🔴 4 Tahap Proses Marketing Menyeluruh yang Perlu Anda Tahu

Proses Marketing Menyeluruh

Kapankah aktivitas proses marketing dimulai? Apakah proses marketing baru dimulai hanya setelah sebuah produk siap dipasarkan?

Mungkin kebanyakan dari kita akan menjawab benar demikian. Proses marketing baru dijalankan setelah ada produk yang siap dipasarkan. Namun, dalam mata rantai marketing yang utuh, proses marketing sebenarnya harus sudah bekerja jauh sebelum produk diluncurkan. Bagaimana bisa?

Karena marketing bukan sekedar soal memasarkan produk yang sudah siap dijual. Namun marketing ikut berperan dari awal dalam menghasilkan produk berdaya jual tinggi.

4 Tahap dalam proses marketing

Proses marketing diawali dari melihat peluang pasar, melakukan riset pasar, memilih target pasar, menyusun strategi marketing, merencanakan program marketing, lalu menyusun, meng-ACTION-kan, dan memantau hasilnya.

Pandangan awam yang menganggap proses marketing sebatas menyusun strategi marketing sampai evaluasi bisa berakibat fatal. Bukan saja berakibat tak lancarnya penjualan produk, namun bisa mengakibatkan biaya marketing yang tinggi dan tak efektif.

Biar lebih jelas, mari kita bahas secara runtut empat tahap proses marketing berikut ini:

  1. Melakukan Riset Pasar. Proses marketing dimulai dari riset pasar untuk melihat seberapa besar potensi pasar, mengukur tingkat kebutuhan pasar, peluang pasar, dan ragam segmen yang tersedia. Juga mengetahui tingkat persaingan di pasar tersebut.
    Sebagai contoh, sebelum meluncurkan Rumusan Rahasia Blogging, saya lihat betapa pasar blogging begitu besar. Tingkat kebutuhannya sangat tinggi. Pemilik blog masih sangat terbatas. Dan setahu saya, belum ada produk lain yang secara menyeluruh membahas secara tuntas dari A sampai Z tentang blogging. Rahasia Blogging bukan sekedar membahas tentang bagaimana membuat blog dan menghasilkan uang dari blogging. Namun lebih dari itu membuat blog sukses spektakuler.
  2. Mengembangkan Strategi Marketing. Dengan memperhitungkan keunggulan anda, anda siapkan strategi positioning dan brand produk anda.
  3. Menetapkan Program Marketing. Dari strategi marketing tersebut, kemudian lebih rinci ke program marketing. Apa sajakah program marketing yang anda rencanakan? Misalkan ketika baru meluncurkan produk, anda bertumpu pada SEO, PPC, dan beriklan di situs web iklan seperti iklan jitu.
    Pada tahap ini, anda perlu hitung total anggaran marketing, alokasi pengeluaran di tiap program marketing yang dijalankan.
  4. Evaluasi dan Perbaikan. Pada tahap terakhir ini kita lihat bagaimana hasil dari program-program marketing tersebut. Sudah sesuaikah dengan target anda? Dan dari hasilnya anda bisa rumuskan kembali program marketing apa yang perlu diperbaiki, mana yang perlu diperkuat, mana yang perlu dikurangi atau mungkin perlu ditiadakan. Dan begitu seterusnya.

Intinya selalu ukur program marketing anda. Sebab marketing merupakan proses berkelanjutan yang terus mengiringi dan menentukan keberhasilan bisnis online anda.

Bagaimana? Anda sudah siap merancang program marketing untuk bisnis online anda dan meng- ACTION-kannya? Ikuti keempat tahap proses marketing menyeluruh diatas agar kegiatan marketing anda lebih terencana dan terarah, Salam ACTION!

343 Comments. Leave new

thanks infonya sangat bermanfaat. Ditunggu update terbarunya ya. Artikrlnya juga bagus

Setuju pak Joko, Strategi Marketing yang bisa di lakukan secara online maupun Offline… kereen…

Keren bang radix
banyak sekali tips yang bermanfaat dan belum diketahui
harus lebih banyak belajar Marketing nih

[…] perlu anda lakukan pertama tentu membuat blog. Tapi bukan blog biasa, melainkan blog marketing. Jenis blog ini berbeda dengan blog personal. Kalau blog personal lebih menonjolkan tentang diri […]

[…] perlu anda lakukan pertama tentu membuat blog. Tapi bukan blog biasa, melainkan blog marketing. Jenis blog ini berbeda dengan blog personal. Kalau blog personal lebih menonjolkan tentang diri […]

setuju pak joko, marketing merupakan proses berkelanjutan yang terus mengiringi dan menentukan keberhasilan bisnis online. salam sukses selalu

[…] 4 Tahap Proses Marketing Menyeluruh yang Perlu Anda Tahu […]

[…] 4 Tahap Proses Marketing Menyeluruh yang Perlu Anda Tahu […]

wah ini tips yang sangat bermanfaat nih

Saya sdh mencoba marketing online,memasarkan website saya,dan hasilnya msh kurang maksimal,apakah memang dunia online itu lebih mengutamakan brand?

tidak hanya dunia online saya kira, offline pun demikian. jika kita bisa melakukan branding yang tepat, ditunjang dengan sistem pemasaran online yang efektif, pasti akan meledak hasilnya

Brand yang cukup penting,
seperti google, karena kualitasnya yang oke
dia bisa sangat hebat sekarang ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.