đź”´ Kunci Sukses Promosi: Fokuskan Pesan anda

Kunci sukses

Apakah anda ingin tahu kunci sukses berrpomosi? Coba lihat dulu sekeliling anda saat ini. Betapa gencarnya promosi dan iklan yang dilakukan pemilik produk. Nyaris tak ada ruang kosong yang tak dijejali oleh iklan atau promosi.

Baliho atau spanduk memenuhi jalanan. Dari sekolah, halte bis, bahkan sampai kamar mandi pun terdapat iklan. Semua benda dari bis kota, kaos, sampai tempat tusuk gigi atau tisu juga ada iklannya. Semuanya berebut perhatian anda!

Begitupun di dunia internet, kini promosi atau iklan sudah makin marak. Baik berupa banner, iklan baris, maupun iklan terselubung yang dimasukkan lewat link. Semuanya juga mencoba menarik perhatian anda.

Tapi sebenarnya bagaimana berpromosi yang efektif? Agar upaya promosi yang kita lakukan setidaknya membuahkan hasil yang setimpal.

Berpromosi yang efektif ada caranya. Salah satu prinsipnya adalah dengan memfokuskan isi pesan yang ingin anda sampaikan.

Mari kita belajar dari iklan dan promosi di sekeliling kita. Bisa dikatakan promosi yang sukses adalah yang memiliki satu pesan. Satu promosi berisi satu pesan. Tujuannya supaya pesan yang disampaikan tidak “bersaing” atau dikaburkan oleh pesan-pesan lainnya.

Jadi, kunci suksesnya adalah memfokuskan pesan yang ingin anda sampaikan.

Kalau anda menjual suatu produk, anda promosikan dengan HANYA menciptakan satu pesan saja.  Anda bisa rasakan perbedaan efek promosi yang berpesan banyak dengan hanya satu pesan kan?

Kemudian, langkah kedua, sebarluaskan promosi anda. Semakin tersebar dan gencar promosi anda, maka peluang keberhasilannya makin besar. Sebab, iklan atau promosi yang anda lakukan akan sampai ke lebih banyak orang dan terus “membombardir” mereka.

Caranya selain berpromosi di internet, juga bisa dilakukan di sekitar anda. Anda bisa buat selebaran yang mempromosikan produk anda dan ditempel di tempat-tempat strategis. Bisa juga dengan menempelkan alamat situs web atau blog anda di kendaraan anda.

Di samping itu, gunakan cara berpromosi paling klasik terampuh: dari mulut ke mulut. Ceritakan kepada orang-orang yang anda kenal mengenai produk anda. Sampaikan kepada orang-orang yang anda temui tentang produk anda.

Tak perlu malu. Karena anda tak sedang melakukan hal yang memalukan. Anda hanya menyampaikan produk anda. Syukur-syukur kalau mereka berminat. Atau paling tidak mereka tahu mengenai produk anda.

Kalau anda punya banyak pesan promosi yang ingin disampaikan lalu bagaimana? Apapun yang ingin anda sampaikan, saran saya sebaiknya satu promosi HANYA satu pesan. Kalau punya banyak pesan, buatlah dalam beragam promosi.

Posting atau sales letter yang memikat hanya memiliki satu pesan. Dan anda bisa memperkuatnya dengan berbagai cara. Mungkin lewat contoh, testimoni, dan lainnya.

Ya, cuma satu pesan! Banyak pesan hanya akan membuat promosi anda kehilangan arah bahkan membingungkan perhatian pengunjung anda. Yang kemudian membuat mereka bingung melakukan apa.

Kalau anda ingin pengunjung ingat pesan anda, buat pesan sesederhana mungkin. Promosi yang baik bersifat singkat-padat-jelas dan dekat dengan kehidupan mereka. Tak perlu bertele-tele, sampaikan pesan anda secara lugas.
Kalau anda tidak bisa meringkas bisnis anda dalam satu kalimat, kalau pengunjung sulit menangkap pesan situs web anda dalam 10 detik, maka anda gagal berkomunikasi. Pesan anda gagal menancap di benak mereka. Dan itu artinya promosi anda belum berhasil.

Untuk memperkuat brand anda, penting juga memiliki slogan, semboyan, atau tagline yang menggambarkan bisnis anda. Kalau dicoba hasilnya pasti mengagumkan. Masih ingat “Stop Dreaming, Start ACTION”? Slogan itu menjadi pendorong pengunjung untuk mengubah hidupnya dengan melakukan langkah-langkah nyata.

Masih bingung atau bagaimana? Untuk menambah referensi baca juga cara menarik pengunjung dan Kata Kunci: Penentu Kesuksesan anda. Bagaimana kunci sukses promosi menurut anda?

96 Comments. Leave new

Benar sekali. Untuk promosi yang sukses kita harus fokus menawarkan pesan utama yg harus disampaikan. singkat, jelas dan padat..harusnya begitulah isi penawaran. Terimakasih Pak Joko Susilo.

[…] Kelima tips di atas tidak mutlak untuk iklan online. Anda mau gunakan untuk iklan offline seperti di spanduk, juga bisa. Dan yang penting dalam berpromosi, fokuskan pesan anda. […]

benar sekali pa Joko. saya sangat setuju. tapi kadang untuk action itu mengawali nya ko berat sekali ya

bener sekali pak joko, harus terus usaha untuk mencapai tujuan. sukses untuk kita semua

I got this site from my friend who told me regarding
this website and now this time I am visiting this site and reading very informative posts here.

Hi! This is kind of off topic but I need some help from an established
blog. Is it very hard to set up your own blog?
I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.
I’m thinking about making my own but I’m not sure
where to begin. Do you have any ideas or suggestions? Many thanks

wah saya pengen tau gimana caranya produk saya biar masuk di google peringkat 1 , biar produk saya laris manis .

[…] Kelima tips di atas tidak mutlak untuk iklan online. Anda mau gunakan untuk iklan offline seperti di spanduk, juga bisa. Dan yang penting dalam berpromosi, fokuskan pesan anda. […]

[…] Kelima tips di atas tidak mutlak untuk iklan online. Anda mau gunakan untuk iklan offline seperti di spanduk, juga bisa. Dan yang penting dalam berpromosi, fokuskan pesan anda. […]

siap… lakasanakan komandan….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.