🔴 Petani Indonesia Berbisnis Internet, Mengapa Tidak?

petani-indonesia

Dikuranginya subsidi pupuk di APBN 2010 seperti disharingkan Mas Khery Sudeska memunculkan kegetiran tersendiri terhadap nasib para petani Indonesia. Namun, seperti yang juga disampaikan Mas Khery, selalu ada peluang di tengah kesulitan. Dengan selalu membuka mata dan telinga, petani Indonesia tetap bisa menangkap peluang bisnis yang ada di mana-mana.

Kalau Mas Khery di sana menyodorkan ide peningkatan produksi pupuk organik oleh petani Indonesia, saya pun ingin ikut urun rembug bagi peningkatan kesejahteran petani Indonesia.

Ide dasarnya adalah petani Indonesia HARUS memanfaatkan internet sebagai alat bisnis mereka. Pemanfaatan internet bagi siapapun yang ingin maju sekarang sudah menjadi kebutuhan mutlak. Seluruh dunia terhubung dengan internet. Jangkauan internet yang mencapai seluruh dunia adalah kelebihan yang sayang bila tak dimanfaatkan.

Ada dua hal yang saya tawarkan untuk kemajuan kesejahteraan para petani Indonesia.

Pertama, adalah dengan terjun ke bisnis produk informasi seperti yang saya lakukan dan mengalami sukses besar di Formula Bisnis dan Rahasia Blogging. Para petani, bisa ikut membuat produk informasi misal bagaimana membuat pupuk organik, bagaimana menanam sayuran, bagaimana merawat tanaman, dan sebagainya. Produk-produk informasi semacam itu di pasar offline merupakan produk yang laris manis dan penjualannya stabil.

Selain langsung terjun ke bisnis produk informasi, yang kedua adalah memanfaatkan internet sebagai alat pemasaran. Misal seperti yang ditawarkan oleh Mas Khery tadi mengenai pembuatan pupuk organik atau penyediaan bahan baku pupuk. Para petani dapat membuat atau mengumpulkan bahan baku pupuk tersebut dan kemudian menawarkannya lewat internet.

Kedua hal tadi bila di-ACTION-kan secara konsisten, saya yakin berpeluang menghasilkan pendapatan yang besar bagi para petani Indonesia. Ada banyak contoh para petani Indonesia atau mantan petani yang telah sukses berladang di internet. Seperti Pak Toha Nasrudin, Pak Nazaruddin Margolang yang memiliki perhatian yang besar pada dunia pertanian, atau Pak Sumintar yang berjuluk petani internet.

Petani Indonesia tidak boleh menyerah! Internet merupakan lahan pertanian terhampar luas yang menunggu untuk anda garap. Mari berladang di internet para petani Indonesia. Cangkul sawahnya, tanami, rawat, dan panen hasilnya.

Salam ACTION!

672 Comments. Leave new

Perasaan GambarPost di blog pak joko bisa berubah-ubah
keren pak joko, post jadi terlihat diperbarui

Hal ini perlu disosialisasikan dan perlu mendapat arah serta bimbingan karena para Petani rata-rata gaptek

Tapi sayang pak petani di indonesia kebanyakan gaptek, kayanya perlu pelatihan yang sering deh. jika kita usulkan untuk buat buat produk informasi ke mereka dan dijual melalui internet..ujung ujung pasti tanya ulang, Internet itu apa ya? kwkwkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Like kami dan dapatkan artikel bermutu lainnya.
Saya sudah like.
Jika artikel ini bermanfaat, bisa bantu share? Thanks.
Bagikan via Facebook
Tidak, terima kasih.