🔴 Bagaimana Cara Menetapkan dan Mencapai Target dengan Efektif

Mencapai Target

Tahun 2010 sudah sampai di bulan keempat, bagaimana dengan target anda tahun ini? Sudah sesuaikah dengan harapan anda? Bahwa target-target yang anda canangkan selama tahun 2010 ini ini sesuai dengan perkembangan yang dicapai? Atau sebaliknya jangan-jangan harapan anda masih jauh dari hasil yang anda capai sekarang.

Bila itu yang terjadi, bisa jadi hal itu disebabkan karena anda menetapkan target secara tidak efektif. Apa maksudnya?

Bisa jadi beberapa hal di bawah ini yang terjadi pada penetapan target anda.

  • Target anda tidak jelas. Misalnya anda bilang target anda jadi orang kaya. Ini target yang masih membingungkan. Seberapa kaya? Berapa kekayaan yang anda ingin miliki? Belum jelas kan? 😉
    Sebaiknya buat target yang jelas dan spesifik. Ini membantu anda mengarahkan fokus untuk mencapai target. Sebagai contoh misal tahun ini anda menetapkan target punya lima aset properti baru di kota anda. Ini jauh lebih jelas dibanding target sebelumnya.
  • Tetapkan batas waktu. Menetapkan deadline penting dalam tercapainya sebuah target. Tanpa batas waktu yang jelas, anda akan terlena-lena dan kurang fight untuk berjuang mewujudkan target anda.
    Sebaliknya dengan memiliki batas waktu yang jelas, anda akan fokus untuk mencapai target anda dalam batas waktu yang telah ditentukan.
  • Buat target yang realistis. Ukur kemampuan anda dalam membuat target. Jangan buat target yang sulit anda capai. Sangat baik juga bila anda membuat tahapan-tahapan target, seperti anak tangga yang harus anda lewati satu demi satu. Anda tidak bisa langsung di tangga ke sepuluh, kalau anda belum lewat tangga 1, 2, 3, dan seterusnya. Anda mungkin masih ingat cerita pada posting berjudul Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Kaya? Silakan baca kembali.
    Karenanya seperti itu juga yang saya ajarkan di mractionclub.com. Setahap demi setahap dari tingkatan paling dasar, anda dituntun untuk membangun bisnis online anda.
  • Tulis target anda. Jangan biarkan target anda hanya melintas dalam alam pikiran saja. Tuliskan target anda. Bila perlu tempel di dinding agar anda mudah melihatnya.
  • Katakan pada orang-orang. Kalau ada teman atau rekan anda yang bertanya apa maksud tulisan yang anda tempel di dinding itu, jangan malu-malu menceritakannya. Jelaskan bahwa itulah target anda. itulah arah yang sedang anda tuju.
    Dengan mengatakan pada orang-orang lain, itu akan memacu ACTION anda. Sebab kalau tidak ACTION, anda pasti akan malu ketika bertemu lagi dengan orang-orang yang pernah anda ceritakan soal target anda.

Memiliki target berarti memiliki arah dalam hidup. Artinya anda tahu apa yang harus anda lakukan dan kemana tujuan ACTION anda. Bila sudah begitu, sudah pasti tak akan ada waktu terbuang percuma untuk bertanya “apa yang harus saya lakukan hari ini?”

Salam ACTION!

Related Posts

316 Comments. Leave new

Target saya tahun depan mudah-mudahan bisa mengikuti jejak Mas Joko, Amin…

action…action & action…learning by doing, sambil jalan perbaiki yang belum pas

terima kasih pak joko, atas semua ilmunya

My partner and I stumbled over here from a different web address and thought I may as well
check things out. I like what I see so now i am following
you. Look forward to looking over your web page for a second
time.

hanya dengan menargetkan lebih dari target yang sudah goal pasti akan menambah target baru yang lebih baik dari target yang sudah goal.

thanks mas joko atas tipsnya,akan saya coba tipsnya mas dalam target saya

Mari kita fokuskan setiap waktu yang Allah,SWT rizkikan kepada kita untuk beribadah kepada-Nya secara menyeluruh. Setiap amal yang kita lakukan di dunia ini dapat bernilai pahala di sisi Allah jika kita niatkan sebagai peribadahan kepada Allah,SWT dan tidak melanggar batasan/hukum-hukum-Nya. Bekerja adalah ibadah; belajar adalah ibadah; mencari rizki yang halal adalah ibadah ; berbuat baik kepada orang tua adalah ibadah; berbuat baik kepada sesama adalah ibadah; bersedekah adalah ibadah; berbagi ilmu yang bermanfaat adalah ibadah. Semoga Allah,SWT memberikan balasan dengan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.