🔴 Menentukan Keyword Untuk Menarik Lebih Banyak Pembaca

Menentukan Keyword

Menentukan keyword yang tepat berpengaruh terhadap kesuksesan blog. Karena kesuksesan blog sangat tergantung dari banyaknya pengunjung yang datang. Mereka datang karena mengetik keyword tertentu, dan akan ikut menilai apa yang sudah anda lakukan selama ini terhadap blog anda. Artikel yang anda buat pun akan mendapat komentar. Jurus-jurus mendapat uang dari internet akan lebih banyak menemui sasaran. Dan produk yang anda promosikan juga punya peluang lebih besar untuk menghasilkan uang.

Bayangkan kalau blog anda tak ada yang datang. Sepi dan sunyi seperti di kuburan. Sereemmm! Jangankan ada yang klak-klik banner iklan, tahu kalau anda punya blog saja tidak mungkin.

Kalau blog terus-menerus sepi, Anda pasti lama-lama malas mengurusinya. Buat apa mengerjakan sesuatu yang hanya buang waktu, tenaga, dan uang? Meski anda suka nulis, tapi toh kok kayaknya anda hanya hidup sendirian di dunia internet. Tak ada yang tertarik mampir di blog anda buat sekedar bertegur sapa atau melirik promosi produk. Kalau seperti itu, semangat anda lama-lama bisa melorot. Sampai kemudian anda melupakan sama sekali kalau anda punya blog.

Agar itu tidak terjadi, anda perlu baca kiat-kiat mudah di bawah ini. Supaya lebih banyak pembaca yang datang dan duit jadi melimpah.

Menentukan keyword.

Menentukan keyword yang tepat betul-betul menjadi kunci kesuksesan blog anda. Keyword jadi alat untuk menggambarkan isi artikel secara keseluruhan. Apalagi kalau anda sering update artikel, keyword akan sangat membantu pembaca untuk menemukan tulisan yang dicari.

Langkah gampang yang bisa anda lakukan:

  1. Perkaya variasi keyword. Keyword yang anda tulis bisa dibuat bervariasi. Tidak hanya to the point tentang isi, tapi keyword bisa dicari sinonimnya. Semakin beragam keyword yang anda buat, semakin besar peluang pembaca menemukan tulisan anda. Misal, anda nulis tentang cara mendapat uang dengan blog, pakai variasi keyword “uang blog”, “duit blog”, dan lainnya
  2. Jaga kualitas isi. Isi blog harus menjadi perhatian utama. Karena begitu pembaca mendapat blog yang isinya menarik dan bagus, berikutnya berulang-ulang mereka akan datang ke blog anda. Sebaliknya, kalau isi blog anda tak bagus, jangan harap mereka kembali. Karena itu, jaga selalu kualitas blog anda.
  3. Fokuskan isi. Daripada menulis beragam tema, saya sarankan menulis tentang satu tema saja. Fokuskan isi blog anda. Supaya mempermudah orang untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Isi yang fokus juga cara terbaik melakukan SEO.

Gabung dan kembangkan komunitas.

Promosikan blog dengan bergabung komunitas. Semakin banyak saluran untuk mempromosikan blog anda, semakin besar pengunjung yang akan datang. Sehingga makin besar juga peluang produk anda untuk laris.

Cara yang bisa anda lakukan:

  1. Gunakan ezine dan email newsletter. Ini alat promosi efektif untuk mengenalkan diri dan blog anda. Yang selanjutnya akan mengantar orang-orang ke blog anda.
  2. Gabung forum. Ikuti forum yang terkait dengan blog yang anda buat. Kalau blog anda tentang internet marketing misalnya, gabung dengan forum sejenis. Dan aktiflah di forum tersebut, biar banyak orang tahu kalau anda punya blog tentang internet marketing.
  3. Komentar. Salah satu keunggulan blog adalah interaksi antara pemilik dan pengunjung. Karena itu, jangan sampai hal ini tak ada di blog anda. Buat tempat komentar supaya mereka bisa mengomentari blog anda. Pembaca juga senang kalau bisa membaca komentar-komentar sebelumnya.
  4. Buat interaktif. Selain dengan menyediakan tempat berkomentar, jalinan hubungan anda dengan pembaca juga bisa dilakukan dengan membuat polling, kuis, atau voting. Biar pembaca lebih betah di blog anda.

Langkah-langkah mudah menentukan keyword di atas bisa segera anda praktekkan, kesuksesan blog sangat tergantung dengan apa yang anda lakukan.

98 Comments. Leave new

Artikel yang berkualitas memang bisa menarik banyak pengunjung, dengan demikian dapat kita jadikan untuk manghasilkan sesuatu yang lebih pada blogkita

Untuk riset keyword dan variasinya saya biasanya menggunakan alat bantu Google Keyword Planner.
Nice share mas Joko.

Makasih mas buat tips nya.. Sangat bermanfaat maa.. Di tunggu tips2 paling baru nya mas

Senang sekali memang berkunjung ke bognya pak Joko ini. Banyak ilmu yg bisa diserap. khusus untuk berinteraktif dengan pengunjung blok, apakah tidak memakan tempat terkait dari blog tersebut? (semakin banyak yg berkomentar apakah blog tersebut ga semakin berat dibuka?)

saya dulu pernah mencoba membuat postingan dengan keyword yang terlalu umum. Berhasil sih dapat posisi pertama di google, tapi kata kuncinya ternyata jarang dicari orang

Mau buat email newsletter, tapi blognya gado-gado. Masih bingung juga pak, mau gaet pengunjung agar konsisten datang ke blog kita

Sangat sangat bermanfaat mas artikelnya beserta trik untuk memperbanyak keyword kita. Mas, saya mau tanya sedikit : apakah semua queries itu merupakan kata kunci yang potensial dari google ? yg mana yg harus kita optimasi, artikel sumber kata kunci itu atau kata kunci tersebut kita buat artikel yang baru ?. Tk sebelumnya mas.

Judul dan isi tulisannya bagus, sederhana tapi mantap. Matursuwun pak…. ini sangat membantu dan memotivasi saya untuk ngblog lebih serius. Salam….

Berarti, kontennya harus berkualitas dan di senangi pembaca serta, keyword yang bervariasi dan terlihat alami ya, makasih pak Joko.

Nice information thanks Pak Joko atas sharenya. Tinggalkan sekarang ACTION-nya.

kayanya yang pokus itu pa yang susah…. caranya supaya kita bisa pokus itu gimana ya pa ?

terima kasih pak joko untuk ilmu-ilmunya

Info yang sangat hebat mas,jangan sungkan kunjungi juga blog saya tentang blakblakan yang di pimpin oleh marketer kaliber dunia asal indonesia rudy setiawan

sepertinya mudah tapi sulit banget cari keyword yang jitu..

kata-katanya sangat menjual mas…. sukses terus ya…

Terima kasih gan untuk masukan-masukannya, akan saya coba dalam menaikan jumlah penjualan saya…

trimakasih atas tps nya ini sangat bermanfaat buat pengetahuan saya

wah..harus semangat lagi nich..masih banyak yang harus dilakukan dengan blog…thanks buat infonya:>
kunjungi blog saya ya pak…kalau ada masukan..dengan senang hati menerimanya:> makmum masih newbie:>

[…] Non teknis misalnya tujuan anda blogging untuk apa, lingkup bahasan blog anda apa saja, target pembaca blog anda siapa dan lainnya. Sedang kesiapan teknis seperti tak adanya gangguan untuk blog anda, […]

[…] akan memandu langkah-langkah blogging anda nantinya. Apa tujuan blogging anda? Apa topik blog anda? Siapa target pembaca anda? Bagaimana promosi blog anda? Berapa hari sekali anda memposting baru? Dan pertanyaan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *