🔴 Bagaimana Cara Menumbuhkan Percaya Diri Setiap Hari

Cara Menumbuhkan Percaya Diri

Anda tampil tidak percaya diri? Merasa deg-degan atau takut saat hendak berbicara di muka umum atau ketika hendak melakukan sesuatu?

Tenang. Anda bukan satu-satunya yang mengalami masalah seperti ini. Banyak orang lain di luar sana yang juga tidak pede alias mengalami krisis percaya diri. Asal anda mau belajar percaya diri, di waktu berikutnya saya jamin anda akan tampil berbeda: menjadi orang yang lebih percaya diri.

Anda mau tahu bagaimana cara percaya diri?

Pertama sekali anda perlu mengerti mengapa percaya diri penting. Mungkin di antara anda sudah ada yang tahu apa manfaat percaya diri, tapi sebagian dari anda mungkin belum. Namun saya yakin anda semua merasakan betapa tersiksanya saat menjadi orang yang tidak percaya diri. Anda mengisi hidup anda dengan tidak mengenakkan. Mungkin anda mengerjakan pekerjaan yang tidak anda sukai karena anda tidak cukup percaya diri untuk menolak pekerjaan itu. Karena kurang percaya diri juga, anda mungkin sulit untuk memperbaiki hubungan yang buruk dengan rekan kerja anda. Tanpa memiliki cukup percaya diri, anda juga tidak berani memantapkan jalan meraih impian anda

Kalau anda seorang pemimpin, tanpa rasa percaya diri memadai, akan membuat anda terlihat kurang berwibawa di hadapan anak buah anda. Yang lebih berbahaya, bisa-bisa juga anda keliru dalam membuat keputusan.

Anda tentu tidak ingin semua hal di atas terjadi pada anda kan?

Syukurlah kalau sekarang anda mulai menyadari betapa sangat penting memiliki rasa percaya diri. Berita baiknya bagi anda adalah tidak ada seorang pun yang begitu lahir langsung menjadi orang yang percaya diri. Percaya diri merupakan suatu kemampuan yang dikembangkan.

Sehingga kalau anda lihat seseorang yang menurut anda sangat percaya diri, mereka sebetulnya juga tidak langsung seperti itu. Mereka melatih rasa percaya diri sedikit demi sedikit.

Berikut trik dan tips yang bisa anda gunakan untuk melatih rasa percaya diri anda.

  • Rapikan diri anda. Mungkin anda beralasan bahwa anda bukan orang yang rapi. Sehingga apa yang anda tampilkan pun jauh dari kerapian. Padahal bila anda tampil rapi, anda akan lebih percaya diri. Silakan coba dan rasakan peningkatan rasa percaya diri terjadi pada anda.
  • Rasakan situasi positif. Dimana pun anda, coba rasakan situasi positif di tempat tersebut. Rasakan bahwa orang-orang di sekeliling anda menyambut baik anda, lingkungan juga tersenyum pada anda.
  • Pelihara mental positif. Bahwa apa yang anda lakukan akan berjalan dengan baik dan anda juga akan baik-baik saja. Fokus pada sisi positif akan membuat anda percaya diri.
  • Kurangi bilang “tapi”. Mungkin anda sering mengatakan kata tersebut. Misal anda mengatakan “ingin sukses, tapi saya hanya orang biasa.” “anda ingin kaya tapi tidak bisa ini itu dan sebagainya.”
    Sebaiknya mulai sekarang kurangi mengatakan kata “tapi”. Kata “tapi” membuat anda yang semula hendak maju, kembali mundur. “Tapi” membuat anda terbiasa membuat alasan dan tidak melakukan ACTION!
  • Temukan apa yang anda takutkan dan ACTION-kan. Kalau anda takut berbicara di muka umum, ACTIONKAN itu. Kalau anda takut menatap wajah orang lain, lakukan itu. Temukan apa yang anda takutkan, dan ACTIONKAN!
  • Jangan menunda. Penundaan menimbulkan ketakutan. Semakin sering anda menunda, ketakutan itu akan kian menggumpal dan pikiran anda mulai mencari-cari alasan bahwa penundaan yang anda lakukan itu benar.  Padahal, semakin lama anda menunda berarti semakin lama anda membiarkan diri anda tidak meningkatkan kualitas diri.
  • Ingat momen ketika anda merasa begitu percaya diri. Coba ingat-ingat kapan anda merasa begitu percaya diri sehingga tangan anda tidak gemetaran dan tidak ada keringat dingin mengucur dari kening anda? Saat itu anda bicara dengan lancar dan lawan bicara anda bisa merasakan rasa percaya diri anda.
    Ingat momen tersebut setiap kali anda merasa didera kehilangan percaya diri. Rasa percaya diri anda akan tumbuh dengan seketika.
  • Awas penyakit perfeksionis. Mencari kesempurnaan selain menyita banyak energi dan waktu, juga bisa mengikis habis rasa percaya diri. Sebab, misal saat anda mengerjakan suatu pekerjaan yang menurut anda tidak kunjung seperti harapan, lambat laun anda akan meragukan kemampuan diri anda.
    Hindari mencari kesempurnaan. Yang penting lakukan ACTION yang terbaik.
  • Lakukan ACTION dengan penuh percaya diri. Agar anda percaya diri, anda harus melakukan ACTION dengan percaya diri. Ketidakpercayaan diri seseorang bisa dilihat dari ACTION-nya.
    Demikian pula sebaliknya. Ketika anda bertindak penuh percaya diri, orang-orang akan menilai anda sebagai orang yang percaya diri. ACTION yang penuh percaya diri akan membuat anda bertambah percaya diri.
    Apa saja tindakan sederhana yang sering dilakukan agar anda terlihat percaya diri? Duduklah dengan tegak, lakukan kontak mata, bicara jelas, kemukakan pendapat anda, dan tersenyumlah.

Tujuan hidup setiap orang di dunia ini pastilah untuk menjadi lebih baik. Lebih baik dari kemarin, lebih baik dari bulan lalu atau tahun kemarin. Cara yang baik untuk menjadi lebih baik adalah dengan meningkatkan apa yang sudah bisa anda kerjakan; atau membuat bisa apa yang belum anda bisa lakukan selama ini. Apa yang belum anda bisa lakukan, jadikan itu sebagai tantangan, lalu ACTION-kan sehingga menjadi sebuah pembelajaran untuk meningkatkan kualitas diri anda menjadi lebih baik.

Percaya diri merupakan salah satu kunci sukses dalam hidup. Banyak orang sukses memiliki rasa percaya diri yang baik.

Tidak ada jalan pintas untuk tampil percaya diri. Satu-satunya jalan adalah melakukan ACTION untuk melatih tampil percaya diri dari hari ke hari.

Salam ACTION!

149 Comments. Leave new

terimakasih atas tipsnya gan… sangat membantu buat menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri…

yang diutamakan adalah ucap bismilah dan niat

[…] Bagaimana cara menumbuhkan percaya diri setiap hari […]

makasih gan info nya. ilmu dan panduan yang sangat membantu sekali. mudah2an menjadi berkah.

thanks ya atas trik nya,,,
akan di coba….hehehe

[…] orang tidak percaya diri menjual karena harus bertatap muka dan pandai berkata-kata secara langsung dengan prospek. […]

[…] adalah… Apapun bidang kegiatan atau  pekerjaan anda saat ini. Tak perlu minder atau merasa tak percaya diri dengan kondisi yang anda alami saat ini. Selalu optimis dengan apa yang anda harapkan. Bersyukur […]

[…] Saya adalah karakter yang maju dan saya memberikan kemajuan pada tiap orang yang saya temui. Saya memberikan manfaat pada orang-orang di sekliling saya. Setiap ACTION saya, suara saya, dan penampilan saya mengekspresikan bahwa saya orang yang percaya diri. […]

juara banget deh mas joko…

ijin copy iaa,,boleh kan pak

Terimakasih Pak “JOKO” benar sekali atas saran ini
memang benar susah untuk melakukan percaya diri dan mulai sekarang saya akan mulai menghilangkan rasa takut dan akan hidup dalam percaya diri.

“THANKS FOR U JOKO”

Insya Allah berawal dari sekarang ku harus action,kan kutanamkan dalam hati harus bisa tidak ada yang tidak mungkin. Bisa………..

Sama juga tekat kita syahrul, tapi kendalanya adalah kita kebanyakan tak tetap mengelola apa yang telah kita rencanakan termasuk saya.

tips ini sangat membantu. terima kasih.

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan Anda dengan melakukan olahraga rutin yang tidak hanya bermanfaat untuk menjaga vitalitas dan stamina tubuh namun juga untuk meningkatkan kadar serotonin dan endorfin (hormon untuk relaksasi dan perasaan gembira yang secara alami dihasilkan oleh tubuh)sehingga Anda merasa segar dan semoga bermunculan ide-ide, inovasi-inovasi ataupun terobosan-terobosan baru yang mungkin menjadi sarana kemajuan usaha Anda, Insya Allah.

BAGUS X ea infonya….

memang “sulit” ea tuk melakukan tips di atas,so…………kta harus berusaha untuk menghilangkan kata-kata “SULIT” itu biar kita bisa percaya diri dan meraih kesuksesan.

thank you so much…..

Tetap semangat dan mari terus berusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.