🔴 Cara Membagi Waktu untuk Mahasiswa Wirausaha

Membagi Waktu untuk Mahasiswa Wirausaha

Ada pertanyaan menarik dari Fathurrahman soal cara membagi waktu bagi mahasiswa yang hendak memulai wirausaha di posting tips antigalau mulai usaha. Begini pertanyaan lengkapnya.

Maaf pak. Saya masih belum bisa maksimal bagi waktu. Masih kuliah lagi 2 tahun ini. mungkin ada tips or terobosan pak…? trims.

Menjadi mahasiswa sambil mulai wirausaha merupakan hal yang baik. Sebab sejak dini bisa melatih diri menjadi wirausaha mandiri. Namun tidak elok juga jika kemudian keasyikan memulai bisnis membuat kuliah menjadi terbengkalai.

Lalu bagaimana solusinya?

Ada tujuh tips mengatur waktu bagi mahasiswa wirausaha yang akan saya bagikan di sini.

  1. Bagi waktu anda sebaiknya-baiknya. Bagi waktu anda antara kuliah, bisnis, dan bersosialisasi. Mulai hari anda dengan selalu mengatur perencanaan anda hari ini, dan pastikan anda disiplin menjalankannya.
  2. Kerjakan tugas kuliah anda segera. Bila anda mendapatkan tugas kuliah, segera kerjakan biar cepat kelar. Matikan juga Facebook anda. Sering mungkin dalam pikiran anda “Saya main facebook dulu, baru garap tugasnya nanti”. Atau mencoba belajar sambil facebook-an. Dijamin itu tidak akan efektif. Yang terbaik tetaplah kerjakan tugas anda terlebih dulu sampai selesai.
  3. Belajar tetapkan prioritas anda. Seperti contoh pilihan untuk memainkan Facebook dan menyelesaikan tugas di atas, anda juga akan dihadapkan dengan berbagai pilihan-pilihan lainnya. Di sinilah anda belajar untuk mengatur prioritas anda. Apa yang terpenting dan terbaik, itulah yang harus anda prioritaskan.
  4. Soal memilih usaha, jika anda khawatir tidak punya banyak waktu untuk usaha anda, anda bisa pilih usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Cukup 1-3 jam sehari misalnya. Contohnya?
    Kalau di bisnis online misalnya bisa menjadi affiliate/reseler. Intinya yang cukup tidak banyak memakan waktu. Banyak bisnis online yang menawarkan afiliasi, salah satunya seperti produk jam slapia.
  5. Saat libur kuliah adalah saat yang pas untuk membuat proyek wirausaha anda terwujud. Jika anda punya ide bisnis, saat liburan kuliah ini adalah saat yang tepat untuk ngebut mengeksekusinya.
  6. Kalau anda memilih bisnis yang banyak memakan waktu, anda mungkin perlu kurangi waktu istirahat anda dan kurangi juga jam nonton televisi.
  7. Kalau anda berbisnis online, saat anda sedang di kampus, anda bisa manfaatkan jam istirahat kuliah untuk mengecek bisnis online anda. Dari laptop, netbook, atau warnet, anda bisa pastikan bisnis tetap berjalan dengan baik selama anda tinggal kuliah tadi.

Inilah tujuh cara membagi waktu bagi mahasiswa wirausaha. Rekan-rekan punya tips lainnya bagi mahasiswa yang mau mulai wirausaha? Mari sharingkan…

137 Comments. Leave new

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel Cara Membagi Waktu untuk Mahasiswa Wirausaha sangat bagus, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

Terima kasih tipsnya.. Kalau saya sih masih persiapan kuliah, tapi sedang mengejar SBMPTN, dan saya berwirausaha juga.. Cukup sulit sih bagi waktunya juga ..

kalau untuk anak sekolah Gimana ?

tips di atas juga bisa diterapkan untuk anak sekolah

bagus an tipsnya,bisa saya jadikan referensi untuk mencoba mnjadi wirausahawan sukses walaupun masih menempuh kuliah…

Assalamualaykum pak, saya dari SMA sudah biasa berdagang kecil2lan sama orang tua saya. Tapi pas Kuliah ini saya ingin memiliki usaha yang seperti itu lagi namun terhambat masalah transportasi karna kampus saya agak jauh dari pusat kota? mohon solusi nya ya pak,
Terimakasih,

anda bisa atur bisnis anda sesuai dengan waktu yang anda miliki. manfaatkan waktu sebaik-baiknya

paak saya kok tetep masih bingung.. saya selalu ikutin posting dari pak joko untuk menunjang bisnis OL saya .. kadang2 saya pake kata2 pak joko utk ngajakin temen2 bisnis OL via FB.. tapi knapa bisnis saya tetep ngga maju2 pakk bantu saya.. bagaimana mendapatkan/ menaikkan pelanggan via OL. terimaksaih pak…

kuncinya tetap, perbanyak traffic dan tingkatkan konversinya, agar penjualan meningkat.
boleh tahu bisnisnya apa?

Tips yang sangat bagus dan bermanfaat, akan mencoba untuk menerapkannya. 🙂
Dulu waktu aku masih semester 1 aku belum mengenal bisnis, dan nilaiku masih normal atau lumayan, tapi semenjak semester 2 aku mulai apa itu bisnis, dan aku terjun di bisnis online yaitu: PTC, Survey online, affiliasi, tapi karena ada 17 yang aku ikuti semuanya jadi amburadul tidak karu-karuan, nilai kuliahku merosot sampe dengan saat ini, semester dua ada nilai E, dan saat ini (semester 3) sudah agak mendingan karena bisnis yang aku jalani aku kurangin, terkadang kalau menyelesaikan tugas sambil fb’an echh… palah gak jadi nyelesain tugas palah kebawa ke bisni online, akhirnya amburadul kan? selain bisnis online aku juga juga menjalani bisnis nyata, sejujurnya aku tergiur dengan bisnis dikarenakan uang kuliah masih kurang, makanya aku ikut bisnis, gak taunya palah gak bisa mengatur waktu Aduchhh2 gimana ini aku… Uang bisnis gak ngumpul banyak palah nilai kuliah ada yang E jadi harus ngulang lagi ni

Sukses selalu untuk pengusaha muda

pengalaman yang menarik mas. saran saya, fokus di satu dulu. asalkan satu kalau optimal, saya yakin kalau cuma buat bayar kuliah cukup 🙂

lebih detail dong mas infonya….

Tpi, kalau untuk SISWA SMK, gimana tuh pak?

wah artikelnya tips bagus banget nih, mengingat saya sebagai mahasiswa juga sangat berminat sekali dalam bidang wirausaha, khususnya belajar bisnis online, sejauh ini saya masih bisa membagi waktu antara kuliah dan berbisnis online..

Tips nya membantu, tapi mengenai masalah Facebook,banyak loh yang sekarang buka Toko Online di FB. jadi gak apa lama-lama buka FB asal niatnya cari uang kan mas? he,he,he..

terimakasih pencerahannya… harus segera di coba nih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.