🔴 Kenapa Seorang Affiliate Gagal Menjual

Affiliate Gagal

“Pak Joko kok saya belum mampu menghasilkan penjualan? “Pak saya sudah coba promosi tapi belum ada yang nyangkut?” “Pak saya sudah sekian bulan gabung tapi mencoba menjual belum berhasil juga, apakah saya gagal sebagai seorang affiliate?”

Familiar dengan kata-kata di atas? Atau mungkin justru itu terjadi pada diri anda sendiri?

Tenang. Hirup napas dalam-dalam… 🙂 Saya akan kuak sebuah informasi penting buat affiliate seperti anda agar keluhan di atas tak lagi terjadi pada anda.

Siap?

Sebagai seorang affiliate, tugas anda adalah memasarkan produk atau layanan “sesuatu”. Meski begitu, anda tidak harus lebih banyak “berjualan”. Maksud saya, janganlah bertindak seperti seorang sales pasaran, yang hanya mencoba menjual saja tanpa memberikan hal lain.

Begini lebih jelasnya. Sekalipun sebagai affiliate tugas anda adalah menjual, namun jangan hanya bertindak sebatas itu, sehingga yang tergambar dalam benak pikiran affiliate hanyalah menjual saja. Tapi yang justru perlu anda lakukan pertama kali adalah beri informasi. Dengan begitu calon konsumen anda akan tahu tentang hal-hal yang berkaitan dengan produk atau layanan yang anda pasarkan.

Bagaimana caranya?

Memberikan informasi lewat blog adalah cara yang baik. Cara lainnya bisa juga misalnya dengan memberikan ebook gratis. Mungkin anda juga punya akun social network seperti page facebook, gunakan itu untuk mulai memberikan informasi pada para calon konsumen anda.

Setelah informasi anda berikan, lanjutkan dengan beri solusinya. Apa solusinya? Tentu produk atau layanan yang anda pasarkan. Dalam memberikan solusi inipun, ada hal yang perlu anda cermati, yaitu beri solusi terbaik sesuai kebutuhan konsumen.

Jika konsumen perlunya panduan dasar bisnis online, beri solusi panduan bisnis dan bukan panduan blogging misalnya. Kalau perlunya pembelajaran secara menyeluruh dan bertahap, solusinya Mr. Action Club.

Kemudian yang penting diperhatikan juga adalah lakukan pendekatan terhadap calon konsumen seperti halnya anda terhadap teman atau saudara sendiri. Jadi di sana anda akan berusaha untuk memberikan informasi yang jujur dan terbaik bagi mereka. Kalaupun dari produk/layanan yang anda tawarkan sebagai solusi tersebut terdapat kekurangan, informasikan juga.

Tidak masalah. Pasti calon konsumen anda itu akan lebih menghargai anda. Sebab, di dunia ini toh tak ada yang sempurna tanpa kekurangan sama sekali kan? 🙂

Saat menuliskan review sebuah produk, dari pada hanya meng-copy paste sangat saya sarankan anda membuat review versi anda sendiri. Selain lebih unik, review itu juga mewakili pengalaman personal anda.

Saat menuliskan review, bayangkan anda menuliskannya untuk orang dekat anda, seperti saudara atau teman anda misalnya. Sehingga anda akan tuliskan kelebihan dan kekurangannya secara jujur. Anda cukup tulis dengan bahasa percakapan sehari-hari tanpa perlu pakai bahasa berbunga-bunga. Sebab itu akan lebih mudah dimengerti dan akan membantu mereka dalam membuat keputusan.

Sebagai affiliate, tugasnya lebih mirip seperti teman memberi informasi daripada seorang sales. Jadi bukan sebatas berusaha menghasilkan uang, tapi anda mulai dari sediakan informasi yang jujur lalu sampaikan solusi ampuh untuk menyelesaikan masalah orang.

Bagaimana menurut anda? Ada pendapat?

344 Comments. Leave new

Terima kasih mas.
sangat bermanfaat artikelnya untuk saya sebagai affiliater newbie. 🙂

[…] Kenapa Seorang Affiliate Gagal Menjual […]

Mantap Gan Infonya jad tambah wawasan sangat berguna jadi semangat bacanya

Artikelnya sangat bagus jadi semangat baca gan

wah gan eren ane coba nih gan

salam kenal gan ijin promo

salam Kenal Kunjungi Web Kami Gan

wah bacaanya sangat menarik sekali gan

terima kasih pak joko atas ilmu dan sarannya. salam sukses selalu

thanks postingannya pak 🙂

Salam sejahtera Pak Joko…

Postingnya sangat bagus dan saya menjadi lebih semangat dalam belajar bisnis online, betul pak…saya sudah gabung menjadi affiliate beberapa produk termasuk produk Pak Joko, tapi itu dia…belum ada yang nyangkut. Tapi saya akan terus belajar and belajar…

Salam

Artikelnya Sangat menginspirasi pak Jok,

Artikel bagus pak.

Jadi yang saya tangkap adalah, mari kita sharing informasi yang bermanfaat karena bisa jadi ilmu buat orang lain.

Saling “memintarkan” boleh jadi bisa jadi pintu orang lain untuk membuka jalan rejeki kita lewat produk yang bisa kita jual di internet..

OK, nice posting pak..

IYa setuju …. Informasi harus saling erbagi untuk maraih kesuksesan bersama
dengan berbagi infomasi kita juga mendapatkan banyak reverensi dari komunitas

ooh… begitu
nice info pak

Artikelnya sangat bagus mas. Makasih udah memberikan banyak pelajaran 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *