🔴 Bagaimana Berjualan Online yang Laris

berjualan online yang laris

Ada pertanyaan menarik di sini mengenai bagaimana cara berjualan online yang laris. Pertanyaan dari Alisa Art Shop begini:

selamat malam pa joko…bagus bgt artikelnya..sangat berhubungan dengan bisnis online saya…saya mau sedkit minta pencerahannya nih…

saya mulai membangun website toko online saya sekitar 1 bulan ke belakang dan alhamdulillah traffic ke website saya sudah sekitar 3000 lebih, produk yang saya jual sudah jelas, saya sudah mencoba promosi ke berbagai saluran yang saya anggap tepat seprti di forum ataupun sosial networking seperti facebook, namun yang saya bingung, kenapa sedikit sekali terjadi konversi?

mohon pencerahannya dari mas joko mengenai permasalahan saya ini. just for note, saya 200% serius menekuni bisnis online ini dan saya yakin berhasil..namun keyakinan belum cukup tanpa ditopang oleh strategi yang tepat…

Menyimak pertanyaan di atas bagaimana agar toko online yang dimiliki bisa menyedot banyak penjualan, begini caranya.

Bagi toko online yang baru, persoalan penjualan merupakan tantangan tersendiri. Ya kurang lebih sama seperti ketika kita buka sebuah toko, pasti tak langsung ramai. Kecuali, mau menggenjot baik lewat soft launch dan hard launch serta program pemasaran lainnya yang dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Meski demikian, tak perlu berkecil hati. Selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha.

  1. Membangun kepercayaan. Inilah hal paling penting pertama untuk berjualan online yang laris. Kepercayaan konsumen merupakan syarat mutlak untuk membangun bisnis online yang sukses. (Silahkan baca artikel Kepercayaan: Modal Utama Anda Sukses di Bisnis Internet) Pengunjung yang pertama kali datang mungkin di benaknya masih terpikir, “ini benar jualan tidak? atau jangan-jangan…”
    Sebab web anda bukan Amazon atau web-web besar lainnya yang orang akan langsung percaya untuk membeli produk yang dipajang, maka anda harus pelan-pelan membangun kepercayaan konsumen tersebut. Tunjukkan bahwa anda mudah dihubungi baik dengan mencantumkan alamat, nomer handphone, dan jalur komunikasi lainnya. Ini paling tidak akan mudah menambah rasa percaya orang pada penjualan yang anda lakukan.
  2. Kumpulkan kontak prospek. Ini sangat penting agar anda bisa hubungi mereka kembali kapanpun. Tempatkan form email agar pengunjung bisa mudah menjadi subscriber anda. Dan tak hanya itu, terus upayakan agar semakin banyak yang mau menjadi subscriber anda dengan senang hati.
  3. Buat kesan pertama. Buat pengunjung terkesan ketika pertama kali berkunjung ke web anda. Karena itu penting memiliki web yang bisa membuat membuat pengunjung tertarik. Terutama pada landing page anda. Kesan tersebut selain dibangun dari desain web dan copywriting, juga dari penawaran yang anda berikan. Di formulabisnis, saya rangkum itu dalam langkah pertama untuk menarik attention dalam rumusan AIDA+C.
  4. Promosi. Kalau untuk jenis promosi di internet, pengunjung blog jokosusilo.com ini pastilah sudah tahu banyak cara untuk berpromosi. Intinya ada dua, yaitu promosi berbayar dan tidak berbayar. Nah, pantau terus aktivitas promosi tersebut untuk mendatangkan high quality prospect pada web anda.
  5. Periksa kembali proses penjualan bisnis online. Seperti pernah saya posting setahun lalu di sini, anda perlu mengevaluasi bagaimana proses penjualan yang terjadi di web anda. Bila perlu, sangat baik untuk melakukan split test halaman penawaran pada web anda.

Coba ACTION-kan lima saran di atas agar penjualan online anda meningkat. Dan mungkin ada yang menambahkan untuk persoalan cara berjualan yang laris seperti yang dialami di atas?

Related Posts

175 Comments. Leave new

Udah dilakukan semua itu, mulai dari awal belum punya toko online, dapat recommended seller Kaskus, terus merambah ke toko online
Sekarang persaingan sangat ketat, tapi tetap ada jalan

Artikelnya bagus tp pnerapanta susah. Say sdah bergelut di dunia toko online bertahun2 tp penjualanya sangat minim sekali

modal dasar kepercayaan — selebihnya mengikuti — bahkan uang juga akan mengekor kepada orang yang terpercaya

Kepercayaan dari zaman purba sampai sekarang tetap manjur untuk berhubungan dengan orang lain, bukan hanya jual beli, transaksi online, jual baraang, dsb. kepercayaan menjadi nomor wahid di setiap lini kehidupan. baik dari segi agama (keyakinan), persahabatan, bermasyarakat, berdagang, dsb. 🙂

Artikel yang bermanfaat 🙂
Salam kenal mas……..

Nambah satu lg yg tidak kalah pentingnya. Lakukan dengan baik dan bertahap dengan tekun dan sabar

Ada pengaruh besar tidak ya, antara toko online menggunakan blog gratisan dengan menggunakan website berbayar….

tentu ada pengaruhnya mas. bisa dibayangkan tidak misalnya amazon pakai blogspot, apakah dia akan sebesar sekarang? 🙂

Hal terpenting dalam bisnis online adalah masalah trust! tanpa kepercayaan tidak mungkin bisa meledak bisnis online. tul ga pak

seperti artikel trust yang pernah saya tulis di sini mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.