🔴 Menu Blogging: Empat Sehat, Lima Sempurna!

menu blog

Habis membaca tulisan Mas Candra tentang menu blogging yang berjudul Appetizer sampai Dessert-Menu Wajib Blogger, saya terinspirasi membuat tulisan ini. Menu “empat sehat lima sempurna” adalah soal mengkonsumsi informasi. Agar nantinya blog yang kita kelola bisa menyajikan informasi “bergizi” seimbang. Sehingga pembaca pun betah menikmatinya.

Apa sajakah menu blogging empat sehat lima sempurna?

Saya masih ingat, beberapa bulan lalu ada salah seorang member, Mas Surya, yang bertanya bagaimana JokoSusilo.com bisa menghadirkan konten yang selalu menarik dan rasanya tak pernah kehabisan ide. Saya katakan untuk bisa menulis dengan baik, kita perlu suplai “makanan” yang juga berkualitas.

Selain mengkonsumsi “makanan” berbayar, saya pun mengkonsumsi non-berbayar. Dari suplai informasi-informasi berkualitas tersebut, kita mengunyah dan mencernanya. Sehingga kemudian kita pun mampu menghasilkan “makanan” yang layak ditunggu siapapun.

Lalu hubungannya dengan menu blogging? Agar blog anda pun bisa menghasilkan konten-konten yang menarik, serta pengembangan content dan blog anda bisa berjalan lancar, perhatikan “konsumsi” informasi anda, apakah sudah empat sehat lima sempurna?

  1. Informasi Dasar. Informasi dasar merupakan “makanan pokok” anda. Dan “makanan” ini bisa tergantung dari niche blog anda. Sebagai contoh, kalau nichenya adalah pendidikan seperti punya Mas Eko Budoyo, mungkin seperti situs web Diknas menjadi langganan. Alternatif lain? Ensklopedi seperti Wikipedia, bisa menjadi tempat mencari informasi dasar. Kalau tentang bisnis online dan marketing, blog JokoSusilo.com bacaan wajib anda. 🙂
  2. Informasi Teknis. Setelah mengetahui informasi dasar, anda pun perlu mengkonsumsi teknis-nya. Mungkin berupa langkah-langkah atau tutorial. Sebagai contoh seperti di tutorial untukku. Informasi teknis ini ibarat “lauk-pauk” yang berisi protein untuk memperkuat struktur dan sel blog atau situs web anda.
  3. Informasi Segar. Anda juga perlu informasi yang fresh untuk mengetahui hal-hal yang sedang heboh diperbincangkan. Informasi ini bisa anda temukan di portal berita seperti detik.com atau Google News. Fungsi informasi jenis ini seperti sayur-sayuran yang akan menyegarkan tubuh anda. Dan yang jelas, tak membuat anda ketinggalan informasi.
  4. Motivasi. Seperti “buah-buahan” yang penuh vitamin, blog motivasi bisa membuat anda semangat. Di sanalah, fungsi posting motivasi seperti punya Mas Arief dan Pak Wuryanano memainkan peran.
  5. Produk Berbayar. Seperti susu yang mengandung berbagai macam kandungan, dari protein, lemak, kalsium, sampai vitamin, begitupun biasanya yang terdapat dalam produk berbayar. Di dalamnya, segala hal sudah dijelaskan dengan lengkap, sehingga anda dengan mudah dapat langsung mempraktekkannya. Anda sudah mengkonsumsi Rumusan Rahasia Blogging?

Tentu saja, dalam mengkonsumsi kelima jenis informasi tersebut jangan sampai anda mengkonsumsi berlebihan. Sehingga mengakibatkan anda mengalami over load informasi yang berakibat mengalami “obesitas blogging”. Tanda-tandanya adalah anda keasikan mengkonsumsi dan “NO ACTION!” Untuk mengantisipasinya, anda perlu melakukan fitness blogging. Mengkonsumsi secara bertahap dan terus ACTION adalah langkah bijak untuk membuat blog sukses spektakuler.

Bagaimana menurut anda? Sudah “empat sehat lima sempurna”-kah menu blogging anda?

345 Comments. Leave new

Kalo bagi orang yang kurang , gak bisa 4s5s pak , olahraga yang terpenting hindari makanan yang kurang baik

infonya menarik dan berguna untuk kita semua. terima kasih pak joko

artikel yang menarik.. thak you mas joko…
sukses selalu…

ternyata blogging bisa dijadikan menu empat sehat lima sempurna

memang benar kita harus, meramu blog kita sesuai dengan teori pak joko, empat sehat lima sempurna,

blogging buat aku adalah makanan sehari2, tiada hari tanpa ngeblog

wah wah wah… ribet juga ya. tapi okelah okelah, buat perpisahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.