🔴 Bagaimana Melumpuhkan Penyakit Suka Menunda Pekerjaan

menunda pekerjaan

Banyak orang enggan memulai bisnis online. Tentu, banyak juga alasan yang mereka kemukakan. Meskipun sudah terbukti internet membawa berkah bagi banyak orang dan memberikan penghasilan melimpah, masih saja ada yang belum beranjak dari posisinya sekarang. Karena masih sibuk dengan pekerjaan yang sekarang, atau belum bisa membagi waktu dengan bisnis offline, dan masih banyak alasan lain. Jadi, yang ada di kepala cuma niat dan cita-cita belaka.

Kebiasaan menunda-nunda niat baik ini bisa fatal akibatnya. Penundaan ini bisa menular ke semua sendi kehidupan anda dan merusak cita-cita yang anda bangun sejak lama.

Maksud saya begini, kalau anda sering kali menunda-nunda mewujudkan niat baik, berarti anda termasuk pribadi atau orang yang suka menunda-nunda pekerjaan. Kalau anda tak segera menyembuhkan penyakit ini, anda bisa dicap sebagai seorang pemalas oleh orang lain, padahal sebenarnya anda pekerja yang rajin. Kalau sudah begini, apapun karir yang anda geluti, saya jamin pasti karir anda mati muda. Atau, kalaupun tidak mati muda ya jalan di tempat. Tidak ada kemajuan dari tahun ke tahun sehingga penghasilan pun segitu-segitu aja.

Apa cirinya seorang penunda?

Anda sering kali mengandalkan mood. Saya ambil contoh soal niat bisnis online di atas. Anda ingin memulai bisnis online tapi sampai hari ini anda hanya ingin saja. Tidak lekas berusaha setahap demi setahap. Anda punya 1001 alasan untuk membela diri mengapa anda tidak segera ACTION! Menganggap bisnis online ribet, sulit, mesti belajar dari NOL, perlu waktu yang tepat dan persiapan yang matang. Dengan kata lain anda perfeksionis.

Selain itu, anda juga dihinggapi perasaan takut gagal. Ini cukup bahaya, anda menyerah sebelum bertanding sehingga anda tidak bisa mengasah skill anda. Anda tidak akan tahu kalau di dalam diri anda tersimpan kekuatan besar yang membawa anda pada kesuksesan.

Contoh lain, seorang penunda sering tidak patuh deadline. Entah anda seorang arsitek, sekretaris, manager, atau direktur sekalipun, anda pasti punya deadline dalam pekerjaan. Kapan pekerjaan A harus selesai sehingga bisa melangkah ke B. Dan kapan B selesai agar C juga bisa segera dikerjakan.

Nah, jika anda sering memolorkan pekerjaan, sering tidak disiplin dan jam kerja anda mau tidak mau anda harus mengaku kalau anda seorang penunda. Saya tidak mengatakan anda pemalas, karena seorang penunda bisa juga seorang yang sangat rajin hanya saja kerajinannya itu salah alamat. Anda sering kali memprioritaskan pekerjaan yang kurang penting. Sementara tugas-tugas yang perlu anda kerjakan terlebih dahulu sering anda selesaikan belakangan.

Oke, jujur saja anda jawab, apa anda termasuk orang yang suka menunda-nunda pekerjaan? Jangan khawatir anda masih punya kesempatan untuk berobat dan menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana caranya?

Pertama, setelah anda mengaku kalau anda penunda pekerjaan, sekarang cari tahu KENAPA anda menjadi procrastinator. Dan, tanyakan pada diri anda dua pertanyaan berikut.

  1. Apakah karena anda tidak menyukai pekerjaan anda? Kalau anda ingin memulai bisnis, tanyakan baik-baik, kompromikan dengan diri anda sendiri, “apakah bisnis ini benar-benar menyenangkan?”
  2. Apakah pekerjaan anda terlalu menggunung? Terlalu banyak yang harus dikerjakan sehingga anda bingung mana yang harus diprioritaskan dan mana yang bukan.

Kedua, segera sembuhkan! Caranya, dengan memotivasi diri dan beri penghargaan pada diri sendiri. Misal, besok adalah deadline pekerjaan A. jika anda berhasil mematuhi deadline, anda akan memanjakan diri dengan misal makan di restoran favorit. Jika deadline tidak terpenuhi, maka hukum diri anda. Silakan pilih cara mana yang paling ampuh untuk memberikan efek jera bagi diri anda.

Bagi si penunda yang mempunyai terlalu banyak pekerjaan, anda harus membuat skala prioritas. Tidak itu saja, yang terpenting anda harus disiplin mematuhi prioritas itu. Buat action plan, pecah pekerjaan besar menjadi beberapa bagian. Dan pastikan setiap pekerjaan kecil itu punya deadline sendiri-sendiri.

Apapun cita-cita anda, pasti bisa anda wujudkan selama anda konsisten dengan komitmen anda. Sembuhkan dulu diri anda. Itu langkah pertama yang menentukan masa depan anda yang lebih baik. Berikutnya ACTION sekarang juga!

Apalagi, jika anda ingin berbisnis. Seorang pebisnis pastinya bukan orang gajian. Anda bos bagi diri anda sendiri, tidak ada yang mengawasi kinerja anda selain anda sendiri. Jadi, anda sangat rentan untuk menjadi si penunda. Apa anda masih mau menunda-nunda kesuksesan anda?

555 Comments. Leave new

Ampun dah penyakit malas ini, sekali mager alias males gerak bisa seharian males nya….

menunda-nuda pekerjaan sama halnya menunda datangnya rejeki. waktu adalah uang dan waktu juga adalah pedang. salam sukses untuk pak joko

[…] Power of Kepepet. Heee. Ini Bahasa inggris dari mana lagi? Terkait khususnya dengan sikap suka menunda pekerjaan, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan the power of kepepet. Katakan pada diri […]

saya sering kali menunda pekerjaan alhasil ketika wajtunya telah sempit keteteran sendiri dan bisa berpengaruh terhadap kesehatan saya..
terima kasih postingannya

menunda pekerjaan berarti sama halnya dengan menunda kesuksesan..
terima kasih pak joko, postingannya memberi inspirasi dan semangat bagi saya..

wah terima kasih sekali tipsnya mas joko…. semoga makin sukses deh….

trima kasih pak bro,….tips anda sangat bermanfaat untuk saya dan teman-teman,….

janganlah menunda-nunda sesuatu
karena itu tidak baik. kata ortu ane gan

terima kasih pa’ joko atas artikelnya ….. menggugah untuk semangat tuk ACTION dan jauhi rasa malas atau menunda-nunda kerjaan….

hehe…menunda-nunda suatu pekerjaan itu saah satu sifat buruk yang ada pada diri saya, seperti saat sholat, saya selalu tunda, pada akhirnya ketiduran dan tidak sholat

You have some really great posts and I feel I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please shoot me an email if interested.

Begitu saya membaca artikelnya rasanya takut karena memang betul apa adanya dengan kondisi yang terjadi pada diri saya. Berarti memang saya tipe orang yang suka menunda pekerjaan. Terimakasih telah mengingatkan.

biasanya saya membuat daftar schedule kerja saya agar saya bisa melumpuhkan penyakit menunda pekerjaan saya

Hi, adore your site..please do research out my internet site at conditions and escape from your comment. thanks

Betul pak Joko…Do it Now…tetap semangat!!

mkasih masj joko tipsnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.