🔴 Blog Anda Sudah Punya Slogan dan Tagline?

slogan

Sebelum membahas tentang slogan dan tagline, bagi anda yang telah menyelesaikan game pada posting sebelumnya, anda bisa lihat jawabannya di gambar sebelah. Sederhana kan?

Asal kita kreatif dan tak berhenti ACTION, PASTI selalu ada jalan atas masalah yang tengah kita hadapi.

Lanjut ke pembahasan kali ini yaitu mengenai slogan dan tagline blog.

Sudahkah blog anda memiliki slogan dan tagline?

Setelah punya nama blog, aspek penting dari blog yang tak bisa anda tinggalkan adalah tagline dan slogan. Keduanya berbeda namun memiliki fungsi saling terkait dan saling menguatkan untuk branding dan positioning blog anda.

Sebentar… sebelum masuk terlalu jauh, saya ambilkan contoh yang sangat familiar dengan anda. Anda tahu kan tagline “the power of dream”, “connecting people”, atau “lebih cepat, lebih baik!”? Atau slogan “lanjutkan!”, “ayo maju!”, dan “ayo ke bank!”.

Memang tak semua produk/jasa memiliki tagline dan slogan. Ada yang hanya punya tagline saja. Ada yang hanya memiliki slogan saja. Banyak pendapat juga yang menyamakan antara slogan dan tagline.

Namun saya cenderung membedakannya. Tagline menggambarkan kelebihan produk atau fokus layanan. Sementara slogan sifatnya mengajak dan biasanya memiliki tujuan spesifik. Secara usia, tagline biasanya berumur lebih lama dibanding slogan.

Nah kembali ke tagline dan slogan blog, keduanya perlu dimiliki untuk memperkuat identitas blog anda. Sebagai contoh di blog JokoSusilo.com memiliki tagline “Saatnya tekuni bisnis online lebih serius…”. Membaca tagline tersebut, pengunjung sedikit banyak akan langsung menangkap kalau isi utama blog saya adalah soal bisnis online.

Lalu slogan blog JokoSusilo.com adalah “Stop DREAMING, Start ACTION!”. Slogan tersebut merupakan bentuk ajakan saya kepada anda semua untuk segera ACTION berbisnis online. Mengingat banyak sekali orang yang banyak memiliki angan-angan, namun sedikit yang mengimbanginya dengan ACTION! Banyak yang ingin berbisnis online, namun keinginan itu hanya diinginkan saja dan bukan diwujudkan dalam tindakan.

Sejumlah rekan pun sudah memiliki tagline seperti blog Mas Winarno dengan “Ikuti Kata hatimu… untuk meraih sukses tanpa henti”. Dan di blog Mas Ahmad Wasim dengan “Seputar Bisnis Internet dan Tips-Tips Sistem dan Strategi Marketing”.

Bagaimana membuat slogan dan tagline blog?

Tagline berhubungan dengan brand blog anda. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk membuat tagline blog, yaitu seperti apa kepribadian anda, apa topik utama blog anda, serta siapa pembaca blog anda. Sementara slogan berkaitan dengan kampanye apa yang sedang anda suarakan.

Yang jelas, dalam membuat slogan dan tagline, kalimatnya harus singkat, jelas, dan bermakna agar mudah diingat!

Apakah semua blog perlu slogan dan tagline?

Minimal memiliki salah satunya. Dan kalau pun memiliki keduanya, harus tidak bertabrakan atau terjadi kontradiksi antara tagline dan slogan.

Bagaimana dengan blog anda? Anda mau latihan membuat slogan dan tagline untuk blog anda? Silakan tuliskan dalam kotak komentar. Sampaikan juga pendapat anda tentang posting ini.

Oh ya… ada satu kabar untuk anda. Besok tanggal 18 Juni ’09 saya akan posting sebuah pengumuman menarik. Saya jamin ini akan menjadi berita menggemparkan untuk anda semua. Dijamin. Silakan ditunggu!

Segera lengkapi blog anda dengan slogan dan tagline, Salam ACTION!

454 Comments. Leave new

Pak Joko, blog saya hanya berisi pengalaman sehari-hari,ttp kami punya toko offline alat tulis kantor,gimana caranya supaya keduanya bisa berjalan,kira-kira apa slogan/tagline nya,dan bgmn cara mempromosikan iklan alat tulis di blog saya.
Saya tunggu jawabannya.

saran saya, arahkan promosinya ke lokal market dengan internet

salam kenal pak joko. saya pemula dalam hal blog pak
apa slogan yang pas untuk bisnis percetakan pak?

sepertinya sudah lama saya mempunyaainya mas.. dan alhamdulillah banyak yang tertarik…

tampaknya saya juga akan membuat slogan untuk website saya

sloganku bagus nggak ya seratan putra pasundan?? apakah terlalu berlebihan slogan ntu???

halo mas joko, memulai itu emg sesuatu yg berat bagi saya, dan kini pun saya harus memulai kembali membangun blog, dan tak lupa slogan pun sudah saya sematkan d blog baru saya, “BACA tak SELALU BOSAN” bagaimana pendapat mas joko ??

untuk tagline bisa disesuaikan dengan niche-nya, dan sebaiknya tidak memakai kata “tidak/tak”.

kira kira yg tepat menurut bapak apa ya ?? bisa berikan masukan sedikit pak

bisa lihat contoh beberapa tagline dari blog terkenal di sini.

haha saya sudah dapat pak, “apapun bacaannya, bukanya infohendra.blogspot.com” kepnjangan atau ok pak ??

Artikel yg sangat membantu, terima kasih Pak

If I agreed with you we’d both be wrong.

Inspirasi Kehidupan dari Aceh adalah slogan blog saya. Tapi artikelnya masih belum konsisten euy 😀

mau juga pak…
mantap….!!!

ok makin ngerti nih sekarang…

nice…. makin paham aja

Ooooooo, tambah ngerti saya

makasih Atas infonya bos !
Salam Kenal

Terima kasih atas informasinya mengenai JBlog Anda Sudah Punya Slogan dan Tagline?. Semoga kita bisa selalu Stop Dreaming Start Action ya Pak!

[…] usaha buat mewujudkannya.karena dengan usahalah impian akan jadi nyata. Seperti juga yang dikatakan joko susilo komitmen stop dreaming untuk masa depan yang lebih baik” maka mulai sekarang lakukanlah […]

Setuju mas Joko, tapi saat ini saya baru menimba ilmu tentang bisnis online, belum sampai pada ACTION bagaimana saya membuat slogan dan tagline.

[…] Dreaming start in Action seperti juga slogan Joko susilo merupakan suatu jawaban dan mampu memberikan anda sugesti/pengaruh positif untuk termotivasi […]

belum punya

saya tuch masih awam, tapi saya pingin, mohon informasikan ke saya bagaimana langkah2nya saya bisa seperti anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.