🔴 Pentingnya Disiplin Kerja bagi Hidup Anda

Disiplin kerja

Kata disiplin sering kita dengar dan ucapkan, khususnya dalam dunia kerja. Disiplin kerja ditekankan agar bisa memacu produktivitas. Namun sering kali hal ini tidak mudah dijalankan. Ada banyak hal yang mungkin menjadi penyebab seseorang menjadi sulit untuk berlaku disiplin. Padahal, tanpa kediplinan tersebut, saya yakin anda pun tahu apa saja dampak buruk yang akan didapatkan

Untuk itulah, artikel ini akan mengupas pada anda apa pentingnya melakukan disiplin serta bagaimana cara agar anda bisa disiplin. Tips disiplin yang akan saya sertakan di sini bukan saja penting bagi anda yang menjadi pegawai, namun juga bagi anda yang menjadi entrepreneur atau pengusaha.  

Apa Sebetulnya Definisi Disiplin Diri itu?

Seseorang yang memiliki kedisiplinan diri akan melakukan apa yang harus dilakukannya, tanpa peduli bagaimana kondisi emosinya saat ini. Meski mungkin dirinya sedang sedih atau sedang dilanda bad mood, namun saat sesuatu harus dikerjakan, maka ACTION-lah yang terjadi.

Mengapa Harus Disiplin?

Kedisiplinan amat penting. Mungkin disiplin bukan selalu kunci utama untuk memecahkan suatu persoalan. Namun, apapun solusinya, disiplin amat berperan agar solusi utama itu bisa berjalan.

Contoh, mungkin anda sudah membeli Alas Sakti untuk mengobati sakit punggung. Namun, tanpa ada kesiplinan untuk menggunakannya secara rutin sesuai aturan, sakit punggung yang anda alami tak akan kunjung hilang.

Dengan disiplin, banyak manfaat yang akan anda rasakan. Bukan saja anda akan menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, lebih dari itu anda juga akan membuat pekerjaan anda selesai lebih cepat dan hidup anda lebih tertata.

Bagi bisnis kedisiplinan juga amat penting. Misal anda punya toko, dan anda pasang tulisan bahwa toko anda buka jam 7 pagi. Maka pelanggan anda pun tahu bahwa jam 7 pagi toko anda sudah buka. Kalau misalkan esoknya ternyata toko anda jam 7 belum buka, sementara pelanggan sudah berdatangan di depan toko anda, apa kira-kira yang akan terjadi?

Bagaimana agar Anda Bisa Disiplin

Agar seseorang bisa disiplin, dibutuhkan beberapa hal dari dalam diri anda.

Pertama, akui kalau anda belum disiplin. Anda harus akui bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam hidup anda. Misalnya, kalau saya tanya jam berapa anda sarapan pagi ini? Apakah sama seperti kemarin. Atau misalnya saya tanya lagi, kapan terakhir kali anda berolahraga? Apakah sesuai dengan rencana anda sebelumnya yang akan berolahraga sekian kali dalam seminggu?

Jika belum sesuai, akui saja kalau anda belum disiplin. Pengakuan ini penting. Sebab tanpa pengakuan, akan sulit ada perubahan yang terjadi.

Kedua, kemauan. Seseorang bisa disiplin jika dilandasi kemauan untuk disiplin. Jika sebelumnya masih sering malas-malasan, dirinya harus MAU BERUBAH menjadi rajin. Tanpa adanya kemauan, perubahan itu akan sulit terjadi. Saat seseorang memiliki kemauan tersebut, dirinya SADAR bahwa ada harus yang di-ACTION-kan agar hidupnya lebih baik.

Ketiga, keras. Andrie Wongso mengatakan,”Jika anda keras terhadap diri sendiri, maka dunia akan lunak padamu.” Agar anda bisa disiplin, anda harus keras pada diri anda. Tidak melenakan diri di zona kenyamanan; tidak mudah putus asa, tidak cengeng. Anda harus lakukan sesuatu yang menantang diri anda. Peluang usaha itu sering kali lahir di zona yang tidak nyaman. Dan untuk itu anda harus berusaha keras untuk menangkapnya.

Tips Disiplin Setiap Hari

Kuncinya adalah ciptakan tantangan tiap hari. Buat tantangan yang bisa memacu anda agar terus mengalami perubahan yang lebih baik. Kalau minggu kemarin misalnya anda mendatangi 10 prospek agar bisa closing. Cobalah minggu ini untuk meningkatkannya dengan mendatangi 15 prospek.Intinya, buat hidup anda lebih baik dari hari ke hari. Walaupun sekarang anda merasa sangat malas, anda bisa mengubahnya mulai esok dengan melakukan perubahan kecil pada hidup anda. Misalnya, dengan merapikan tempat kerja anda setiap selesai kerja. Esoknya lagi, cobalah misal dengan meningkatkannya dengan merapikan isi komputer anda.

Disiplin itu tidak seberat yang anda kira. Yang anda perlu lakukan hanyalah melakukannya. Salam ACTION!

Related Posts

227 Comments. Leave new

Thanks you mas joko. Selama ini saya sering tidak disiplin, rasanya sangat menyesal bila tertinggal sesuatu

benar sekali pak, bahwa melakukan pekerjaan kalau tidak menerapkan disiplin akan berantakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.g-pagination { font-size:18px; !important}
Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.