🔴 Apa Warna Pilihan dalam Situs Web Bisnis Online Anda?

Warna Pilihan dalam Situs Web

Sebelumnya, mari kita ucapkan syukur mendalam atas kemerdekaan yang sudah 64 tahun kita rayakan. Semoga kemerdekaan ini bisa terus kita isi dengan ACTION-ACTION positif yang berguna untuk banyak orang.

Kemarin Pak Stieven bertanya lewat email,” kenapa situs web Formula Bisnis menggunakan warna biru pada pada beberapa bagiannya?”

Bukan tanpa alasan saya memilihnya. Meskipun saat peluncurannya sekitar 8 tahun lalu, saya cenderung asal saja karena belum banyak mengetahui fungsi warna untuk bisnis. Namun seiring saya mendalami bisnis online secara khusus serta marketing secara umum, makin sadar saya bahwa pilihan warna dalam bisnis bukan asal-asalan. Namun, ada makna dan fungsi, yang terkandung dari warna pilihan tersebut.

Dalam bisnis non-internet atau bisnis online, pemilihan warna juga punya peran. Warna-warna memiliki peran dalam menciptakan suasana pembelian, pemerkuat image produk, serta peningkatan citra bisnis anda.

Coba perhatikan misal hampir semua bisnis makanan seperti KFC, MC Donald, Pizza hut, boleh dikata semuanya menggunakan warna merah. Mengapa demikian? Konon, warna merah itu menambah nafsu makan. Sehingga para pebisnis banyak menggunakan warna merah dalam bisnis makanan.

Saya pun yakin, setiap orang punya warna kesukaan masing-masing. Itu menunjukkan bahwa ada hubungan antara warna dengan manusia. Seperti halnya mungkin ketika kita memilih warna busana seperti disampaikan Mbak Sari. Kekuatan warna bisa mempengaruhi sisi emosional kita.

Yang kita bahas kali ini adalah soal warna khususnya untuk bisnis online dan non-internet. Berikut ini saya ketengahkan warna-warna dalam bisnis.

  • Merah: Bisa berarti berani dan semangat yang berkobar-kobar. Singkatnya secara umum berhubungan dengan perasaan yang meledak-ledak. Warna merah mudah menarik perhatian dan meningkatkan nafsu. Karena itu seperti saya katakan tadi, bisnis makanan banyak menggunakan warna dominan merah karena ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pembeli.
    Atau kalau untuk teks, warna merah pasti akan lebih menarik perhatian dibanding warna lain. Namun jika untuk background dengan teks hitam, akan membuat mata cepat lelah.
  • Putih: warna suci dan bersih. Warna yang sangat bisa dipadukan dengan warna apapun. Warna putih di situs web banyak dipakai sebagai warna background teks hitam. Sebab pengunjung akan lebih mudah untuk membacanya.
  • Hitam: Menunjukkan hal yang tegas, elegan, dan eksklusif. Juga bisa mengandung makna rahasia. Seperti ketika saya memilih warna dominan hitam pada Rahasia Blogging.  warna  tersebut sangat mendukung kata “rahasia” yang ingin saya tekankan.
    Kalau untuk warna mobil, biasanya mobil berwarna hitam lebih mahal daripada mobil berwarna lain.
  • Hijau: adalah warna alam. Banyak produk yang menekankan kealamian produk menggunakan warna ini sebagai pilihan. Untuk perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan eksplorasi alam, warna hijau banyak dipakai untuk menegaskan bahwa perusahannya berwawasan lingkungan. Warna ini termasuk yang sedang ngetren dan akan banyak dipakai khususnya dengan kampanye yang berhubungan dengan lingkungan. Kemasan deterjen juga tidak sedikit yang menggunakan warna hijau.
  • Biru: adalah warna yang bermakna tenang dan terpercaya. Warna ini sangat baik untuk menumbuhkan loyalitas konsumen. Bank-bank banyak menggunakan warna biru sebagai warna dominannya.
  • Kuning: adalah warna yang hangat. Cukup menarik perhatian dan sangat baik jika dijadikan background untuk teks hitam karena akan lebih mencolok terlihat.

Meski demikian, arti warna bisa bergantung juga dengan bidang tertentu, budaya, agama, dan adat setempat. Warna kuning bisa berasosiasi dengan partai politik tertentu kalau dalam politik; sementara kalau dalam kehidupan sehari-hari, bendera kuning yang dipasang di rumah seseorang, itu pertanda tengah terjadi peristiwa berkabung. Sementara bank syariah hampir pasti selalu dihiasi dengan warna hijau yang berasosiasi dengan agama tertentu.

Bagaimana pendapat anda?

382 Comments. Leave new

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel tentang Apa Warna Pilihan dalam Situs Web Bisnis Online Anda? sangat bagus, kebetulan sekali saat ini saya sedang membuat toko online, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

salam kenal gan ijin promo

waduch kalau ditanya warna apa bingung, soalnya ada semua

Warna akan terlihat bagus jika serasi dengan konten, apapun warnanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.