🔴 Penawaran adalah Inti Bisnis Online Anda

Inti Bisnis Internet

 

Dalam bisnis online, berlaku pepatah: “Siapa menanam, dia menuai,”. Pepatah ini mungkin sudah sering kita dengar dan sampai saat ini tetap kita akui kebenarannya.

Hukum menanam dan menuai adalah hukum alamiah. Seorang petani tak bisa langsung panen kalau belum pernah menanam. Begitupun anda sebagai internet marketer, anda akan sulit mendapatkan pembeli bila tak pernah melakukan penawaran.

Ciri marketer sukses adalah rajin membuat penawaran. Ia rajin membuat rencana marketing dan meng-ACTION-kannya untuk mendapat pelanggan baru.

Memang marketer profesi yang memerlukan konsep. Anda tak bisa bekerja sembarangan, tapi harus dengan rencana yang jelas. Dan berbagai perencanaan marketing itu pada akhirnya berujung pada penawaran. Penawaran harus masuk dalam segenap aktivitas anda karena ini menyangkut denyut nadi bisnis online anda.

Banyak orang menganggap remeh aktivitas menawarkan. Padahal penawaran adalah inti bisnis apapun. Tanpa ada penawaran, permintaan sulit untuk datang. Tanpa penawaran, konsumen tak akan pernah tahu apa yang anda pasarkan.

Tidak sedikit juga yang malu untuk menawarkan sesuatu. Padahal sama sekali tak ada yang memalukan dengan aktivitas tersebut. Kegiatan tersebut sangat biasa. Tak ubahnya saat anda masih kecil dan merengek-rengek pada orangtua untuk membelikan balon atau mengajak berlibur ke suatu tempat. Seperti juga saat orangtua mengiming-imingi membawakan oleh-oleh untuk anak yang akan ditinggalnya keluar rumah.

Oh ya bicara soal anak, mari kita ikut mengucap syukur atas kelahiran putra kedua Mas Dadang Firdaos pada tanggal 24 April lalu . Semoga menjadi putra yang soleh dan berbakti pada orangtua. Selamat Mas Dadang! 🙂

Kembali ke penawaran, dalam bisnis online, bagaimana cara menawarkan yang efektif?

Ada beberapa kegiatan yang bisa anda tempuh untuk melakukan penawaran. Yang paling lazim di bisnis online adalah dengan membuat landing page, mengirim email marketing, lewat review blog seperti dilakukan DjengTaTha, dan beriklan. Di luar itu, promosi offline patut pula dicoba.

Menawarkan produk adalah kegiatan yang harus diprioritaskan oleh setiap marketer. Mereka boleh sibuk melakukan berbagai kegiatan, tapi membuat penawaran tidak boleh ditinggalkan.

Kalau bisa setiap aktivitas yang dijalankan, disisipi pesan penawaran. Misalkan saja saat sedang mengirim email dengan teman, tak ada salahnya menyisipkan produk-produk yang anda promosikan. Atau bisa juga saat SMS-an, mencantumkan alamat blog atau situs web anda. Bisa pula saat ngobrol bersama teman, anda ceritakan bisnis yang anda jalankan. Sederhana kan?

Prioritaskan aktivitas marketing. Sekalipun rasanya kegiatan itu bentuknya sepele seperti di atas, namun saya yakin hasilnya mendatangkan keuntungan luar biasa.

Anda tak perlu khawatir kegiatan anda akan sia-sia. Seorang petani tak pernah khawatir tanamannya mati jika merawatnya dengan baik. Anda juga harus yakin penawaran anda akan berhasil. Asal anda melakukannya dengan baik, penawaran anda pasti berhasil. Ada ribuan calon pelanggan menunggu penawaran anda. Buatlah penawaran terbaik dan yakinlah mereka segera menjadi pelanggan setia anda.

Salam bisnis online!

289 Comments. Leave new

Terima kasih mas… nambah pengetahuan, saya juga punya kenalan yang pada berbisnis online, memang laur biasa kalau sudah paham dengan dunia online. Tiap hari bisa closing… padahal bukan barang yang mudah dijual.

Terima kasih pak Joko.Sampeyan luar biasa… tulisan ANdaselalu segar dan menginspirasi.

Tawarkan kualitas bisnis internet yang anda miliki
dengan begitu kita akan mendapatkan hasil yang susuai dengan yang kita miliki

terima kasih pak joko ilmunya. salam sukses selalu

[…] anda sudah menemukan prospek yang tepat, tapi kalau cara anda menawarkan keliru, prospek bisa kabur begitu […]

mas,joko sudah lama saya berteman dengan anda kenapa juga saya masih perlu bimbingan dari anda dan teman-teman

tetap semangat. silakan sering-sering main ke sini 🙂

locks…

[…]Wonderful story, reckoned we could combine a number of unrelated information, nonetheless genuinely worth taking a look, whoa did a single learn about Mid East has got much more problerms at the same time […]…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *