🔴 Kenalan dengan Prinsip Pareto 80/20

Prinsip Pareto

Sebenarnya sudah agak lama saya ingin menuliskan hal ini namun baru kesampaian sekarang. Ini tentang prinsip Pareto. Ada juga yang menyebutnya hukum Pareto atau aturan Pareto.

Saya mengenal prinsip Pareto sudah lama. Tepatnya agak lupa, tapi kira-kira sejak terjun ke bisnis online. Beberapa pakar bisnis online mengenalkan saya dengan prinsip ini.

Apa yang membuat prinsip Pareto ini begitu istimewa?

Saya yakin sebagian dari anda sudah mengetahuinya. Tapi tak ada salahnya  kalau saya jelaskan terlebih dulu. Prinsip Pareto yang berasal dari ekonom Italia Vilfredo Pareto ini mengatakan bahwa 80 persen akibat berasal dari 20 persen sebab.

Prinsip tersebut keluar setelah Vilfredo Pareto melakukan riset distribusi kekayaan di berbagai negara dan hasil risetnya menyimpulkan kalau 80 persen uang di dunia hanya dikuasai oleh 20 persen orang. Sejak itu, riset ini dikenal dengan Prinsip Pareto atau aturan 80/20. Sampai sekarang prinsip ini masih sangat relevan dan sering dipakai untuk menjelaskan berbagai fenomena dimana mayoritas hasil ternyata berasal dari minoritas sebab.

Hanya 20% bisnis di suatu niche misal, yang menghasilkan profit sampai 80% dari niche tersebut. Biar gampang memahaminya, jadi andaikan ada 100 blog dalam suatu niche hanya sekitar 20%-nya yang berhasil dan menguasai niche tersebut.

Boleh dicek, anda pasti kenal google, amazon, Ebay, facebook, Yahoo dan para raksasa-raksasa internet lainnya yang menguasai mayoritas traffik dan uang di internet. Sementara ribuan atau bahkan jutaan situs web sejenis lainnya jangankan pernah membuka webnya, mendengar namanya saja sudah terasa aneh.

Tentu prinsip ini bukan kemudian membuat kita pesimis atau malah pasrah terhadap keadaan yang dialami saat ini. Namun justru menjadi bahan pembelajaran agar kita bisa belajar dari mereka. Seperti salah satunya pernah saya bahas dalam posting Leverage: Rahasia Orang-Orang Kaya Melipatgandakan Kekayaan.

Menjadi pertanyaan, mengapa sejumlah pemain bisnis bisa menghasilkan profit lebih banyak dibanding mayoritas pemain bisnis lainnya?

Saya percaya selalu ada hubungan sebab-akibat antara aktivitas bisnis dan profit. Dan kalau anda juga melakukan aktivitas seperti yang dilakukan oleh sedikit pemain bisnis yang terbukti menghasilkan profit jauh lebih banyak, anda akan segera menikmati hal serupa. Perlu juga diingat bahwa dalam bisnis, estimasi profit itu sangat bisa diwujudkan asal anda tahu bagaimana caranya dan kenapa itu bisa terjadi.

Saya beritahu… dari berbagai pembelajaran selama ini, kuncinya terletak pada FOKUS terhadap ACTION yang menghasilkan profit. Itu yang perlu dicermati dari berbagai kegiatan bisnis anda selama ini.

Oh ya, posting ini juga masih ada kaitannya dengan posting soal menetapkan prioritas.

Salam ACTION!

214 Comments. Leave new

Mantab pak joko tambah ilmu yang bermanfaat

jadi lebih tau sekarangdengan belajar di website ini

jujur saya belum terlalu jelas dengan apa yang disampaikan pak joko. tapi saya salut dengan pak joko, sudah mau berbagi ilmunya. salam sukses selalu untuk semuanya

saya masih belum ngerti pak..
tp saya coba dlu deh sebisa saya.. 😀

makasih pak motivasinya,terus motivasi kami pak…

thx ya Pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *