🔴 7 Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Konsumen Anda

Hal yang perlu anda ketahui dari konsumen

Informasi yang akan saya sampaikan sesaat lagi merupakan informasi yang sangat penting bagi anda. Utamanya bagi anda yang bersungguh-sungguh menekuni bisnis online.

Informasi ini tentang konsumen. Konsumen adalah darah bisnis online anda. Tanpa konsumen, keberadaan anda sama sekali tidak ada artinya. Bisnis anda bisa KO. Untuk itulah anda perlu mengetahui konsumen anda baik-baik.

Apa saja yang perlu anda tahu dari konsumen kaitannya dengan bisnis online yang sedang anda bangun?

  1. Nama. Ingat baik-baik siapa nama mereka. Siapa nama panggilannya. Rumahnya mana. Gunakan informasi awal itu untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan konsumen anda.
    Kalau konsumennya baru satu-dua tentu masih mudah mengingatnya, namun kalau jumlahnya sudah puluhan atau ratusan ribu pasti akan terasa sulit. Lalu bagaimana?
    Solusinya anda wajib menjaga keakuratan database pelanggan anda. Sehingga ketika ada informasi yang anda butuhkan, anda bisa mendapatkannya secara cepat. Sering-sering juga sapa para konsumen anda.
  2. Apa yang telah mereka beli. Jika anda tahu apa saja yang sudah konsumenanda beli sebelumnya, anda akan mudah mengira apa yang cocok untuk ditawarkan kemudian. Sebab anda minimal sudah tahu apa minat mereka. Perilaku konsumen ini biasanya dipelajari dalam behavorial marketing.
  3. Seberapa sering mereka membeli. Bagi produk/layanan yang sifatnya bisa beli berulang-ulang, anda perhatikan mana konsumen yang sering membeli dari anda. Bagi yang sering membeli dari anda, berikan layanan maksimal. Bagi yang jarang membeli dari anda, lakukan pendekatan marketing lebih intens. 🙂
  4. Kapan terakhir kali beli. Dengan mengetahui kapan konsumen terakhir kali beli dari anda, anda tahu mana konsumen yang loyal pada anda dan mana yang “pergi” meninggalkan anda. Tugas anda kemudian adalah menjaga baik-baik konsumen loyal anda dan berusaha mendatangkan kembali mereka yang pergi.
  5. Berapa banyak yang dibelanjakan. Besar transaksi perlu juga mendapat perhatian. Semakin besar transaksi yang dilakukan, anda pasti semakin senang kan. 🙂
  6. Ingat interaksi terakhir yang anda lakukan. Seperti misalnya menyinggung obrolan terakhir kali berkomunikasi. Hal ini akan membuat tersebut merasa penting dan diperhatikan.
  7. Masukan konsumen. Masukan, kritikan, atau tanggapan dari pelanggan adalah obat mujarab untuk peningkatan bisnis online anda. Penuhi kebutuhan konsumen anda, pasti bisnis anda akan semakin melejit. Buktikan!

Salam ACTION!

311 Comments. Leave new

mungkin tambahan saran, mungkina da baiknya juga kalau dicatat. kadang kita sebgai manusia lupa apalagi kalau konsumen kita banyak. salam sukses selalu

[…] bertatap muka langsung, pembeli dan penjual bisa bertemu secara online. Transaksi secara online. Konsumen bisa dengan mudah mendapatkan produk yang dibutuhkannya. Konsumen puas, penjual […]

[…] itu akan membuat mereka lebih betah menjadi konsumen dari usaha anda. Cara berkomunikasi terhadap konsumen anda sangat besar pengaruhnya terhadap kemajuan usaha anda. Camkan ini […]

bener banget, teurtama nama, bila kita lupa ini bisa mengurangi rasa kepercayaan dari pelanggan terhadap kita nantinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.