🔴 Ideeli, Contoh Usaha Bisnis Sukses di Internet

Ideeli, Contoh Usaha Bisnis Sukses

Nah, sebelum memberikan ucapan hari raya idul fitri nanti tiba, saya ingin sharing terlebih dahulu mengenai contoh usaha bisnis di internet. Mungkin ini nanti bisa menjadi “oleh-oleh” bagi anda nanti waktu berkumpul bersama sanak-saudara untuk membicarakan peluang usaha bisnis yang mungkin bisa di-ACTION-kan.

Penasaran apakah contoh usaha bisnis ini?

Kali ini saya ingin membawakan salah satu kisah sukses dari internet. Nama webnya Ideeli. Contoh bisnis retail di internet ini berkonsep private shopping. Jualannya macam-macam. Dari pakaian, sepatu, tas, sampai asesoris.

Yang hebat, tahun 2010 lalu, web ini pendapatannya mencapai 77,7 juta us dollar–silakan hitung sendiri jika di-rupiahkan :)–, meningkat drastis dari pendapatannya yang pada 2007 baru pada kisaran 189 ribu us dollar.

contoh usaha bisnis

Setahun lalu kalau tak salah ingat, saya sempat melihat “penampakan” web berkonsep sejenis ini di Indonesia. Namun, waktu saya coba cari kembali tadi, belum ketemu. 🙂

Namun yang terpenting, apa yang bisa dipelajari dari kesuksesan Ideeli?

  1. Membership. Web shopping ini bertumpu pada membernya. Web ini punya lebih dari 4 juta member. Pertumbuhan bisnisnya sejalan dengan peningkatan jumlah membernya yang bertumbuh secara viral. Bagi yang sudah belajar di Formula Bisnis, pasti ingat kan pentingnya kontak list?
  2. Eksklusivitas. Citra eksklusif dibangun selain dengan menerapkan konsep private shopping, juga lewat produk-produknya yang bermerk. Produk-produk merk terkenal dijajakan di web ini.
  3. Dikemas serius. Tiap produk dikemas secara serius. Sampai konon foto studio mereka tanpa henti terus beroperasi siang dan malang untuk memotret para model yang mengenakan produk yang dipasarkan.
  4. Tanpa seo. Siapa bilang tanpa SEO juga tak bisa sukses untuk usaha bisnis di internet? Web ini adalah contohnya. Bukannya orang-orang di Ideeli tak mengerti SEO, tapi mereka memang tak ingin isi dari webnya “bertebaran” ada di search engine. Dengan begitu citra eksklusif yang ingin dibangun tumbuh makin kuat.
  5. Viral marketing. Perkembangan jumlah member web ini ditopang oleh viral marketing, sejak member baru bergabung dan seterusnya lewat teknik viral-viral marketing lanjutannya.
  6. Penawaran spesial. Diskon gila-gilaan untuk produk bermerk terkenal membuat banyak orang berburu belanja lewat web ini.
  7. Teknik marketing. Beberapa teknik marketing lainnya yang juga sempat saya ulas di blog ini, juga diterapkan dengan baik oleh web ini.
  8. Akrab. Bukan hanya dengan konsumen, web ini juga mampu berakrab ria dengan supplier (ingat ilmu InstanX kan? ). Merek-merek terkenal yang menjadi supplier dari toko online inipun sangat senang karena kemampuan menjual web ini yang sangat fantastis. Jumlah supplier yang dimiliki web ini mencapai ribuan.

Itu delapan hal yang saya pelajari dari contoh usaha bisnis retail Ideeli ini.

Oh ya, satu lagi, pendiri web ini, Paul Hurley, juga tak memulai bisnis retail ini sejak muda. Tapi baru empat tahun lalu, saat usianya juga sudah lewat 40 tahun. Jadi, betul seperti kata Pak Lehmann: “Never Too Late to Get Yourself Improved”. Tak pernah ada kata terlambat untuk mulai belajar dan ACTION!

Inilah salah satu contoh usaha bisnis di internet. Yang bukan saja hasilnya sangat menggiurkan, namun sangat pantas untuk dipelajari contoh keberhasilannya.

Bagi yang belum mulai, mari mulai jalankan usaha bisnis anda, tak masalah sekalipun baru usaha kecil. Itu akan lebih baik dibanding tak melakukan apa-apa sedikitpun.

Semoga menginspirasi!

Related Posts

187 Comments. Leave new

wah bisnis online tanpa seo bisa sukses juga ya min. baru tau malas ada toko online Ideeli

sebenanrnya untuk point dengan teknik SEO, sederhana saja, karena kalau di lakukan dengan Passion udah bagian dari SEO. kalau Terlalu berfokus pada SEO malah banyak orang yang terjerumus pada teknik yang salah..

Syukurlah… harapan ke depan planning bisnis saya akan saya adopsi dari strategi yg disampaikan di artikel ini… Thanks Mr Joko for your kindness..:D

Makasih Mas Joko, Tulisanya sungguh luar biasa, saya sudah lama mencari artikel seperti ini. Sukses selalu.

Mantap pak Joko, sangat inspiratif. Maju terus pak..

terima kasih pak joko atas ilmunya. salam sukses selalu

terima kasih pak joko atas saran dan ilmunya. salam sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *