🔴 Bagaimana Mempromosikan Blog agar Mendatangkan Duit Melimpah?

promosikan blog

Mempromosikan BlogBagaimana blog anda, apakah anda sudah berhasil mempromosikan blog anda dengan baik ?Apakah sudah dibanjiri komentar? Apakah pundi-pundi uang juga sudah memenuhi kantong anda?

Baiklah. Kalau anda merasa blog yang anda punya belum cukup ramai sehingga aliran uang anda tersendat, sekarang mari kita coba lebih gencar untuk mempromosikan blog kita. Tapi sebelumnya, anda perlu baca dulu bagaimana cara blog anda agar dibanjiri komentar.

Pasti anda tahu, di internet ada ribuan blog. Kalau tak pintar-pintar memasarkan blog, bisa jadi sama sekali tidak dilirik pengunjung. Ini sama artinya kerja keras anda sia-sia. Karena blog yang anda buat dan kelola sama sekali tidak mendapat pembaca. Itu lama-lama juga akan membuat anda bangkrut. Duit yang anda keluarkan untuk ngeblog, sama sekali tidak balik modal.

Strategi mempromosikan blog

Biar blog anda tidak mengalami nasib seperti itu, anda boleh praktekkan jurus-jurus memasarkan blog yang bisa mendatangkan traffic membludak dan uang melimpah di bawah ini. Semua jurus di bawah ini boleh anda jajal satu persatu asal terus konsisten sampai berhasil.

  • Ikut aktif di Forum. Ikut aktif di forum bisa jadi cara yang ampuh. Tapi jangan sembarang pilih forum. Pilih forum yang memiliki banyak anggota. Lalu aktiflah ikut cuap-cuap di sana. Jangan malu juga menunjukkan kelebihan anda. Buat semua member forum jadi tahu kalau anda punya suatu kelebihan. Dan jangan lupa sisipkan nama blog anda setiap habis memberi komentar. Dengan cara ini blog anda akan lebih cepat dikenal. Anggota member forum akan berbondong-bondong mendatangi blog anda. Selain karena penasaran, mungkin mereka mau kenalan lebih dalam dengan anda. 😉
  • Berkomentar di blog yang ramai dan usahakan jadi komentator pertama. Cara lainnya, cari blog yang ramai pengunjungnya dan begitu ada posting baru segera beri komentar. Dengan begitu banyak keuntungan yang bisa anda dapat. Selain bisa berkenalan dengan pemilik blog, juga jadi tambah kawan dari blogger lainnya, dengan memberi komentar di awal membuat akan sering dibaca oleh pengunjung berikutnya. Ingat, selain membaca artikel, pengunjung juga suka membaca komentar! Kalau mereka tertarik dengan komentar anda, mereka pasti akan datang ke blog anda.
  • Gabung dengan carnival blog. Blog komunitas jenis ini adalah blog yang terdiri dari beragam blog dengan beragam topic artikel. Bingung? Gampangnya ingat-ingat kalau pas ada karnaval lewat di depan rumah. Pesertanya pasti bermacam-macam. Ada yang jadi polisi, dokter, dan lainnya. Begitupun dengan blog jenis ini. Isinya bermacam-macam. Dan terkadang diformat seperti majalah. Yang dalam setiap edisinya terdiri dari berbagai tulisan dari berbagai blog. Ikut gabung saja blog anda ke dalamnya. Salah satu contoh carnival blog seperti ini.
  • Gabung dengan blog network. Untuk memperluas jaringan anda bisa manfaatkan blog network. Blog network yang cukup baik seperti ini dan ini.
  • Daftarlah di blog directory. Biar pengunjung mudah menemukan blog anda, tak ada salahnya mendaftarkan blog anda di blog directory. Banyak macam blog directory yang bisa anda pilih. Coba ketik di search engine kata “blog directories”, dan pilih blog directory yang ramai dan bonafid.
  • Daftar di article directories. Artikel terbaik anda bisa didaftarkan di article directories. Sehingga lebih banyak lagi pembaca yang tahu tentang anda. Tunjukkan kepakaran anda dalam tulisan tersebut, supaya pembaca tertarik untuk datang ke blog anda. Cari article directories yang anda suka di Google atau Yahoo.
  • Daftar di Google Sitemaps. Supaya blog yang anda buat bisa lebih bersahabat dengan Google, anda bisa manfaatkan Google Sitemaps.
  • Berikan hadiah. Jangan pelit-pelit! Berikan pengunjung blog anda hadiah jika mengunjungi blog anda. Hadiah seperti ebook atau yang lainnya, akan mempererat hubungan dengan pembaca blog anda. Sehingga blog anda bisa cepat ramai.
  • Buat hubungan dengan blogger lain. Ini memang resep kuno, tapi selalu terbukti manjur. Punya banyak teman akan sangat menguntungkan anda. Jalin hubungan dengan blogger lain. Kunjungi blog mereka dan beri komentar. Amati selalu perkembangan blog mereka dan beri tanggapan. Ini untuk menumbuhkan ikatan bagi sesama blogger.
  • Ikuti juga mailing list. Milis juga bisa mendongkrak pengunjung blog anda. Cari milis yang sesuai dengan topik blog anda dan anggotanya banyak. Cari di yahoogroups. Dan begitu bergabung, aktiflah di sana. Bukan cuma mempromosikan tentang blog yang anda buat, tapi juga bagikan pengetahuan anda. Kalau bisa, buat diri anda sebagai master di milis tersebut sebagai tempat bertanya member lainnya. Pasti nantinya member tersebut akan datang ke blog anda.
  • Manfaatkan social media. Selain bergaul dengan sesama blogger, media sosial juga bisa anda manfaatkan. Facebook misalnya bisa anda gunakan untuk mencari dan mengumpulkan teman-teman lama anda. Myspace dan Friendster juga bisa anda coba.
  • Jawab di Yahoo Answer. Sesekali kunjungi Yahoo Answer dan jawab pertanyaan di sana. Selain untuk meningkatkan kredibilitas anda, juga biar anda lebih cepat terkenal.  😉

Banyak kan yang bisa anda lakukan? Intinya buat jejaring hubungan yang luas biar makin banyak orang tertarik mengunjungi blog anda. Kemudian jaga hubungannya biar mereka sering datang ke blog anda. Kalau sudah banyak yang datang, pasti pundi-pundi uang anda juga akan menggelembung.

Atau ada lagi yang mau menambahkan trik mempromosikan blog lainnya?

257 Comments. Leave new

terimakasih atas share ilmunya pak Joko, sangat bermanfaat terlebih bagi saya yg sedang berusaha meningkatkan trafik blog

terimasih pa Joko, postingan nya sangat bermanfaat terlebih bagi saya yg sedang berusaha meningkatkan pengunjung blog.
sukses selalu utk pa Joko dan blognya

Kalau sy sich lebih senang bergaul dan berkomentar di blog para blogger, termasuk blog bpk juga…. 🙂 trmksh pak atas infonya

beberapa tips sudah saya praktekkan. Mohon duanya saja agar banyak visitor yang berkunjung, membaca dan tertarik dengan artikel saya

terima kasih, tips-tipsnya keren sekali, dan pelan-pelan mulai diterapkan.

Iya mas. …saya setuju banget caranya utk mendatangkan traffic ke blok atau web kita, hanya saja kalau semua itu dijalankan seorang diri tentu tidak akan efektif, mungkin mas dapat pilihkan dari semua tips tsb. … Yang paling efektif untuk dilakukan seorang diri… Maklum belum punya asisten. .. ^_^

Kalau saya baru mencoba dua dari semua poin-poin yang mas Joko jabarkan yaitu berkomentar di blog yang ramai komentatornya dan via social media yakni facebook.

artikelnya sangat bermanfaat, terutama bagi saya yang masih baru sekali mempelajari blog.. terima kasih pak joko susilo

Informasi postingan kali ini sangat membantu mas. Saya menyarankan buat rekan Masta “butuh kesabaran” untuk membuat Blog kita ramai dikunjungi. Tips : buat tulisan yang unik dan banyak dicari. Demikian, thx Mas Joko.

Sungguh lyar biasa artikel yang di tulis mas joko susilo, saya jadi bersemangat untuk menjadi blogger yang sukses

Sebenarnya banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet, akan tetapi tinggal bagaimana cara kita mengelola blog kita dengan baik l. iyaa gak bang joko susilo ?

Berikan hadiah.
(ini Gue banget,, dulu saya sering simpan alamat website, bersamaan dgn ebook yg saya download di website tersebut )

Jadi betul apa kata pak joko,,
Jangan pelit-pelit! Berikan pengunjung blog anda hadiah jika mengunjungi blog anda. Hadiah seperti ebook atau yang lainnya, akan mempererat hubungan dengan pembaca blog anda. Sehingga blog anda bisa cepat ramai.

[…] Daripada sakit hati menanggapi komentar yang tak enak, menurut saya lebih baik mempromosikan isi blog kita biar bisa dibaca lebih banyak orang lagi. Caranya bisa anda baca di sini atau ini. […]

dan saya juga tertarik dengan web anda ini, sangat menginspirasi

terima kasih banyak pak Joko, artikel diatas pastinya sangat membantu:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.