🔴 Cara Memanen Uang dengan Menulis Blog yang Berkualitas

Menulis Blog yang Berkualitas

Anda percaya bahwa kita bisa memanen uang dengan menulis blog yang berkilauan?

Beberapa hari yang lalu saya iseng mengunjungi beberapa blogger. Tentu saya tidak berkunjung ke rumah, tapi cuma mampir di blog mereka. Menarik! Itulah kesan yang saya dapat. Blogger Indonesia semakin berkembang dari hari ke hari…

Anda tidak percaya? Sah-sah saja anda tidak sependapat dengan saya 😉

Menurut saya, setiap blog memiliki gaya yang unik. Gaya penulisan dan tampilan blog mereka pun khas. Di tambah lagi, masing-masing blog mengusung tema tertentu (bisa tema politik, hiburan, akademik, dll). Jadi setiap blog ini sudah memilih pangsa pasar tertentu! Ibarat orang jualan mereka sudah punya langganan.

Artinya, blog-blog ini tiap hari punya pengunjung setia yang membaca tulisan mereka. Dan, eit… tidak cuma asal baca saja. Para pengunjung juga pasti mengimbuhi komentar-komentar untuk menanggapi tulisan si pemilik blog.

Jika anda adalah si pemilik blog yang memiliki bejibun pengunjung, ”apa tanggapan anda?” Anda pasti menjawab, ”saya senang karena blog saya ramai dan banyak yang suka.” Dan, tawaran iklan juga pasti berdatangan di blog anda. Ini berkah. Karena kantong anda akan menggelembung terisi duit.

Nah, kesimpulan saya, keunikan gaya penulisan dan tampilan blog harus bersatu padu untuk memikat pengunjung sebanyak mungkin. Tapi, coba kita selidiki lebih lanjut, apa yang membuat pengunjung kangen pada blog kita? Apa mereka penasaran dengan gambar yang kita pasang, atau mereka rindu dengan tulisan-tulisan kita?

Sudah pasti pengunjung balik dan balik lagi karena mereka ketagihan dengan apa yang kita tulis. Jadi jika anda punya gaya tulisan yang khas dan banyak pengunjung suka, ini sebenarnya bisa jadi brand anda. Gaya menulis anda sudah membius pengunjung. Artinya, tulisan anda jadi selling point tersendiri.

Ok… sekarang tugas anda membuat tulisan yang mampu membius pengunjung. Tapi bukan itu saja sebenarnya, anda harus membuat blog anda makin berkilauan dengan isi tulisan yang berbobot dan bermanfaat. Jadi pengunjung mendapat pencerahan setiap kali datang ke blog anda 🙂

Pertanyaannya, anda bingung bagaimana cara menulis blog yang baik?

  1. Tulis dalam bahasa yang santai dan bersahabat. Tidak perlu menggunakan istilah yang neko-neko. Takutnya malah pembaca tidak paham maksud anda. Dan, pakai saja gaya bahasa bercerita. Usahakan tidak menulis dengan gaya yang terlalu formal. Biar anda serasa dekat dengan pembaca. Buat kesan anda sedang tidak mendikte, tapi anda sedang ngobrol dengan mereka.
  2. Aktif dan pendek. Pengunjung biasanya suka dengan kalimat yang pendek. Jadi, buat satu kalimat dengan satu ide pokok saja. Terlalu banyak koma dalam satu kalimat malah bisa membingungkan pembaca. Selain itu, jangan sering-sering menggunakan kata kerja pasif (berimbuhan di-). Misal, dipakai, diambil, dimasuki. Lebih baik pakai kata kerja aktif (berimbuhan me- dan ber-). Agar, pembaca mudah mencerna tulisan anda.
  3. Jangan tekan pengunjung untuk membeli. Ini terutama bagi anda yang berniat membuat blog jenis sales blog (blog jualan). Jika anda sedang berjualan suatu produk, sebaiknya jangan berpromosi di artikel blog anda. Kenapa? Agar pengunjung anda merasa nyaman membaca blog anda. Jangan sampai mereka berpikiran, “Ah! Ujung-ujungnya promosi produk. Iklan lagi… iklan lagi…”
  4. Antusias! Tulislah hal-hal yang jadi kesukaan anda. Agar anda mudah menuliskan ide-ide yang ada di kepala anda. So, isi tulisan anda pun ”bersemangat”. Nah, selanjutnya biarkan semangat anda berkobar di hati pembaca.
  5. Pelajari gaya menulis orang lain. Tak usah malu. Ini biasa dilakukan sebelum kita punya gaya kita sendiri. Jurus paling manjur kita pelajari gaya penulis idola kita. Ikuti saja gaya mereka menuliskan pendapat, menuliskan paragraf pengantar, menyisipkan lelucon, cara memberi tahu pembaca, ciri khas mereka dalam menutup tulisan, dll….

Perlu anda tahu, saat memutuskan terjun di dunia blogging anda harus punya mimpi jadi blogger nomor satu. Agar anda terus memotivasi diri anda untuk membuat blog yang lebih baik dan lebih baik lagi. Walhasil, pengunjung anda pasti makin banyak! Dan siap-siap panen uang saja ya!

Oya, kalau bisa anda tidak hanya mimpi jadi nomer satu di Indonesia saja tapi juga di dunia 😉 syaratnya ya… itu tadi. Pukau pengunjung dengan artikel cemerlang dan isi blog yang berkilauan!!!

Anda berani bermimpi? Kenapa tidak? Mari mimpi bersama….dan mulai menulis blog dari sekarang!

113 Comments. Leave new

Jika sudah nyaman menulis, punya resep yang pas tentang bagaimana cara nge-blog yang baik, tentu saja uang akan berdatangan kepada kita. Sulit dipercaya memang, tapi itulah yang sekarang banyak terjadi.

Menjadi blogger profesional saat ini terdengar menjanjikan.
Seorang penulis hebat, sudah tentu berawal dari tidak hebat. Belajar selalu menjadi kuncinya..

Belajar dan sedikit kerja keras merupakan langkah yang baik pada tahap awal untuk mendapatkan uang.

Salam

saya tertarik sekali dengan bahasan yang dibahas. semoga bermanfaat 😀

Di beberapa blog yang penulisan artikelnya nya memiliki ciri khas tertentu, saya perhatikan banyak sekali pengunjung yang masuk dan beromentar. Dan biasanya mereka berhati2 dalam memasukkan unsur iklan dalam artikelnya

Setelah membaca tulisan mas Joko, saya semakin terarah untuk menulis sebuah topik, karena selama ini saya menulis berbagai tema apa saja, sehingga kurang berisi.

dari kelima poin tersebut, untuk saya pribadi masih begitu sulit unntuk menjalankannya, adakah tipnya pak joko agar saya bisa dengan mudah mempraktekannya…

Cara panen uang dan solusi bayar utang lebih cepat ??? Coba yang ini !

Hal tersulit adalah menuangkan ide yang ada dikepala ke dalam barisan kalimat yang enak dan nikmat untuk dibaca….

Wahh mindset baru yang saya dapatkan nih dari blog bapak, selama ini ketika saya membuat blog saya hanya membuat blog dengan mindset biasa saja, asalkan blognya nanti bisa menghasilkan uang, kira-kira 6-7 juta per bulan dari blog. Tapi stelah membaca artikel diatas saya jadi sadar bahwa saya harus membuat blog terbaik di indonesia bahkan dunia, benar-benar mantap pak

Terima kasih, info yang bermanfaat..
Saya jadi terinspirasi memperbaiki blog kami

selamat malam pa..ini tentang poin no 3 pa…. sebaiknya kalau blog jualan itu di isi dengan artikel yang kaya gimana ya pa ? tips2 seputar manfaat barang yang kita jual atau cara -cara penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barang yang kita jual ? mungkin kayanya seperti itu ya pa?…..jadi tidak tok melelulu jualan ya pa…masuk akal juga sih……

Sebelum menulis izin tanya mas Joko Susilo apakah topik tulisannya dibatasi atau bebas apa aja ?

Saya awam sekali dalam hal bisnis online ini. Tetapi saya akan coba juga semoga bermanfaat
Terima kasih mas Joko Susilo.

Setuju dengan bpk. Tulisan blog yang penting aktif dan pendek. Seperti tulisan bapak ini, pendek tapi jelas dan mudah dipahami. Mantap

kalau web / blog jualan posting artikelnya berarti penawaran kan pak joko ? ada tips tipsnya ga biar disukai pembaca dan jualannya laku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *