🔴 5 Tips Memulai Bisnis Online sebagai Bisnis Sampingan

Bisnis Online sebagai Bisnis Sampingan

Terimakasih saya ucapkan atas komentar serta perhatian rekan-rekan yang begitu besar pada posting 10 Catatan Dua Tahun Blog JokoSusilo.com. Terimakasih banyak. Semoga blog ini bisa terus memberikan yang terbaik buat rekan-rekan semua.

Pada posting kali ini, saya ingin mengetengahkan tema yang selama ini ditunggu-tunggu, terutama oleh anda yang belum juga terjun ke bisnis online karena terhalang kesibukan offline.

Memang idealnya bisnis online dilakukan secara penuh alias full time. Namun ada kalanya, terutama bagi pemula bisnis online memilih untuk memulai bisnis online sebagai bisnis sampingan. Dan ini sama sekali bukan soal.

Google yang merupakan search engine terbesar di dunia, pun diawali sebagai proyek sampingan dua lulusan Stanford. Perusahaan komputer Apple diawali dirakit dari sebuah garasi. Begitu pun dengan perusahaan komputer Dell yang diawali dari kamar asrama universitas. Saya sendiri mengawali bisnis online ini dari warnet yang koneksinya lambat minta ampun.

Jadi faktanya banyak pengusaha yang bisa sukses sekalipun diawali dengan perlengkapan yang sederhana.

Ya, memulai bisnis anda sendiri adalah cara tercepat untuk membangun kekayaan. Tapi untuk itu anda tidak harus mengorbankan segalanya. Apalagi di bisnis online, anda bisa memulainya dengan modal yang sangat minimal tapi potensi suksesnya sangat maksimal.

Anda pun bisa memulai bisnis online sekalipun anda sudah bekerja offline. Anda bisa membangun bisnis online anda setelah jam kantor usai. Beberapa contoh yang menjalani bisnis online ini sambil tetap menjalankan pekerjaan offlinenya seperti misalnya Mas Muhammad Sowi, Mas Sumartono, atau Bu Titik.

Mereka semua memulai bisnis lewat internet, baik dengan memiliki produk sendiri atau menjualkan produk orang lain. Mereka paling tidak sudah bisa disebut pebisnis online. Sebab mereka punya inisiatif untuk memulai bisnis di internet.

Anda yang belum terjun ke bisnis online, bisa melakukan hal yang sama. Kesibukan offline yang anda kerjakan, bukan halangan untuk mulai merintis bisnis online demi masa depan anda. Mungkin anda siswa atau mahasiswa yang mesti berangkat sekolah tiap hari. Atau anda adalah pegawai negeri/swasta yang harus berangkat ke kantor tiap pagi. Atau apapun kesibukan anda tiap harinya, anda tetap bisa mulai merintis bisnis online ini.

Bahkan anda memiliki keuntungan karena tidak harus langsung mengorbankan segalanya. Anda masih bisa menjalankan aktivitas utama anda, dan menambah penghasilan dari bisnis online ini. Anda mulai secara perlahan dan berinvestasi secara bertahap untuk mengembangkan bisnis online anda.

Tapi memang anda perlu menyediakan tenaga ekstra. Karena selepas seharian menjalankan aktivitas utama anda, anda masih harus menjalankan bisnis online anda ini. Karenanya anda harus punya dedikasi tinggi, disiplin, dan ulet untuk mengembangkan bisnis online ini.

Bagaimana caranya?

Untuk sukses di bisnis apapun, termasuk bisnis online ini, anda harus tahu bagaimana cara menjalankannya. Ikuti lima tips berikut:

  1. Anda harus paham 3 langkah SMUO. Konsep dasar bisnis online yang diajarkan dalam Formula Bisnis harus anda pahami dengan baik. Sebab itu dasar serta inti dari bisnis online.
  2. Pahami Direct Marketing. Pahami juga konsep direct marketing. Di bisnis online, konsep direct marketing termasuk yang paling cocok dijalankan. Sebab potensial mendatangkan keuntungan secara cepat tanpa harus terganggu rantai pemasaran yang panjang.
  3. Pahami Pasar Internet. Pasar atau target market harus anda kenali dengan baik. Pasar di internet sangat luas dan beraneka ragam. Anda bisa pilih suatu pasar yang cukup besar dan anda punya kemampuan untuk merebut perhatian pasar lewat produk atau jasa anda.
    Anda bisa mempelajari pasar yang anda bidik di sela-sela kesibukan offline anda. Dengan melakukan riset pasar atau melakukan beberapa tes respon pasar.
  4. Tahu Bagaimana Menciptakan Penjualan. Ciptakan penjualan pertama anda! Lebih baik lagi jika tanpa harus terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk mendapatkan konsumen.
  5. Menciptakan Backend. Anda harus paham bagaimana menciptakan back end atau produk lanjutan. Juga bagaimana cara meningkatkan margin pendapatan anda.

Bila anda konsisten dan fokus pada apa yang anda lakukan, saya percaya bisnis online anda akan semakin berkembang. Dan pada saatnya nanti ketika bisnis online “sampingan” anda ini mulai membesar, bahkan penghasilannya sudah melebihi pekerjaan utama anda, maka saat itulah anda bisa mengatakan STOP pada pekerjaan offline anda dan fokus ke bisnis online anda.

Bagaimana? Ada komentar?

405 Comments. Leave new

It’s an remarkable post in favor of all the internet visitors; they
will take benefit from it I am sure.

I couldn’t refrain from commenting. Very well written!

wah mantep nich artikelnya… terima kasih pak…
bagi teman teman blogger mampir ke blog ane yach..

Very nice post. I just stumbled upon your blog and wished to
say that I’ve really enjoyed surfing around your blog posts.
After all I’ll be subscribing to your feed and I hope you write
again very soon!

terima kasih pak joko sudah mau berbagi ilmunya untuk kami semua

[…] yakin, ada sebagian dari anda yang memulai bisnis online dari usaha atau bisnis sampingan. Lalu lambat laun, seiring makin besarnya usaha sampingan itu, anda bertekad menjadikannya sebagai […]

[…] yakin, ada sebagian dari anda yang memulai bisnis online dari usaha atau bisnis sampingan. Lalu lambat laun, seiring makin besarnya usaha sampingan itu, anda bertekad menjadikannya sebagai […]

Direct Selling saya pilih karena lebih menjanjikan profitnya. Namun harus produk sendiri. Lebih baiknya begitu.

bisnis online sebagai bisnis sampingan, jk sudah “yakin” bisa jadi bisnis utama…mantap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.