🔴 Bagaimana Membangkitkan Jiwa Bisnis dan Kemampuan Entrepreneur Anda

Membangkitkan Jiwa Bisnis

Muncul pertanyaan menarik dari member dalam posting ide bisnis beberapa waktu lalu.

Kata Wins-alkandisi di sini:

Memang banyak sekali peluang bisnis disekitar kita, namun berbalikan dengan itu, seseorang mempunyai kemampuan berbisnis berbeda2, bahkan ada yang tidak mempunyai sedikitpun jiwa bisnis, dengan kata lain tidak berani untuk berbisnis,.
Nah! bagaimana cara menumbuhkan Jiwa bisnis pada diri kita agar kita berani untuk memulai bisnis??

Ada benarnya juga ya? Lalu bagaimana menumbuhkan jiwa sebagai pebisnis atau entrepreneur?

Menumbuhkan jiwa usaha ada kaitannya dengan cara berpikir atau memiliki mindset bisnis. Cara berpikir bagaimana mengolah kemampuan atau modal yang anda miliki agar bisa berkembang pesat.

Bagaimana maksud memiliki mindset bisnis?

  1. Memiliki mindset bisnis berarti anda paham kalau tujuan bisnis adalah menghasilkan uang. Sekalipun awalnya bermula dari hobi semata, tapi kalau anda punya mindset bisnis, anda akan mulai berpikir bagaimana menghasilkan uang dari hobi anda itu.
  2. Punya mindset bisnis berarti anda paham bahwa anda harus selalu terhubung dengan bisnis anda. Penghubungnya adalah keuntungan atau profit bisnis. Profit dihasilkan kalau anda tahu berapa margin keuntungan anda, bagaimana cash flow bisnis, seperti apa keuntungan kompetitif, apa tujuan penjualan, dan bagaimana tren profit anda.
  3. Memiliki mindset bisnis berarti tahu apa yang harus dilakukan untuk memajukan bisnis anda. Singkatnya anda punya strategi bisnis yang kemudian anda terapkan dalam praktek bisnis anda. Strategi bisnis dibangun dari visi bisnis anda dan pengamatan terhadap situasi pasar.
  4. Punya mindset bisnis berarti terbuka dengan penghasilan dari banyak sumber. Tidak hanya terbatas dari satu sumber. “Dalam satu keranjang, jangan letakkan semua telur anda di sana,” begitu kira-kira prinsip singkatnya.

Jangan ragu ACTION! Sebab apapun keputusan bisnis yang anda hasilkan hari ini, pasti punya pengaruh pada bisnis anda besok dan di masa mendatang.

Yakinlah kalau dengan strategi bisnis yang tepat akan mampu menyelesaikan masalah bisnis yang anda hadapi. Strategi bisnis yang tepat juga terbuka pada perubahan. Mengubah setiap kesulitan menjadi peluang. dan itu semua bermula kalau anda punya mindset bisnis.

Salam ACTION!

270 Comments. Leave new

Memiliki mindset bisnis berarti anda paham kalau tujuan bisnis adalah menghasilkan uang. Sekalipun awalnya bermula dari hobi semata, tapi kalau anda punya mindset bisnis, anda akan mulai berpikir bagaimana menghasilkan uang dari hobi anda itu.
Punya mindset bisnis berarti anda paham bahwa anda harus selalu terhubung dengan bisnis anda. Penghubungnya adalah keuntungan atau profit bisnis. Profit dihasilkan kalau anda tahu berapa margin keuntungan anda, bagaimana cash flow bisnis, seperti apa keuntungan kompetitif, apa tujuan penjualan, dan bagaimana tren profit anda.
Memiliki mindset bisnis berarti tahu apa yang harus dilakukan untuk memajukan bisnis anda. Singkatnya anda punya strategi bisnis yang kemudian anda terapkan dalam praktek bisnis anda. Strategi bisnis dibangun dari visi bisnis anda dan pengamatan terhadap situasi pasar.

terima kasih pak joko sudah memotivasi kami untuk lebih maju. salam sukses selalu

Punya modal atau tidak itu bukan hal yang utama. Asalkan Midsetnya sudah ada, modal bisa dicari. So, saya setuju dengan pendapat Pak Joko, asalkan sudah ada mindset, modal akan mengikuti..
hhehe 🙂

jiwa bisnis harus di olah dan dilatih

mas joko kan ahlinya, saya pasti akan banyak tanya sama ahlinya… hehe

Saya pernah usaha kecil-kecilan dengan berjualan (membuka warung)… gagal… buka rental Band dan bangunannya (rubuh alias bangkrut), saya salurkan hobby mancing saya sekaligus menjadi penghasilan tambahan juga belum mantab.. tapi saya akan terus cari peluang-peluang bisnis yang lain… saya akan coba ternak jangkrik, budidaya semut kroto dan semua peluang usaha yang ada di internet, termasuk masukan dan peluang bisnis yang di berikan pak Joko Susilo.. hidup memang harus “SEMANGAT….” dan “PERJUANGAN”

Betul. karena hidup ini indah, maka rugi kalau tidak kita jalani dengan penuh semangat

matap, tutorialnya pak joko

ok pak jok coba sy riset dulu..mksh sarannya.

jiwa bisnis perlu ditingkatkan agar kita bisa mengembangkan bisnis kita

pak jok langkah pertama apa yang harus saya lakukan untuk memulai sebuah kerja/bisnis?

lakukan riset bisnisnya

Hy…lam knal ya..

Ku mw komen neh..,emank skrg ini hrus ada usha spya kita bisa lbih maju,,,gk bisa dharapkn hnya sbg pegawai aja…sama alna sprti sya yg hny sbg pgwai swasta gk bs tllu dhrapkn…tp sya msih tkut krn tkut rugi klo usha sdh ada n bjln tp gk bs mndongkrak k’untungn lbih…gmna tuh caranya ya /.

karena itu sebagai pemilik usaha, otak kita selalu dituntut untuk berputar bagaimana caranya untuk membuat bisnis bertambah maju. silakan baca arsip blog untuk melihat keseluruhan daftar isi blog ini.

inilah bisnis mas, banyak hal yang tak pasti di bisnis, semua kembali ke kita seberapa besar komitmen dan syukur kita. berbanding lurus dengan kesuksesan. artinya semakin besar, semakin baik. Insya Allah

saya berfikir knp jiwa bisnis ini baru muncul…tp sy mksh banyak tentang artikelnya.

[…] menggerakkan ekonomi bangsa. Sifat tahan banting dari usaha kecil ini memang sejalan dengan karakter entrepreneur yang melekat pada diri pemilik […]

Sepertinya akan menguntungkan jika mempunyai mindset bisnis,biar bisa mengembangkan modal dengan cepat 🙂

makasih tipsnya mas joko

asal athu aja pak ,tulisan anda akan membuat para pebisnis di dunia maya semakin dahsyat

yup betul pak punya mindset bisnis yg jelas kyaknya kan mebuat kita lebih terarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *