šŸ”“ 7 Catatan Kecil tentang Produk Gagal

Catatan Kecil

Pernah mendengar istilah produk gagal? Ketika produk diluncurkan, tentunya tak ada yang mengelak kalau harapannya hanya satu: penjualan meledak dan laku keras. Kalau bisa sepanjang waktu penjualannya terus meningkat dan meningkat. Sampai menjadi penghasilan pasif yang terus mengalir sepanjang waktu.

Sayangnya tak semua produk mengalami nasib seperti itu. Ada yang tak begitu laris, lalu perlahan menghilang bahkan sebelum dikenal pasar secara luas. Mengapa bisa begitu?

Berikut catatan kecil saya tentang produk gagal / produk yang tidak mampu bertahan di pasar :

  • Iklan tidak efektif. Iklan yang salah sasaran hampir bisa dipastikan menjadi promo yang tak efektif. Sebab, itu seperti menawarkan produk kepada orang yang tak membutuhkan.
  • Positioning produk tidak tepat. Salah pilih posisi untuk positioning produk anda serta berbagai alat promosinya seperti blog misalnya, bisa berakibat fatal untuk bisnis anda.
  • Tidak didesain baik. Bagi pemilik produk, cover produk yang baik dapat meningkatkan daya tarik produk. Sebaliknya bila kurang baik, bisa membuat ketertarikan pengunjung pun berkurang. Mengenai cover, bisa dilihat di blognya Mas Agung.
  • Harapan pasar terlampau tinggi. Produknya mungkin bagus. Namun pasar menginginkan lebih dari yang ada. Pasar menaruh harapan yang terlampau tinggi terhadap produk tersebut sehingga ketika harapan pasar tak mampu dipenuhi, pasar menjadi kecewa.
  • Kurang ide dan biaya. Mungkin bisa karena ide pengembangan yang kurang atau biaya pengembangan produk yang terlampau mahal. Dalam pengembangan sebuah produk, tanpa kesiapan kedua hal tadi bisa memperpendek usia produk. Biaya pengembangan meliputi biaya riset dan analisis produk lanjutan.
  • Persaingan terlampau keras. Masuk ke dalam niche yang sudah begitu padat yang diisi para pebisnis online besar, namun tanpa dibarengi kesiapan yang cukup, bisa membuat produk anda sulit berkembang. Untuk mengantisipasinya, baca Tips Bertahan Dan Memenangkan Persaingan Di Bisnis Internet di blog Mas Zams dan di sini.
  • Perubahan arah teknologi. Bila produk anda berhubungan dengan teknologi yang berkembang cepat, anda harus awas memperhatikannya. Bila tidak, produk anda akan cepat kadaluarsa.

Ketujuh penyebab di atas hanya sekedar catatan kecil saya terhadap penyebab produk yang belum diterima pasar. Sama sekali bukan bermaksud untuk membuat anda berpikir ulang atau menghentikan langkah anda untuk ACTION. Tetap lanjutkan langkah anda dan mulai rintis bisnis online anda dari sekarang.

Di luar ketujuh hal di atas, mungkin masih banyak lagi. Silakan anda tambahkan dengan mengisi komentar.

Jangan menyerah jika saat ini produk anda masih termasuk dalam daftar produk gagal, Salam ACTION!

417 Comments. Leave new

Apapun keagalannya tetap usaha dan keep actions.
Sangt bermanfaat sekali pak joko jadi lebih paham sekarang ini

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel 7 Catatan Kecil tentang Produk Gagal sangat bagus, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

setuju pak joko, jika kemasan menarik otomatis konsumen akan penasaran terus tertarik. salam sukses selalu

pemilihan produk apa yang akan dijual sangat berpegaruh, kalau bisa produk dan jasa tersebut tidak pernah lekang oleh waktu dan selalu dibutuhkan banyak orang šŸ™‚

Great blog! Do you have any hints for aspiring writers?
I’m planning to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.

Would you propose starting with a free platform like WordPress or go for a paid option?
There are so many choices out there that I’m totally overwhelmed .. Any tips? Bless you!

Iā€™m not that much of a internet reader to be honest but your
blogs really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your website to come back later on. Many thanks

Tambahan:
* Bersaing di persaingan yg tidak menguntungkan (cacing lawan gajah)
* Tidak mau berubah sehingga dipaksa berubah oleh keadaan…

terimakasih tambahannya

harus tetap semangat, dan share dengan yang berpengalaman, Insya Allah ada jalan keluar…

produk gagal harus kita hindari

locks…

[…]we prefer to honor quite a few other world wide web websites around the web, even when they aren?t linked to us, by linking to them. Beneath are some webpages worth checking out[…]…

benar sekali mas joko kalau produk gagal biasanya kurang beriklan secara efektif

Terima kasih Mas.. Joko.. atas semua arahan dan petunjuknya yang cukup bermanfaat bagi saya, mudah2an kita mulai sekarang, agar kedepan bisa berjalan dengan lancar .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.