About Joko Susilo

Home » About Joko Susilo

“Bagaimana Saya Mengubah Modal Rp 350.000,- Menjadi Penghasilan Ratusan Juta Rupiah per Bulan dari Bisnis Sederhana di Internet?”

Wawancara Motivasi Pengalaman Bisnis Online

Joko Susilo merupakan salah satu praktisi Internet Marketing paling berhasil di Indonesia. Beliau menjalankan bisnis online sejak tahun 2001 dan bisnisnya semakin mantap dari waktu ke waktu. Beliau juga memberikan peran yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia.

Setelah 15 tahun menjalankan bisnis di internet, Joko Susilo mendapatkan banyak ilmu dan pelajaran penting dalam berbisnis. Jika anda berencana untuk serius memulai bisnis di Internet, silakan simak wawancara berikut ini. Anda akan menemukan banyak pengetahuan berharga yang akan membuka wawasan anda terhadap besarnya peluang yang diberikan Internet untuk kehidupan finansial anda.

Semua rintisan perjalanan saya selama ini bisa anda ketahui di sini.

Silakan baca dan temukan:

  • Apa saja yang dulu Joko Susilo lakukan untuk mengawali bisnis,
  • Apa saja hambatan yang Joko Susilo hadapi dan pasti akan dihadapi oleh para pemula,
  • Bagaimana sedikit-demi sedikit Joko Susilo mengubah bisnis single fighter menjadi bisnis yang dijalankan oleh tim dan menghasilkan income puluhan juta per bulan,
  • 3 hal paling penting yang harus dimiliki oleh pebisnis online,
  • Panduan yang direkomendasikan untuk membimbing anda berbisnis di internet,
  • dan masih banyak lagi.

Selamat membaca…

Pak Joko, bisa anda ceritakan latar belakang anda?

Nama saya Joko Susilo, ST. Usia saya 40 tahun, agama Islam, sudah menikah dan punya tiga anak. Saya lulusan Arsitektur Universitas Diponegoro Semarang tahun 1999. Nilai prestasi saya cukup memuaskan dan saya aktif di organisasi kampus saat itu.

Sesuai dengan bidang ilmu saya, dulu saya pernah bekerja di perusahaan konstruksi dan pernah juga bersama teman membangun konsultan arsitektur. Tapi karena minat saya terhadap dunia baru bernama Internet semakin besar, maka saya meninggalkan kesibukan di dunia arsitektur dan mulai menekuni bidang bisnis ini, Internet Marketing.

Jadi sebenarnya anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan IT?

Iya benar, saya tidak memiliki latar belakang teknologi informasi sedikitpun. Saat memulai, saya hanya bisa mengetik dan mengakses Internet. Itupun pakai 11 jari. Sama seperti kemampuan orang lain seusia saya pada umumnya.

Sebelumnya, sebagai seorang lulusan arsitektur, yang ada di dalam pikiran saya hanyalah bagaimana cara mendesain rumah dengan indah dan kemudian membangunnya. Saya bahkan punya impian membangun rumah saya sendiri dengan ilmu yang sudah saya pelajari selama 5 tahun di bangku kuliah.

Namun entah bagaimana, saya bisa jatuh hati dengan bisnis online. Tidak pernah sekalipun dalam masa lima tahun saya belajar di bangku kuliah, memikirkan untuk terjun di dunia Internet.

Sekedar informasi, saya baru bisa mengoperasikan Internet satu tahun setelah saya diwisuda!

Bagaimana ceritanya sampai anda bisa memulai bisnis online?

Awal tahun 2001 saya mulai mengenal Internet dan mulai mempelajari cara menggunakannya. Kesibukan saya waktu itu adalah mencari informasi tentang peluang usaha… bukan peluang kerja (sejak awal saya memang tidak berminat bekerja untuk orang lain).

Saya menemukan sebuah website asing yang memuat beberapa kisah sukses anak-anak muda Amerika dalam menghasilkan uang dari Internet. Saya pun juga menemukan begitu banyak bisnis yang mulai berkembang jauh lebih pesat setelah menggunakan Internet sebagai media pemasaran. Bahkan yang lebih menarik, kebanyakan dari mereka menjadi kaya hanya dengan menjual informasi melalui Internet.

Setelah membaca berbagai success stories, artikel dan apapun yang berkaitan dengan bisnis online, saya kemudian memantapkan dalam hati…

“Akhirnya aku temukan jalan!“.

Saya memutuskan untuk terjun di dunia Internet Marketing dan mulai mengembangkan kreativitas saya yang terpendam. Minggu itu juga saya mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan kontraktor di Jakarta.

Internet inilah yang membuat saya berani keluar dari kondisi “aman” dan terjun di dunia ini. Saya pikir, jika mereka di luar sana bisa membangun bisnis di Internet dan menghasilkan uang darinya, maka tentu saya juga bisa! Saat itulah saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan mapan dan mulai menggeluti dunia Internet.

Padahal saat itupun saya belum bisa membuat email dan uang tinggal Rp 500.000!

Apakah anda langsung menghasilkan profit?

Tentu tidak, tapi pelan-pelan. Dalam bulan-bulan awal, penghasilan saya dari Internet hanya sekitar 25-50 ribu rupiah per hari. Buat saya tidak masalah karena uang itu bisa saya gunakan untuk biaya operasional merintis usaha di bidang ini.

Saya bahkan berani cerita ke orang lain, bahwa suatu saat saya akan memiliki uang melimpah dari Internet. Saya cerita ke teman-teman, dan mereka tertawa. Mereka menganggap saya gila. Saya cerita ke orang tua, mereka malah sedih. Mungkin beliau berpikir, “Apa yang sudah aku ajarkan ke anakku, sampai anak ini jadi keras kepala seperti ini?“

Mereka pasti sulit mengerti jalan pemikiran anda saat itu, bukan begitu?

Iya benar!

Apalagi saat teman-teman saya bertanya, cara apa yang akan saya lakukan untuk menghasilkan uang dari Internet? Lalu saya menjawab, “Menjual informasi!“.

GUBRAK!!… tidak ada sedikitpun reaksi dari mereka yang bisa memberi saya semangat. Kebanyakan dari mereka malah mencoba melemahkan semangat saya. Banyak yang kaget, ada yang diem aja, ada yang tertawa malah ada yang mengelus dada, menahan kesabaran dengan penuh rasa kasihan.

“Menjual informasi?“

“Apa kamu sudah pernah melihat kisah sukses orang yang jualan informasi?“

“Di Internet? Emangnya ada berapa orang di Indonesia yang bisa mengakses Internet?“ dan semua pertanyaan lain yang berasal dari keraguan.

Di tengah lingkungan yang skeptis seperti itu saya tetap berjalan. Saya berada dalam masa pencarian yang cukup panjang. Selama 10 bulan saya menekuni internet, saya terus mencari cara apa yang tepat, yang bisa saya terapkan untuk menghasilkan uang melalui Internet.

Sampai pada suatu saat saya menemukan satu metode sederhana yang mengubah kehidupan bisnis online saya secara drastis. Saya beri nama metode itu Sistem Mesin Uang Otomatis atau SMUO yang sekarang menjadi legenda di dunia bisnis online Indonesia.

Saya penasaran, bagaimana anda bisa begitu yakin Internet bisa mendatangkan uang?

Pertama, dari membaca kisah sukses dari mereka yang telah berhasil membangun bisnis di Internet. Saya membaca banyak sekali kisah sukses yang menggetarkan hati.

Contohnya, bagaimana seorang bekas sopir truk bisa memiliki bisnis di Internet dengan penghasilan puluhan ribu dollar setiap bulan. Bagaimana seorang remaja berumur 17 tahun berhasil memiliki kerajaan bisnis sendiri hanya dengan menggunakan Internet. Bagaimana dua orang remaja membangun bisnis online dari garasi, dan akhirnya dia sekarang memiliki bisnis mantap yang menghasilkan jutaan dollar per bulan.

Saya juga terkesima saat tahu seorang ibu rumah tangga, yang pada awalnya tanpa basic komputer dan internet sekalipun, mengelola bisnis hanya dari kamarnya dan sekarang menghasilkan income ratusan ribu dollar per bulan.

Semua terjadi di luar sana, tapi belum ada di Indonesia. Saya berpikir jika mereka bisa, tentu saya juga bisa.

Kedua, Internet itu sebenarnya adalah media komunikasi. Di dalam media komunikasi, kita bisa menyampaikan pesan pemasaran dan menjual produk kita. Sungguh, tidak peduli anda menggunakan media apa, selama kita bisa saling berkomunikasi, entah itu dengan media surat kabar, radio, televisi, atau bahkan Internet… anda bisa memanfaatkan media tersebut untuk melakukan bisnis.

Namun bedanya Internet dengan media lain adalah dia super murah, super cepat, dan super praktis. Sebagian besar kesulitan pemasaran yang biasanya dialami oleh pebisnis konvensional tidak akan ditemukan jika menggunakan media internet.

Ketiga, yaitu hukum kebutuhan. Jika kita bisa mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan sekelompok masyarakat, apa problem mereka, dan kita memberikan solusinya… maka kita tentu bisa menghasilkan uang. Dan media Internetlah yang membantu proses transaksi supply dan demand.

Sarana akses Internet apa yang anda gunakan saat memulai bisnis di Internet?

Pada awal saya memulai bisnis di Internet, saya hanya menggunakan warnet untuk untuk akses. Saya tinggal di Semarang, dan saat itu masih bujang. Saya sampai hapal warnet mana saja di Semarang yang bagus, mana yang cepat aksesnya, mana yang lelet. Saya juga hapal, di mana warnet yang pegawainya cantik-cantik. 🙂

Saya pernah gunakan Telkomnet (akses dari telepon rumah) namun sangat terbatas pemakaiannya mengingat biayanya yang cukup mahal. Saya hanya gunakan jika benar-benar mendesak.

Saya juga pernah bekerja sama dengan pihak warnet tertentu dengan cara membayar bulanan, saya diberikan ruangan khusus dan jam akses tak terbatas. Konsekuensinya, warnet itu menjadi kantor sekaligus tempat tidur saya.

Setelah teknologi koneksi Internet semakin maju, saya mulai menggunakan Handphone untuk akses internet dengan biaya Rp 250.000,- per bulan. Saat itu saya pakai CDMAnya Fren. Kalau sekarang anda sudah punya banyak pilihan, dengan harga yang lebih murah dan lebih cepat koneksinya. Keuntungan jenis koneksi ini adalah saya bisa sangat mobile dan murah.

Dengan koneksi jenis ini, saya bisa akses dari mana saja. Bahkan saat saya naik kereta api, saat menunggu istri di kampus, saya bisa bawa laptop dan akses Internet tanpa membuang waktu dengan percuma.

Apakah anda hanya menggunakan media Internet untuk mempromosikan website anda?

Ya, saya hanya menggunakan media Internet untuk mempromosikan bisnis-bisnis saya. Sama sekali tidak ada kegiatan promosi offline dalam bisnis ini.

Bagaimana cara anda berpromosi di Internet? Apakah dengan membayar jasa promosi atau yang lainnya?

Saya mempromosikan website 75% dengan cara gratis, tanpa keluar biaya sedikitpun. Salah satunya, saya menawarkan kerjasama bagi hasil, maksudnya saya persilakan para pembeli produk untuk mempromosikan produk saya ke orang lain dan sebagai imbalannya saya kasih 20-50% dari setiap penjualan yang mereka hasilkan.

Konsep ini dikenal sebagai viral marketing.

Dari konsep viral marketing ini, sekarang saya memiliki puluhan ribu distributor dan ribuan distributor yang benar-benar aktif memasarkan produk-produk saya.

Apakah sampai saat ini bisnis online anda tetap mendatangkan profit secara mantap?

Tidak juga. Penghasilan tiap bulan tentu saja mengalami kenaikan dan penurunan. Tapi secara garis besar, penghasilan semakin menggembirakan dari waktu ke waktu, sejak tahun 2001 hingga hari ini. Dari 10 juta per bulan di saat awal, hingga mencapai 200 juta profit rata-rata per bulan akhir-akhir ini.

Bagaimana anda mengelola bisnis anda di internet?

Pada awalnya seluruh tugas rutin saya jalankan sendiri. Misalnya menjawab email, melayani order, nerima telepon dan sebagainya. Tapi setelah bisnis berkembang menjadi besar, saya tidak sanggup lagi melakukan semuanya sendirian. Sejak tahun 2007 saya mulai melepas semua kegiatan rutin itu dan mulai mendelegasikannya kepada pegawai, sampai sekarang.

Saat ini yang saya lakukan adalah mencari ide baru, membangun aset baru, merancang konsepnya dan meminta orang lain untuk mengerjakannya untuk saya. Begitu seterusnya. Dengan begini saya bisa terus menambah penghasilan pasif setiap bulan.

Saya juga menggunakan waktu produktif untuk menjalin kerjasama dengan pemilik web lain. Misalnya dalam hal promosi, peluncuran produk, penulisan materi produk dan sebagainya.

Saya juga menyediakan waktu untuk mengikuti perkembangan informasi di internet (yang berkaitan dengan dunia bisnis saya) guna memperdalam pengetahuan saya di bidang ini. Internet itu bergerak cepat, teknologi baru datang hanya dalam hitungan hari. Saya tidak akan tahu trend apa yang terjadi hari ini jika saya tidak mencarinya.

Secara efektif, rata-rata saya menggunakan 3 jam waktu produktif per hari untuk mengurusi bisnis ini. Selebihnya untuk kegiatan suka-suka.

Bisakah anda beritahukan ke kami, berapa besar kantor anda, jumlah pengawainya, dan sebagainya?

Wah ini pertanyaan favorit saya.

Dari awal bisnis hingga bulan Juli 2007 saya bekerja seorang diri, dibantu dengan istri untuk mengelola bisnis ini. Saya tidak punya pegawai. Pekerjaan harian saya jalankan di sebuah ruangan tersendiri namun sepertinya jauh disebut sebagai kantor. Bahkan dulu saat tahun-tahun pertama, bisnis saya jalankan dari kamar tidur… hanya berjarak 1 meter dari tempat tidur.

Setelah saya rekrut satu pegawai untuk membantu, saya sediakan ruangan khusus (bekas ruang tamu) untuk menjalankan rutinitas bisnis, seperti menjawab email, menerima pembayaran, melakukan aktivasi keanggotaan dan sebagainya. Beberapa bulan berikutnya saya tambah satu lagi pegawai karena pekerjaan semakin banyak dan tidak teratasi.

Beberapa bulan berikutnya lagi, hal yang sama terjadi, pekerjaan tambah banyak, email semakin membanjir, telepon berdering berkali-kali dan sms datang bertubi-tubi. Akhirnya saya rekrut dua orang lagi untuk membantu saya.

Sekarang, saya memiliki 6 pegawai, 4 tetap, 2 freelance. Seperti yang saya sampaikan tadi… sebagian besar tugas rutin diselesaikan oleh para asisten terlatih. Istri saya pun saya bebaskan dari tugas. Dan kini saya memiliki kantor yang lebih memadai untuk menjalankan bisnis setiap hari.

Saat Anda memulai bisnis, berapa modal yang anda keluarkan?

Mungkin anda tidak percaya, saya membangun website pertama dengan modal hanya Rp 350.000,-. Tidak lebih. Uang tersebut untuk keperluan:

  • Rp 125.000 membeli domain
  • Rp 75.000 menyewa hosting untuk dua bulan pertama.
  • Rp 150.000 biaya sewa warnet untuk mencari bahan produk informasi.

Ya… untuk bahan informasi. Tahukah anda, apapun produk informasi yang ingin anda jual di Internet, anda selalu bisa mendapatkan sumber informasinya melalui Internet. Anda hanya perlu jeli dan mengetahui rahasianya. Mengenai hal ini anda akan temukan penjelasan lebih detail di SMUO.

Bulan-bulan berikutnya kebutuhan operasional saya tingkatkan untuk mendapatkan profit lebih tinggi lagi. Saya upgrade kapasitas hosting, saya beli berbagai software dan ebook untuk menunjang perkembangan bisnis tersebut.

Jika anda kunjungi website awal saya, anda akan temukan foto saya di samping laptop dan printer murah, beberapa alat sederhana seperti pulpen dan buku tulis. Di belakang ada rak berisi artikel-artikel yang saya print dari hasil download informasi di Internet. Laptop itu pun saya beli setelah punya cukup uang dari hasil Internet.

Sampai saat ini pun alat-alat itu masih saya pakai. Berat rasanya mengganti mereka dengan yang lebih canggih (walaupun saya mampu tinggal tunjuk) karena saya merasa ‘mereka telah membantu saya’ mencapai semua ini.

Bagaimana biaya operasional bulanan anda saat ini?

Saya ceritakan dalam beberapa tahap ya, ini agar tidak menakutkan bagi para pemula.

Tahap awal (setelah tahap merintis), sampai tahun 2006, setiap bulan saya menghabiskan Rp 100.000 untuk biaya hosting dan domain. Untuk akses Internet saya gunakan koneksi wireless StarOne dengan biaya Rp 250.000 per bulan, pemakaian akses tanpa batas. Dengan begini saya tidak perlu lagi hilir mudik ke warnet.

Saya belum ada pegawai, jadi saat itu tidak ada pengeluaran gaji. Dirata-rata, dalam sebulan saya mengeluarkan Rp 300 – 400 ribu. Saat itu profit bulanan saya 10 – 20 juta.

Tahun 2006 pertengahan, bisnis bertambah besar tapi saya masih single fighter. Biaya bulanan saya sekitar 1 juta karena saya sudah mulai banyak memiliki website. Saat itu profit bulanan saya 20 – 50 juta.

Dari akhir tahun 2007 – 2008, untuk biaya operasional bisnis di internet setiap bulan saya menghabiskan lebih banyak lagi. Rp 500.000 untuk biaya hosting dan domain. Untuk akses Internet saya gunakan koneksi Sarva (ISP lokal Semarang) dengan biaya Rp 500.000 per bulan, pemakaian akses tanpa batas. Dan kini saya dibantu beberapa asisten dalam menjalankan bisnis.

Jika digabung (termasuk gaji pegawai) biaya operasional bisnis saya sekitar Rp 5 juta per bulan. Profit bulanan sekitar 60 – 80 juta.

Dan untuk tahun ini, setelah pegawai ditambah, kapasitas hosting ditingkatkan, koneksi dipercepat dan peningkatan lainnya, biaya bulanan saya meningkat menjadi sekitar Rp 25 juta. Tapi asiknya, dari situ saya bisa menghasilkan 200 juta per bulan.

Wah, untuk profit yang sebesar itu, biaya operasional anda adalah yang terkecil yang pernah saya temukan!

Ya, memang benar… itulah indahnya internet!

Hanya di bisnis online inilah seseorang bisa menghasilkan profit puluhan juta per bulan hanya dengan pengeluaran total sepersepuluhnya! Tanpa resiko, tanpa birokrasi, dan lain-lain.

Yang ingin saya sampaikan kepada anda adalah, semua itu adalah proses. Mulailah bisnis dari kecil dulu. Tidak perlu langsung besar apalagi dengan modal yang terlalu besar. Nah, dengan internet kita bisa melakukannya.

Berbeda dengan bisnis offline, modal untuk sebuah bisnis konvensional yang tergolong sederhana pun anda membutuhkan paling tidak dana Rp 10 juta-an.

Tapi di internet, modal 10 juta bisa anda pakai untuk bikin bisnis online yang lumayan besar! Walaupun begitu, saya tidak sarankan anda gunakan modal sebesar itu. Ratusan ribu saja sudah cukup dan anda bisa perbesar lagi setelah nanti bisnis anda tumbuh.

Satu lagi, biaya yang paling mahal dalam bisnis ini sebenarnya bukanlah uang, melainkan tenaga, waktu dan pikiran untuk menemukan metode yang tepat dalam menjalankan bisnis di Internet.

Sebelum saya berhasil menemukan metode ini, saya telah mengalami masa-masa yang cukup berat. 10 bulan lamanya! Saya banyak melakukan pembelajaran, penelitian, percobaan dan kegagalan dalam mencari cara terbaik untuk memulai dan menjalankan bisnis di Internet.

Saat itu saya tidak punya pembimbing dan saya benar-benar mulai dari NOL dalam hal keuangan dan pengetahuan, hingga saya berhasil menemukan sebuah metode sederhana namun ampuh untuk membesarkan bisnis saya hingga saat ini.

Seluruh intisari keringat dan keberhasilan strategi saya, telah saya tulis dan beberkan dalam eBook Sistem Mesin Uang Otomatis.

Jadi, jika anda ingin memulai bisnis di Internet secara cepat, tanpa perlu mengalami trial and error seperti yang saya alami dulu, maka saya anjurkan anda memiliki Paket Panduan Sistem Mesin Uang Otomatis. Sungguh, panduan ini akan memberikan jalan pintas untuk anda, menghindarkan dari perasaan frustrasi karena pencarian yang berkepanjangan.

Apa saja hambatan yang anda lalui saat memulai bisnis di Internet?

Hambatan yang pertama adalah dari lingkungan sekitar. Seperti yang anda tahu, dunia Internet Marketing saat itu sangat baru di Indonesia. Sangat sedikit praktisi Internet di Indonesia dan setahu saya pada masa itu tidak ada satupun pengusaha Internet yang benar-benar berhasil. Jadi bisa dibilang tidak ada bukti nyata dari Indonesia yang bisa saya jadikan pembimbing dan pembangkit semangat.

Saat saya memulai konsep bisnis ini, saya banyak mendapatkan komentar dan pendapat negatif dari orang-orang terdekat. Bukan berarti bisnis online itu buruk, tapi lebih pada rasa pesimis mereka bahwa Internet bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis dan menghasilkan uang.

“Nasihat bijak“ dari teman, saudara, bahkan dari orang tua sendiri terus menerus datang bahkan pada saat saya dalam masa pencarian konsep bisnis yang tepat.

Hambatan kedua bagi saya waktu itu adalah saya bukan orang TI. Saya benar-benar buta bagaimana cara membangun website, merancang HTML, membuat email, menghasilkan pengunjung dan semua hal lain yang seakan terkesan rumit sekali. Tapi setelah saya jalani, sebenarnya semua kesulitan itu bukanlah hambatan besar seandainya saat itu saya memiliki pembimbing.

Percayalah… semua hal yang saya anggap sangat rumit saat itu, ternyata sangat mudah dan sederhana. Yang anda perlukan hanyalah kemauan untuk berusaha dan sebuah panduan yang terarah. Beruntunglah bagi anda yang saat ini tertarik dengan dunia bisnis online, karena FormulaBisnis.com bisa membimbing anda.

Hambatan ketiga dan yang terbesar adalah dari diri saya sendiri. Sama seperti jika kita membangun bisnis sendiri, entah itu bisnis online atau offline, kemampuan kita untuk memotivasi diri sangat mempengaruhi keberhasilan kita di dalam bisnis. Dan saya pikir inilah satu faktor di mana jika kita bisa mengatasi kesulitan dan pergulatan psikologi di pikiran dan jiwa kita… maka kita pasti bisa mengatasi masalah apapun yang ada di luar diri kita.

Bisnis manapun membutuhkan fokus, ketekunan, dan rasa pantang menyerah. Jika anda menemukan kesulitan di tengah jalan, anda akan sangat mudah menjadi down apalagi tanpa motivasi yang besar untuk sukses. Di bisnis online pun sama, seperti apapun bisnis yang anda jalankan, dia akan gagal jika anda tidak menerapkan tiga hal… fokus, ketekunan, dan pantang menyerah.

Apa yang paling membuat anda tertarik dengan bisnis dan pemasaran Internet?

Satu kata: kesederhanaannya!

Saya sangat yakin bisnis di Internet hanyalah permainan angka. Semua yang terjadi di Internet sangat sederhana. Yang perlu anda lakukan hanyalah lakukan tes dan ukur. Sekali lagi tes dan ukur.

Berbeda sekali dengan dunia bisnis offline.

Misalnya seperti ini, dari setiap iklan yang anda pasang di Internet, dalam beberapa hari anda sudah bisa mengukur berapa banyak orang yang mengklik website anda. Dari mana saja mereka datang, dan dalam jumlah berapa. Berapa orang yang mengklik halaman ini, halaman itu, mengklik halaman order dan akhirnya membeli produk anda. Semua data dan angka bisa anda dapatkan dalam hitungan hari.

Jika penjualan anda sedikit, maka anda bisa langsung melakukan sesuatu untuk meningkatkan rasio penjualan (Conversion Rate). Anda bisa mengubah cara penawaran di website, memperbaiki materi iklan, menambah bonus, memperbaiki garansi, mengubah letak navigasi link dan sebagainya.

Hasilnya optimasinya? Itu bisa anda lihat dalam beberapa hari. Lalu optimasi lagi, tes lagi, ukur lagi… begitu seterusnya.

Lain halnya jika anda menjalankan bisnis offline. Jika anda memasang iklan di baliho, spanduk atau iklan koran bagaimana anda mengukur efektifitasnya? Jika anda mendapat telepon, sampai order diterima, sama sekali tidak bisa terukur secara persis berapa jumlah hasil yang anda peroleh dari setiap iklan yang anda pasang.

Anda juga tidak bisa mengukur berapa orang yang membaca atau merespon iklan anda. Anda juga akan kesulitan menemukan iklan mana yang paling banyak memberi hasil dan mana yang tidak.

Jika bisnis offline anda mengalami kemunduran, sulit sekali mengetahui dimanakah letak kekurangannya. Di produknya kah? Di pemasarannya? Di kemasannya? Atau karena lokasinya? Harganya?

Anda sama sekali tidak tahu.

Satu-satunya cara bagi anda untuk mengetahui jawabannya adalah dengan melakukan survey dalam waktu yang cukup lama, disertai tenaga dan uang yang cukup besar.

Seluruh kesulitan yang biasanya anda temui saat menjalankan bisnis offline, tidak akan anda temukan di Internet. Atau paling tidak bisa diminimalisir. Anda selalu bisa melakukan TES lalu meng-UKUR hasilnya dan selanjutnya meng-OPTIMASI nya berdasarkan hasil tes anda. Relatif dalam waktu yang sangat cepat.

Itulah yang membuat saya jatuh cinta dengan bisnis online.

Lalu bagaimana langkah anda selanjutnya untuk mengembangkan bisnis?

Setelah merasakan aliran uang dalam bisnis saya, rasanya jadi jauh lebih bersemangat untuk mengembangkannya lebih besar lagi. Seiring dengan perjalanan FormulaBisnis, saya selalu melakukan perubahan pada cara saya melakukan penawaran ke orang lain. Jika anda mengikuti perkembangan bisnis saya sejak awal, anda akan melihat tampilan website FormulaBisnis berubah-ubah. Dan materi produk pun saya lengkapi dari waktu ke waktu.

Saya juga selalu melakukan tes dan ukur pada setiap akspek bisnis saya. Perlu anda tahu, aspek yang ada di bisnis online sebenarnya banyak. Dan setiap aspek itu bisa dites, diukur, dan dioptimasi untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Bisa anda jelaskan lebih lanjut mengenai formula Tes, Ukur dan Optimasi?

Prinsip dasar untuk sukes di bisnis online adalah TES, UKUR, lalu OPTIMASI! Saya kira itu juga sama dengan bisnis manapun, dengan model apapun. Jika anda tidak bisa menerima kenyataan bahwa untuk mengembangkan sebuah bisnis yang berhasil anda harus melakukan tes, ukur, dan optimasi… maka sebaiknya anda tidak usah berbisnis sama sekali.

Mengapa?

Karena bisnis yang anda lakukan tidak akan pernah berkembang. Anda hanya akan menghabiskan waktu, uang dan tenaga saja.

Tapi seperti yang saya bilang pada awal percakapan kita, yang paling saya suka dari bisnis online adalah semua aspek bisnisnya bisa dites dan diukur dengan cepat dan tepat. Walaupun anda akan mengerjakan banyak hal untuk melakukan tes serta mengukur hasilnya, tapi hasil yang akan anda terima akan sangat mengagumkan.

Internet memberikan kemudahan bagi anda untuk melakukan tes dan ukur.

Jika satu iklan promosi anda sekarang memberikan hasil yang kurang, lakukan optimasi. Caranya, rancang iklan baru, tes, dan jika setelah anda ukur hasilnya lebih bagus dari iklan yang lama, maka hapus iklan lama dan gunakan iklan baru.

Jika anda ingin lebih meningkatkan hasil iklan promosi, lakukan tes lagi dengan iklan baru lainnya. Jika iklan terbaru memberi hasil terbaik, gunakan yang terbaru! Buang iklan yang lama dan gunakan iklan yang terbaik. Terus menerus… berulang-ulang. Jika anda memiliki satu strategi promosi yang berhasil berjalan, tugas anda hanya perlu mengulang dan mengulang strategi yang sama tersebut. Selanjutnya, bisnis anda pasti akan sukses!

Semakin banyak anda melakukan tes, ukur dan optimasi, maka akan semakin pesatlah perkembangan bisnis anda! bisnis online hanyalah sebuah permainan… tapi permainan yang serius dan menyenangkan!

Percayalah, sesulit apapun anda menjalankan bisnis di Internet, tingkat kesulitannya tidak akan bisa mengalahkan bisnis konvensional.

Sebanyak apapun modal yang anda perlukan untuk memulai bisnis online, besarnya tidak akan mengalahkan biaya yang anda perlukan jika menjalankan bisnis konvensional.

Sekeras apapun usaha anda di bisnis online, perjuangannya tidak akan pernah seberat bisnis konvensional!

Silakan anda bandingkan dan pikirkan sendiri.

Apakah saya harus melakukan tugas seperti itu saat menjalankan bisnis online saya sendiri nanti?

Ya, tentu saja, tapi tidak perlu langsung begitu. Lakukan secara bertahap sesuai dengan tingkat kemampuan anda. Anda bisa gunakan cara saya:

Pertama, lakukan sesuai yang anda bisa. Siapkan bisnis anda, siapkan website anda dan mulai pasarkan. Seiring dengan jalannya waktu, lakukan tes dan ukur, setahap demi setahap. Anda akan belajar banyak hal dalam perjalanan itu. Yakinlah, anda tidak akan rugi mempelajari banyak hal baru untuk meningkatkan usaha pemasaran website anda.

Jika anda memiliki Panduan SMUO, anda bisa gunakan itu sebagai pedoman. Langkah demi langkah yang anda lakukan nanti saat memulai bisnis akan terfokus untuk membangun dan mengembangkan bisnis anda.

Semakin lama anda berjalan bersama bisnis anda, maka akan semakin berkembang pengetahuan dan kemajuan bisnis anda.

Bagaimana dengan mereka yang sama sekali baru di Internet dan ingin mengikuti jejak anda?

Tidak masalah jika saat ini anda baru bisa mengoperasikan komputer dan Internet. Itu sama persis keadaannya dengan saya masa itu. Tapi bedanya, sekarang anda bisa memiliki pembimbing yang akan memandu anda memulai dan menjalankan bisnis di Internet. Sistem Mesin Uang Otomatis akan membantu anda.

Jika anda ingin mengambil langkah pertama, silakan miliki paket informasi Sistem Mesin Uang Otomatis yang terdapat di FormulaBisnis.com. Dapatkan panduan bisnis online dari saya lalu baca seluruh panduan dengan seksama. Setelah anda selesai membaca panduan SMUO, dapatkan gambaran secara menyeluruh tentang konsep bisnis yang saya tawarkan. Lalu, anda bisa mengambil langkah kedua dengan mengikuti setiap instruksi yang saya paparkan dari awal hingga akhir.

Percayalah, semakin anda terlibat dengan bisnis ini, anda akan menyadari betapa banyak ilmu dan pelajaran berharga yang bisa anda dapatkan. Pikiran anda akan lebih terbuka, dan hasil akhirnya, anda menjadi lebih siap untuk membangun bisnis apapun melalui Internet.

Bisakah anda sampaikan ke saya, kesalahan apa yang paling sering dilakukan oleh mereka yang sedang mencari peluang bisnis di Internet?

Pernahkah anda, asyik surfing di Internet, mengunjungi banyak website, membaca artikel, melihat iklan, menemukan produk baru dijual, dan masih banyak lagi?

Ketika anda melakukan riset semacam itu, sesuatu terjadi. Anda menemukan sebuah informasi yang membuat anda berguman, “Wah saya bisa menghasilkan uang dari sini!“

Segera setelah anda menemukan informasi itu, anda cepat-cepat buka buku catatan, anda buat konsep, ide dan detail bisnis baru yang anda yakin… yang ini pasti membawa hasil. Anda terkesima selama beberapa hari, mengagumi diri anda sendiri karena berhasil menemukan ide baru untuk menghasilkan uang melalui Internet. Anda mulai menghitung-hitung berapa nanti uang yang akan anda hasilkan dan untuk apa anda membelanjakannya.

Lalu hal berikutnya terjadi…

Anda iseng surfing Internet lagi. Anda menemukan ide bisnis penghasil uang lainnya saat anda sedang asik berselancar di Internet. Lalu yang lainnya lagi… lainnya lagi… dan seterusnya.

Akhirnya, yang sebenarnya terjadi adalah anda tidak pernah menyelesaikan apa yang baru anda mulai. Anda meloncat ke sana ke mari. Anda tidak pernah benar-benar membuat ide-ide bisnis anda yang cemerlang itu berkembang dan dipasarkan. Hasilnya… NOTHING!

Hasil akhirnya? Anda pusing, lelah dan merasa tidak menghasilkan apa-apa. Waktu telah banyak terbuang, otak anda semakin dijejali oleh informasi, ide ini dan itu, dan rencana yang tak kunjung sempurna.

Inilah salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab kegagalan pebisnis oline. Mereka selalu mencari informasi baru, ide baru, tanpa pernah menyelesaikan pekerjaannya. Saya menyebutnya: Information Overload!

Kebenaran sesungguhnya adalah, anda akan menghasilkan uang jauh lebih banyak jika mengerjakan dengan sungguh-sungguh SATU ide bisnis saja dari pada mengerjakan 10 ide bisnis anda secara bersamaan. Tulis pernyataan itu. Ini bernilai jutaan rupiah jika anda benar-benar menerapkannya dalam tindakan.

Jika anda hanya mengambil satu ide bisnis saja (walaupun itu sederhana) dan secara penuh mengembangkannya, anda pasti akan memiliki sebuah BISNIS KOKOH di tangan anda, bukan hanya sekedar penghasil uang. Dengan sebuah bisnis nyata anda bisa dan harus secara kontinu berinvestasi ulang ke dalamnya dan kemudian melipatgandakan profit anda.

Apapun yang anda lakukan secara online harus bertujuan untuk membangun bisnis. Bukan mencari bisnis baru! Lakukan tes, ukur, dan optimasi seluruh aspek bisnis anda, terus menerus.

Anda harus menggunakan waktu anda sebaik mungkin untuk mengembangkan sesuatu di dalam bisnis anda, setiap hari. Seperti bagaimana mendapatkan lebih banyak pembeli, membuat lebih banyak kerja sama, melakukan tes beberapa tempat baru untuk promosi, menambah materi produk dan sebagainya.

Jika anda tidak berhasil melipatgandakan penjualan bulan berikutnya, berarti ada yang salah dengan bisnis anda. Lakukan tes lagi dan ukur lagi. Mencari uang di Internet itu MUDAH jika anda mengikuti filosofi sederhana tentang PENINGKATAN BERTAHAP (merupakan salah satu prinsip bisnis pavorit saya).

Setiap minggu anda harus berusaha membuat bisnis anda lebih baik dan menghasilkan lebih banyak. Terus menerus.

Tapi anda tidak akan bisa mewujudkannya jika setiap hari anda selalu cenderung mencari ide bisnis baru. Anda harus menghentikannya sekarang juga dan perhatikan dengan serius bisnis yang saat ini sedang anda jalankan, selanjutnya lihatlah apa yang akan terjadi.

Prinsip atau filosofi apa yang anda pegang teguh saat memulai bisnis online?

Pertama, sebelum memulai bisnis, pastikan bahwa produk atau program yang anda miliki/ikuti benar-benar membawa manfaat. Setiap rupiah yang mereka keluarkan untuk anda harus sepadan dengan manfaat yang akan mereka terima. Dengan begitu anda bisa jalankan bisnis ini dengan sepenuh hati tanpa perasaan bersalah.

Kedua, saat memulai bisnis gunakan panduan yang telah terbukti berhasil. Panduan itu akan menjadi pembimbing ampuh untuk menghindarkan anda dari banyaknya kesalahan di tengah jalan nanti. Selain itu, anda akan diberikan langkah-langkah strategis yang bisa mempercepat laju kesuksesan anda dalam berbisnis.

Ketiga, tanamkan dalam benak anda, bahwa bisnis online hanyalah sebuah permainan angka. Gunakan formula TES, UKUR, dan OPTIMASI untuk membuat bisnis anda cepat meledak. Tes strategi baru, ukur hasilnya, dan optimasi sesuai hasil. Ulang terus menerus sampai anda menemukan strategi yang paling ampuh untuk bisnis anda.

Keempat, miliki hasrat yang menyala dalam diri anda untuk sukses. Karena ini akan menjadi motivasi terbesar anda dalam berjuang. Walaupun bisnis ini anda jalankan di sela-sela pekerjaan utama, lakukan dengan fokus. Jalankan dengan ketekunan, sekecil apapun langkahnya. Dan yang terpenting, saat anda menemui kendala-kendala di tengah perjalanan menuju sukses, jangan gampang menyerah.

Saya melihat banyak orang yang ingin memulai bisnis di Internet namun mengurungkan niatnya karena perasaan tidak mampu. Bisa anda jelaskan mengenai hal ini?

Ya, itu karena di dalam pikiran mereka masih tertanam pemahaman yang keliru mengenai Internet. Mereka masih mempercayai mitos-mitos menyesatkan tentang Internet. Karena pemahaman tersebutlah, akibatnya mereka tidak berani melirik Internet sebagai lahan baru untuk membangun bisnis.

Apa saja mitos menyesatkan yang anda maksud?

Berikut 5 Mitos Menyesatkan itu dan fakta sebenarnya:

Mitos Internet #1: Saya Harus Menjadi atau Menyewa Webmaster Agar Bisa Menjalankan Bisnis di Internet.

Anggapan ini sangat menyesatkan, yang membuat sebagian besar orang tidak berani melirik bisnis di Internet.

FAKTA: Saya, seorang lulusan Arsitektur tanpa pengetahuan Teknologi Informasi sekalipun, bisa membangun bisnis di Internet dengan sukses.

Mitos Internet #2: Saya Harus Punya Uang Banyak Untuk Menjalankan Bisnis di Internet.

Tidak, itu salah! Walaupun anda membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis di Internet, jumlah yang anda perlukan tidak sebesar bisnis di luar sana.

FAKTA: Saya memulai bisnis online hanya dengan modal Rp 350.000,-tidak lebih! Saya kembangkan uang itu, dari waktu ke waktu hingga menghasilkan milyaran rupiah sampai hari ini. Bisnis apa yang bisa anda lakukan di dunia offline hanya dengan modal Rp 350.000,- dan menghasilkan 10000 kali lipat dalam waktu 5 tahun?

Mitos Internet #3: Saya Harus Memiliki Daftar Nama yang Panjang Agar Bisa Sukses.

Saya koreksi, anda memang harus membangun relasi agar bisa sukses di dalam bisnis, karena di situlah letak uang berada. Tapi relasi bisa anda bangun sambil anda menjalankan bisnis ini.

FAKTA: Saya memulai bisnis dengan memperkenalkan produk saya ke sedikit relasi, hanya 54 data kontak, dan bersamaan dengan berkembangnya bisnis… saat ini saya memiliki lebih dari 350.000 daftar kontak relasi yang bersedia menerima informasi bisnis apa saja dari saya.

Mitos Internet #4: Saya Harus Memiliki Produk Sendiri.

Salah. Anda memang butuh produk untuk memulai bisnis, tapi itu tidak harus produk yang anda ciptakan sendiri.

FAKTA: Banyak orang, termasuk saya, menghasilkan income tambahan hanya dengan menjual produk ciptaan orang lain dan 100% profit jadi milik saya. Anda akan tahu bagaimana caranya.

Mitos Internet #5: Memulai dan Membangun Bisnis di Internet Itu Membingungkan.

Ya, membangun bisnis akan sangat membingungkan jika anda membuatnya jadi rumit. Terlalu banyak informasi di Internet justru akan membuat anda pusing. Cukup putuskan satu sumber informasi, jadikan pemandu, fokus, maka anda akan jauh lebih cepat menuju sukses.

FAKTA: Bisnis di Internet tidak sulit. Yang penting anda memiliki rencana yang jelas dan panduan bermutu yang akan menuntun anda. Di FormulaBisnis.com anda akan menemukan panduan langkah demi langkah untuk membuat bisnis anda sukses.

Jika anda ingin memulai bisnis di Internet, maka anda harus benar-benar memulai dengan pemikiran yang benar. Hilangkan 6 keyakinan keliru tersebut dan tanamkan keyakinan positif terhadap bidang bisnis yang akan anda geluti.

Menurut anda, apa yang menyebabkan banyak orang terjebak dalam pencarian program-program kaya mendadak tanpa kerja keras?

Tidak ada makan siang gratis!

Saya prihatin dengan mental kebanyakan orang Indonesia yang selalu mengharapkan kekayaan dengan cepat. Mereka mengikuti program-program di Internet yang menjanjikan penghasilan sekian juta rupiah dalam sebulan, tanpa melakukan kerja apapun.

Contohnya seperti arisan berantai, money game, kasino online dan sejenisnya. Tapi akhirnya yang mereka dapat adalah perasaan menjadi korban penipuan, biasanya disertai rasa putus asa, marah, dan frustrasi.

Karena hal itu, mereka mengira bisnis di Internet hanyalah bohong belaka.

Mereka tidak sadar, atau bahkan sebenarnya mereka sadar tapi tidak mau menyadarinya… bahwa untuk sukses di bidang bisnis apapun mereka perlu ACTION. Dan action saja pun tidak cukup! Mereka perlu bisnis yang masuk akal, mereka perlu strategi yang teruji berhasil dan sebagainya.

Memang, seperti yang tadi saya bilang, Internet bisa membuat bisnis anda jadi jauh lebih cepat berkembang dan jauh lebih cepat mendatangkan hasil. Namun untuk membuat semua itu terjadi, anda memerlukan strategi, tindakan dan penanganan yang tepat.

Apakah tantangan terbesar yang anda hadapi saat menawarkan konsep anda ke orang lain?

Tantangan yang saya hadapi sat menawarkan konsep bisnis ini adalah ada rasa skeptis dan curiga dari beberapa pihak. Alasan mereka macam-macam, antara lain: mereka mengira ini sebagai penipuan, mustahil saya bisa menghasilkan uang sebanyak itu dengan kerja yang relatif sangat ringan. Ada juga yang bilang ini too good to be true. Terlalu muluk-muluk. Ada yang bilang ini bisnis haram hanya karena saya tidak menjual produk nyata dan sebagainya.

Semua rasa skeptis itu saya terima dengan lapang dada. Yang pasti, saya tidak menawarkan program cepat kaya, walaupun saya membuktikan konsep ini bisa menghasilkan uang melimpah bagi saya dalam waktu yang relatif singkat. Saya tidak menutupi fakta bahwa untuk bisa sukses di bisnis ini ada syarat yang harus dilakukan, anda memerlukan fokus, ketekunan dan rasa pantang menyerah.

Saya tidak menjamin setiap orang yang membeli produk-produk informasi saya otomatis akan jadi kaya begitu saja. Bukan begitu caranya. Semua ada prosesnya. Anda harus melakukan instruksi seperti yang saya berikan, anda harus fokus, anda harus tekun, dan jangan terlalu cepat menyerah. Tapi yang menarik adalah, seluruh instruksi yang nanti anda ikuti merupakan strategi-strategi terbaik yang telah saya tes, ukur dan optimasi hasilnya. Anda benar-benar menggunakan jalan pintar yang kami tawarkan.

Saya gambarkan begini, jika dengan konsep bisnis sesederhana ini saja anda masih gagal, maka anda akan gagal di konsep bisnis lainnya. Apalagi di bisnis konvensional.

Mengapa? Karena saya tahu, konsep bisnis yang saya tawarkan termasuk yang paling sederhana dari sebagian besar konsep bisnis yang ada di luar sana.

Bagaimana menjalankan bisnis online bisa mempengaruhi hidup anda?

Jika anda memiliki bisnis yang berjalan sesuai dengan harapan, bisnis anda sukses dan memberi hasil tanpa batas, dan anda tidak terjebak di dalamnya, pasti hidup anda lebih nyaman dan bahagia.

Kebanyakan orang terjebak dalam perangkap uang/waktu. Artinya untuk mendapatkan uang lebih banyak, mereka harus mengorbankan waktunya. Dan sebaliknya, jika mereka menginginkan waktu lebih banyak, maka mereka harus rela jika penghasilannya berkurang.

Tapi ini tidak saya alami. Waktu luang saya tetap tersedia, tidak peduli seberapa besar penghasilan yang diterima. Dengan bisnis online, memungkinkan saya untuk mengotomatiskan jalannya bisnis tanpa memerlukan kehadiran saya di tengahnya. Saya tidak perlu menunggu 24 jam sehari di depan komputer, menunggu pengunjung membeli seperti layaknya saya menunggui toko.

Saya bisa dapatkan ribuan pengunjung per hari tanpa perlu melakukan promosi. Saya bisa mendapatkan order tanpa perlu menunggui website sepanjang hari. Saya bisa meng-follow up puluhan ribu prospek/data kontak setiap hari, secara otomatis, tanpa menyentuh komputer sedikitpun. Semua telah saya siapkan untuk berjalan secara otomatis. Itulah intisari SMUO.

Dengan waktu dan uang yang lebih banyak, saya bisa lakukan lebih banyak hal. Saya bisa bantu sebanyak mungkin orang, bisa bergaul dengan keluarga selama dan sesering yang saya inginkan. Bisa memberikan kepada mereka apa yang mereka inginkan, dan saya bisa melakukan hal-hal yang jarang bisa dilakukan oleh para pekerja seusia saya.

Saya bisa santai nonton TV di hari senin jam 9 pagi atau jam 2 siang. Saya bisa tamasya bersama keluarga di saat orang lain sedang terkurung di kantornya. Dan yang lebih penting lagi, saya bisa bantu orang lain di mana dulu saya hanya mampu merasa kasihan terhadap mereka tanpa bisa berbuat apa-apa.

Banyak sekali hal menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orang merdeka (dan kaya)!

Pak Joko, bisa anda jelaskan mengapa kami perlu memiliki panduan jika ingin memulai bisnis di Internet?

Ya, begini…

Internet itu adalah hal baru, apa saja yang akan anda terima kemungkinan besar baru anda dengar saat itu. Anda belum memiliki pengalaman dengan informasi tertentu atau bisnis tertentu di Internet yang akhirnya benar-benar bisa memberikan keuntungan untuk anda. Maka dari itu anda memerlukan panduan yang akan memimbing anda.

Tanpa panduan bisnis online, anda akan “tersesat”, anda tidak tahu harus bagaimana memulai dan membangun bisnis online sehingga menguntungkan. Tanpa panduan yang benar, anda akan banyak menghabiskan uang, waktu, tenaga dan pikiran untuk mencari strategi apa yang bisa menghasilkan profit untuk anda. Dijamin anda akan jauh lebih banyak mengalami Trial and Error, dan itu tidak bagus untuk jaman yang serba cepat perubahannya seperti sekarang ini.

Jika anda ingin mendapatkan manfaat besar dari Internet dan membawa diri anda ke level ekonomi dan pengetahuan yang lebih tinggi, jika anda bosan dan capek seperti saya terhadap banyaknya —program dan peluang bisnis sampah“ yang ada di luar sana, maka saya anjurkan anda memiliki mendapatkan panduan SMUO.

Pak Joko, sekarang banyak sekali penawaran bisnis online. Bagaimana kami bisa menentukan mana yang terbaik?

Sebelum anda menentukan panduan bisnis online mana yang ingin anda beli, pastikan anda mengetahui beberapa kriteria website penyedia panduan tersebut, antara lain:

  • Keterbukaan: Apakah pemilik website tidak menyembunyikan identitasnya di balik website? Artinya, apakah dia berani menampilkan siapa dia sebenarnya, fotonya, alamatnya, nomor teleponnya atau hal lain yang menunjukkan bahwa dia tidak menyembunyikan identitasnya.
  • Pengalaman: Berapa lama dia online? Berapa banyak hal yang sudah dia lalui dalam proses mencapai posisinya saat ini? Cukup berkompetenkah dia untuk menjadi pemandu anda?
  • Layanan: Apakah dia memiliki sistem pelayanan konsumen yang baik? Apakah mereka bisa dihubungi melalui media apa saja? Email, telepon, SMS, chatting, atau pertemuan langsung. Yang ini saja bisa menjadi tolok ukur keseriusan mereka berbisnis.
  • Reputasi: Apakah dia dikenal dan mempunyai reputasi bagus di dunia Internet Marketing. Dan artikel apa saja yang sudah dia tulis dan tersebar di Internet. Bagaimana pendapat orang-orang tentang artikel-artikel maupun produknya?
  • Komunitas: Apakah dia punya blog atau forum yang cukup berhasil? Apakah dia memiliki komunitas yang membimbing para member maupun non member? Ini sangat penting untuk mengetahui keseriusan dia membantu para pembeli.
  • Rekomendasi: Seberapa banyak orang yang merekomendasikan website/produk dia di Internet. Jika anda menemukan banyak orang yang merekomendasikan produk orang tersebut, bisa jadi produk itu memang bagus.
  • Prestasi: Apakah prestasinya bisa dibuktikan secara nyata? Apakah dia benar-benar mengalami keberhasilan dengan mengikuti panduan yang dia tulis sendiri? Apakah dia berani menampilkan bukti penghasilannya sebagai tolok ukur keberhasilannya.

Jika anda sudah menemukan sumber informasi yang memenuhi kriteria tersebut di atas, maka anda bisa memesan produk informasi yang ditawarkan dengan penuh percaya diri. Anda bisa benar-benar mempercayai nara sumbernya sebagai contoh yang bisa anda ikuti kesuksesannya.

Tapi jika anda menemukan orang yang menjual informasi tidak memiliki beberapa kriteria tersebut, maka anda harus berhati-hati. Indikasi SCAM atau penipuan sudah tercium.

Apa yang ingin anda sampaikan ke pembaca yang ingin memulai bisnis di Internet?

Ada tiga hal penting yang ingin saya sampaikan kepada anda yang ingin atau berpikir untuk memulai bisnis di Internet:

Pertama, walaupun keberadaan Internet merupakan sebuah fenomena yang sampai saat ini masih mencengangkan, namun jangan mengharapkan kekayaan dengan cepat melalui bisnis online. Pada dasarnya prinsip bisnis di Internet adalah sama dengan bisnis lainnya… dia membutuhkan proses. Hanya dengan fokus, ketekunan, dan rasa pantang menyerah, bisnis online anda akan sukses.

Kedua, walaupun bisnis di Internet membutuhkan komitmen sama seperti jika anda berbisnis lainnya, namun kemudahan yang diberikan oleh Internet sangat luar biasa. Manfaatkan kemudahan dan kelebihan Internet untuk membangun bisnis anda secara lebih mantap dan cepat. eBook SMUO yang saya tawarkan di FormulaBisnis.com bisa menunjukkan kepada anda kemudahan apa saja yang bisa dimanfaatkan dari Internet untuk membangun kerajaan bisnis secara kokoh dan relatif lebih cepat.

Ketiga, jangan terjebak pada luapan informasi di Internet. Seperti yang saya jelaskan tadi, Internet adalah gudangnya informasi. Banyak sekali informasi menarik yang bisa anda temukan di sana. Anda bisa dengan mudah menemukan ide A dan kemudian ide B, dalam hari yang sama. Anda bisa saja dengan mudah beralih dari rencana bisnis yang satu ke rencana bisnis yang lainnya.

Tetapkan satu panduan dan buatlah itu menjadi pembimbing sampai anda memerlukan panduan yang lebih dalam lagi.

Ingat tidak? Saya baru saja menjelaskan bahayanya dari beralih dari satu ide ke ide lain tanpa sempat mengerjakan ide lama anda atau bahkan menyelesaikannya. Solusinya… fokus!

Pak Joko, kita sudah bicara banyak sampai saat ini. Bisa anda jelaskan ke kami apa manfaat pengalaman anda untuk kami?

Saya menceritakan pengalaman saya sendiri dalam merintis usaha dan membangunnya agar anda juga tahu bahwa keadaan saya waktu itu mungkin sama dengan keadaan anda saat ini. Kesulitan saya waktu itu mungkin sama dengan kesulitan anda saat ini.

Saya ingin anda menyadari bahwa jika saya bisa memulai dan membangun bisnis di Internet, tentu saja anda akan jauh lebih bisa. Saat itu saya menjalani bisnis ini tanpa bimbingan dari siapapun di dekat saya. Tapi sekarang, jika anda mau mengambil kesempatan yang saya tawarkan, maka anda bisa mencoba membangun bisnis di sini dan saya siap membantu anda.

Stop dreaming, start action!

Demikian Rekan Pembaca, silakan anda resapi informasi yang baru saja anda terima ini. Jadikan ini sebagai dasar pijakan untuk langkah pertama anda memasuki dunia baru, dunia bisnis online.

Sampai jumpa, selamat menempuh “hidup baru“!

 

Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.