🔴 5 Rahasia Ampuh Menulis Headline Sales Letter yang Belum Pernah Dibocorkan pada Siapapun!

Headline Writing

Beberapa kali saya pernah mengulas soal sales letter. Seperti soal panjang sales letter, contoh headline sales letter terbaik, juga pernah mengenai jenis headline. Namun rasanya ada yang terlewat, saya belum pernah membagikan tips bagaimana cara membuat headline sales letter atau cara membuat judul surat penawaran yang memikat. Padahal, dalam sales letter, headline atau judul memegang peran yang sangat penting dalam menciptakan sebuah sales letter yang menghipnotis.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, sekarang saatnya anda ketahui lima rahasia menulis headline yang ampuh dan membuat pengunjung anda bertekuk lutut.

  • Tugas headline adalah bagaimana menggiring setiap orang agar meneruskan membaca sales letter, dan tidak hanya berhenti pada headline saja. Untuk itu headline yang baik wajib mampu menarik perhatian mata pembaca secara efektif dan cepat. Harus cepat karena orang tak punya banyak waktu. Sekali headline anda gagal menarik perhatian, pasti efeknya terasa pada penjualan.
  • Problem atau masalah yang disodorkan dalam headline membuat pembaca tertarik. Hal yang sama akan dialami pembaca headline ketika keuntungan yang akan mereka dapatkan dicantumkan dalam headline. Artinya apa? Jangan ragu! Katakan dengan jelas apa masalah yang menghantui atau keuntungan yang dapat diraih dalam headline. Karena headline adalah tempat awal seseorang membaca sales letter, kalau anda mampu membuat headline yang mampu berbicara secara jelas pada calon konsumen, mereka akan penasaran dengan apa yang anda tawarkan.
  • Kalau anda saya tanya, pilih mana “mendapat uang Rp 1000” atau “tangan digores pisau”, saya yakin anda akan memilih mendapat uang Rp 1000.
    Tapi kalau pertanyaannya saya ubah begini, dari kedua kalimat tadi, kalimat mana yang paling membekas atau paling mudah anda ingat? “Mendapat uang Rp 1000” atau “tangan digores pisau“?
    Saya yakin sebagian besar dari anda akan menjawab “tangan digores pisau”. Bayangan betapa ngerinya tangan yang digores pisau, rasa sakit yang menyayat, dan luka yang mengucur, langsung tergambar dalam bayangan anda.
    Apa artinya? Hal-hal negatif dalam situasi-situasi tertentu bisa jauh lebih efektif menarik perhatian karena sangat terasa dan melibatkan emosi. Dengan cara yang sama, kalau anda membuat headline sales letter yang mampu memancing perasaan sakit atau yang tidak enak, headline semacam itu bisa jauh lebih efektif.
  • Selama saya menekuni bisnis online tak terhitung berapa kali saya gonta-ganti headline, entah juga berapa banyak headline sales letter yang sudah saya amati. Satu prinsip penting yang saya temukan dari setiap headline yang mampu membius pembacanya adalah headline yang banyak menggunakan kata kerja. Bukan kata benda atau kata sifat, tapi kata kerja!
  • Gunakan kalimat yang membuat terngiang. Seperti yang ada di Formula Bisnis terdapat kalimat hanya jika anda tahu caranya”. Kalimat itu saya yakin sempat membuat anda tidak mampu tidur dengan nyenyak karena penasaran. Saya sendiri pun bahkan sampai sekarang masih sering sesekali terngiang oleh kata-kata tersebut. Bayangkan, betapa dahsyat pemilihan (hanya) beberapa kata yang mampu membuat siapapun tak akan lupa dengan kalimat penawaran anda selamanya. Ya, SELAMANYA!
    Tugas anda adalah cari kalimat yang mampu membuat terngiang dan tak akan pernah sanggup siapapun melupakannya, dan masukkan itu dalam headline sales letter anda.

Salam ACTION!

408 Comments. Leave new

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel 5 Rahasia Ampuh Menulis Headline Sales Letter yang Belum Pernah Dibocorkan pada Siapapun! sangat bagus, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

[…] artikel kemarin kita sudah bicarakan headline. Ya, headline itu boleh dibilang fungsinya sama dengan judul. […]

emang lagi nyari tutorial tentang judul artikel yang menarik malah nyasar ke sini, sekalian deh 🙂 malah jadi tambah ilmu
thx pak joko 🙂

[…] artikel kemarin kita sudah bicarakan headline. Ya, headline itu boleh dibilang fungsinya sama dengan judul. […]

setuju sekali pak joko, kata-kata yang selalu diingat oleh konsumen dan pengunjung. salam sukses selalu

Terimakasih Pak JS atas infonya… walaupun sudah lama tapi sy yakin masih berguna hingga sampai saat ini. Padahal saya yakin sudah memiliki Formulabisnis dari Pak JS, tapi karena suatu sebab pd kompi saya, sepertinya file formulabisnis ikut hilang :_)

wah artikelnya bagus banget pak..saya jd punya gambaran,tentang cara menjalankan toko online saya .maklum pak..newbie buuuaangett…hehemohon bimbingannya ya pak joko…..smoga sukses slalu..

Terima kasih Pak Joko, semoga saya bisa mengikuti jejak 🙂

mas joko…mungkin suatu saat anda bisa membahas cara membuat kalimat pembuka untuk sales letter yang bergerak di perusahaan jasa export import seperti saya ?? materi artikel anda sangat bagus, cuma kok hanya membahas bisnis online?? kapan dong membahas bidang-bidang bisnis konvensional seperti perusahaan kami? ditunggu yach mas joko untuk update artikel nya. 🙂

maksih ya pak atas informasinya,
terus berkarya dan ciotakan inovasi2 terbaru.

sangat menarik, begitu pula ketika saya mencoba merubah blog saya dari catatan harian menjadi sebuah blog yang membahas tentang FM

[…] kunci agar sesuatu menjadi menarik. Dengan begitu bukan saja anda akan paham bagaimana membuat headline sales letter yang menyedot perhatian, namun juga mampu menerapkannya dalam berbagai […]

.blog walking dan mebuat group di facebook bisa nambah pengunjung kita

Waah, ilmu baru ne pak,, siaap untuk praktek,,
action, action, action

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.