🔴 Bagaimana Membangun Kredibilitas Bisnis di Internet

Kredibilitas Bisnis

Saya membaca posting Membangun Kredibilitas Bisnis di blog Mbak Does. Dalam postingnya tersebut, Mbak Does mengemukakan pentingnya sebuah kredibilitas serta beberapa kunci untuk membangunnya. Pentingnya kredibilitas ini diamini Mas Syafree yang berkomentar “Yep… Benar sekali. Kredibilitas kuncinya. Siapa yang mau beli sampo anti ketombe dari orang yang ketombean?”.  🙂

Melengkapi tulisan tersebut, kalau di internet, bagaimana membangun kredibilitas bisnis?

Ada sejumlah cara yang bisa anda gunakan untuk membangun kredibilitas bisnis di internet:

  1. Miliki Blog Berdomain Nama Anda. Kalau anda berniat berbisnis di internet, tentu situs web wajib anda punya. Namun hanya punya situs web saja sekarang tak lagi cukup. Anda juga perlu mempunyai blog berdomain nama anda. Sebab sekarang dan seterusnya, ketika seseorang ingin tahu mengenai seseorang, mereka tinggal mengetikkan nama yang dicarinya di search engine. Dan ketika nama yang dicarinya tak tercantum, maka orang tersebut dianggap “tak eksis”. Blog berdomain nama anda sangat baik untuk personal branding. Karena itu saya sarankan agar anda membeli domain nama anda.
  2. Lakukan Blogging Berkelanjutan. Tentu setelah blog anda buat, yang jauh lebih penting lagi adalah konsisten melakukan blogging. Karena sebenarnya membuat blog itu mudah. Yang jauh lebih sulit adalah melakukan blogging berkelanjutan. Sebab tak jarang, setelah blog dibuat, beberapa bulan kemudian ditelantarkan pemiliknya. Bila seperti itu yang terjadi, jangan pernah berharap blog anda bisa mencapai blog sukses spektakuler.
  3. Fokus dalam Blogging. Anda ingin orang mengenal anda sebagai apa? Itu pertanyaan kuncinya. Dan itulah salah satu alasan mengapa SANGAT penting untuk fokus di niche blog anda. Sekalipun mungkin anda punya banyak minat, keahlian, atau kelebihan, sebaiknya fokus di satu atau beberapa saja. Kalau semuanya anda pilih, pengunjung akan bingung.
  4. Merespon Komentar di Blog Orang Lain. Ini masih soal blogging. Bukan hanya di blog sendiri, merespon komentar di blog orang lain bisa meningkatkan kredibilitas anda. Anda bisa rasakan bedanya kan antara orang yang bertanya dan merespon pertanyaan?
  5. Cantumkan Informasi Kontak Anda. Sebelumnya ini sudah sering saya katakan. Cuma untuk mengingatkan saja dan yang belum membaca, informasi kontak seperti alamat, nomer telepon, dan alamat email penting untuk anda cantumkan. Terutama di situs web anda. Bukan hanya agar anda mudah dihubungi, namun sekaligus untuk menegaskan kalau anda benar-benar ada.

Tentu tips membangun kredibilitas di internet di atas tak langsung terlihat hasilnya dalam sehari dua hari. Efeknya baru bisa anda rasakan dalam jangka panjang. Karena itu butuh ketekunan dan kesetiaan menjalaninya. Tapi kalau tak dirintis sekarang, kapan lagi mulai ACTION?

Bagaimana menurut anda? Punya pendapat lain atau mau menambahkan?

270 Comments. Leave new

jadi inspirasi yang bagus. terima kasih pak joko

makasih,artikelnya sangat informatif,,saya banyak belajar di sini,,!

I’ve been surfing online more than 4 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all web owners and bloggers made good content as you did, the net will be much more useful than ever before.

Today, I went to the beach front with my kids. I found a sea
shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to her ear and screamed.
There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never
wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

[…] dan bercengkramalah dengan mereka. 42. Yang anda post di social media bisa meningkatkan/menurunkan kredibilitas anda. 43. Perhatikan apa yang menarik perhatian audiens anda di social media. Anda bisa gunakan itu […]

hebat artikelnya mas… sedikitnya saya mendapat sedikit solusi saya… sukses selalu

[…] Anda memiliki kredibilitas bisnis yang tak diragukan lagi. Dari isi atau konten web atau blog anda, pengunjung bisa menangkap hal […]

Fokus, dedikasi… dan terus blogging 🙂

arikelnya bagus banget nih, maksih ya atas infonya. di tunggu informasi terbarunya, saya pernah sih melalui vendor tapi mereka sendiri mengirim katalog pada saat pengiriman ke 2 bagaimana mengangani hal seperti itu?

maksudnya bagaimana ya? mungkin bisa diperjelas lagi pertanyaannya

[…] Anda sudah siap merancang program marketing untuk bisnis online anda dan meng- ACTION-kannya? Ikuti keempat tahap proses marketing menyeluruh diatas agar kegiatan […]

[…] membeli dari orang yang mereka percaya. Untuk itu, sejak awal, anda perlu melakukan branding dan membangun kredibilitas guna memperkuat tingkat keterpercayaan […]

[…] kredibilitas bisnis. Semua pebisnis hebat punya kredibilitas dan kompetensi yang tidak diragukan lagi. Nama mereka […]

memang penting sekali membangun dan menjaga kredibilitas bisnis demi kelangsungan bisnis itu sendiri

arikelnya bagus banget nih, maksih ya atas infonya. di tunggu informasi terbarunya

pokoknya mah keep bloging terussss, emang kepercayaan sulit didapat didunia maya ini

thnaks pak atas motivasinya

Ya harus sabar jadinya kalau nggak mau cepat2 gulung tika

Bagi Newbie, kayaknya yang paling realistis adalah rajin-rajin blogwalking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.