyai arti yang baik menurut orang tuanya.
Saya tidak punya tips khusus untuk memberi nama anak, tapi dengan pengalaman saya mungkin dapat menjadi tambahan masukan bagi yang membaca cerita saya ini…
Pada saat anak pertama saya lahir saya langsung menghubungi Ayah dan Ibu saya, saya tanyakan sebaiknya untuk nama anak saya itulah salah satu cara saya memberikan kebahagiaan kepada orang tua saya ternyata beliau lebih berbahagia kalau saya dan istri yang memberi nama dan kami sudah menyiapkan nama buat anak kami yang pertama setelah kami melakukan solat istikhoroh dan berdo’a mohon petunjuk dan izin Allah, kami beri anak kami nama “Eko Budi Rhamdani Agustavia” yang artinya juga hanya kami yang mengartikannya yaitu :
Eko… Artinya anak pertama, walaupun kami bukan berasal dari suku Jawa tapi kami Bhineka Tunggal Ika
Budi Ramdhani… Artinya Kami berharap semoga anak kami diberikan Allah sepanjang hidupnya berbudi yang baik, hati yang suci dan memberi manfaat bagi orang banyak sebagai mana Bulan kelahirannya yaitu bulan Ramadhan
Agustavia… Artinya anak yang dilahirkan bulan Agustus di Batavia…
Itulah pemikiran yang sederhana pada saat itu.
Waktu anak kedua kami lahir setelah kami solat dan mohon petunjuk kepada Allah kami namakan anak kami “Andi Budi Maulana” artinya menurut kami :
Andi… Ini nama/gelar untuk bangsawan dari Makasar walau pun kami bukan dari suku Makasar kami berharap dalam kehidupannya anak kami mempunyai Jiwa dan sifat ke bangsawanan
Budi Maulana… Kami berharap anak kami disamping mempunyai Jiwa dan sifat kebangsawanan tapi juga berbudi luhur seperti para Maulana Allah sehingga bermanfaat hidupnya bagi orang banyak. Kata Budi juga sengaja kami berikan sama seperti kakaknya agar anak anak kami selalu merasa dan mengerti mereka bersaudara dan darah yang mengalir dalam tubuh mereka berasal dari sumber yang sama, dan kami berharap persaudaraan anak anak kami takkan bisa terpisahkan oleh apapun kecuali Allah yang memisahkan saat kematian datang untuk bersatu kembali di syurga Nya Allah…
Begitulah cara kami memberi nama anak anak kami… Dan kami dikaruniai 4 Orang semua laki laki dan semua namanya pakai Budi…
Semoga bermanfaat…

wah mantap pak, saya tiga laki semua pak. terimakasih tambahan tips dan sharingnya

mudah2an dikaruniai dua anak lagi pak dan semua laki-laki, biar jadi pendowo :)

salam saya buat pak joko yang senatiasa selalu memberikan motivasi dan dorongan dalam memberikan solusi dan kiat kiat dalam menjalankan bisnis agar menjadi maju , semangat, wassalam

Dulu sy sedekah dulu saat akan mncari nama utk calon putra kami,agar diberi petunjuk oleh Alloh krn nm adlh harapan dan doa dr ortu ke anak,bahkan stiap org manggilpun itu bs berupa doa, nama doa anak kami: Muhammad Afriano Alhafizh (Tokoh yg beraklak mulia, lhr bln april,O-inisial nama jawa*krn sy org jowo..he, Alhafizh*Gelar akademis penghafal Alquran),panggilanya Hafizh*tiap org mnggil brrti doa kan,biar ank sy jd pnghfal ALquran)jd saran sy klo cowo Depanya beri nama Muhammad , blkgnya Alhafizh,klo putri Alhafizhoh/Alhafizhah. Mudah2an bermanfaat.mksh

bagus tipsnya untuk mencari nama anak

Saya sangat sependapat dengan mas joko dan teman2 yang lain, naqma itu adalah doa, jadi lebih baik memberikan nama kepada anak yang mempunyai arti yang baik, biar lebih berkah ketika nama itu terus disebut oleh orang. Sekarang ini pemikiran orang terlalu luas, jadi hati-hati ketika memberi nama, usahakan jangan sampai nama anak kita itu memiliki unsur untuk bisadijabarkan setiap katanya dalam kejelekan atau ejekan teman-temannya nanti. Mungkin itu sedikit tips dari saya, karena yang lainnya juga sudah dijelaskan oleh teman2. Dan jika ini anak pertama, alangkah baiknya memberikan nama yang memiliki tanda tertentu. Dan juga bisa diakhri dengan nama gabungan dari suami dan istri. Saya ada beberapa nama bagus, tapi sebelumnnya saya ingin tahu,rhasil USG jenis kelaminnya apa?

Saya sangat setuju dengan Pa joko.. nama adalah doa jadi jangan sembarangan memberi nama.

Nama adalah doa/perwujudan dari harapan orang tua untuk anaknya,jadi berikan nama yg baik untuk putra,putri kita
saran saya jika anak laki2 berilah nama Burhan yg artinya petunjuk yg jelas

wah keren nich buat bahas nama bayi..
xixixixixi

Menurut saya yang penting itu artinya. Bukan asal usul dari mana namanya.

ada cerita dari dosen saya. Ada seorang ulama yang ngasih nama anaknya itu “AL Baqoroh”, padahal al baqoroh itu artinya SAPI. hehehehehe :P
Setelah dewasa anaknya mengerti, betapa malunya dia…

So, Carilah nama yang mempunyai arti yang bagus, agar kelak anaknya juga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua.

unik juga ceritanya mas :)

Bisa juga dari nama ulama seperti Imam Maliki,Hambali, Hanafi atau Iman Syafi’i . Diharapkan anaknya Jenius bisa hafal Al’Quran dalam usia 7 Tahun.

Tentang nama bayi.. sudah ada banyak komentar positif.. tips dari saya.. kalau memilih nama usahakan lihat sifat ibu dan ayahnya dulu. Apa sifat-sifat positif paling kuat antara ibu dan bapak, lalu namakan mereka dengan nama tersebut sehingga saat nama itu dipanggil, orang yang memanggil mendoakan seperti harapan kita pada anak yang mewarisi sifat-sifat terbaik kita amiin… mulailah dengan nama harapan yang tidak terlalu jauh dari sifat-sifat positif paling kuat orang tua karena anak adalah sebagian dari diri kita…

nama depan biasanya nama kesukaan orang tua,nama tengah jenis kelamin anak,nama belakang bulan kelahiran,itu masukan dr saya.thanx

Seperti yang dibilang Pak Joko nama adalah doa dan pengharapan satu lagi ingin saya tambahkan menurut agama (Islam)orang yang namanya jelek nanti di akherat pada saat dipanggil namanya dia akan malu dengan namanya, ini jadi tanggung jawab orang tua memberi nama yang baik pada anak-anaknya

Selain hal tersebut diatas,.bisa juga yang agak beda dg yang lain (tdk pasaran) waktu di search langsung nongol hehe..

biar lebih mudah untuk optimasinya ya mas. :)

Lagi ngomongin nama anak, pada akhirnya mengarah ke SEO juga. Ya beginilah kalau ada di komunitas internet marketing :)

cari nama yang mudah di ingat dan bermakna. nama juga harus punya arti, tujuan dan visi misi mau dijadikan apa nantinya anak itu.

Saya seorang muslim, jadi saya memberikan nama-nama kepada anak saya dengan nama yang baik yang saya ambil dari Al-Qur’an atau Al-asmaul husna digabung dengan kata-kata lain yang baik.
Yang jelas nama anak harus baik atau dapat diartikan dengan makna yang baik.

bagi saya tergantung tanggal lahir dan artinya, karna sekarang ini kita tidak melihat kren namanya tapi maknanya

Ya,yang terpenting sebuah nama itu harus mengandung arti dan makna yg baik,sehingga banyak kebaikan dalam sebuah nama,nama dapat memprediksi sifat ciri seseorang,untuk itu para orang tua yg akan memiliki bayi,tentukan baik-baik nama sang anak,jika lebih ingin baik,minta petunjuk kepada allah swt,Agar anak bisa lebih memilik sifat baik dan selalu menjadi anak kebanggan dan tak lupa dengan orang tua.

Mungkin itu yg bisa saya sampaikan.
Sekian,Terima Kasih :)

Betul apa yang diuraikan diatas nama adalah suatu doa dan juga nama tidak boleh disepelekan karena nama sebuah simbol. berikanlah nama-nama yang baik klau dia agamanya islam berikanlah nama yang islami atau nama-nama sholihin.
maaf sekedar buka wawasan sekelumit…

jadi ingat postingan saya tentang TIPS MEMBERI NAMA BAYI :

(1) Artinya HARUS baik – (tidak masalah dari bahasa apapun) – karena nama adalah Doa

(2)Mudah dilafalkan – termasuk didalamnya ejaannya juga mudah ditulis – kalo susah- nanti akan diplesetkan sama orang lain yang susah mengingatnya

(3) Jangan terlalu panjang – kalo kepanjangan kasihan nanti pas sekolah, apalagi pas ngerjain ujian pake lembar jawaban komputer – trus juga gak cukup name tag di seragam sekolahnya :

(4) Namanya JELAS MENUNJUKKAN gender (jenis kelaminnya) – kalo bisa hindari nama yang orang lain tidak bisa memastikan apakah laki-laki atau perempuan. saya punya teman di SMA -laki-laki, tapi karena namanya mirip perempuan – hampir semua guru yang baru masuk kelas sering mengira dia perempuan, dan sering diledek dengan sebutan Mbak sama teman-teman

(5) Kalo bisa sih “belum ada yang pakai” – maksudnya kalo sudah kebanyakan dan pasaran agak repot – seperti nama saya ini – dulu pas SMA satu kelas ada 3 orang yang nama depannya sama dengan saya..

selengkapnya di sini :

http://tukangkompormenulis.wordpress.com/2013/02/20/tips-memberi-nama-bayi/

Assalamualaikum wr wb.
Mas Joko Susilo…. hehehe terimakasih atensinya, anak saya sebenarnya 4 Orang Mas :
– Eko Budi Ramdhani Agustavia
– Andi Budi Maulana
– Febrian Budi Triyaldi
– Joelian Budi Pratama (masih kuliah)
Jadi ga munkin saya nambah 2 anak lagi Mas…. hehehe.

Mas terimakasih atas segala atensinya ya Mas semoga Mas Joko tambah sukses…. dan sekali waktu Tuhan memberi izin kita ketemu lansung….

Salam hormat,
Akmal Rusli.

di beri nama yang bgus,klo dia muslim ya di ksih nama yg islami krena hukunya sunnah memberi nama yg islami jdi klo dilkukan dpt pahala.Nama itu kelak akn membwa kepribadian pd yg mpunya.

yg penting nama dari, Agama, ORTU, Zaman, & yg berma’na ……

Mudah2an namanya bukan DS yang namanya sedang melejit/tiap hari/tiap berita sedang diberitakan karena lagi punya rekening gendut dan kekayaan luar biasa.

kan ada DS yang satunya yang jadi dubes mas :)

NAMA BAYI YANG BENAR

Sebuah nama lebih abadi dari pada harta dan tahta karena selain melekat sepabjang waktu di dunia dan akhirat,nama juga merupakan rangkaian kata yang menggambarkan keseluruhan diri yang sekaligus doa sebagai hadiah termahal dari orang tua kepada anaknya.
Ritualpun perlu dilakukan dengan mencukur dan aqiqah dua ekor kambing bayi laki laki dan satu ekor kambing bagi perempuan,dilaksanakan hari ketuh dari kelahiran bayi bersamaan PEMBERIAN NAMA BAYI.

Dan sebuah nama tidak boleh menggunakan nama nama Tuhan seperti ARLRAHMAN,AL RAHIM,ALMALIK dan seterusnya,namun boleh ABD RAHMAN,ABD RAHIM,ABD MALIK dan seterusnya.

Semoga manfaat.
hub:
082125767336-087819381686

Nama dan nama penuh makna dan harapan!!!

brilah nama yang bagus baik krn nama merupakan doa dan harapan. Bisa sesuai moment misal lhr bulan romadhon kasih nm romdhon klo laki ramadhani klo prmpuan… brngkali wah nm itu dah umum / banyak ya bisa ditambah singkatan nama kdua orang tua misal bp nya handoko dan ibunya mulyawati bs disingkat mulhan jadi nmnya romadhon mulhan….

ea bagi saya terserah kepada yang punya.
moga pemberian namanya menjadikan yg terbaik bagi anaknya.
sering saya dengar bnyak orang yang islami di awali dengan kata muhammad bagi anak laki2 dan siti untuk anak prrmpuan.
dan ada 99 nama2 allah yng baik untuk bisa dipakai.
dalam asma’ulhusna.

Ayah sukses besar… lalu anak lelaki lahir diberi nama yang sama dengan nama ayahnya ditambahkan titel “Jr” alias Junior.

Memberi nama untuk bayi jangan dipersulit, yang terpenting arti dari sebuah nama untuk bayi nya bagus dan baik dan jangan terlalu sulit dalam ejaan kata nya mudah saja simpel.Nama bayi bisa diambil atau dicocok kan dengan tgal bulan si bayi lahir. .bisa juga diberi nama bersangkutan dengan islam jika saudara muslim. .terimakasih mudah2 an bisa membantu

kasih nama sesuai selera anda saja, tapi kasih nama yang ada artinya kebaikan

sebaik2 nama menurut Rasulullah SAW adalah Abdullah dan Muhammad (Hamda Allah – Orang yang terpuji), dan karenanya orang Arab banyak sekali yang bernama demikian. contohnya; di kantor tempat saya bekerja sekarang di Qatar; nama Muhammad ada 5 orang ( 4 dari Mesi dan 1 dari palestina), kalau ada telpon masuk dan mau bicara dengan Muhammad, kita jadi bingung he he. lalu tanya: Muhammad yang mana? Kita di sini ada 4 Muhammad. Jadi di kantor sendiri kita kalau manggil harus menyertakan nama ke dua (orang Tuanya). Misal: Muhammad Kamal, Muhammad Mustafa, Muhammad Saeed dst.
Yang dimaksud dengan sabda Nabi itu, memang nama tersebut artinya bagus, namuin tidak berarti harus memberi nama demikian.
Di lain hadits disebutkan: di antara kewajiban orang tua ialah memberi nama yang baik untuk anaknya, tentu baik dari segi sebutan dan arti. Itu sebabnya seringkali nabi mengganti nama sahabatnya yang berarti kurang baik menjadi nama yang berarti baik. Nama tidak harus dalam bahasa arab, yang penting artinya bagus dan enak didengar.
Masalah apakah nama itu sesuai dengan harapan orang tuanya, itu hal lain. Tergantung dari pendidikan yang diberikan orang tua kepada sang anak dan milliu yang membentuknya

terimakasih tambahannya. unik juga kisahnya mas

Pemberian nama tergantung dari rencana kedua orang tua, pertama; kadang orang tuanya ingin memberi nama sesuai dengan kepercayaan religius, kedua; kadang orang tuanya ingin memberi nama anaknya sesuai dengan nama keluarga besar dari kedua orang tua dan ketiga; kadang orang tuanya ingin memberi anam sesuai dengan asal kelahiranya…. pokoknya macam – macam deh, tinggal pilih aja, mana yang lebih cocok.

Nama baiknya yga mengandung doa dan harapanorang tua kelak ankanya supaya jadi apa. Tapi nasmaya baik sebagaimana tersebut berkonsekwensi terhadap orangtuanya itu sendiri. jadi tentunya si orang tua harus berperilaku sesuai dengan harapan dari nama tersebut.Misal diberi Nama Muhammad Hanif Dikdays. maka sebagai orang tua harus mengarahkan kepada si anak agr berperilaku/mendidik /meneladani Nabi Muhammad SAW. Kemudian hanif hasrus berperilaku /mrndidik anak agar berpegang teguh pada pendirian yg benar. benar dalam arti menurut Qur-an dan Hadits. Kemudian Dikaya tentunya mengajarkan anak agar bisa menguasaui bela diri untuk membela diri dan kebenaran. Jadi memberi nasma yg baik sekaligus mendidik diri sendiri agar lenjadi orang yang baik dan dtauladani oleh anaknya. Demikian semoga bermanfaat.

cari nama anak itu yang simpel aja tapi harus ada artinya seperti Nur janah “cahaya surga” walaupun simpel dan pasaran tapi arti di balik namanya sangat bugus sian dan trimakasih

Menurut saya, pemberian nama bayi itu. Mengandung harapan dan do’a dari orang tuanya. Orang tua ingin anaknya jadi apa kalau besar nantinya. Contoh: misal ingin anaknya jd orang kaya “suharto” namanya. Kalau ingin anaknya jd orang kaya yang soleh jd “Muhammad Suharto” misalnya begitu. Jadi tipsnya tergantung dari do’a dan harapan orang tua. Kalau di jawa biasanya disesuaikan dengan hari lahir dan jam lahirnya. Biar si anak kuat memikul arti namanya. Begitu kira-kira. Terima kasih.

sipp.. nama bayi utk bahan seo

Ya, anakku sudah dua, dan keduanya sudah memiliki nama.

Mungkin agak menyimpang dari artikel yg biasa Pa Joko posting nich..heheh :)tapi klo menurut Saya Nama bayi harus mempunyai makna dan arti.,
(kebaikan,harapan,doa)dan jangan lupa nama belakang keluarga… :)

sekian dan terima kasih..

haaa.. saya bingung waktu baca email yang datang dari pak joko susilo “Lhhoo.. kok bahas tentang bayi” bukan internet marketing???,, benak saya!, langsung karena penasaran langsung tancap gas ke blognya pak joko!, dan saya sependapat dengan kata pak joko, nama = doa dan pengharapan orang tua pada anak!, sebagai contoh nama putri ke 2 saya yang lahir tanggal 14 februari (valent day) saya bernama Alysa Calista yang Artinya Putri dari Surga, hehehehehe.. sukses buat rekan yang cari nama bayi yooo

wah bagus mas namanya. tidak nambah lagi mas? :)

Saya hanya bisa menambahkan saja,karena semua jawaban sebenarnya sudah ada pada artikel pak joko sendiri.Menurut saya,Pemberian nama,baik utk orang/mahkluk hidup,maupun utk benda mati,terlebih untuk anak kita sendiri,yg pastinya kita sayangi dan kasihi,sebaiknya memenuhi syarat2 sbb:
Dlm hal ini sy berikan khusus utk nama bayi MUSLIM
NAMA ADALAH DOA DAN HARAPAN
akan lbh baik jika anda,terutama yg beragama Islam,berilah/tambahkan nama anak anda dg nama nabi KITA,MUHAMAD ATAUPUN AKHMAD,menurut para orang tua yang sdh berpengalaman,nama dg tambahan nama MUHAMAD atau AKHMAD,kelak besok di hari akhir nanti akan memberikan SYAFAAT/PENOLONG bagi pemilik nama tersebut,hal ini berdasarkan pada kelebihan dan karomah nabi kita NABI MUHAMAD SAW.

Amin. Semoga bisa mengikuti tauladan Nabi Muhammad SAW

Apapun namanya, intinya dia menjadi anak yang sholeh, yang dapat mendoakan orang tuanya, jadi org tua harus memberikan nama, karena bayinya belum bisa memberikan namanya sendiri…

memberikan nama pada anak seringkali dipengaruhi paradigma berpikir individu. bagi saya, nama adalah sebuah identitas. ‘nama baik’ merupakan nilai untuk prilaku individu yang bersangkutan.

ASMO KINARYO JOPO
istilah JAWA
Nama itu merupakan do’a,
maka alangkah lebih baiknya nama bayi itu diberikan sebaik-baiknya, tak ubahnya sebuah do’a dan harapan orangtua kepada anaknya

seperti cari nama domain saja pak…. :D

hehe… berarti kasih namanya yang banyak dicari orang :)

nama mengandung doa,harapan, sejarah, istilah dll

Memberi nama itu tidak sembarangan,ada goersan tulis tangan dan tanggal lahir anak itu harus sesuai,mas joko susilo,karena nama adalah yg terpenting bagi seseorang,contoh nama mas ada 17 goresan artinya bagus sekali untuk meraih impian yg di inginkan,nah kalau ada teman mas joko mau beri nama kepada anaknya,carilah goresan yg bagus dan enak dipanggil dan gampang diingat,tentu saja sesuai dgn tanggal lahirnya,jgn berlebihan,klu berlebihan malahan efeknya tdk baik untuk anak tersebut. Mas joko,saya adalah seorang ahli fengsui.dan sudah banyak sekali anak yg saya beri nama.

17 goresan maksudnya bagaimana ya?

IRVANDI BRATAWIJAYA
March 16, 2013 5:10 pmReply

menurut saya jika memang org tua’a si anak beragama muslim… ambilah nama dr nama yang mengandung Do’a, misal : Asyifa… (perempuan: Obat.., atau nama2 yang penuh dengan pengharapan dari Ortu ke Anak tersebut…, jika memang agak berat artinya jgan trllu dipksakan…,

Seandainya dari Ortunya Non Muslim.. saya rasa juga sama saja pa Joko Susilo… tidak jauh dari do’a kepada anaknya…, tergantung keyakinan masing2 saja…, contoh… Yoseph atau yang lain…

dari semua hal tersebut saya rasa ingin digaris bawahi bahwa semua yang mengandung arti pengharapan adalah bagus tuk kedepannya anak tsb…
mudah2an saja dengan sebuah do’a kepada Anak Anda ada sebuah pintu rezeki dan kasih sayang entah dari keluarga ataupun masyrakat dimana tempat tinggal Anda berada…,

Saya rasa itu saja dari saya
semoga bermanfaat bagi teman2 yang lain

ya, nama adalah doa. terimakasih tambahannya

nama bayi adalah mencerminkan karakter sang anak dan akan nempel terus sampai kapanpun,kalau boleh saya usulkan ambilah nama dari Al,quran jika agamanya islam/ kitab suci menurut agamanya.trims

Apalah artinya sebuah nama mas ? Seperti microsoft tuh. Micro artinya kecil soft artinya lembut. Kecil lembut. Tapi microsoft mendunia kayak gitu khan. Bagaimana mas ?

itu kata shakespeare. kalau kebanyakan dari orang Indonesia, pasti tak akan sembarangan memberi nama, apalagi untuk nama bayi :)

100% Sangat Setuju bahwa pemberian Nama kepada si anak adalah Doa, Harapan, Impian.

Ada banyak hal yang mempengaruhi seseorang dalam memberikan nama kepada bayinya.

sesuia keinginan diri sendiri saja

nama adalah doa, akan melekat sepanjang hayat dikandung badan, alangkah bagusnya memberi nama anak yang mempunyai arti doa yang bagus

nama yang baik akan menjadi doa yang baik pula

cara saya memberi nama pda bayi adalah, ngambil dri nm2 pra solihin, karna itu yg yg mmbwt byi agar sma tindak lkunya sprti slhin.

Bg saya nama itu adalah sangat penting dan itu jgk termasuk do’a,kalau yg muslim sebaeknya di bg nama yg muslim jgk kalau tidak tau bg nama sendiri lg bagus jumpa pak kiyai.

Pemberian nama emang sangat penting diperhatikan, karena akan menjadi sebuah Doa dan harapan seumur hidup yang bermakna. seperti nama Joko susilo, harapan dari orang tua dulu supaya anaknya menjadi pemuda dan orang yang bersusila, punya budi luhur yang tinggi, hehehe gitu.lho…..

Memberi nama pada seorang anak adalah do’a dan harapan dr org tuanya….maka dari itu berikanlah nama yang baik. Sehingga Insya Allah kelak anak tsb dapat bermanfaat bagi umat.

AWW,
Berikan nama yang bermakna kepada anak, karena nama itu adalah amanah. Bisa juga pesan, harapan dan identitas. Seperti orang tua saya memberi nama anak-anaknya diambil dari AlQur’an, dikombinasikan dengan singkatan bulan, nama orang sukses, atau pintar ngaji dsb.

Wass
Zoer’aini

Betul kata pak joko,memberi nama anak jangan seenaknya karena nantinya juga membawa dampak pada si anak kelak kalau sudah dewasa.so kalau memberi nama harus benar-benar di pikirkan.(kalau istilah jawa ojo sukur njeplak)kalau memberi nama,bahkan nabi sendiri menganjurkan kalau memberi nama anak itu yang bagus-bagus jangan asal-asalan.

Nama bayi sangatlah penting. Sebaiknya kalo dari keluarga muslim, di berikan anak muslim. Nama adalah doa. Kita ingin anak menjadi yang terbaik keluarga… Dan bisa berhasil, bagi krg, org lain bangsa dan negara.

sessuaikan dgn keinginan diri sendiri

nama =doa, sebagai harapan kedua orangtua,mbah/kakek, untuk memotivasi anak, juga identitas anak dari ortu dan mbah/kakek, identitas nama minimal terdiri dua kata untuk menghidari kekeliruan tindakan dan pelayanan kesehatan di rumah sakit, ideal 3 kata, ketika identitas ortu, mbah terwakili dalam nama anak/cucu, maka doa ortu, mbah selalu menyertai.
Tapi ada yang penting ketika proses ingin membuat anak dan selama dikandungan,dari usia 0-1th dan 1-5th ini semua akan juga menentukan kualitas anak
Pesan Buatlah anak berkualitas dari semua aspek.

Amin. biasanya apa yang dilakukan selama anak masih dalam kandungan pak? biar bisa menambah referensi buat teman-teman kita di sini

menurut saya nama bayi sebaiknya jika laki-laki di ambil dari nama malaikat/dari asmaul husna
kalu perempuan lebih baik dari nama-nama istri-istri rosul dan dari alquran.

Yang penting makna dari nama tersebut.
Nama yang baik,…InsyaAllah akan memberikan kebaikan pula….

Ya saya ingin ngasih nama anak saya yg bagus, namun sdh 1 tgn nikah blm di beri nich…mungkin blm x ya…mohon doanya…

ass, sebelumnya salam hangat untuk mas joko, pemberian nama yang baik telah disyariatkan oleh agama(islam), nama merupakan suatu do’a yang kelak akan berpengaruh terhadap kepribadian anak tersebut, kasihlah anak kita nama yang mempunyai arti yang baik menurut agama,……

terimakasih tambahan tips untuk memberi nama anak

Kalau menurut saya, memberi nama anak itu ya disesuaikan dengan apa yang diharapkan orang tua kelak kalau menjadi dewasa, misal kalau laki2 diberi nama RADIX WICAKSONO, dengan harapan kelak bisa menjadi/memiliki suri tauladan(akar) dari kebijaksanaan. Atau kalau mau menginatkan hari/tgl kelahirannya , misal lahir bln Juli , ya diberinama …..Yuliyanto/Yuliyanti. Kalau mau disesuaikan dengan weton yang dsesuaikan dengan wetonnya, tapi ya yang baik, misal lahir di weton wage ya diberi nama Wage Supratmanto. dlsb.

tepat sekali,nama merupakan doa, jd pilihlah nama yg mempunyai makna yg bagus…

Pemberian nama pada anak dilakukan dengan berbagai pertimbangan, dari segi agama harus membawa makna yang baik,dari segi bahasa harus memilih kata-kata yang berarti, jangan sampai pemberian nama pada anak nantinya akan memberatkan si anak. Diharapkan dari nama inilah akan terbentuk karakter seorang anak. Jadi hati-hatilah bagi para orang tua dalam memberi nama pada buah hatinya.

nama itu menurut saya sangatlah penting, karena ada makna dan tujuan untuk anak anak kita; untuk kesehatannya, kesolehannya,kepandaianya,kesuksesan hidupnya,dan hoky2 yang lainnya. misalnya ngambil nama atau hurup dari nama orang yg dianggap panutan, Atau ada juga dari perhitungan HA NA CA RA KA [hurup sunda jawa ditatar pasundan dan jawa]

Nama yang baik secara psikologis berdampak positip terhadap pemilik nama tsb. Demikian sebaliknya.

Kalau menurut saya, memberi nama untuk anak adalah merupakan doa untuk anak itu sendiri makanya disarankan orangtua memberi nama pd anaknya nama yang mempunya arti yang baik harapannya anak itu akan tumbuh dan besar akan seperti arti dari nama tersebut, kalau sbg seorang muslim byk sekali nama yang mempunya arti yang baik secara islami

jagan memberi nama yg terlalu berat juga karena akan memberatkan si punya nama

terimakasih tambahannya

Nama adalah Doa. Pemberian nama yang baik merupakan salah satu tanggung jawab orang tua terhadap anak.

kalo sudah banyak mendapatkan nama – nama untuk bayinya namun juga masih bingung untuk menentukan pilihan nama yang dianggap terbaik,
bagi yang muslim bisa melakukan Shalat Istikharah
Insya Allah akan mendapatkan sebuah jawaban.

Nama merupakan salah satu doa, So berilah Nama kepada yang Baik Kepada Anak-anak kita

Karena saya seorang muslim,menggunakan AL-quran sebagai acuan nama anak.karena nama adalah sebuah doa.setiap kita panggil nama anak kita berarti tiap doa meluncur dari mulut kita.bukan it saja nama usaha seharusnya juga yang baik-baik.perlu diingat setiap ucapan yang baik atau buruk yang di lontarkan seseorang adalah doa.

ga cuma nama lengkap yang berarti bagus/doa/harapan, tapi nama panggilan kalo bisa juga bearti doa, jangan hanya asal simple/potongan kata. jadi setiap namanya dipanggil, dia otomatis didoakan oleh orang yang memanggilnya. misal panggilannya rafan, artinya yang dirahmati

memberi nama anak = memberi nama bisnis kita. salah memberi nama hasilnya pun akan salah. bukan bgitu Mas joko

untuk nama bisnis, tipsnya di sini

tepat sekali,karena nama yang baik adalah doa

Nama yang baik secara psikologis berdampak positip terhadap pemilik nama

ini untuk anak perempuan atau anak laki-laki?

Mohon saran…. sebentar lg putra sy lahir prediksi di akhir mei jenis kelamin laki2. Mohon nama islami yg baik. Selalu kami bacakan surat yusuf, maryam dan lukman sbg doa. Sdh 4 thn kami merindukan hal ini.
Trm ksh

kalau aku punya anak nanti pasti modern tapi berbau islam

Nama adalah sebuah simbol dari seseorang,jadi harus cari Nama yang bagus,saya setuju gengan Pak Joko.
mau Nama islam,Jawa,sunda ama saja tergantung selera.

Teman saya bernama Didi , dan Istrinya bernama Ita, ketika anak pertam mereka Perempuan diputuskan namanya singkatan nama Mereka ( Didi dan Ita) jadilah Putrinya bernama ” Dita ” , namun ketika Tahun berikut yang lahir Putra , saya ngga tau apakah diambil dari singkatan nama mereka juga ; kalau ya pastilah bernama “Tadi”

Yabetul Masjoko Tip pemberian nama yang baik adalah kemantepan dan kepercayaan besar mengandung unsur do’a kedua Orang tuanya

Nama merupakan doa. Pemberian nama yang baik kemudian pendidikan yang baik, mudah-mudahan anak anak menjadi manusia yang bertaqwa dan bermanfaat.

Alhamdulillah orang tua saya kasih nama Nasikhudin yang artinya penasehat agama. salam kenal pak joko susilo. meskipun sudah nikah tetep joko ya pak. hehe..

Kalo bapak saya kasih nama Hendi diambil dari mantan muridnya yang paling ganteng. Prakoso konon adalah Dosen UNS. Doa bapak saya adalah supaya saya kelak menjadi anak ganteng dan pandai. Bagi saya silahkan saja kasih nama yang baik dengan motivasi yang baik..

betul pak, nama hrs mempunyai makna dan doa..
kl sy punya anak lg akan sy beri nama muhammad joko susilo biar menjd anak yg sukses spt pak joko yg ilmunya bermanfaat karena sll d bagikan pd teman2

Nama untuk anak bisa memakai nama dari hobi yang kita gemari,seperti olahraga (nama atlit/pemain), menonton film (nama artis), dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan saya, yang menamai anak saya sesuai dengan kegemaran saya. Perlu diketahui, kegemaran saya adalah menghisap mariyuana, dan saya pikir akan indah sekali apabila nama anak saya ada hubungannya dengan kegemaran saya tersebut. Saya berpikir bahwa nama latin mariyuana adalah Cannabis Sativa, maka dari itu saya menamakan anak saya Kana Bisativa. :)

Kalau anda muslim berilah nama nama yang islami
agar ia selamat dunia dan akhirat
karena nama adalah Do’a

memberi nama anak itu sama dengan memberi nama merek produk maupun domain kita, nampaknya harus benar2 dipikirkan secara masak2 ya..

Ass.Wr.Wb….Mohon maaf mas joko..saya hanya sharing dr pribadi sy dan keluarga saya saja. begini mas… memang benar bahwa memberikan nama pada anak haruslah mengandung arti yg baik menurut kita dan org lain. karena nama sang anak akan dipertaruhkan dan akan mengiringi setiap langkahnya dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari selama hayatnya. prinsip sy dalam memberikan nama pada anak barang kali sangatlah sederhana yakni :
1. saya mengkaitkan nama anak saya dengan perpaduan antara nama kedua orang tuanya, atau boleh juga dg perpaduan nama neneknya. hal ini dimaksudkan agar sang anak mengikuti jejak kehidupan orang tuanya atau neneknya.
2. karena sy adalah orang islam maka saya berikan nama anak saya yang islami, hal ini dimaksudkan agar sang anak menjalankan kehidupannya secara islami.
3. Bagus juga kita lekatkan nama sang anak sesuai bulan kelahirannya. hal ini dimaksudkan agar orang tua maupun sang anak mudak untuk mengingat bulan kelahirannya, baik nama bulan secara nasional, Islam maupun nama bulan lainnya kalau ada.
Barang kali itu saja yg bisa saya sampaikan, mudahan bisa bermanfaat buat kita semua. amin.
2.

terimakasih tambahannya ya Bu

Memang benar pemberian nama sebaiknya mengandung arti yang bagus yang mengandung do’a, sedangkan untuk inspirasi bisa dari alqur’an dan kitab yang baik!

tips untuk jadi kaya banyak……
adakah tips tolak miskin………….????

nambahin dikit diantara coment yang lain hemat saya nama adalah doa makanya berilah nama yang baik ..sehingga sekali orang memanggilnya sekaligus mendoakannya….

sebuah nama sebuah doa…sdh seharusnya mempunyai arti yang baik.

sepertinya makna dari nama juga harus jadi pertimbangan khusus sebab ini bisa menjadi sebuah doa dan harapan

saya sebagai orang yang muslim,maka akan memberikan sebuah Nama muslim juga buat Anak Saya,betul kan Pak Joko?.
thanks Pak sudah berbagi.

Sangat bermanfaat sekali untuk yang baru membuka usaha untuk memberi nama usaha barunya.

Terima kasih banyak pak Joko.

Salam Action!!!

Terima kasih atas informasi yang menarik ini Pak Joko.

Salam action!!!

Wah… saya ini awam perihal nama, tapi nggak enaklah rasanya kalau diajak ngomong kok cuma diam, takut nanti dikira gagu. Nah.. tekniknya saya nunggu biar banyak yang comment dulu, dari situ jadinya kan saya punya bahan buat ngomong.He..he.. Menurut saya sih untuk mendulang energi baru dan menyegarkan suasana,sesekali kita memang perlu membuka cendela untuk menengok hal yang lain dari biasanya, contoh yang unik,kisah seorang profesor, yang setiap menitnya dia habiskan dari kampus ke kampus. Namun dia tetap menyisihkan waktunya untuk ke kampung kelahirannya. Apa yang dilakukannya ?. Menjala ikan, ya… menjala ikan. Buat dapat ikan yang banyak..?, bukan. Dia bilang, ini dapat untuk me refresh jiwa.Tampak berlawanan tapi jelas benang merahnya.
Untuk urusan nama, begini. Anak kita, kata orang adalah buah cinta kedua orang tuanya.Dia menjadi pelita hati, pelipur lara. Penyambung generasi dan penjawab zaman. Menjad doa dan harapan kedua orang tuanya.Pertanyaannya adalah apakah buah itu akan menjadi buah yang beracun, berkhasiat, bermanfaat ataukah hanya sekedar menjadi buah plastik?.Pertanyaannya yang lain, kalau dia ingin bermanfaat, bermanfaat untuk siapa?, hanya dirinya ataukah dirinya dan orang lain ? Sejauh mana ? apakah hanya di dunia saja dan tidak nembus ke akhirat ?.Yang banyak terjadi, anak dipersiapkan ortunya buat kepentingan dunianya saja.Misalnya bagaimana menjadi kaya raya, punya jabatan, punya banyak gelar, ternama dsb.Ini tidak salah, tetapi kalau jangkauannya hanya itu, lalu ortunya kalau sudah wafat bakal dapat apa ?. Ini ibaratnya seperti buah bermanfaat tetapi ndak nyampai mulut gara-gara busuk di tengah jalan. Menurut saya sih yang terpenting adalah bagaimana caranya agar anak kita bisa menjadi “investasi” jangka panjang bagi kedua ortunya di dunianya dan nyambung terus…nyampai akhiratnya. Lalu nama yang baik bagaimana donk…menurutku nama anak itu personifikasi dari makna dan hakikat niat dari kedua ortunya. Jadi, pilih huruf apa, dan kalimat bagaimana itu relatif dan menjadi hak preogratif kedua orang tuanya. Makanya yang perlu dimengerti adalah apalah arti sebuah nama ?

nama anak adalah doa dari orang tuanya, oleh karenanya berikan yang terbaik

Yang paling penting adalah niat & harapan mulia yang terkandung di dalamnya..

Ya pak sekali2 ‘membumi’ jgn terbang terus di dunia maya supaya makin komplet artikelnya…hehe..
Saya setuju pak, nama anak adalah do’a jd pilihlah nama yg enak di dengar & bagus artinya..

jika ingin memberi nama bayi dengan nama orang lain karena kesuksesan orang tersebut, carilah nama orang yang orang tsb bener2 sukses, terlebih sukses dalam keluarga dan masyarakat

kebinggungan karena memilih nama yang sreg diantara yang buanyak
butuh waktu dan perenungan
makaci bosss

Sekedar usul, bagi yang terinspirasi sukses pak joko dan pak beye, putranya bisa dinamakan Joko Susilo Bambang Yudhoyono.
Pasti joss gandos kotos-kotos sampe mbledos..

Ass..
pak saya mohon bantuan untuk pencarian nama untuk anak saya yang akan lahir.. saya bingung mau kasih nama apa tpi saya tertarik dgn blok bapak ini..yang perkiraan anak saya akan lahir pada akhir mei/ awal juni 2013..klu bisa nama saya dan nama istri saya juga di masukkan ke nama anak kmi yg akan lahir nanti.. cuman kmi belum tau anak kmi yg akan lahir jenis kelaminnya cewek/ cowok.. klu boleh tlong kasih sarannya pak untuk nama anak cewek dan cowok.. trimakasih pak

Sabda nabi muhammad saw:sebaik2 nama menurut ALLAH adalah ABDULLAH dan ABDURROHMAN.klo ingin yang lain buka alqur’an didalamnya derdapat berbagai macam nama seperti nama para nabi (Yusuf,Ibrahim,Muhammad, ….),lihat terjemahanya sehingga tau artinya.yang sesuai dengan maksud dan harapan,sehingga dikala kita memanggil sang buah hati sama dengan kita mendo’akanya sprti kita panggil Muhammad (semoga anak kita menjadi orang yang terpuji,berakhlak mulia,sukses dlsb).nama adalah doa dan harapan.

Informasi yang cukup menarik untuk di simak di pagi hari ini.

Kalau Anda orang Islam sebaiknya kasih nama Islami, jangan seperti orang tua saya yang mempercayakan dukun memberi nama yang mereka sendiri tidak tau artinya seperti nama saya ini :)

saranku sich,. kasih nama Muh. Nur Rizky,.. karena akan membawa cahaya rizky dari muhammad,..

Gimana , Boleh begitu ?

menurut saya pemberian nama untuk anak memang sangat penting, pemberian nama yang baik juga dapat mencerminkan tingkah laku anak yang akan menjadi baik pula. Tetapi tidak semua anak bernama baik menjadi anak yang baik. Memang pemilihan nama anak tidak boleh sembarangan dan harus dilakukan dengan hati

PELUANG USAHA INTERNET
February 25, 2014 7:51 amReply

benar sekali pak joko, jangan asal ngasih nama untuk anak, lihat dulu apa arti dari nama tersebut. jangan sampai arti jelek kita gunakan juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>