🔴 Bagaimana Menarik Pembeli

menarik pembeli

Anda masih bingung bagaimana cara menarik pembeli di website anda? Jika website anda memiliki traffic yang lumayan tinggi, tentu akan lebih bagus lagi bila traffic yang tinggi itu juga berdampak pada tingginya angka penjualan anda. Percuma saja bukan kalau traffic tinggi tapi penjualan seret?

Mungkin hal seperti ini yang tengah anda alami. Website anda sudah tak memiliki masalah soal traffic. Setiap hari sudah banyak pengunjung yang mengakses website anda. Tapi, sayangnya sebagian besar hanya numpang lewat saja.

Begitu pula kalau anda sebagai reseller. Pengunjung yang memakai link anda sudah membludak. Tapi masih sedikit yang melakukan pembelian. Tentu hal ini tidak seperti yang anda harapkan bukan?

Namun, tentu kemudian anda tidak malah frustasi, berdiam diri, dan enggan melanjutkan bisnis online anda. Tenang saja… Tak ada persoalan yang tak memiliki jawaban. Simak tips berikut ini. Cara efektif ini bisa dipakai selain oleh merchant, juga oleh reseller.

Tips Menarik Pembeli

1. Buat Headline Memikat
Bagian terpenting dalam halaman web atau sales letter anda adalah headline. Sebab headline atau judul yang pertamakali dilihat oleh pengunjung anda. Dan pengunjung punya waktu tak banyak. Biasanya setelah beberapa detik membaca headline, pengunjung memutuskan membaca isinya atau justru ‘minggat’ dari situs web anda.

Karena itu, headline anda harus memikat. Supaya pengunjung tertarik untuk membaca isinya sehingga kemudian bisa menarik pembeli. Headline yang baik harus bisa memancing keingintahuan pengunjung. Tuliskan hal yang luar biasa (tapi bukan berarti anda mesti berbohong). Pikat pengunjung secepat mungkin. Dan sampaikan value produk anda. Mengenai headline, ada beragam tipe headline yang bisa dipakai untuk sales letter anda.

Begitupun kalau anda sebagai reseller. Dalam iklan/promosi yang anda lakukan, pemilihan headline memegang peran penting untuk kesuksesan anda. Yakinkan headline yang anda gunakan cukup menggugah perhatian pengunjung serta mampu menggerakkan mereka bertindak seperti yang anda inginkan.

2. Anda, Anda, dan Anda, Bukan Saya
Banyak orang yang mungkin tak terlalu peduli seberapa keras dan sulit anda membuat produk atau memulai bisnis online. Yang mereka pedulikan hanya satu: “apa untungnya bagi saya?” Karena itu, sebagai penjual anda harus memahami sifat dasar manusia ini. Selalu tanyakan pada diri anda,”Apa keuntungan bagi konsumen anda?”

Lalu, persering gunakan kata ‘anda’ daripada kata ‘saya’. Serta selalu pahami apa yang pengunjung inginkan. Dan penuhilah. Pasti sales letter anda akan ampuh mendatangkan penjualan.

Tips ini juga pantas digunakan reseller. Perbanyak kata ‘anda’ dalam promosi yang anda lakukan. Ketahui apa yang sebenarnya pengunjung anda butuhkan. Dan jawablah lewat promosi/iklan anda.

3. Memenuhi Keinginan Pengunjung
Untuk meningkatkan traffic, satu hal mendasar yang perlu selalu diingat adalah penuhi keinginan pengunjung. Pahami mengapa mereka datang ke situs web anda. Pastinya, saat mereka membaca sales letter anda, mereka ingin pertanyaan yang memenuhi benak mereka terjawab. Mereka tak mungkin membeli produk yang tak jelas.

Karena itu, sebisa mungkin sales letter anda bisa menjawab keraguan mereka. Tawarkan berbagai keuntungan yang bisa mereka peroleh dengan membeli produk anda.

Coba pula posisikan diri anda pada posisi mereka. Kira-kira apa yang akan membuat anda sendiri keberatan untuk membeli produk yang ditawarkan? Tulis semuanya dan cari jawaban terbaik yang membuat siapapun tak bisa menolak apa yang anda tawarkan.

Dan satu lagi, kalau mereka sudah melakukan hal yang anda harapkan, jangan pernah kecewakan mereka.  Hal serupa bisa dilakukan reseller. Perhatikan materi promosi yang anda pasang. Apakah sudah menjawab keraguan pembaca iklan?

4. Berikan artikel gratis
Langkah lain meningkatkan traffic adalah dengan menulis artikel yang berkaitan dengan produk anda. Atau bisa pula tentang cara meningkatkan kemampuan para reseller anda.

Berikan informasi yang relevan dan bermanfaat. Tak perlu terlalu panjang. Satu sampai maksimal tiga halaman sudah cukup. Karakteristik tulisan di internet sebaiknya tak terlampau panjang. Sebab, pengakses internet rata-rata malas membaca artikel yang bertele-tele. Mereka ingin tulisan yang singkat dan padat. Selain juga karena membaca di komputer tak senyaman membaca di atas kertas.

Dengan menulis artikel, perlahan juga akan meningkatkan reputasi anda. Sehingga nantinya anda akan dianggap pakar dalam bidang yang anda geluti. Yang penting anda konsisten dengan apa yang anda tulis. Kemudian daftarkan pula artikel anda di direktori. Langkah ini pun akan membantu memperbesar traffic anda.

Kalau bagi reseller bagaimana? Reseller pun bisa melakukannya. Dengan membuat artikel yang berhubungan dengan produk yang dipasarkan. Akan tetapi, memang lebih baik bila reseller paling tidak punya blog.

5. Minta pengunjung beraksi
Kalau anda ingin pengunjung membeli produk anda, sangat baik jika anda pandu mereka untuk melakukannya. Misal, anda bisa tulis kalimat seperti “Klik di sini untuk memesan” atau “Pesan sekarang sebelum kehabisan”. Tak perlu malu-malu. Mintalah secara terus terang.

Begitupun bagi reseller, cantumkan secara terus terang apa yang anda inginkan. Minta pembaca iklan untuk mengklik link anda.

Bila dilakukan secara konsisten, langkah-langkah di atas akan sangat membantu anda untuk bisa merasakan nikmatnya mendapat uang dari internet setiap saat. Gampang kan menarik pembeli?

123 Comments. Leave new

bermanfaat banget tipsnya diatas bagi saya akan saya coba terima kasih pak joko..

makasih pak joko,,,hal yang saya cari ada di artikel ini,,,bermanfaat banget pak

bravo

yang paling sulit kalau pembelian harus menyertakan kode sales. seringkali pembeli tidak mencantumkannya dan akhirnya sales tidak dapat poin penjualan.
solusinya bagaimana mas joko ?

Bikin content sudah, tinggal mendatangkan trafik. Ini yang perlu extra usaha lagi.

terima kasih atas ilmunya.Semoga pengunjung indonesia bisa seperti itu.

terima kasih pak joko atas tips-tipsnya, sangat bermanfaat

pengamatan saya, pola calon pembeli/konsumen dalam bisnis online lebih memilih terus lari ke website utama ketika mereka tahu ternyata bahwa iniadalah link reseller/ affiliasi. Satu contoh misalnya ketika mereka klik link http://www.jualapa.com/aff=ddd, maka mereka akan cenderung beralih masuk melalui http://www.jualapa.com. Saya tidak tahu persis apa masalahnya. Apa kita tidak ingin berbagi dengan orang lain , ataukah mereka tidak “percaya” pada reseller atau affiliater. Sehingga ketika ini dikaitkan dengan point no 5 dr tulisan pak Joko , minta pengunjung beraksi, maka aksi pengunjung adalah kebanyakan “lari” menuju web asal kalau mereka “berminat” dengan produk/jasa yang ditawarkan para reseller/affiliater sehingga reseller/affiliater hanya dapat pengunjung doang, tanpa dapat uang. Semoga pengamatan saya ini 100% salah

[…] Konversi. Konversi adalah kunci utama kedua peningkat penghasilan bisnis online anda. Dari tingginya traffic yang anda dapat, seberapa besar yang kemudian berhasil diubah menjadi transaksi, itulah yang disebut konversi. Mengenai pentingnya konversi pernah diulas di blog Businessman Mas Ricky dan di JokoSusilo.com. […]

[…] saat yang berbeda, bisa jadi traffic anda lumayan ramai tapi sepi transaksi, maka anda harus mampu mengubah pengunjung menjadi pembeli. Inilah tantangan anda sebagai seorang pebisnis […]

[…] Dijamin, promosi anda tak akan gagal! Pengunjung yang merupakan target pasar yang tepat akan dengan suka rela menjadi pembeli produk anda. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.