🔴 Bagaimana Mengelola Resiko Bisnis Online

Resiko Bisnis Internet

Resiko bisnis dan sukses itu ibarat madu dan lebah. Keduanya berjodoh. Yang satu terkait dengan yang lainnya. Jika anda mau mendapatkan madunya, anda harus mau ambil resiko tersengat lebah. Kalau anda tak mau tersengat namun tetap ingin mendapatkan madunya, anda bisa menggunakan pakaian khusus yang menutupi tangan dan wajah anda. Itulah yang disebut mengelola resiko atau yang biasa disebut dengan istilah manajemen resiko.

Lalu, bagaimana mengelola resiko bisnis online?

Yang perlu diketahui, dalam bisnis apapun, baik bisnis online maupun non-internet, resiko itu mutlak ada. Tak bisa sama sekali dihilangkan. Yang bisa kita lakukan hanyalah meminimalkannya. Agar kita bisa mengelola resiko bisnis, menerapkan manajemen resiko dalam bisnis online perlu dilakukan.

Dalam sistem manajemen resiko bisnis, kurang lebih ada empat tahapan sebagai berikut:

  1. Mengenali resiko. Kita harus tahu resiko-resiko bisnis yang mungkin terjadi. Apa saja kira-kira resiko bisnis online anda? Resiko berupa produk tak laku, resiko produk dibajak, resiko rugi karena tak balik modal, dan resiko apa lagi lainnya? Ayo mari temukan.
  2. Menghitung resiko. Setelah kita kenali resiko-resiko yang mungkin terjadi, baru kita hitung resiko tersebut. Berapa besar kira-kira uang yang lenyap akibat resiko itu? Kalau untuk membangun bisnis online memang tak butuh uang banyak. Namun resiko kerugian yang ditimbulkan bisa jauh lebih besar. Artinya potensi penghasilan yang bisa diraup hilang begitu saja akibat tak terkontrolnya resiko-resiko tersebut. Misalkan berapa kerugian akibat produk anda dibajak. Atau misalkan saat situs web anda tak bisa diakses, berapa banyak orang yang mungkin awalnya berniat bergabung menjadi tertunda. Dengan menghitung resiko tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan anda dalam melakukan prioritas penanganan resiko bisnis.
  3. Menyiapkan strategi dan menerapkannya. Selanjutnya tinggal menyiapkan strategi dan menerapkannya. Kalau resikonya adalah produk anda dibajak, tentu anda harus siapkan pengamanan yang memadai untuk produk anda. Agar situs web anda tak beresiko mudah down, salah satu strateginya tentu anda perlu memilih web hosting berkualitas.
  4. Memantau resiko. Untuk mempermudah memantau resiko, sangat baik kalau anda buat daftar resiko bisnis online anda. Upayakan terus agar resiko itu bisa diminimalisir. Cari cara baru agar resiko itu terus bisa diperkecil. Jangan ragu melakukan perubahan kalau strategi yang anda lakukan tak berhasil seperti yang diharapkan.

Itulah langkah-langkah yang bisa anda jalankan dalam melakukan manajemen resiko bisnis online. Sekali lagi saya tegaskan resiko sama sekali tak bisa dihilangkan. Yang bisa kita lakukan hanyalah meminimalisirnya. Dan mau tak mau, seperti kata Mas Fadly, resiko harus kita hadapi. Untuk menghadapinya, kata Mas Iwan kita membutuhkan keberanian.

Tak ada yang perlu ditakuti dari resiko. Resiko juga bukan untuk dihindari. Sebab dalam setiap gerak kita resiko selalu melekat. Yang penting, selama resiko itu ada dalam kontrol anda, percayalah bisnis online anda berada dalam jalur yang benar untuk menapak kesuksesan.

Kenali resiko bisnis anda, kelola, dan terus maju berbisnis online!

Tanpa resiko bisnis, hidup kita jadi kurang menantang juga kan?

295 Comments. Leave new

Madu dan Lebah…

Analogi yang menarik. Madu dipadankan dengan laba. Lebah dipadankan dengan resiko.

Biaya untuk mendapatkan madu langsung dari sarangnya tentu berbeda dengan biaya untuk mendapatkan madu dari mini market terdekat.

Makasih, Pak. ^^

Berbisnis online ataupun offline pasti ada resikonya. Benar kita kalau mau sukses harus pandai mengelola dan meminimalisirnya.

Di dalam kata risk atau resiko terdapat rizki, beda dengan orang yang senang dengan comfort zone, rizkinya ya sudah bisa ditebak.

terima kasih pak joko susilo artikelnya sangat membantu saya, meskipun saya belum punya bisnis online sendiri, insya allah dengan artikel ini saya akan memulai bisnis online.

Setiap bisnis pasti memiliki resiko, termasuk bisnis online, tapi jangan khawatir, tips-tips yang diberikan Pak Joko di sini sangat ampuh untuk meminimalisir kegagalan… bukan begitu Pak?

Apapun pilihan dalam hidup pasti beresiko tak terkecuali dalam bisnis. Hadapi resiko memang lebih baik daripada lari hehe,,

bener banget pake setiap bisnis tentu memiliki resiko nah tinggal bagaimana kita sudah memperiapkan mensiasati dan memiliki plan a , b,c jika dalam perjalanan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan 🙂

ilmu sangat bermanfaat untuk kita semua pak joko. terima kasih

Farmville farms even include free gift that is especially designed for the neighbors on their farm visit.

At present, you have the opportunity not only to communicate but also to have fun
in social networks. The player had his picture, albeit with a strange grimace and geeky affects.

Tak ada bisnis tanpa resiko…

selalu menggunakan promosi gratis tapi efektif mas…. selamat berjuang dan sukses selalu…

There is no gain without risk, no gain without pain. Keep moving smartly.

Resiko bisnis memang selalu ada, namun kita juga harus mampu mengelola penghasilan yang kita dapatkan menjadi modal kembali, bukan begita ya mas?

setiap bisnis ada resikonya,namun ini adalah peluang untuk mencapai kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.