🔴 Bagaimana Mendeteksi dan Menyediakan Kebutuhan Para Pelanggan Anda?

kepuasan pelanggan

Kunci utama berbisnis adalah kepuasan pelanggan. Anda bisa cek sendiri, hampir semua perusahaan selalu memiliki motto yang intinya adalah bagaimana mereka mampu memberikan kepuasan pada pelanggan agar pelanggan terus kembali mendatangi perusahaan mereka, besok, lusa, minggu depan, dan terus begitu…

Itulah yang juga harus ditawarkan oleh website atau blog anda. Puaskan pengunjung anda, dan berikan layanan lebih kepada setiap pelanggan anda. Tapi bagaimana mendeteksi dan menyediakan kebutuhan para pelanggan? Nah, ngomong-ngomong soal kepuasan pelanggan, saya punya cerita menarik.

Begini… beberapa hari yang lalu, saya sempat berkonsultasi pada salah seorang dokter spesialis gigi anak-anak. Dari pembicaraan kami, saya tahu bahwa dia sangat menyukai anak-anak. Dia juga sempat mengatakan bahwa saat seorang anak tumbuh dewasa, mereka akan butuh penopang, kemudian menikah, lalu yang paling penting, mereka akan memiliki anak-anak yang juga membutuhkan layanan kesehatan gigi.

Melihat kebutuhan yang besar seperti ini, dia kemudian merancang ruangan praktiknya nya dengan motif interior yang sarat nuansa kanak-kanak. Sehingga, saat pasiennya masuk, mereka bisa langsung berbicara dengan resepsionis, melakukan transaksi bisnis layaknya orang dewasa, dan menentukan jadwal janji untuk pemeriksaan selanjutnya.

Tidak hanya itu, dokter gigi anak tadi bahkan sempat mendekorasi wilayah resepsionis ini dengan lukisan-lukisan yang sangat sesuai dengan selera anak-anak; ruang tersebut dipenuhi dengan gambar lucu dan lukisan yang menceritakan tentang pentingnya pemeriksaan gigi sejak kecil.

Nah, menurut anda, bagaimana perasaan anak kecil yang menjadi pasiennya? Tentu saja, mereka akan sangat betah di sana. Mereka juga akan merasa nyaman dan kerasan dengan ruangan yang sangat sesuai dengan selera mereka.

Lalu, bagaimana dengan orang tua mereka? Saya yakin, jika anda adalah orang tuanya, anda mungkin akan terharu.

Bagaimana tidak? Anda akan senang saat anak-anak anda dengan tanpa paksaan akan mengunjungi dokter gigi! Tentu saja, ini pemandangan yang langka tapi bukan berarti mustahil untuk diterapkan.

Setelah itu, coba anda pikirkan kembali, kira-kira dokter manakah yang akan dipilih orang tua untuk perawatan kesehatan anak-anaknya? Tentu saja, mereka akan memilih dokter yang memang benar-benar mau bekerja sama dengan anak-anak, dokter yang memang suka pada anak-anak, dan dokter yang mengerti bagaimana karakter dan keinginan anak-anak.

Nah, saat pasien tersebut sudah mulai tumbuh dewasa, mencari pasangan, menikah, dan akhirnya memiliki anak-anak lagi, kira-kira siapakah dokter yang akan mereka pilih? Jangan terkejut jika suatu saat anda menemukan anak yang dulu pernah anda obati datang kembali pada anda. Mereka meminta anda untuk mengobati anak-anak mereka.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Satu hal: karena anda telah berhasil membangun persahabatan, kepercayaan, dan terutama mampu memberikan keinginan dan kepuasan pada mereka. Dan ini akan terus berlanjut hingga mereka dewasa, memiliki anak bahkan cucu sekalipun.

Mereka tidak akan pernah berpaling dari anda. Selama anda terus memenuhi keinginan mereka, memberikan yang terbaik pada anak-anak mereka, tanpa perlu anda suruh pun mereka akan mengunjungi anda. Terus begitu…

Nah, anda tentu berpikir, mengapa saya begitu panjang menggambarkan tentang dokter gigi dan pasiennya? Sebenarnya, apa yang ingin saya sampaikan? Begitu anda bertanya.

Pada dasarnya, saya menggambarkan proses ini bukan tanpa alasan. Dengan ilustrasi ini, saya hanya ingin menegaskan pada anda, bahwa apapun bisnis yang anda kelola, apapun strategi yang anda tawarkan, jangan pernah sekalipun mengecewakan pelanggan.

Teruslah memberi kepuasan pada mereka. Semakin besar kepuasan mereka, semakin besar kesempatan anda mendapatkan keuntungan. Dan ini hanya bisa anda lakukan jika anda mengerti keinginan, selera, dan minat pelanggan anda. Itu saja!

2 Comments. Leave new

keren artikel-artikelnya bang..
gak pernah bosen kalu mampir kesini buat belajar

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel Bagaimana Mendeteksi dan Menyediakan Kebutuhan Para Pelanggan Anda? sangat bagus, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.