🔴 Kegagalan Bukan Akhir Segalanya

Kegagalan Bukan Akhir Segalanya

Kegagalan bukan akhir segalanya. Kalimat itu tentu sering anda dengar.

“Delapan puluh persen dari seluruh entrepreneur muda selalu mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan karena adanya sifat mudah menyerah. Kegagalan merupakan suatu investasi dan kesempatan menjadi lebih baik. Pada akhirnya yang menjadi sukses adalah entrepreneur yang tidak mudah menyerah. Giatlah mencoba dan mencari bisnis yang menguntungkan.”

Kata-kata Rhenald Kasali di atas saya kutip dari sebuah majalah ekonomi dan bisnis. Saya sangat setuju dengan pendapatnya. Bisnis apapun di dunia ini tak boleh mengenal kata menyerah. Jadi entah anda terjun di bisnis offline maupun online, jangan sampai ada kata menyerah dalam kamus hidup anda.

Tapi, sayangnya justru survei membuktikan kalau pebisnis baru kerap dibayangi perasaan takut gagal. Mereka sering dibelenggu oleh mitos-mitos kesuksesan. Anda juga sering didera perasaan seperti ini?

Kegagalan bukan akhir segalanya!

Pebisnis yang sering dibayangi rasa kegagalan, biasanya tidak akan bekerja dan berpikir maksimal. Langkah mereka jadi tidak pasti alias penuh keraguan. Nah, bagaimana anda bisa sukses jika selalu ragu dalam mengambil keputusan. Wajar saja kalau keberuntungan menjauhi anda.

Dalam prinsip saya, keberuntungan itu tidak datang otomatis. Tapi datang setelah kita berjuang melakukan serangkaian usaha dan kerja keras. Hoki dan rejeki tidak datang dengan sendirinya. Kita harus menjemputnya! Jadi tanggalkan segala keraguan anda.

Nah, bagaimana kalau anda ragu blog atau situs web anda bisa mendatangkan banyak uang? Ya selamanya anda tidak akan kaya dari bisnis online.

Mungkin anda pernah gagal dengan produk pertama. Ini wajar, karena produk pertama berarti pengalaman pertama. Jangan lupa apa kata Rhenald Kasali di atas, kegagalan akan membuat anda menjadi lebih baik.

Saya juga jadi ingat kata Oprah Winfrey, “Kegagalan adalah cara Tuhan berkata carilah jalan lain.” Tidak ada alasan untuk berhenti berusaha dan berusaha. Banyak orang di luar sana memang pernah gagal dalam bisnis online. Tapi tidak sedikit pula yag berhasil. Kuncinya hanya keuletan dan pantang menyerah.

Tapi bagaimana caranya memompa motivasi diri saat kita tengah krisis semangat? Anda mau tahu cara saya? Ah… gampang!

Saya sudah sering mengutarakannya dalam posting-posting saya. Begini, ketika anda sedang “down”, letih, lemah dan lesu menghadapi tetek bengek urusan produk, ingatlah bahwa bagaimanapun bisnis online adalah bisnis masa depan. Ia punya segala kemudahan yang tak dimiliki bisnis offline.

Jadi apa yang anda keluhkan sekarang bukan kesulitan besar. Karena selama ini anda sudah bisa jadi bos bagi diri anda sendiri. Tanpa memiliki karyawan ataupun kantor anda sudah bisa menjalankan usaha dengan aset jutaan rupiah. Bahkan jutaan dolar. Hanya dengan duduk di atas kursi malas anda bisa jadi pebisnis sukses! Tak perlu keluar rumah. Ya, anda bisa bekerja dimanapun anda mau. Di kamar tidur sekalipun, anda tetap bisa mengelola uang anda. Nah, kalau sudah terbakar dengan iming-iming seperti itu siapa yang tidak kepincut? Kesejahteraan kita ada di tangan kita sendiri. Bukan di tangan perusahaan dan majikan. Menyenangkan ya?

Kalau cara tadi masih belum berhasil, anda bisa mencoba yang ini…

Simak kembali tujuan hidup anda. Anda harus jujur pada diri sendiri, “Apa sebenarnya yang saya inginkan?” Lalu, lakukan langkah-langkah yang bisa mencapai tujuan tersebut. Raihlah setiap kesempatan yang ada.

Pastikan anda melakukan yang terbaik. Selama anda melakukan hal yang menyenangkan hati, saya yakin anda akan mendapat hasil yang terbaik. Karena anda memiliki mood yang bagus saat bekerja. Dan anda akan punya dorongan untuk terus belajar. Sebaliknya anda juga dengan senang hati membantu mereka yang membutuhkan pertolongan anda.

Kemudian, pikirkan baik-baik berapa banyak waktu dan uang yang akan anda keluarkan di sini? Kalau ternyata bisnis offline lebih menarik minat anda, silakan anda tinggalkan bisnis online. Jika memang bisnis offline yang anda rencanakan lebih menghemat waktu dan uang anda, silakan anda kembali ke pekerjaan anda yang dulu.

Tapi, jika ternyata bisnis online tetap jadi primadona di mata anda, tidak ada jalan lain. Keep moving forward! Saya suka sekali dengan tiga kata ini. saya senang menyebutnya the angel’s words. Kata-kata inilah yang terus menyemangati saya setiap saat. Ayo maju… terus maju… maju!

Jangan pernah berhenti sampai kesuksesan yang anda impikan benar-benar ada di genggaman anda. Kesempatan berkembang di bisnis online tak akan pernah tertutup. Akan selalu ada peluang untuk berhasil di sini. Anda hanya perlu mencoba mewujudkan semua ide-ide anda. Sekali lagi jangan takut gagal!

Misal, anda ingin buka toko buku. Tapi modal anda terbatas. Anda tidak punya cukup uang untuk menyewa ruko atau kios di pasar. Di internet solusinya langsung terbuka. Anda tinggal membuat situs web lengkap dengan shopping cart. Lalu apa? Ya, gencar berpromosi! Dan anda harus berpikir secara global. Karena pengunjung anda tidak hanya dari Indonesia tapi juga seluruh dunia. Ingat Amazon! Mereka sukses jualan buku. Dan konon dari setiap penjualan mereka untung $5.

Hal penting lainnya adalah anda perlu ciptakan hal yang berbeda! Jika anda tidak mendapat pembeli dalam bulan pertama, bukan berarti bisnis anda gagal. Anda hanya perlu menambah fasilitas dalam situs web anda dan menggencarkan promosi. Contoh, anda memberikan berbagai bonus pada pengunjung. Mereka tidak hanya akan mendapat hardcopy tapi mereka juga akan mendapat ebook ataupun video dari anda. Dengan begitu, bukan tidak mungkin anda bisa menyaingi Amazon. Poin pentingnya adalah anda tidak pernah berhenti melangkah!

Oke, sekarang kira-kira anda punya ide atau niat apa yang belum kesampaian? Hal-hal apa saja yang belum anda wujudkan untuk kemajuan bisnis online anda? Segera bertindak dan saya sangat yakin, satu dari ide-ide anda itu akan mendatangkan banyak keuntungan untuk anda. Kalau bingung menemukan ide, baca cara menjaring ide bisnis online dan 10 ide situs web dan blog penghasil uang.

So, jangan ragu, jangan takut gagal, jangan mudah menyerah! Tunggu apa lagi? Ayo, take action! Percayalah, kegagalan bukan akhir segalanya!

91 Comments. Leave new

setuju sekali pak jokosusilo kegagalan bukan akhir segalanya, dari kegagalanlah kita bisa belajar menjadi lebih baik dari sebelumnya. karna kegagalan awal dari kesuksesan.

Betul sekali P Joko, kita harus selalu melihat kedepan agar bisa terus termotivasi.

Setuju pak Joko. Harus semangat menghadapi persoalan hidup. Jatuh bangun lagi, gagal coba lagi. Hidup cuma sekali, harus diisi dengan semangat.

kegagalan bukan segalanya. dunia belum berakhir. Berakhir itu jika sudah gagal tidak bangkit lagi

Kalau boleh jujur..blog jokosusilo ini paling menginspirasi saya hingga saat ini untuk belajar bisnis online. sangat menginspirasi dan banyak memberikan dorongan.. Terimakasih sudah sharing.

gagal bukan akhir sehalanya. Mencoba dan terus mencoba adalah cara terbaik untuk menghadapi kegagalan…

menarik artikelnya pak joko

semoga pesan dari mas Joko membuat banyak orang untuk bersemangat dan maju ke depan.

BUtuh ratusan bahkan ribuan kegagalan agar kita bisa memetik pengalaman untuk sukses, tapi saya lebih senang belajar dari kegagalan orang lain ……..

Memang kegagalan bukan segala-galanya pak..Tapi kalo gagal melulu..bisa menjatuhkan mental pak..hehe

setuju pak joko, terus bangun dan jangan menyerah

benar Pak Joko, jangan takut dengan kegagalan. agar kita tidak gagal maka kita harus punya goal dan rencana yang jelas. insya allah akan jauh dari kegagalan

kegagalan adalah obat paling mujarab untung orang yang gagal tapi tetap berusaha dan memperbaiki kesalahan yang lalu…. sealu berjuang! salam sukses mas…

[…] pernah menyerah Siapapun yang berhasil pasti pernah gagal, saya yakin itu. Saat anda mengelola internet marketing mungkin hasil yang anda capai belum […]

kegagalan membuat kita semakin bertumbuh sehingga kita bisa melewatinya dan meraih kesuksesan

Tekun kita sdg naik tangga menuju puncak sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *