🔴 Menerapkan Total Quality Management (TQM) dalam Bisnis Online

Total Quality Management

Mungkin sebagian dari anda asing dengan istilah Total Quality Management (TQM). Namun bagi yang berkecimpung dalam manajemen perusahaan, istilah ini tentu tidak asing lagi. Konsep Total Quality Management (TQM) ini sangat baik di-ACTION-kan dalam bisnis online yang kita jalankan. Sebab TQM punya peran besar dalam peningkatan kualitas segala aspek bisnis.

Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana menerapkan Total Quality Management (TQM) dalam bisnis online?

Saya terinspirasi menulis hal ini bermula setelah membaca postingan Mas Khery Sudeska berjudul Kunci Memenangkan Persaingan Bisnis Secara Sehat. Saya ingin berbagi hal ini karena menurut saya sudah saatnya pebisnis online mengelola bisnis online lebih profesional.

Definisi TQM (Total Quality Management) sendiri kata Wikipedia adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. Secara sederhana, TQM dalam bisnis online bisa dijelaskan sebagai sebuah upaya untuk mengajak seluruh anggotanya agar selalu berupaya meningkatkan kualitas dalam seluruh proses bisnis yang dijalankan.

Konsep TQM (Total Quality Management) merupakan sebuah sistem yang terintegrasi yang menggunakan strategi, data, dan komunikasi efektif untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip kualitas ke dalam budata dan aktivitas organisasi.
Nah, penerapan prinsip-prinsip TQM (Total Quality Management) dalam bisnis online sendiri seperti apa?

Berikut beberapa pemikiran saya soal prinsip TQM dalam bisnis online:

  1. Fokus pada Konsumen. Apapun yang anda lakukan atau ACTION apapun yang anda jalankan, yang jelas juri akhir yang menentukan apakah yang anda lakukan itu meningkatkan kualitas atau tidak adalah konsumen. Jadi meski anda sudah bersusah payah merombak produk anda misalnya, menghadirkan versi terbaru produk anda, tapi jika konsumen tidak merasakan ada suatu hal yang bermanfaat, hal itu tidak ada artinya. Karena itu, biasakan setiap anda melakukan sesuatu tanyakan apakah ini bermanfaat bagi konsumen saya? Apakah jika saya terapkan ini, akan lebih memudahkan konsumen?
  2. Mengedepankan Mutu. Dalam setiap rancangan perencanaan bisnis online, pertimbangan kualitas dinomorsatukan.
  3. Satu Visi-Misi. Setiap elemen dalam organisasi bisnis tersebut mengerti misi dan visi yang dituju. Kesatuan misi dan visi ini akan memudahkan untuk bergerak bersama menuju satu tujuan.
  4. Berdasar Fakta. Pengambilan keputusan untuk strategi dalam bisnis online, didasarkan pada fakta dan bukan hanya karena dugaan semata. Mungkin kalau sedikit cerita, kira-kira analoginya seperti ketika Mas Irwan M Santika mengambil keputusan pasti untuk berbisnis online. Penghasilan Mas Irwan yang sebetulnya sudah lumayan dari pekerjaan offline ditinggalkan, dan beralih pasti menekuni bisnis online.
  5. Peningkatan Kualitas Berkelanjutan. Selalu mencari cara bagaimana agar proses bisnis online yang dilakukan bisa menjadi lebih efektif.

Kelima prinsip TQM (Total Quality Management) ini bila diterapkan secara terarah, saya yakin akan mampu meningkatkan kualitas bisnis online anda.

Bagaimana menurut anda?

296 Comments. Leave new

Bagian “Mengedepankan Mutu. Dalam setiap rancangan perencanaan bisnis online, pertimbangan kualitas dinomorsatukan.”

Saya angat setuju dengan yang satu ini

Terima kasih Pak Joko Susilo artikel Menerapkan Total Quality Management (TQM) dalam Bisnis Online sangat bagus, sehingga artikel dari Pak Joko Susilo sangat bermanfaat. Mohon doanya saja agar bisnis saya sukses terus seperti bisnis Pak Joko Susilo

terima kasih pak joko, sudah berbagi ilmunya

TQM (Total Quality Management),
bagus untuk dijalankan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sudah Setahun Nyoba Bisnis Online Tanpa Hasil?

Temukan Cara Efektif Hasilkan Rp17.000.000,- Dalam 30 Hari Sambil Membangun Aset Online!

 
Jangan ditunda, subscribe sekarang
mumpung masih ada tempat.
Step #1. SUBSCRIBE
close-link