🔴 Lebih Penting Mana: Brand atau Produk?

Brand atau Product

 

Menurut anda, lebih penting mana antara brand atau produk? Sebelumnya, saya ingin bercerita sedikit. Ketika masih kecil, saya sering kebingungan saat ditanya lebih dulu mana antara ayam dan telur? Pertanyaan itu memang hanya guyonan, tapi sampai sekarang saya tak mendapat jawaban tepat.

Nah, bagaimana jika pertanyaan itu saya lemparkan pada anda dengan isi berbeda. Karena anda pebisnis online, pertanyaannya menjadi lebih penting mana brand atau produk?

Sebagian orang menganggap produk lebih penting karena itu aset utama dalam sebuah bisnis. Benar, bisnis anda tak akan berjalan tanpa produk. Tapi bagaimana dengan brand?

Saat anda meluncurkan sebuah produk, mungkin sudah ada ratusan atau ribuan produk yang sama di pasaran. Anda sulit menarik perhatian pasar, jika produk anda tak punya brand.

Brand atau Produk?

Brand adalah keistimewaan yang membedakan perusahaan atau produk anda dengan perusahaan atau produk lain. Jika anda ingin memilikinya anda harus cermat mengamati ciri khas produk anda. Amati dan temukan keunikannya.

Menciptakan brand tidak sesulit yang anda kira. Jika anda mau, anda bisa menciptakannya dari hal-hal sederhana. Bahkan anda bisa memulainya dari sesuatu yang dianggap remeh.

Ketika saya jalan-jalan di Wonosobo contohnya. Di kota itu ada satu jenis mie yang sangat terkenal. Namanya mie ongklok. Kata pedagangnya, mie ini dimasak dengan cara diongklok-ongklok. Setelah mie direbus, mie diangkat sambil digoyang-goyangkan. Karena kebiasaan itu sampai sekarang orang mengenal mie ini dengan sebutan mie ongklok. Mie jenis ini laris manis justru karena cara masaknya unik. Mie tersebut bukan lagi sekedar produk, tapi sudah menjadi brand.

Seperti juga yang dilakukan para produsen sepeda motor. Yang mereka jual adalah Honda yang irit atau Yamaha yang secepat kilat. Jadi bukan sekedar menjual sepeda motor. Brand tersebut yang mampu mengangkat nilai sebuah produk.

Hal yang sama bisa kita tanyakan pada diri kita. Apakah kita menjual ebook, kursus online, membership, atau brand?

Jawabnya jelas. Pertama kita butuh produk/jasa. Kemudian mem-branding-nya untuk meningkatkan nilai produk di mata konsumen.

Bukan hanya pemilik produk yang butuh brand. Banyak affiliate marketer yang tanpa harus repot membuat produk sendiri, bisa menjual lebih banyak berkat brand-nya. Contohnya seperti Mas Arief yang terkenal dengan Support Your Succes-nya. Mas Ricky Nova yang terkenal sangat ahli sebagai affiliate marketer. Atau Mas Basuki Sutjijanto dengan salam 1%-nya.

Kalau anda ingin membranding produk anda, anda cukup cari keunikan produk anda dan kembangkan secara serius. Keunikan produk bisa terletak pada beberapa aspek, misalnya kelebihan, harga, layanan purna jual, atau jaminan.

Nah, sekarang coba anda ambil pen dengan selembar kertas. Tulislah ciri khas produk anda sekarang. Pilih salah satu ciri khas yang menurut anda paling menjual. Jika anda yakin dengan pilihan anda, saya yakin banyak pelanggan baru yang segera melirik produk anda.

Jadi, menurut anda lebih penting brand atau produk?

380 Comments. Leave new

kalau dipikir-pikir, sama pentingnya. terima kasih ilmunya pak joko

menurut saya dua-duanya penting pak.. 😀

[…] Khawatirnya itu bisa mempengaruhi dalam proses menghasilkan karya terbaik dan mungkin mengaburkan branding bisnis […]

dua-duanya sangat penting bagi pebisnis kan Mr. joko? sukses selalu pak..

branding ama merek..kalau produknya bukan milik kita gimana ya..gppkan mas..?

tentu tak jadi masalah. yang penting ACTION!

produk yang bagus bisa menarik simpati bnyak orang!!!!pak joko,saya kasih infonya dong,gmna membuat website menggunakan wordpress!
soalnya sya masih kesulitan menggunakan blog ni????
trims..

kesulitannya dimana? bisa dapatkan panduan komplitnya di http://www.rahasiablogging.com

… [Trackback]…

[…] Find More Informations here: jokosusilo.com/2009/05/05/lebih-penting-mana-brand-atau-produk/ […]…

Produk yang berkualitas, cepat ato lambat pasti akan mendpat brand dan pelanggan.

cepat populer jika kita mempersiapkan dengan produk yang berkualitas.

produk dulu tuk jangka pendek,sambil berjalan bikin brand sehingga dapat ke 2nya…salam kenal mas joko

kalo menurut saya dus2 sangat penting karena nantinya ada hubunnga aksi reaksi …

menurut sy yg penting adalah produk dulu, sebab tanpa ada produk qta tidak bisa menilai mutu brg tsb. Nah, baru brand menyusul kemudian. Sbg cth brand yamaha, dikenal dengan produk kendaraan yang memp speed tinggi. Sedangkan brand Honda dikenal dengan produk kendaraan yang irit/hemat BBM.Itu aja komentar dari saya. tks.

penting prodak pak………………..karna tanpa prodak brand gak ada…………………….setelah prodak ada and exis baru brand tercipta……………..ya kan pak………………

Menurutku brand emank sangat penting demi memperkenalkan produk kita kepada orang laen. tapi ga kalah penting adalah menjaga kualitas produk agar kepercayaan pelanggan pada produk kita ga luntur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.