🔴 4 Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui Pengusaha seperti Anda

strategy bisnis

Memiliki strategi bisnis untuk usaha yang hendak dijalankan amat penting. Sebab setidaknya anda tahu bakal dibawa kemana usaha yang anda akan rintis ini. Dengan memiliki strategi pula, anda minimal sudah menyiapkan plan for the worst, hope for the best, bersiap menghadapi kondisi terburuk, dan berharap yang terbaik.

Nah, posting kali ini khususnya diperuntukkan bagi anda yang mengaku pengusaha, baik yang baru mulai usaha atau pun sudah lama menjalankan usaha. Apa saja strategi bisnis yang bisa anda terapkan?

Di sini kita tidak membahas soal apa bisnis yang akan dijalankan, karena asumsinya jika anda sudah melangkah ke strategi bisnis berarti anda sudah punya bisnis yang mau dilakoni. Kalau anda masih bingung mau buka usaha apa, anda bisa baca cara menemukan ide bisnis.

So, sekarang beberapa strategi bisnis yang bisa anda terapkan adalah…

  1. Diversifikasi Bisnis. Bagi yang baru mulai bisnis, sebaiknya tidak langsung menjalankan strategi bisnis ini. Saya sarankan lebih baik fokus terlebih dahulu pada bisnis yang sedang dibangun. Mengapa? Sebab strategi ini tergolong beresiko tinggi. Melakukan diversifikasi bisnis, berarti anda membangun sebuah produk baru untuk dilempar ke pasar (yang mungkin juga baru). Jika tidak dibarengi kesiapan yang baik, melakukan diversifikasi dapat menggoyahkan bisnis anda sebelumnya.
  2. Strategi menyerang. Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini. biasanya promo besar-besaran dengan segala macam taktiknya dijalankan. Salah satu contohnya seperti menghadirkan program yang menarik bagi konsumen, seperti Beli 3 Gratis 1.
  3. Mengembangkan pasar. Strategi yang ini relatif lebih kalem. Karena dengan produk yang selama ini ada, pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar yang selama ini digarapnya agar bisa lebih maksimal. Strategi ini perlu kejelian dalam melihat pasar.
  4. Mengembangkan produk. Berkebalikan dengan strategi bisnis mengembangkan pasar, strategi ini melempar sebuah produk baru pada pasar yang selama ini digarap. Kelebihan strategi bisnis ini adalah karena pasarnya telah dikenali, sedang tantangannya adalah bagaimana membuat produk baru tersebut bisa diterima oleh pasar.

Inilah macam-macam strategi bisnis yang ada. So, strategi bisnis apa yang akan anda jalankan?

175 Comments. Leave new

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel tentang 4 Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui Pengusaha seperti Anda sangat bagus, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

Entah aku harus mulai dari mana..
Ingin sekali memperbaiki hidup terutama ekonomi.

Ada pepatah mengatakan
Keterbatasan bukanlah pengahalang untuk maju.

Tapi .. entahlah

Terima kasih infonya sangat bermanfaat sekali untuk para pelaku usaha,

Sangat menginspirasi buat saya yang baru pemula dalam berbisnis,tapi saya tergolong orang yang kurang PD dalam berbisnis..
Apa sich kunci PD seseorang dalam membangun bisnis??
Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.