7 Ciri Pemimpin yang Baik

7 Ciri Pemimpin yang BaikMenjadi pemimpin tidaklah mudah. Apalagi untuk menjadi pemimpin yang baik. Seorang pemimpin kerap dipandang sempurna oleh para bawahannya. Sedikit salah, bisa jadi bahan omongan anak buahnya.

Padahal menjadi orang yang sempurna yang tak pernah salah jelas mustahil. Yang bisa adalah upaya untuk terus memperbaiki diri agar menjadi pemimpin yang lebih baik.

Lantas seperti apakah pemimpin yang baik? Apakah ciri-ciri pemimpin yang baik? Dan bagaimana menjadi pemimpin yang baik?

Pemimpin yang baik diukur dari tindakannya, bukan sekedar pandai berteori, namun miskin pelaksanaan. Untuk menjadi pemimpin yang baik, coba terapkan hal-hal berikut ini pada diri anda.

  1. Kembangkan setiap karyawan. Setiap pemimpin yang baik selalu mengembangkan karyawannya. Dengan SDM yang kuat, tujuan yang ingin dicapai perusahaan pun akan lebih mudah dicapai. sebab itulah pemimpin yang hebat selalu mengembangkan anak buahnya.
  2. Sikap positif dan menginspirasi. Pemimpin itu harus selalu punya sikap positif. Ini penting agar tim anda tetap termotivasi. Menciptakan suasana yang positif juga sangat baik untuk meningkatkan produktivitas tim anda.
  3. Mampu mendelegasi. Delegasi tugas amat penting bagi seorang pemimpin. Pemimpin harus bisa mendelegasikan tugasnya pada orang yang tepat. Agar pemimpin bisa belajar untuk mempercayai timnya. Selain itu agar pemimpin bisa fokus mengerjakan tugas yang lebih penting.
  4. Komunikasi. Kemampuan komunikasi amat penting bagi seorang pemimpin. Sehingga pesan yang disampaikan bisa jelas. Kemampuan berkomunikasi yang jelas ini juga penting agar pemimpin bisa menyelarasakan semua anggota timnya menuju tujuan yang diinginkan.
  5. Cepat menangani masalah. Ketika muncul masalah, segera seorang pemimpin mencari jalan pemecahannya. Agar masalah itu cepat tertangani dan mendapat solusinya. Sehingga masalah yang muncul tak sampai berlarut-larut.
  6. Humoris. Seorang pemimpin yang hebat itu biasanya juga dilengkapi dengan sense of humor yang baik. Mereka bisa membuat timnya tetap tertawa sekalipun mungkin sedang dilanda masalah. Ini penting agar masalah yang timbul tidak menjadi beban, namun tetap bisa diselesaikan dengan hati senang.
  7. Percaya diri. Seorang pemimpin yang baik itu punya rasa percaya diri yang baik. Di saat-saat genting sekalipun, seorang pemimpin bisa mengangkat moral timnya sehingga masalah yang muncul bisa diatasi dengan baik.

Itulah tujuh ciri pemimpin yang baik. Ada yang mau menambahkan? :)

140 Comments. Leave new

Pemimpin itu harus bisa menjadi panutan dan menginspirasi setiap pengikutnya agar berbuat seperti apa yang dia harapkan.

Percaya sama kemampuan karyawan juga… :-)

percaya sekaligus dipercaya…

salam sukses untuk semua

kita sesungguhnya dilahirkan sebagai pemimpin

Setiap individu adalah pemimpin minimal buat dirinya dan keluarganya. Mari terus membenahi dan memperbaiki diri. Jika sedang berjalan lalu terjatuh, mari kita berusaha kembali dan jangan berputus asa dari rahmat dan Ampunan Allah.

salam buat pak Joko..

:) begini pak joko, kebetulan dengan posting anda ini, ada sesuatu yang mengganjal lama dibenak saya mengenai pendelegasian. Menurut saya pendelegasian dalam bisnis online yang masih baru dibangun itu bagaimana ya managemennya? coz kita ketahui disitu banyak sekali rahasia yang berkaitan dengan strategi backlink, keyword, dll. :) :) maafkan saya kalo pertanyaan terlalu mendasar, tapi hal ini benar-benar ingin saya ketahui. thanks

pendelegasiannya untuk apa ya pak? kalau yg disebutkan di atas kan berarti untuk seo-nya,
menurut saya tak masalah. karena yg tetap ngerti strateginya adalah anda. paling pendelegasian dilakukan untuk hal-hal yang teknis, seperti nyebar backlink, dst.
yg penting instruksinya jelas step by stepnya sehingga karyawan bisa memahami dan menjalankannya.
anda bisa pilah-pilih. kalau ada hal yang dirasa sangat penting, yang harus anda kerjakan sendiri, ya dikerjakan sendiri. untuk hal yang bisa didelegasikan, delegasikanlah :)

Pemimpin yang baik harus bisa selalu mampu memotivasi bawahannya serta bagus dalam berkomunikasi…

nice share mas Joko…

Setiap kita adalah pemimpin, jadi kita harus dilengkapi dengan persenjataan seperti yg disebutkan pak joko diatas, yuk kita terapkan mulai dari dasar yaitu dari keluarga kita!

Sosok dimana dia mampu memberikan solusi dan membuka wawasan untuk karyawannya.

Ibarat main bola pemimpin itu adalah pelatih. Pelatih tidak bisa menjadi hebat tanpa pemain yang hebat. Terima kasih pak Joko.

Menurut saya pelatih bisa dikatakan hebat jika mampu melatih pemain yang biasa-biasa saja menjadi hebat…

Kalau dianalogikan dengan artikel di atas. Jika pemimpinnya mampu membuat bawahannya hebat, itu baru disebut sebagai pemimpin yang hebat…

Benar Mas Joko, tambah nih, seorang pemimpin hendakanya menjadikan pegawainya sebagai partner bekerja, bukan bawahan yang yang senantiasa berada pada telunjuk atasan.

tips super pak joko.
komunikasi dan mengatasi masalah dengan cepat merupakan ciri pemimpin.
komunaksi yg baik dan mampau mengatasi masalah dnegan cepat membuat karyawan menjadi nyaman.

Setuju sekali pak. Thanks for share.

Memang benar sekali pak joko, seorang pemimpin harus mempunyai ciri tersebut, ya kalau belum mempunyai ciri tersebut janga jadi pemimpin.

MUngkin sedikit tambahan, seorang pemimpin harus bisa mengayomi (bhs jawa) atau dapat jadi teladan , contoh, menghargai tugas bawahannya dan tim kerja.

Menurut saya Pemimpin yang baik adalah:

1. Yang Selalu Menghargai hasil Karya dari karyawannya.

2. Bisa Menyelesaikan Setiap Persoalan yang di alami oleh Karyawannya.

3. Dan Yang Ketiga Pemimpin yang Baik adalah: Seperti Nabi Muhammad s.a.w

Salam,

Tinggibadan.web.id

Mantap artikelnya pak joko, sangat menginspirasi untuk lebih baik lagi, agar hidup lebih berkualitas dan bermakna.

Thanks sharenya pak joko.. Salam Actions…

wah ini artikel yang masih fresh :-)
setuju sekali paj Joko, memang sebagai pemimpin harus punya 7 ciri tersebut. Namun, terkadang banyak pemimpin yang hanya disebut pemimpin namun, tidak semua ciri2 diatas ditunjukkannya.

maka dari itu seyogayanya PEMIMPIN juga memiliki ciri MAU TERUS BELAJAR.

setuju sekali, pemimpin itu harus terus belajar dan memiliki kesediaan untuk belajar :-)

sedikit menambahkan pemimpin yang baik selalu memberikan apresiasi pada setiap pencapaian bawahannya sehingga team menjadi termotivasi dan di hargai…

tak lupa juga PEMIMPIN juga MENGHUKUM keras terhadap ketidak tegasan dan kesetian paada yg benar kpd karyawannya.

menambahkan juga, pemimpin harus bertanggung jawab terhadap karyawannya, parahnya ada pemimpin yg malah berhutang pada karyawan (tidak menggaji karyawan/telat di gaji)…itu kan artinya tidak bertanggung jawab!

humoris sepertinya memang penting tuh…. artinya pemimpin itu harus bisa membawa suasana dengan joke-joke segarnya

Setiap individu adalah pemimpin minimal buat dirinya dan keluarganya. Mari terus membenahi dan memperbaiki diri. Jika sedang berjalan lalu terjatuh, mari kita berusaha kembali dan jangan berputus asa dari rahmat dan Ampunan Allah.

super sekali… aamiinnn

. . .pemimpin yang baik juga bisa disebut PEMIMPIN yang ”mampu” & men ”teladan” i bawahanya. . . betulkan Mas?

pemimpin harusnya mempunyai sifat SIAP DIPIMPIN DAN SIAP MEMIMPIN , Jd walaupun sebagai seorang PEMIMPIN adakalanya kita pun Harus siap Dipimpin..betul tidak…

gak salah kalau setiap tulisan Pak Joko ini selalu memberi wawasan yang lebih,,,lanjutkan.

Setuju pak Joko. Pemimpin harus rela menjadi pelayan bagi masyarakat yang dipimpinnya. Jangan hanya sok kuasa dan merasa lebih tinggi derajatnya dari orang lain

mantap pak joko,, inspirasi sekali..

Wah, kalo ke 7 Ciri Pemimpin diatas dimiliki oleh para pejabat dinegeri ini alangkah makmurnya rakyat indonesia, terima kasih Pak Joko

jempok pak joko mkasih

eeee maksudku jempol pak joko

Pemimpin yang baik harus bisa memberi contoh & memberi reward & punishment pada tempatnya.

pemimpin yang baik perlu punya duit yg banyak ngga?

Selain yang di atas ada lagi bos sipat yang harus dimiliki pemimpin, dan saat ini langka, yaitu amanah dan jujur. dalam skala kepemimpinan masyarakat, orang yang meminta menjadi pemimpin (kedudukan) tidak layak menjadi pemimpin, karena pasti ada u dibalik b. Dan ingat pesan kanjeng Nabi SAW: “Setiap kalian itu adalah pemimpin dan akan dimintai tanggungjawab atas kepemimpinannya.”
Saat ini orang pinter ataun merasa pinter banyak, tapi yang jujur adalah “Berlian” di tengah lautan lumpur

OK..PAK JOKO..SAYA TAMBAH LAGI YA DIKIT..
SEORANG PEMIMPIN ITU HARUSLAH MEMILIKI AOURA YANG DISEGANI DAN DICINTAI PARA ANAK BUAHNYA..JANGAN DI SAAT PEMIMPINNYA DATANG SUASANA MENJADI KAKUH, DAN SERBA SALAH..THANX…GBU…\m/

pemimpin yg baik harus memberikan contoh pada bawahannya

Pemimpin yang baik itu juga harus turun ke lapangan bersama anak buah.

Sangat memotivasi pak joko. .

terima kasih informasinya pak…sukses untuk anda…

Pemimpin yang baik, siapakah?
Ikuti saja sepak terjang JOKOWI AHOK, sepasang pemimpin yang nyata untuk diteladani. Terimakasih.

WARUNGPRIA.COM
May 20, 2013 2:32 pmReply

Mantap pak Joko

Benar sekali mas JOKO. Yang jelas pemimpin harus bisa membuat rakyatnya bahagia dan cinta kepada pemimpinnya. Mestinya pemimpin Indonesia membaca artikel mas JOKO ini ya. He he he

Asyik dapat ilmu baru lagi…

Cocok dah…akan saya terapkan…trims pak Joko

mantap semoga sukses sebagai pemimpin dan menjadi suri teladan.

Terima Kasih Pak Joko atas kiriman artikelnya, Saya usul ditambahkan 2 Hal Pak Joko :
1. Memiliki Integritas Tinggi
2. Memiliki Dedikasi Tinggi
Sebagai Ciri dari seorang Pimpinan yang baik.

Thanks & Regards

(Harry Gunawan)

trims tambahan tipsnya

Terima kasih atas informasinya yang menarik ini.

Salam action!!!

mampu memimpin dengan baik…

Terima kasih atas infonya, ini menjadi bahan rujukan saat menjadi pemimpin nanti

Makasih buat tips pemimpin yang baiknya mas Joko.

SAYA INGIN BISNIS YANG HALAL
SAYA INGIN MEMBANTU KEDUA ORANG TUA SAYA

pemimpin pasti menjadi ‘tontonan” dan tuntunan”

pimpinan yang berwibawa namun humoris akan slalu “meyenangkan” dimata anak buah

luar biasa jk ada yang punya “pemimpin” seperti ciri diatas

harus belajar jadi pemimpin yang baik nih..

Lagi-lagi artikelnya menyadarkan dan mendorong kita untuk selalu memperbaiki diri agar menjadi lebih baik, thanks pak joko!

Nah, ini sangat bagus Mas Joko.
Dalam butir nomer 2, yang sering saya temui kebanyakan sifatnya dibuat-buat hingga menjadi munafik.
Sehingga…
Dalam mengatasi masalah anak buah dalam butir ke 5 sering salah kaprah.

Salam hangat :
hanny purwanto

Ing ngarso tulodo, ing madya mbangun karso, tut wuri handayani

Ing ngarso sun tulodo, ing madya mbangun karso, tut wuri handayani

Pimpinan Memang Harus Bisa Mengayomi Bawahnya dgn Kasih Sayang yg TULUS …

. . .pemimpin itu Bijak & Cerdas ! he3. . .

Pemimpin itu harus bertanggung jawab lebih terhadap rakyatnya.. he he

Saya tambahi mas menurut pendapatnya saya yang paling mendasar adalah :
1. Berdedikasi dan tidak mementingkan diri sendiri
2. Berani menangung resiko
3. Berani mengambil resiko
4. Bersifat manusiawi

Dua lagi tambahan:
- Mampu menggalang “teamwork”;
- Teamwork demi “organisasi/perusahaan”

terimakasih tambahannya

Belajar menjadi seorang pemimpin yang amanah pak :)

seorang pemimpin memang harus amanah

Saya setuju dengan ke 7 ciri pemimimpin yang baik Mas Joko. Kalau boleh saya tambahkan masih banyak ciri pemimpin yang baik diantaranya : adil, bijaksana, tidak egois, menghargai pendapat bawahan, menghargai hasil kerja bawahan dsb.

terimakasih tambahannya pak Endang

terimakasih pak Jikosusilo atas statemennya sehingga saya bisa merubah mainset

Makasih pak….saatnya action….!!!!

Kadang ada juga sebagian pemimpin atau bos yg kurang peduli atau kuatir dalam mengembangkan karyawannya, takut setelah karyawan ini pintar malah dibajak oleh perusahaan lain..gmana tu Mas ?

menurut saya seharusnya karyawan juga berkembang, seperti kita juga yang punya usaha pasti ingin berkembang. selama kita masih membuat betah karyawan, mereka tidak akan kemana-mana.
dan bahkan seringkali ukurannya bukan lagi karena besar gaji, tapi ada hubungan emosional tersendiri yang membuat karyawan enggan untuk pindah.

pemimpin yang amanah akan bertanggung jawab terhadap setiap perkara sekecil apapun. Setiap berkata benar-benar tidak ada keraguan, tidak meremehkan waktu walau sedetikpun, karena detik juga berharga (telat sedetik, semenit, sejam, semuanya sama saja yaitu telat), jika jual beli pantang mengambil hak orang lain.

Membangun kepemimpinan diawali dengan amanah terhadap hal-hal kecil terlebih dahulu. Pemimpin yang baik tidak hanya sukses di kantor, tapi juga harus sukses di rumah. Tidak sedikit para pemimpin yang mampu mengatur sistem, kantor, atau perusahaan dengan baik, tetapi tidak berhasil membangun keluarganya dengan baik.

Pemimpin itu hrs ing ngarso sung tulodo, ing madya sung tulodo, tutu wuri handayani

perlu di praktekan om…..
terima kasih,,
saya masih belajar menjadi pemimpin bagi diri saya sendiri dulu

wah sangat membangun sekali tulisannya

Salam

Satu tambahan dari video motivasi yang saya baca, seorang pemimpin harus mempunyai sifat pemenang dan tidak memiliki sifat ketagihan kalah.

dan harus punya visi jauh ke depan…walaupun sulit sekali, tapi kita harus berusaha untuk bisa menjadi pemimpin, minimal pemimpin untuk diri sendiri menuju ke jalan kebaikan…thanks

memang jaman sekarang susah mencari pemimpin sesuai kriteria diatas,,,

Buku2 John Maxwell bagus buat topik2 kepimpinan

info yang bermanfaat mas joko,trims..

satu lagi mas Joko, ketika pemimpin itu tidak berada di tempat ,kehadirannya selalu dirindukan anak buahnya.

iya, itu salah satu dampak jadi pemimpin yang baik

Info yang bagus nih sangat berguna. semoga yang sudah jadi peminpin juga bisa baca artikel ini. pokonya mantap gan.

Saya Ijin Copas Yah Pak Joko….

wah alhamdulillah nemu artikel ini..

thanks Pak, sungguh menginspirasi…

wow, keren artikelnya Pak!

Jika keberadaanmu bisa membuat mereka
Melakukan lebih
Bertindak lebih
Percaya diri lebih

Itu artinya anda layak menjadi seorang pemimpin yang sejati

semoga saya memiliki sikap2 seperti itu juga.. pasti bisa

Menjadi seorang pemimpin yang baik ternyata juga butuh rasa humor yang tinggi ya..
terima kasih sharingnya

Semoga kita bisa menjadi pemimpin yang amanah dan membuat orang-orang yang kita pimpin menjadi lebih sejahtera.

Mas …joko mohon tanya ? kenapa pemimpin kita saat sekarang ini banyak yang bobrok,walaupun tidak semua,tapi kebanyakannya kira-kira apa penyebabnya?dan saya mau menerapkan apa yang mas..joko sampaikan terutama dulu sama keluarga saya..

poin pertama: taat kepada Allaah dan ROsulnya

Bismillah,semoga saya sanggup memenuhi kriteria di atas…aminn :)

Salam action selaluu…!^^

Kalau kita mau kita pasti bisa memiliki kriteria seperti diatas,minimal satu kriteria lah :v

semoga ke-7 ciri tersebut ada di aku juga :D

Pemimpin itu menghargai karyawannya , jangan mementingakan sendiri

benar pak joko, 7 ciri tersebut bisa menjadi pedoman/pegangan terutama untuk memimpin lingkungan terkecil yaitu keluarga, terimakasih

yaa setuju,,,, saya tungga mas cerita tentang us
ahany

Sangat setuju Pak Joko. Mudah2an kita segera mendapat pempimpin yang seperti itu.

Salam action!!!

Sedang mencari pemimpin yang amanah pak..

semoga aku sudah menjadi salah seorang pemimpin yang baik bagi staf-stafku.

sifat humoris pemimpin sangat bagus bagi karyawan … membuat semangat kerja …

saat ini susah sekali mencari pemimpin yang sempurna atau super baik,
thanks sharingnya menginspirasi utk jadi pemimpin yang baik

wah bener tuh, cita2 saya jadi presiden harus bisa menguasai semua itu :)

Terima kasih pak joko, artikelnya muantap abis.
100 Likes

Nah itu, berkomunikasi dengan karyawan gampang2 susah, takut juga menyakiti hati pak :D

pemimpin yang baik adalah pemimpin yg bisa mensejahterakan bawahan nya,salam sukses selalu pak joko.

mulailah belajar mjd pemimpin bg dirinya sendiri, dr ruang lingkup yg paling kecil ini,kemudian melangkah lebih maju lg seiring berjalannya waktu yaitu memimpin keluarga kita..itulah pondasi awal bgmna kita belajar mnjd pemimpin yg baik…semoga sukses..

Trims postingan p.Joko sudah berkembang ke arah pengembangan diri, kepribadian yang patut dikembangkan sebagai public figure.

Thanks sharingnya Mas Joko.

Dengan 7 ciri pemimpin diatas maka kita akan bisa menjadi pemimpin 6M

Pemimpin 5M
Memotivasi
Menginspirasi
Memberdayakan
Mencerahkan
Mentransformasi

wah. saya banget tuh. bisa jadi ketua MPR nga? ngegantiin Taufiq Kiemes.LOL

Bagi mereka yg berkata idealisme itu tidak realistis, maka dipastikan tidak ada ambisi yang menginspirasi mereka dalam hidupnya.

Postingan Pak Joko selalu bermutu.makasih

wah. saya banget it. Narsis Mode ON. lol

Mantapp banget postingan pak joko selalu berbobot

Tips yang sangat bermanfaat, semoga semua pemimpin dan calon pimimpin bisa tau dan paham makna dan arti KEPEMIMPINAN.
Saya sendiri akan berusaha menjadi yg terbaik bagi diri sy semdiri, trims infonya Pak JOKO.

Mas Joko, bagaimana pendapatnya apabila ada Boz yang kurang komunikasi terhadap karyawanya..??

infonya bermanfaat pak , , , ,

kalau pemimpin rumah tangga harus bisa menjaga istri dan anaknya dari siksa api neraka he. salam sukses selalu untuk pak joko dan semuanya

wah jadi semangat nih pak makasih ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>