🔴 Do What You Love and The Money Will Follow…

Do What You Love and The Money Will Follow...

Pernah mendengar kalimat “do what you love and the money will follow”? Setelah menggeluti bisnis online sekian lama, lalu juga membuat blog, dan menjelajahi ribuan blog dan situs web dari dalam maupun luar negeri dengan beragam topik, akhirnya saya berujung pada satu kesimpulan bahwa kesuksesan sebuah blog atau situs web sangat bergantung pada seberapa besar anda mencintai atau menyukai topik blog/situs web anda. Jadi, sama sekali bukan karena pengetahuan yang anda miliki, tapi karena kecintaan anda pada topik tersebut.

Pebisnis online maupun blogger yang bisa bertahan bahkan terus maju biasanya yang topik blog/situs webnya sesuai kecintaan mereka. Kalau topiknya tak sesuai minat, biasanya yang terjadi cepat atau lambat, nasib blog/situs webnya akan segera menemui “ajal”-nya.

Ketika pertama kali berniat membuat blog, mungkin awalnya kita buka-buka blog lain. Lalu kemudian kepincut dengan sebuah blog yang sukses, yang punya banyak pengunjung dan banyak mendatangkan uang. Kemudian kita jadi berpikir untuk membuat blog yang sama topiknya. Padahal mungkin kita tak menyukainya. Yang kita pikirkan hanya agar blog yang kita buat punya traffic tinggi dan mampu mendulang uang.

Yakinlah, sebetulnya topik blog apapun yang anda usung, memiliki peluang sukses yang sama. Tinggal seberapa baik content yang anda berikan kepada pengunjung.

Just DO what you LOVE and the MONEY will FOLLOW!

Intinya, anda harus terjun ke topik yang BENAR-BENAR anda minati. Karena bila tidak, anda sulit untuk menjiwainya. Dan pada akhirnya anda akan kehilangan minat untuk mengisi contentnya. Sebaliknya, kalau kita cinta dan senang terhadap topik yang kita tulis, sampai kapanpun kita tak akan pernah berhenti untuk terus mengeksplorasinya.

Memang kadang aktivitas ngeblog, terutama di awal-awal terasa sangat berat. Butuh konsentrasi, tenaga, serta waktu yang cukup banyak untuk menanganinya. Terlebih sebagian besar dari anda mungkin punya kesibukan lain. Mungkin anda merangkap sebagai ketua RT/RW di kampung atau pekerjaan harian anda cukup padat.

Dan yang lebih berat, saat anda merasa sudah berusaha cukup keras, namun ternyata hasilnya belum dirasa sepadan. Jarang ada pengunjung dan pemberi komentar di blog anda. Tak ada link yang menyambung. Dan pastinya tak ada uang yang mengalir.

Saat itulah, biasanya anda mengalami masa terberat. Namun, percayalah, teguhkan kepercayaan anda. Yakinlah bahwa tak ada yang sama sekali sia-sia di muka bumi ini. Termasuk jerih payah anda ngeblog pasti akan terbayar.

Satu hal yang akan sangat membantu anda saat masa sulit seperti itu adalah kecintaan anda terhadap apa yang anda tulis. Bila anda benar-benar mencintai apa yang anda tulis di blog, urusan uang menjadi nomor dua. Yang utama, hanyalah anda bisa menulis pada topik yang sangat anda cintai. Anda tak akan berhenti sekalipun hasilnya belum memuaskan. Anda akan terus menulis dan menulis. Tak pernah berhenti…

Bila anda sudah berada pada kondisi ini, ngeblog bukan lagi semata pekerjaan bagi anda. Ngeblog sudah menjadi jalan hidup anda. Menjadi bagian dari diri anda bahkan. Dan anda akan selalu menikmatinya.

Saya jamin kalau anda sudah dalam kondisi seperti ini keberhasilan blog anda hanya soal waktu. Keuntungan yang tak terkira pasti akan anda rasakan. Bila tak sekarang, besok, atau lusa, saya yakin suatu saat anda pasti akan merasakan betapa nikmat dan beruntungnya menjadi blogger.

Tak sulit memiliki blog atau situs web yang menghasilkan banyak uang. Yang anda butuhkan hanya totalitas. Totalitas bukan berarti anda harus menghabiskan waktu 24 jam sehari 7 hari seminggu berada di depan layar monitor. Totalitas berarti rasa menyatu anda dengan blog anda. Blog anda telah menjadi bagian dari diri anda. Dan karena itu, anda akan memberikan perhatian penuh padanya. Memperhatikan perkembangannya serta merawatnya sepenuh hati. Dengan suka cita berbagi ilmu dan pengetahuan kepada pengunjung blog. Serta berbagi rasa pula.

Kalaupun motivasi utama anda ngeblog untuk mendapatkan uang juga tak salah. Asal anda mengelolanya secara serius dan konsisten, uang hanyalah “akibat” yang harus anda terima.

Yang paling penting hanya rasa cinta terhadap topik yang anda pilih. Bila anda senang, maka sampai kapanpun anda akan terus bertahan untuk ngeblog. Serta akan terus belajar bagaimana untuk selalu memberikan content terbaik kepada pengujung. Kecintaan dan minat anda adalah kekuatan terbesar untuk sukses pada topik apapun yang pilih.

Mungkin bisa saja anda mempekerjakan orang untuk menulis topik yang tak anda suka. Tapi itu bukan jaminan blog anda bisa sukses. Karena bagaimanapun andalah yang bertanggung jawab terhadap mati-hidup blog anda. Dan berkat kecintaan yang mendalam anda terhadap bidang yang anda geluti, maka anda akan menjalaninya dengan sepenuh hati.

Kalaupun anda mencari penulis, saran saya anda tetap harus mengontrol tulisan yang dihasilkannya. Serta dalam mencarinya, pilih penulis yang suka membaca, selalu mau belajar dan bermental pantang menyerah. Dengan begitu, bisa dipastikan kualitas content blog anda terus meningkat. Namun begitu, sekali lagi, anda tetap harus mengontrolnya.

Jadi intinya anda harus menyukai topik yang akan anda tulis. Mengenai kemampuan teknis bisa anda pelajari kemudian. Seperti mengasah skill berpromosi misalnya.

Kalau misalnya ada pertanyaan begini: Mana yang anda pilih topik yang menghasilkan uang atau yang populer? Saran saya, pilih topik yang anda cintai. Tak ada saran lain. Seperti kata judul di atas: “Do what you love and the money will follow…”

256 Comments. Leave new

makasih ya pak joko. semua artikel nya sangat ber manfaat untuk terus semangat buat cari duittt >.<

benar sekali pak joko,,,segala sesuatu nya harus jadi passion. Tanpa itu semua, mustahil mendapat kesuksesan. karena kalo sudah jadi passion segala rinttangan akan dihadapi dengan mudah.

sukses terus

betul, banyak yang asal mulanya dari hobi menjadi ladang mencari uang…

[…] Lakukan yang disuka. Betul, anda juga bisa menghasilkan uang dari kegiatan yang tidak anda suka. Tapi anda akan bisa menghasilkan lebih banyak uang jika melakukan hal yang anda sukai. […]

[…] dan Jonru bisa menjadi penyair dan penulis hebat. Karena mereka mencintai yang dilakukannya. Lakukan apa yang anda cintai. Makin anda lakukan, makin bersemangat dan nikmat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.