🔴 Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Keluarga

cara mengatasi masalah keluarga

Ada pengunjung blog ini yang bertanya di sini mengenai masalah hidup yang dihadapinya.

mas apakah masalah akan selalu tetap datang selama kita menjalani kehidupan ini? bagaimanakah jika menghadapi masalah tekanan batin?

Kurang jelas sebetulnya apa masalah yang disampaikannya. Namun tekanan batin bisa timbul karena masalah keluarga, masalah ekonomi, masalah bisnis, masalah dengan lingkungan atau yang lainnya. Masalah-masalah hidup seperti ini yang pada hari-hari ini banyak menimpa banyak orang, dan jika tak dapat dikelola dengan baik bisa mengakibatkan tekanan batin yang berat, bahkan bisa berujung stres atau depresi.

Nah, kali ini saya khusus bahas mengenai solusi masalah keluarga.

Apa masalah keluarga yang sedang anda hadapi? Apakah soal kebutuhan yang tak tercukupi? Apakah ada komunikasi yang tak lancar dengan anggota keluarga? Atau ada perbedaan pandangan mengenai suatu hal yang kemudian membuat hubungan keluarga menjadi tidak harmonis? Atau masalah apa?

Bisa jadi masalah keluarga yang sedang Anda hadapi saat ini timbul bukan disebabkan dari dalam keluarga, namun dari faktor luar keluarga yang kemudian membuat suasana keluarga menjadi tidak nyaman. Menghadapi masalah keluarga seperti ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Ketahui masalahnya. Ketahui betul apa masalah keluarga yang sedang anda alami. Anda harus tahu akar persoalan yang menjadi penyebab masalah itu muncul. Sebab dengan begitu, Anda akan tahu duduk masalah yang sebenarnya.
  2. Jangan larut dalam masalah. Jangan biarkan Anda larut pada masalah. Apalagi jika sampai Anda tak tahu harus berbuat apa. Fokuskan diri Anda pada solusi yang harus diambil.
    Bolehlah jika itu merupakan persoalan yang berat, untuk sejenak bersedih atau bahkan menangis agar anda merasa lebih lega. Namun jangan kemudian masalah itu memenjarakan kehidupan Anda. Anda masih punya hari esok. Masih banyak yang harus Anda lakukan dan itu jauh lebih berarti. Sebab hidup ini indah!
  3. Cari solusi. Setelah anda tahu apa masalahnya, kemudian coba cari beberapa alternatif solusi agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Dari beberapa alternatif solusi tersbeut, pikirkan mana solusi yang terbaik yang bisa Anda dahulukan. Dalam mencari solusi ini, tak harus Anda lakukan seorang diri, Anda bisa minta saran pada orang lain.
  4. Minta bantuan saudara atau teman. Jika masalah keluarga tersebut tak bisa diselesaikan sendiri ada baiknya minta bantuan saudara dan teman. Jangan buang waktu untuk masalah yang tak bisa anda atasi sendiri. Ceritakan bagaimana masalahnya, dan apa solusi yang akan Anda jalankan. Dan mintalah berperan untuk membantu dalam mengatasi masalah tersebut.
  5. Berdoa. Ya, berdoalah pada-Nya mengenai masalah keluarga yang sedang Anda hadapi. Allah adalah tempat berlabuh. Kepada-Nya segala urusan dan masalah diserahkan.
  6. Segera selesaikan masalahnya. Tak baik memperlama-lama masalah. Jika Anda sudah mantap dengan pilihan solusinya, segera ACTION.
    Ya mungkin ada kalanya Anda harus menunggu waktu yang tepat. Anda boleh memilih hal itu asal tahu kapan waktu itu tiba. Jika sudah tiba, segeralah ACTION agar masalah itu tak berlarut-larut.
  7. Ambil hikmahnya. Setiap masalah pasti ada hikmahnya. Tak terkecuali masalah keluarga. Jadikan itu sebagai bagian dari pembelajaran hidup yang Anda lalui. Itu pasti akan membuat Anda lebih tenang dan matang dalam mengarungi hidup.

Dalam hidup, masalah itu pastilah selalu ada. Tak pandang bulu apakah Anda orang kaya atau orang biasa. Namun bukan masalahnya yang penting, tapi bagaimana sikap Anda menghadapi masalah itulah yang jauh lebih penting.

Salam ACTION!

188 Comments. Leave new

Salam.. mas, apa yg hrus saya lakukn utk ttp mmantapkn hti kpd suami saya?? karna satu sisi kluarga sya msh krg suka dgn prilaku suami saya yg trkdang krg mnghormati orang tua saya.. kami sdh 2x psah rmah krna prmslhan ini.. smpai prnh saya mnta cerai nmun dy ttp ingin dgn saya dn brjanji akn brubh.. nmun prubhannya blum nmpak btul.. bhkan ktika psah rmah sya prnh brargumen bhwa saya tdk akn prnh mrsa syang lagi sma dy bgitu jga dgn mrtua saya.. nmun saya mmiliki sifat krg teguh shgga saya msh mw mnerima suami saya wlupun trkdang dy suka mrah sma saya smpai saya disindir dengan istilah jelangkung.. di satu sisi sya mrasa dihina dgn kta2 itu tapi dsisi lain sy msh mrsa syang dgn suami saya..
krna skap sya yg sprt ini mmbuat ortu saya bnci krna skap saya yg krg tegas dan mmakan ludah sdri.. saya mnta solusi dr mas bgaimna saya mnyikapi hal ini krna sya tdk ingin msg2 dr kluarga saya mrasa trzhalimi khususnya ortu saya.. trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.