🔴 Bagaimana Cara Memoles Brand Blog Anda?

Branding

Anda punya blog? Kalau belum dan berniat membuat blog, mulailah untuk memikirkan tidak hanya sekedar membuat blog. Tapi memiliki blog yang ber-brand kuat. Kalau anda sudah telanjur punya blog, tak ada kata terlambat untuk mulai membangun brand blog anda.

Mengapa membuat brand blog yang kuat penting? Di tengah “hutan belantara” internet yang berisi jutaan blog, hanya blog yang ber-brand kuatlah yang akan selalu dingat pengunjung, berulangkali didatangi pengunjung, akan sanggup bertahan, dan terus mendulang uang. Brand itu pula yang akan meneguhkan keseluruhan citra blog anda. Dan branding juga yang menjadi akar dari semua aktivitas marketing anda.

So, apa yang harus dilakukan?

Membranding blog meliputi banyak elemen. Keseluruhan elemen itu bertugas untuk membuat pesan atau citra khusus di benak pengunjung. Elemen-elemen itu meliputi:

  1. Niche, Target, Positioning. Coba jawab pertanyaan berikut. Apa isi blog anda? Bagaimana blog anda berbeda dengan blog lainnya? Siapa sasaran pengunjung anda? Apakah blog anda bisa “memuaskan” pengunjung anda? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyan tersebut, anda bisa tahu topik blog anda, target pengunjung yang anda sasar, dan bagaimana posisi anda di mata pengunjung anda.
  2. Nama blog. Gunakan nama yang unik dan sesuai dengan tujuan blog anda. Bisa misalnya dengan menggunakan nama anda, atau nama niche blog anda, dan mungkin pula keyword yang paling banyak digunakan dalam niche anda. Tapi ingat, yang jelas nama blog anda harus singkat, mudah diingat, gampang diucapkan, dan mewakili diri/bisnis anda. Acuan lain pemilihan nama blog bisa dibaca di sini.
  3. Slogan. Punya slogan penting untuk memperkuat pesan yang ingin anda sampaikan lewat blog anda. Prinsip penentuan slogan sebisa mungkin mengungkap ciri utama blog anda. Bila tidak, bisa pula menyampaikan keuntungan yang akan didapatkan pengunjung blog anda. Slogan yang anda buat harus unik, kuat, dan sesuai dengan isi blog anda.
  4. Logo. Logo merupakan kristalisasi dari blog anda yang dibuat dalam bentuk visual. Logo merupakan salah satu bentuk komunikasi blog anda kepada pengunjung. Logo juga merupakan penanda blog yang memiliki sebuah pesan. Penting untuk diingat, apakah pesan logo tersebut mudah ditangkap dan logo anda konsisten dengan slogan anda. Selain logo, desain blog yang menarik dan sesuai dengan isi blog mampu membuat kredibilitas anda meningkat.
  5. Posting. Artikel blog juga menjadi salah satu elemen penting blog anda. Dalam memposting, pemakaian bahasa yang tepat dan sesuai target pengunjung dan positioning anda wajib diperhatikan.

Keseluruhan elemen tersebut nantinya bertugas untuk membentuk brand blog anda, yang pada akhirnya bermuara pada membentuk kepercayaan pengunjung dan membangun kredibilitas anda. Bahwa blog anda memang tempat paling baik untuk mencari informasi tentang suatu topik. Bahwa anda memang pakar dalam bidang tersebut.

Kemudian, brand yang mulai terbentuk itu selanjutnya diterapkan ke dalam berbagai strategi marketing untuk menumbuhkan brand awareness. Apa saja strategi marketing yang dipakai? Strategi marketing yang bisa anda lakukan meliputi menjalin hubungan dengan sesama blogger, menggunakan direct mail kepada para subscriber blog anda, bisa dengan membuat pelatihan atau seminar, membentuk komunitas, dan sebagainya.

Kalau anda melakukannya dengan benar dan konsisten, dijamin brand blog anda bakal meningkat. Dan blog anda bukan sekedar menjadi blog yang biasa saja.

Beraksilah dan sukses akan mengikuti aksi-aksi anda…

209 Comments. Leave new

sumpah luar biasa sekali ini artikelnya…terimakasih aku ada sedikit masukan lagi…..

Asslm pak..salam kenal pak .

sya Bobi Ishak pak…saya mau bertanya pak sebarapa penting brand di web itu sendiri?
dan apakah brand dengan alamat web nya hrus sama?

apakah personal blog bisa mencuat dan menghasilkan uang mas joko ?
karena saya punya blog personal yang lumayan mendapat respon positif.

untuk menentukan Ninaslopo (nice, NAma, Slogan, LOgo dan POsting, perlu dilakukan riset yang mendalam. Tiap hari banyak blog bermunculan, jangan sampai blog gita hanya menjadi sampah di dunia maya

nah ini yang kadang membuat saia merasa kesulitan. Secara blog saya blog gado-gado dengan banyak nice dan target yang tidak jelas

Mmenurut saya sih yang paling susah adalah mengisi konten yang sesuai dengan rencana atau rancangan blog kita dari awal. mungkin dipertengahan ngeblog ide kita sudah habis jadi ujung2nya gado-gado deh…

wah makasih pak untuk berbagi nya. tapi ko ini yang komen dari 2008 ya pak? apa ini blog lama yang di taro halaman awal ? 🙂

solusinya bagus dan mengena pak joko, trim’s

sya sedang mmepersiapkan nya

Niche, Target, Positioning. Coba jawab pertanyaan berikut. Apa isi blog anda? Bagaimana blog anda berbeda dengan blog lainnya? Siapa sasaran pengunjung anda? Apakah blog anda bisa “memuaskan” pengunjung anda? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyan tersebut, anda bisa tahu topik blog anda, target pengunjung yang anda sasar, dan bagaimana posisi anda di mata pengunjung anda.

membangun halaman facebook, dan dan promosikan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *